fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

15 Cara Promosi Produk yang Pasti Berhasil untuk Bisnis

cara promosi produk_01

Mempromosikan produk yang pasti berhasil untuk bisnismu membutuhkan cara promosi produk yang teruji. Meski kamu memiliki produk atau jasa bagus, namun tanpa promosi produk, semuanya terasa kurang powerfull. 

Berikut 15 cara promosi produk yang bisa kamu coba :

Manfaatkan Platform Media Sosial

cara promosi produk_021. Post Konten Menarik di Media Sosial

Media sosial adalah tempat berkumpulnya target audience potensial. Meski target utama dari media sosial bukanlah penjualan secara langsung, kamu tetap penting mem-posting informasi produk atau jasamu untuk membangun brand awareness.

Tapi ingat, jangan sekedar posting, tetapi pikirkan konten yang menarik. Menarik dari segi ide, lalu menerjemahkannya ke dalam jenis konten yang sesuai target audience seperti foto, video, infografis, carousel, atau microblog. Kamu juga harus melengkapinya dengan teknik copy writing yang menarik.

Nilai plus dari post konten di media sosial adalah bisa berinteraksi secara langsung dengan audience mu. Audience bisa memberikan interaksi melalui kolom komentar maupun mengisi polling yang kamu sajikan di Instagram story. Dari situlah, kamu pun mengetahui karakter dari followers yang dengan segera akan kamu ubah menjadi konsumenmu.

Konten yang menarik akan membuat audience mudah untuk membagikannya dengan komunitas yang mereka miliki secara organik.

2. Memakai Facebook dan Instagram Ads

Facebook dan Instagram merupakan dua dari media sosial dengan pengguna terbesar. Kelebihannya lagi, keduanya berada dalam satu manajemen sehingga memiliki konektivitas cukup bagus. Kamu bisa memanfaatkan fitur ads yang Facebook dan Instagram miliki dengan memilih target audience yang sesuai bisnismu. Harganya pun relatif terjangkau.

Penawaran Spesial

3. Menggunakan Voucher Promosi

Cara promosi produk menggunakan voucher promosi akan tetap cocok untuk segala kondisi. Kamu bisa memberikan variasi voucher, mulai dari voucher diskon, buy 1 get 1 free, hingga voucher produk gratis yang sedang kamu promosikan. Memberikan voucher promosi berarti memberi kesempatan calon konsumen untuk menjadi konsumen loyalmu.  

4. Menawarkan Paket Bundling

Paket bundling menjadi cara promosi produk yang bisa kamu coba. Paket bundling bisa menjadi strategi untuk meningkatkan penjualan dan menggabung produk populer dengan produk yang kurang populer dan stoknya masih cukup banyak. 

Event Offline Maupun Online

5. Mengadakan Giveaway

Giveaway adalah cara mudah untuk menarik perhatian audience yang merupakan calon konsumenmu. Kamu bisa mengadakannya di Facebook maupun Instagram. Cara promosi produk ini cukup organik untuk membangun kesadaran akan brand mu dan membuat mereka berinteraksi dengan kontenmu. Selain itu, pemenang giveaway akan merasakan manfaat produk atau jasamu. 

Kamu bisa mencoba berbagai jenis giveaway, mulai dari berkomentar di kolom komen postinganmu, repost informasi event yang kamu adakan, maupun menantang audience untuk membuat konten yang berhubungan dengan produkmu. 

6. Mengadakan Kompetisi Menulis Pengalaman Memakai Produk

Salah satu cara promosi produk yang melibatkan pengalaman konsumen secara langsung adalah kompetisi menulis pengalaman memakai produk. Banyak brand besar yang juga menyelenggarakan event semacam ini dan menghasilkan banyak tulisan berbobot. Plusnya, tulisan peserta kompetisi juga menambah nilai pencarian tentang produkmu di dunia maya, selain juga membangun brand awareness.

7. Menyelenggarakan Live Streaming atau Webinar

Di era pandemi saat ini, event online semacam live streaming di Facebook, Instagram, maupun Tiktok tak ada salahnya kamu coba. Kamu bisa terhubung secara langsung dengan audience mu. Bisa saja live streaming mu berisi sharing session yang berhubungan dengan produk atau jasamu. Atau flash sale yang sedang tren belakangan ini.

Webinar juga sangat efektif untuk menciptakan engagement dengan audience mu. Di dalam sesi webinar, kamu juga bisa menambahkan informasi produk atau jasamu dan memberikan penawaran spesial di saat yang sama.

Menjalin Kerjasama atau Kolaborasi

 cara promosi produk_038. Memakai Jasa Influencer atau Endorsement Public Figure

Influencer marketing saat ini juga berkembang pesat dan menjadi pelengkap dalam social media marketing. Memilih influencer atau public figure yang sesuai dengan karakter produk atau jasamu akan membuat audience percaya akan layananmu. Kelebihannya, audience dari influencer atau public figure tadi dengan mudah mengenal brand mu.

9. Menjadi Sponsor Event

Cara promosi produk satu ini masih ckup efektif untuk membangun engagement. Mensponsori suatu event berarti mengenalkan brand mu kepada masyarakat sehingga memperluas jangkauan psar. Jangan lupa untuk memberikan kompensasi yang sesuai supaya kamu bisa menemukan konsumen baru dari event tersebut. 

10. Content Collaboration

Kolaborasi konten dengan content creator yang memiliki niche sama dengan bisnismu akan membantu mendongkrak view, followers, maupun engagment. Kolaborasi bisa dalam bentuk microblog, foto, maupun video. Di Instagram, kolaborasi ini sering dilakukan dengan memakai fitur mencantumkan kolaborator dan jika kolaborator menerima ajakan tersebut, maka postingan akan muncul di kedua belah pihak.

Meningkatkan SERPs (Search Engine Result Pages) Bisnismu

11. Memanfaatkan Google My Business

Memiliki akun Google My Business (GMB) akan membantu produk atau jasamu muncul di halaman pencarian. Apalagi jika banyak konsumen yang menulis review positif di halaman GMB mu, bisnismu kana mudah dikenal dan direkomendasikan. Di dashboard GMB, kamu juga bisa memanfaatkan fitur Offer atau What’s New. 

12. Membangun Website, Toko Online, dan Blog

Memiliki landing page atau official websites tentang produk atau jasamu tentu sangat membantu memunculkan bisnismu di halaman mesin pencari. Apalagi jika kamu memiliki toko online mu sendiri di online commerce builder seperti LummoSHOP ini. 

Sedangkan blog yang berisi tulisan singkat harian berisi tips-tips dan info bermanfaat lainnya juga efektif untuk membantu bisnismu terus muncul di halaman pencarian.

Personalisasi Layanan

13. Menawarkan Preview atau Demo Produk

Cara promosi produk dengan penawaran spesial seperti preview session atau demo produk akan membuat calon konsumenmu merasa spesial. Cara ini bisa dipakai untuk bisnis yang berorientasi pada produk maupun jasa.

 14. Memaksimalkan WA Marketing

Meski kamu memiliki sistem yang memudahkan konsumen melakukan akses pembelian produk atau jasamu, What’s App marketing tetap berperan mengambil hati konsumen. Konsultasi pribadi untuk menanyakan hal-hal yang belum dimengerti dengan baik, biasanya efektif melalui WA marketing. 

Mengumpulkan Basis Data Konsumen

15. Melakukan Email Marketing

Email marketing masih merupakan channel yang efektif untuk mengumpulkan data konsumen. Biasanya kamu bisa melakukannya saat memberikan sesuatu yang bisa diunduh gratis seperti e-book. Bisa juga kamu dapatkan dari subscriber blog bisnis mu. 

Email yang telah kamu kumpulkan bisa secara rutin kamu pakai untuk menginformasikan produk atau layanan baru, event, buletin, atau event dan layanan terbaru lainnya. Penggunaan template yang menarik dengan bahasa copy writing yang bersifat personal juga bisa kamu maksimalkan. 

Ternyata ada banyak cara promosi produk yang bisa kamu lakukan supaya bisnismu makin berkembang. Cara-cara itu sudah terbukti ampuh asal kamu konsisten melakukan riset, eksperimen, dan mempertahankan cara yang sesuai dengan karakter bisnismu.