fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

11 Kiat Laris Jualan Saat Live Streaming

Metode berjualan online makin beragam, salah satu yang potensial adalah jualan live streaming. Yuk, kita gali apa dan bagaimana cara jualan live streaming.

Pandemi Covid-19 memberi berkah tersendiri pada sebagian orang, blessing in disguise. Ketika penjualan offline turun, bahkan banyak bisnis yang tutup, penjualan online malah meningkat pesat. Berdasarkan data We Are Social di tahun 2021, 87% penggguna internet di Indonesia, pernah berbelanja online. Makanan dan perawatan diri menempati posisi paling atas sebesar 61,3%, diikuti produk mainan, hobi, fashion, dan kecantikan.

Apa Itu Live Streaming

Live streaming merupakan video yang disiarkan secara langsung atau biasa disebut real time. Dalam live streaming, kamu dapat berinteraksi langsung dengan penonton, dan sebaliknya. Jadi, bila digabungkan, jualan live streaming adalah menjual produk atau jasa melalui video yang disiarkan secara langsung.

Alibaba Group pertama kali mempopulerkan metode jualan ini saat Hari Belanja Nasional tahun 2019. Perusahaan itu meraup keuntungan sebanyak Rp2 triliun hanya satu hari penjualan. Kesuksesan Alibaba Group melakukan jualan live streaming dicontoh marketplace di Indonesia dengan memberikan fitur live streaming. Dengan live streaming, konsumen bisa langsung bertanya mengenai produk yang ditawarkan, bahkan juga tawar menawar. 

 

Kelebihan Live Streaming

Setiap cara jualan mempunyai kelebihan masing-masing, begitu pula jualan live streaming. Yuk, simak semua kelebihannya:

  • Menciptakan interaksi dengan konsumen

Ketika melakukan jualan live streaming, kamu bisa melakukan interaksi langsung dengan calon konsumen. Jika live streaming yang kamu lakukan menarik, konsumen akan mengikuti program kamu di lain waktu. 

Konsumen juga akan sering memperhatikan barang yang akan kamu jual dan menjadi incarannya. Bahkan, bisa saja antar konsumen berebutan untuk mendapatkannya. Jika itu terjadi, kamu dapat mengajukan pertanyaan dan keinginan konsumen. Harapannya adalah untuk memicu keinginan membeli dan mencegah konsumen memberikan komplain setelah mereka menerima barangnya.

  • Meningkatkan brand awareness

Dengan melakukan jualan live streaming, brand awareness bisnis kamu akan meningkat. Sebab, konsumen otomatis akan mengenal brand kamu. Jika brand awareness kamu meningkat, penjualan akan meningkat. Makin sering produk kamu dilihat konsumen, maka makin banyak konsumen mengenal produk dan brand kamu.

  • Menyajikan konten yang fresh

Saat jualan live streaming, kamu tampil adanya, begitu juga produk yang sedang kamu jual. 

  • Meningkatkan penjualan

Pastinya, jualan live streaming berpeluang meningkatkan penjualan produk kamu. Berdasarkan laporan We Are Social pada 2021, 98,5% netizen menyukai menonton video. 

 

Platform Media Sosial Untuk Jualan Live Streaming

Cara Jualan di Tiktok

Sekarang ini, hampir semua platform media sosial menyediakan fitur live, yang dapat kamu manfaatkan untuk jualan live streaming

  • Facebook

Sosial media ini mempunyai dua fitur live streaming. Pertama, melakukan live streaming dari beranda dan kedua, kamu dapat melakukan live streaming di grup Facebook. 

  • Instagram

Kebanyakan orang menggunakan fitur live di Instragram untuk hiburan saja. Padahal, potensi untuk jualan live streaming di Instagram, sangat besar. Setelah melakukan live streaming, kamu bisa menyimpan hasil videonya di IGTV atau diposting di Instagram feed.

  • Tiktok

Media sosial yang awalnya terkenal sebagai platform untuk ‘joget-joget’ ini sekarang bisa juga kita pakai untuk berjualan. Kamu dapat berjualan di feed maupun live streaming. Sayangnya, tidak semua pengguna bisa melakukan live streaming, kamu harus memenuhi syarat, yaitu memiliki minimal 1.000 follower dan berusia 16 tahun ke atas.

  • YouTube

Fitur live streaming YouTube bisa digunakan siapa saja. Fitur ini harus kamu aktifkan apabila kamu ingin menggunakannya. Tunggu selama 24 jam sebelum menggunakannya kalau baru pertama kali aktifasi. Selain bisa digunakan untuk berjualan, kamu juga bisa mendapatkan pendapatan dari live streaming. Dengan syarat mengaktifkan iklan dan menggunakan super chat

 

Tips Menghasilkan Cuan dengan Live Streaming

Siapkan peralatan dan materi jualan live streaming. Adapun peralatan yang kamu butuhkan adalah:

1. Microfon

Ada beberapa jenis mikrofon: mikrofon clip on, mikrofon lapel (mikrofon yang dapat dipasang di baju dan disambungkan ke headphone), dan mikrofon directional (mikrofon bersifat statis).

2. Background dan pencahayaan 

Disarankan untuk menggunakan background polos dan bersih. Kamu bisa menggunakan dinding ataupun green screen. Green screen merupakan alat berupa layar atau backdrop yang digunakan sebagai latar. Videografer dan fotografer biasa memakai alat ini untuk menghasilkan foto maksimal. Untuk pencahayaan, kamu bisa menggunakan ring light yang dapat meningkatkan kualitas gambar.

3. Internet.

Koneksi internet yang baik sangat penting untuk jualan live streaming.

4. Promosikan Jadwal Live Streaming

Setelah mempersiapkan peralatan, kamu perlu mempromosikan rencana jualan live streaming kamu di berbagai kanal media sosial, agar banyak penonton yang melihat. Berikan informasi sejelas mungkin seperti produk apa saja yang akan kamu jual dan daya tariknya. Seperti bakal ada giveaway atau diskon besar. Apabila kamu ingin melakukan live streaming secara rutin, kamu perlu membuat jadwal konsisten. Misal, setiap Sabtu, jam 1 siang. Ini membuat konsumen akan terbiasa, sehingga tiap waktu tersebut mereka sudah tahu bahwa kamu akan melakukan jualan live streaming.

5. List produk

Buatlah daftar produk yang akan kamu jual. Dengan cara ini kamu tidak akan bingung mau menjual apa atau urutan produk yang akan kamu jual.

6. Buat judul yang menarik

Buatlah judul yang mengundang rasa penasaran, seperti; “Obral sepatu, mulai 10 ribu saja” atau “Beli 1 dapat 3”, dan lain sebagainya.

7. Berinteraksi dengan penonton

Seringlah berinteraksi dengan penonton saat live streaming. Lakukan live streaming secara santai dan selipkan candaan yang seru. Peluang untuk membeli produk akan meningkat kalau penonton merasa nyaman dan akrab dengan kita.

8. Buat flash sale dan giveaway

Daya tarik ini akan membuat penonton terus menyimak live streaming-mu dan meningkatkan penjualan. 

9. Perhatikan tampilan visualmu di depan kamera

Ketika sedang menjelaskan produk, selalu perhatikan tampilan visual kamu di depan kamera. Jangan sampai, wajah dan produk tidak terlihat dengan jelas di layar streaming. Penonton akan merasa nyaman melihat penampilanmu sebagai presenter yang baik penampilannya.

10. Buat link toko

Untuk memudahkan konsumen membeli saat live streaming, buatlah link website yang terhubung dengan produk yang dijual. Gunanya untuk memudahkan konsumen membeli produk kamu. Jika kamu belum memiliki website, kamu dapat membuatnya di LummoSHOP.

11. Berkolaborasi dengan content creator 

Agar penjualan kamu meningkat saat live streaming, kamu bisa berkolaborasi dengan content creator dalam menjual produk. Pilihlah content creator yang sesuai dengan bisnis kamu dan mempunyai pengikut yang banyak. Sebab, ini akan mempengaruhi penjualan kamu. 

Nah, itulah sembilan tips agar jualan live streaming-mu berhasil. Jangan takut untuk memulai jualan live streaming, meskipun kamu merasa belum terlalu percaya diri. Semangat!