fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

10 Trik Sederhana Tingkatkan Efektivitas Iklan di Facebook

iklan

Seiring waktu, peran media sosial telah bergeser. Berawal dari sekedar media untuk menjalin pertemanan dan membagikan foto, kini telah menjadi salah satu platform iklan yang diperhitungkan. 

Salah satu media sosial yang sering dipakai adalah Facebook. Aplikasi temuan Mark Zuckerberg ini pertama kali hadir di Indonesia sekitar tahun 2008 dan segera menciptakan fenomena luar biasa ketika itu. Membuat orang candu, sampai-sampai mengubah cara interaksi manusia.

Harus diakui, kita juga mengalami gegar budaya dengan kehadirannya. Banyak hal yang sifatnya pribadi terungkap lewat status Facebook, seringkali yang dicitrakan di Facebook tidak sesuai dengan kenyataannya. 

Begitu pula sejumlah pebisnis online mulai melihat potensi Facebook sebagai tempat sarana jualan atau promosi toko online dan dagangannya. Facebook dianggap ampuh menjadi wadah promosi karena penggunanya yang cukup besar. 

Ia menjadi aplikasi yang terpopuler di dunia. Buktinya, jumlah pengguna Facebook secara global pada 2020 mencapai 3,3 miliar orang, dan 140 juta orang di antaranya berasal dari Indonesia. 

Angka ini tentu bertambah di 2021. Sampai kuartal II 2021, tercatat pengguna Facebook di Indonesia mencapai 176,5 juta orang atau naik 1,2 juta pengguna dari kuartal I 2021 yakni 175,3 juta orang. 

Angka tersebut berarti setara dengan 63,4 persen dari total populasi di Indonesia yang pada 2021 diperkirakan mencapai 276,36 juta jiwa, atau 76,8 persen dari pengguna internet di Indonesia. 

Facebook masuk sebagai urutan ketiga media sosial yang paling sering digunakan di Indonesia dengan rentang usia pengguna dari 16 sampai 64 tahun.

iklan

Dengan penetrasi pengguna yang demikian besar, bayangkan betapa potensialnya beriklan di Facebook. Selain itu ada beberapa alasan lagi mengapa beriklan di Facebook menjadi cara jualan online yang cukup efektif.

  • Menjangkau Pasar Baru

Agar bisa mencapai pertumbuhan pengikut secara organik tentu butuh usaha, antara lain dengan menciptakan konten-konten menarik setiap harinya. Ini tentu tidak mudah. Entah bagaimana caranya, tapi algoritma Facebook memudahkan kamu menjangkau pasar baru. Iklan yang kamu tampilkan bisa menjangkau mereka yang bukan pengikutmu. 

  • Bisa Menyasar Sesuai Target Pasar

Beriklan di Facebook memungkinkan kamu menjangkau segmen sesuai targetmu. Misalnya berdasarkan usia, gender, ketertarikan, status pernikahan, lokasi, kebiasaan, dan lain sebagainya. 

Cara jualan online yang efektif lewat Facebook adalah dengan memanfaatkan fitur Lookalike Audience. Fitur ini akan membantu kamu menjangkau calon pelanggan potensial, yang berdasarkan data kurang lebih memiliki ketertarikan yang sama dengan pelanggan kamu sekarang. 

  • Bisa Memilih Iklan yang Sederhana atau Advanced

Cara pasang iklan di media sosial Facebook memungkinkan kamu untuk memilih ingin beriklan yang sederhana atau lebih advanced

Beberapa fitur di Facebook juga bisa membantumu meningkatkan efektivitas iklan, antara lain:

    • Boosted Posted: ini membantu kamu meningkatkan jumlah like, lebih banyak pengguna yang membagikan, dan mengomentari postingan iklanmu. 
    • Page Ad: jika kamu ingin lebih banyak like dan lebih banyak pengikut di akunmu. 
    • Website Ad: jika tujuan iklan ingin meningkatkan kunjungan ke website
    • Tombol CTA atau Call to Action: dengan fitur ini kamu bisa membuat CTA secara personal. Misalnya membuat janji pertemuan, atau mengajak mengunjungi situs website dan lainnya. Caranya, ketika menyiapkan iklan jangan lupa pilih bagian Text and Links lalu pilih fitur CTA. 

Sementara itu, untuk iklan yang lebih advanced, kamu bisa memilih fitur Ads Manager. Dengan ini kamu bisa meningkatkan brand awareness dari toko online atau merek milikmu. 

  • Mudah dan Terjangkau

Saat memasang iklan di Facebook kamu tinggal mengikuti panduan yang ada. Mulai dari jenis iklan, penentuan audiens, anggaran, format iklan, dan jangka waktu sudah disiapkan oleh Facebook. Sementara dari segi biaya, kamu bisa memilih bayar per tayangan, per like, atau per klik. 

iklanWalau banyak keuntungan dan terbilang mudah digunakan, tapi cara pasang iklan di Facebook juga ada triknya. Meskipun terlihat sederhana, tapi sejumlah trik ini cukup manjur untuk meningkatkan efektivitas iklan kamu di Facebook. 

  1. Gunakan Image Wanita yang Tersenyum
    Trik ini sudah terbukti manjur. Image iklan yang menampilkan wanita tersenyum menuai lebih banyak jumlah klik. Selain itu, Facebook menyarankan supaya iklanmu menampilkan orang sedang menggunakan produkmu ketimbang foto produknya sendiri. Ingat ya, di Facebook iklan kamu tak hanya berkompetisi dengan iklan lain, tapi juga postingan orang lain yang bisa jadi lebih menarik.

  2. Pilih Image yang Menarik
    Gambar adalah hal pertama yang dilihat dari iklan kamu. Maka buatlah yang menarik, ada efek kejutan, dan bikin penasaran. Tipsnya, kalau menggunakan gambar wajah pilih yang close up. Pilih juga gambar berwarna kontras, karena image hitam putih terlalu hambar untuk mengundang klik. 
  3. Atur Jam Kemunculan Iklan
    Memasang iklan 24 jam memang terlihat bagus, tapi bisa jadi pemborosan uang dan waktu apalagi kalau target pasarmu masih lokal. Sebaiknya cari waktu yang sesuai anggaran tapi tetap menghasilkan kunjungan ke halaman Facebook-mu walau iklan tidak berlangsung 24 jam.
  4. Gunakan Fitur Conversion Tracking
    Rasanya gemes ya kalau sudah keluar uang untuk iklan tapi kita tidak tahu sejauh mana iklan tersebut efektif. Nah, kamu bisa manfaatkan fitur Conversion Tracking untuk mengetahui iklan mana saja yang berfungsi baik dan menghasilkan umpan balik. 
  5. Buat Kalimat Ajakan yang Jelas
    Jangan bertele-tele, langsung pada tujuannya yakni mengajak pelanggan meng-klik iklanmu. Jadi buatlah kalimat ajakan seperti, ‘Gratis software terbaru, unduh sekarang’, atau ajukan pertanyaan seperti, ‘Ingin berat badan turun sampai 50 kg?’ dan semacamnya.
  6. Sertakan Teks pada Gambar
    Manfaatkan Canva untuk menambahkan teks, tapi tidak perlu terlalu panjang. Menurut panduan Facebook, teks idealnya hanya 20 persen dari keseluruhan gambar iklan. Tipsnya, tampilkan teks yang membuat orang ingin segera melakukan sesuatu. Misalnya saja penawaran diskon yang dibatasi waktu.
  7. Manfaatkan Iklan Multi Produk
    Fitur Iklan Multi Produk ini memungkinkan kamu menampilkan beberapa gambar produk dalam satu iklan yang terpasang. Setiap gambar terhubung dengan tautan ke toko online atau website jualan kamu. 
  8. Gunakan Fitur Re-targetting Ads
    Dengan fitur ini kamu bisa menargetkan ulang para pengguna yang sudah berkunjung ke website jualan kamu. Cirinya, jika setelah masuk ke website lalu pengguna meluncur ke akun Facebook-nya, maka di dalam Facebook miliknya akan muncul iklan yang sama dengan website yang pernah dikunjungi. Fitur ini membuat kamu bisa beriklan kepada target yang lebih spesifik yang pernah mengunjungi website jualan kamu. 
  9. Tawarkan Diskon
    Siapa yang tidak suka diskon. Karena itu sesekali buatlah iklan diskon produk jualanmu dengan memanfaatkan fitur Facebook Offer. Dengan fitur ini, konsumen tidak perlu meninggalkan laman Facebook untuk bisa mendapatkan diskon. 
  10. Tampilkan Video Ads
    Iklan dalam bentuk video akan lebih menarik ketimbang membaca status. Jadi buatlah konten video yang kreatif dan menarik sesuai ketentuan Facebook tentunya. 

Kemajuan teknologi telah mengubah banyak tentang bagaimana cara jualan online yang mudah tetapi efisien dan berdampak lebih massif ketimbang cara beriklan tradisional. Facebook pun ikut memberi ruang bagi pemilik toko online untuk meningkatkan dan mengembangkan bisnisnya. 

Kalau sarananya sudah tersedia, caranya juga sudah diajarkan, kamu tinggal menjalankannya dari LummoSHOP. Kok bisa? Fitur SMM (Social Media Management) yang tersedia di layanan berbayar LummoSHOP Plus, memungkinkan kamu untuk mengatur konten iklan media sosial bisnis dengan mudah. Segala kebutuhan operasional bisnis untuk website toko online pribadi kamu tersedia lengkap di sini!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP