fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

3 Contoh dan Keuntungan Memiliki Bisnis Online Niche Market

Setiap bisnis apa pun pasti sudah memiliki target market. Tapi tak semuanya punya target market yang sama. Ada yang memilih untuk mass market dengan pasar yang luas. Namun ada juga yang memilih target market yang khusus, spesifik dan terbatas yang disebut niche. Pertanyaannya adalah apa keuntungan niche market? 

Tak hanya itu, bagaimana dengan angka penjualannya? Apakah niche market adalah pasar yang menarik untuk digarap? Baca paparan seputar contoh bisnis niche lokal serta keuntungan niche market berikut ini ya. 

Contoh Bisnis Online Lokal Niche Market

keuntungan niche market_02Ada beberapa contoh bisnis online niche market yang bisa kamu jadikan inspirasi dan motivasi dalam berbisnis di niche

  • Life Behind Bars (LBB)

Life Behind Bars adalah brand lifestyle sepeda lokal yang menawarkan berbagai produk-produk bersepeda dengan desain serta konsep berkualitas tinggi. LBB memilih niche market dengan menjual berbagai produk seputar sepeda. Mulai dari tas, backpack, topi hingga kaos, jersey atau apapun yang berkaitan untuk yang pehobi sepeda. 

LBB sendiri didirikan atas keprihatinan pendirinya, Aldeo Plato yang gemas merasakan kemacetan Jakarta dan beralih menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi. Dalam perjalanannya, untuk bersepeda membutuhkan gear yang nyaman dan aman. Oleh sebab itu, ia pun akhirnya menelurkan inovasi dengan membuat Life Behind Bars yang awalnya fokus menciptakan tas untuk para bike rider.  

Meski niche, tapi pasar LBB hingga ke luar negeri. Bahkan sebagian besar penjualan produk LBB disumbang dari penjualan luar negeri. Hal ini wajar mengingat pasar luar negeri yang sudah menjadikan sepeda sebagai alat transportasi sehari-hari sekaligus untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

  • Wah Gede Banget (WGB)

Wah Gede Banget merupakan brand pakaian lokal yang menjual berbagai jenis pakaian pria berukuran ekstra. WGB memang sengaja membangun segmentasi niche market untuk pria berukuran besar sebagai solusi dari para pria bertubuh ekstra yang membutuhkan pakaian khusus. 

Seperti halnya LBB, WGB berdiri karena pengalaman pendirinya, Adam Abdullah yang mengalami kesulitan dalam mencari pakaian berukuran ekstra untuk dirinya. Ia pun akhirnya terpaksa mendesain pakaian sendiri demi memenuhi kebutuhan akan fashion. Tak dinyana, banyak dari teman-temannya yang tertarik dengan baju desain Adam. 

Hingga akhirnya tahun 2014, Adam pun melihat peluang dari bisnis pakaian dengan niche market ini. Meski segmen pasar yang spesifik, nyatanya bisnis WGB ini masih bertahan bahkan menjadi salah satu brand yang kerap melakukan fashion show.

  • Burgreens

Selain bisnis fashion atau merchandise, ada pula bisnis makanan dengan niche market. Salah satunya adalah Burgreens yang merupakan restoran makanan vegan dengan cita rasa lidah orang Asia. adalah Helga Angelina Tjahjadi dan Max Mandias orang dibalik catering vegan yang keduanya juga konsumen makanan vegan.

Meskipun Burgreens menyebut dirinya sebagai restoran makanan vegan, tapi menariknya basis pelanggannya terbesar bukanlah vegetarian. Burgreens menjadi solusi penyedia makanan yang tepat bagi orang-orang yang sadar terhadap kesehatan dan memilih untuk mengurangi konsumsi daging untuk alasan kesehatan dan lingkungan.

Keuntungan Niche Market bagi Bisnis Online

Mungkin selama ini kamu berpikir bahwa memilih niche market justru akan mempersempit pasar. Tapi jangan salah, sebaliknya ada beberapa keuntungan niche market bagi bisnis online. Apa saja? Yuk simak paparan berikut ini ya. 

1. Kompetisi lebih sedikit

Salah satu keuntungan niche market adalah sedikit atau bahkan tidak adanya persaingan. Kenapa demikian? Ketika kamu memilih bisnis yang melayani audiens terbatas atau spesifik, maka ada lebih sedikit pesaing yang memberikan penawaran yang sama. Namun harus juga kamu sadari bahwa tentu saja ada lebih sedikit konsumen yang mencari produk atau layanan dari bisnis kamu. Oleh sebab itu, menjadi penting bahwa kamu dapat menargetkan pelanggan yang tepat.

Dengan kata lain, berkurangnya persaingan hanya akan bermanfaat bagi kamu jika kamu memiliki jumlah audiens yang signifikan meski spesifik. Pasalnya ada dua kemungkinan mengapa kamu tidak memiliki pesaing. Pertama, bisa jadi memang tidak ada pesaing kamu yang dapat melayani target market tersebut. Kemungkinan kedua adalah tidak adanya kompetitor mungkin karena mereka menyadari bahwa memang pasarnya tidak begitu menguntungkan. Sehingga pastikan kamu membuat keputusan dengan bijak dan matang setelah mempertimbangkan berbagai faktor. 

Lakukan riset pasar yang komprehensif untuk memahami target market kamu serta untuk dapat melihat serta memproyeksikan apakah bisnis tersebut nantinya menghasilkan pertumbuhan yang baik secara berkelanjutan. Bila memang hasilnya menunjukkan potensi pasar serta proyeksi pertumbuhan bisnis yang signifikan dalam jangka panjang, maka tak ada alasan menolak bisnis niche

2. Membantu Meningkatkan Loyalitas Merek

Tahukah kamu kalau sebenarnya keuntungan niche market lainnya adalah dapat membantu bisnis dalam membangun loyalitas merek atau brand loyalty. Dengan memilih niche market, artinya kamu membangun keterlibatan dengan audiens yang lebih kecil. Imbasnya tentu saja kamu bisa lebih berfokus pada kualitas layanan pelanggan dan memelihara hubungan dengan mereka. 

Saat kamu berhasil memenuhi kebutuhan spesifik konsumen dan berhasil memenangkan hati mereka, kamu tidak lagi hanya bertindak seperti produsen tetapi lebih seperti mitra atau teman yang tepat. Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa kalau ingin memenangkan hati konsumen dan pasar, gunakan hati dan buat pengalaman mereka berhubungan dengan bisnis kamu menjadi sesuatu yang memorable dalam artian yang positif. 

Demikian juga dengan bisnis niche. Apalagi dengan jumlah konsumen yang spesifik dan terbatas, maka cara terbaik untuk menjaga pertumbuhan bisnis adalah dengan melakukan retensi konsumen. Buat mereka selalu kembali ke brand kamu karena mereka adalah sumber pundi-pundi bisnis kamu. 

3. Lebih Sedikit Pengeluaran untuk Pemasaran

keuntungan niche market_03Keuntungan niche market yang lainnya adalah memudahkan dalam hal pemasaran dan periklanan. Dengan demikian, kamu dapat menghemat secara substansial pada pemasaran dan periklanan. Karena strategi marketing untuk bisnis niche umumnya sangat tertarget, maka pengeluaran untuk biaya marketing dan iklan menjadi lebih hemat daripada harus menyasar pada segmen pasar yang lebih luas.

Selain itu, dengan niche market ini kamu juga akan melakukan lebih sedikit percobaan dan kemungkinan kegagalan yang biasanya akan menghabiskan budget. Tapi meski lebih hemat, yang terpenting adalah kamu memahami dengan sangat baik apa yang menjadi kebutuhan dan pain point mereka serta marketing journey dari konsumen kamu. 

4. Membantu Meningkatkan Visibilitas

Meningkatkan visibilitas adalah keuntungan niche market yang tidak hanya mengarah ke banyaknya jumlah pelanggan saja tetapi juga dapat meningkatkan online presence bisnis atau brand kamu.

Bisnis yang melayani niche market biasanya cenderung unik, contohnya perusahaan pembersih yang menggunakan produk pembersih alami, toko roti bebas gluten, atau katering untuk vegetarian. Bisnis dengan produk atau layanan unik memang cenderung lebih menonjol, dan sering ditampilkan di media seperti talk show, radio, majalah atau koran.

Dengan memilih niche market, tampil di depan orang yang tepat lebih penting daripada tampil di depan banyak orang. Namun, di sisi lain tampil di depan banyak orang seperti melalui media juga memiliki keuntungan. Semakin banyak orang yang tahu tentang bisnis kamu maka akan semakin banyak orang yang akan merekomendasikan bisnis atau brand kamu kepada teman, saudara atau kolega yang sesuai dengan niche market kamu.

5. Strategi Word of Mouth yang Terjangkau

Keuntungan niche market yang terakhir adalah memiliki kemungkinan word of mouth yang sangat besar. Hal ini karena konsumen niche market cenderung sering berhubungan dengan konsumen lainnya di niche itu, yang artinya akan lebih banyak peluang untuk menyebarkan berita tentang bisnis kamu. Contohnya, seorang pelanggan kamu adalah ibu hamil yang mengikuti senam prenatal, kelas pendidikan melahirkan, dan berbelanja di toko pakaian anak, di mana mereka bertemu banyak ibu hamil lainnya.

Nah kalau kamu adalah seorang instruktur yoga prenatal, maka pelanggan kamu saat ini akan menjadi beberapa marketer terbaik. Semakin baik kamu melayani mereka, maka akan semakin besar pula kemungkinan mereka untuk merekomendasikan, dan bahkan mungkin memuji, layanan kamu kepada ibu hamil lainnya.

 

Nah setelah membaca beberapa contoh brand atau bisnis dengan niche market serta lima keuntungan niche market, apakah kamu terinspirasi untuk melakukan hal yang sama? Namun satu hal yang pasti adalah kalau kamu memilih satu area bisnis yang kamu pahami luar dalam, maka kamu juga dapat memfokuskan upaya dan strategi untuk menonjol di mata audiens kamu.