fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

11 Ide Usaha Niche Market untuk Bisnis Makanan & Minuman

niche market untuk bisnis makanan & minuman_01

Sejak semakin mudahnya akses secara online melalui aplikasi, bisnis makanan dan minuman terus bermunculan. Namun, banyak juga bisnis makanan dan minuman yang tumbang. Penyebabnya justru karena terlalu mengikuti arus tren, atau sekadar ikut-ikutan sehingga terlihat sama jika membandingkan dengan produk lain. Itulah sebabnya penting menentukan niche market untuk bisnis makanan & minuman. 

Apa Itu Niche market untuk Bisnis Makanan & Minuman

Menentukan niche market untuk bisnis makanan & minuman adalah upaya untuk membuat segmentasi dari pasar yang besar dengan cara menonjolkan keunikannya. Brian Chesky, pendiri dan CEO Airbnb pernah berkata, “Bangunlah sesuatu yang akan membuat 100 orang jatuh cinta, ketimbang membuat sesuatu yang membuat 1 juta orang suka”. 

Ketatnya persaingan mendorong para pebisnis untuk fokus pada sebagian kecil pelanggan tapi loyal. Targetnya bukan jumlah pelanggan yang membeli, melainkan berapa pelanggan yang membeli berkali-kali. Sama halnya dengan bisnis makanan & minuman, sekadar ikut-ikutan itu pendek masa tayangnya. 

Cara menentukan niche market untuk bisnis makanan & minuman itu ada beberapa cara. Biasanya dibagi berdasarkan harga, demografis (jenis kelamin dan umur), tingkat kualitas produk, faktor psikografis (minat, nilai-nilai, kebiasaan), dan masih banyak lagi. 

Lalu tunggu apalagi? Simak ide niche market untuk bisnis makanan & minuman di bawah ini. Siapa tahu ada yang cocok dengan visi misi produk kamu.  

Menentukan Niche market untuk Bisnis Makanan & Minuman berdasarkan Objek Penerima

Yang dapat kamu kembangkan adalah lihat calon pelanggannya. Untuk siapa produk makanan & minuman kamu? 

1. Makanan untuk Binatang

 niche market untuk bisnis makanan & minuman_02Kue ulang tahun untuk binatang peliharaan seperti anjing atau kucing adalah cara pemiliknya memanjakan binatang kesayangannya. Zaman sekarang ini, bahkan binatang peliharaan juga harus estetik. Komposisinya tentu berbeda dengan kue ulang tahun manusia karena bagaimana pun kamu sebagai produsen harus memastikan kuenya aman bagi kesehatan si binatang dan rasanya enak. 

2. Makanan untuk Orang Tua

Orang-orang yang sudah memasuki usia lansia biasanya sudah mulai  banyak pantangan. Penyakit tekanan darah tinggi, kolesterol, asam urat, bersatu padu sehingga ada berderet pantangan makanan. Menu untuk mereka ini, susah-susah gampang, karena kalau rasanya tidak enak atau menunya itu lagi itu lagi, mereka pun jadi tidak selera makan. Inilah kesempatan kamu untuk menjadi solusi. Metodenya bisa berupa katering atau dapat order dadakan sesuai dengan jadwal menu yang tersedia. 

3. Makanan untuk Orang Sakit 

Orang yang habis dirawat di rumah sakit dan masih dalam tahap pemulihan, biasanya pola makannya juga masih mengikuti diet tertentu. Misalnya, mereka yang habis menderita gangguan pencernaan, berarti makanannya harus lembut. Atau bisa juga untuk ibu-ibu yang habis melahirkan, butuh asupan untuk meningkatkan energi dan pasokan ASI. Menu ini sebenarnya cukup kompleks karena keseimbangan gizinya sangat diperhatikan. 

4. Makanan untuk Anak-anak 

Menyiapkan makanan anak-anak juga cukup tricky. Kalau untuk usia bayi, bisnis menu MPASI atau Menu Pendamping ASI akan membantu para ibu karena ada saja bayi yang sulit makan sementara untuk membuat makanan bayi sendiri biasanya sekaligus banyak. Tentu saja bahannya harus yang organik sebagai nilai tambah dan pembeda dari makanan bayi kemasan. Sementara untuk usia anak-anak, jika kamu memilih niche bekal sekolah, hal itu akan sangat meringankan, mengingat aktivitas para ibu dan ayah di pagi hari sangat padat. Mereka dapat mengucapkan selamat tinggal pada sakit kepala karena memikirkan menu.

Menentukan Niche market untuk Bisnis Makanan & Minuman berdasarkan Tujuan

Jika kamu pernah pergi ke restoran shabu-shabu, salah satu menu kuahnya ada yang menyebutkan bahwa mengandung kolagen yang bagus untuk kehalusan kulit. Mungkin agak aneh membaca tentang kecantikan di buku menu, tapi faktanya makanan dan minuman memang memiliki efek langsung pada seluruh tubuh kita termasuk kesehatan kulit. 

Bersyukurlah karena tinggal di Indonesia yang memiliki ragam budaya jamu atau kreasi minuman yang memang memiliki segudang manfaat. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk menentukan niche market untuk bisnis makanan & minuman kamu. 

5. Minuman untuk Kecantikan

Ada beberapa bahan yang memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, seperti: kunyit asam untuk membuat kulit cerah, beras kencur membuat kulit lebih kencang, dan sinom membuat wajah terlihat lebih sehat. Kamu dapat bekerja sama dengan orang-orang lulusan Teknik Pangan untuk mengetahui manfaat-manfaat tumbuhan di Indonesia. 

6. Minuman untuk Menurunkan Berat Badan

Ide menurunkan berat badan dengan cara mudah selalu laris di pasaran. Berbagai racikan pun bermunculan dan semua mengklaim kalau ramuannya paling ampuh untuk menurunkan berat badan. Minuman ini jika dikembangkan bisa menelurkan produk kapsul untuk pelanggan yang enggan minum karena aroma dan rasanya yang terkadang sulit diterima lidah. 

7. Minuman untuk Kesehatan

Sejak era pandemi, minuman untuk menjaga kesehatan ini naik pamor. Orang-orang berlomba-lomba membuat ramuan mpon-mpon, air jahe, dan sebagainya. Dan tren ini tampaknya masih cukup bertahan, jika kamu menemukan formula lain yang ampuh dan lagi-lagi rasanya enak, juga kemasannya kekinian.

Menentukan Niche market untuk Bisnis Makanan & Minuman berdasarkan Event Tertentu

8. Ulangtahun

Keunggulan dari bisnis makanan & minuman di momen ulangtahun adalah kekuatan tema. Yang menjadikan ulangtahun meriah salah satunya adalah dekorasi juga terlihat dari sajian makanannya baik yang hidangan berat hingga hidangan manis dan minumannya. Misalnya, untuk ulangtahun tema unicorn, maka kuenya bertema unicorn, nasi boksnya berupa bento yang membentuk unicorn, kemudian minumannya berwarna warni seperti ekor unicorn.  Harap diingat, meski menggunakan banyak warna, gunakan pewarna yang aman dan kalau bisa sealami mungkin. 

9. Pertemuan Online

Sejak dibatasinya kegiatan buka puasa bareng, acara kumpul-kumpulnya pun berubah menjadi online. Namun, yang tetap jadi garis merahnya adalah semuanya makan menu yang sama. Nah, peran kamu di sini adalah menyediakan menu buka puasa yang siap diantarkan ke berbagai tujuan sekaligus. Cara ini juga bisa kamu terapkan untuk event rapat tahunan, arisan, atau kumpul-kumpul online lainnya. 

10. Isoman 

Paket makanan isoman sangat membantu saat pandemi sedang parah-parahnya. Karena tidak bisa ke pasar atau badan tidak fit sehingga tidak sanggup masak, paket makanan isoman ini sungguh meringankan mereka yang harus di rumah saja karena isoman. 

11. Hari Raya

 niche market untuk bisnis makanan & minuman_03Hari raya adalah momen ketika semua rumah seolah berlomba-lomba menghidangkan makanan terbaik. Namun ada juga rumah-rumah yang enggan masak banyak karena nantinya akan ke rumah orang tua. Atau mungkin yang menunda mudik, sehingga hanya sendirian di perantauan. Saat itulah hidangan hari raya untuk porsi satu kali makan, akan mengobati rindu atau sekadar syarat kalau hari raya sudah tiba. Karena porsinya tidak banyak, kamu dapat menyediakan paket hidangan hari raya bagi mereka sesuai jumlah anggota keluarga. Biasanya paket untuk 3-5 orang. Atau bisa juga paket single. 

Dalam menentukan niche market untuk bisnis makanan & minuman memang membutuhkan kejelian. Namun, selalu diingat juga untuk menerapkan niche marketing. Karena calon pelanggan tidak akan tahu apa pembeda produk kamu dengan yang lain dan seberapa berharga keunikan itu bagi mereka. Semangat mencoba ya.