fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

4 Ide Packaging untuk Bisnis Online Perlengkapan Ibu dan Anak

perlengkapan ibu dan anak

Siapa yang tidak pernah membeli perlengkapan ibu dan anak? Bisa untuk diri sendiri maupun hadiah untuk orang lain. Tentu hampir semua orang pernah membelinya karena ini bukanlah produk langka yang sulit ditemukan di pasaran.

Saat membeli produk anak dan produk bayi secara online, hal apa yang akan menarik perhatian kamu pertama kali? Model dan warna produknya? Atau packaging produknya? Jawabannya bisa beragam bahkan ada pula yang akan menjawab keduanya. Namanya juga selera konsumen.

Tapi tahukah kamu jika perbedaan selera tadi juga bisa dijadikan sebuah riset yang mengejutkan? Rupanya Indonesia Packaging Federation mencoba mendata tentang perkembangan industri kemasan alias packaging di Indonesia.

Indonesia Packaging Federation menyatakan kinerja industri kemasan di Indonesia diproyeksi tumbuh pada kisaran 6% di tahun 2020. Ternyata kemasan memiliki potensi tersendiri yang perlu didata dengan baik, lho. Hal ini dipicu dengan adanya peningkatan bisnis online melalui platform e-commerce dan social commerce yang menyebabkan konsumen menjadi lebih peduli dengan packaging produk sebuah bisnis.

Sebuah hasil riset dari AT Kerney yang dilansir dari Warta Ekonomi bahkan menyatakan jika telah terjadi pergeseran paradigma secara makro ekonomi selama masa pandemi dan itu memengaruhi tren industri pengemasan.

Masih dari sumber yang sama, salah satu perwakilan Kementerian Perindustrian juga menambahkan jika meningkatnya permintaan smart packaging dapat meningkatkan kesadaran konsumen terhadap kemasan berkelanjutan, dan desain kemasan yang dapat mengurangi biaya pengemasan juga dapat meningkatkan daya saing produk.

Pemilihan kemasan sesuai segmentasi pasar juga mulai menjadi perhatian pebisnis. Jangan sampai target pasar konsumen bisnis kamu menengah ke atas tetapi packaging produknya berupa plastik biasa. Tentu tidak akan selaras.

 

Peran Packaging dalam Dunia Bisnis Online

Pemerintah paham betul jika packaging juga memiliki peran yang tidak kalah penting dibanding produk itu sendiri. Dilansir dari Liputan 6, salah satu perwakilan Kementerian Perindustrian mengatakan 30% yang memiliki packaging bagus bisa meningkatkan penjualan. Sehingga tidak heran jika packaging produk harus mendapat perhatian khusus. Karena peluang sebesar 1% sekalipun tetaplah peluang yang tidak boleh dilewatkan.

Terlebih dengan model bisnis D2C atau direct to consumer yang mewarnai pasar bisnis online saat ini. Di mana kekuatan utama penjualan adalah foto produk yang ditampilkan di katalog. Kemasan menjadi daya tarik tersendiri di hati konsumen. Tidak terkecuali bisnis perlengkapan ibu dan anak.

Seluruh sektor industri bisnis berlomba untuk menjadi raja di pasar digital dengan fokus meningkatkan penjualan melalui berbagai upaya strategi. “Berusaha mempersembahkan yang terbaik” seolah serempak menjadi slogan para pebisnis dewasa ini. 

Packaging yang tepat sesuai selera pasar, tentu akan menambah brand value itu sendiri. Selain itu packaging yang menarik juga dapat membantu memuluskan strategi promosi bisnis kamu. Harapannya, agar produk kamu dapat diterima pasar, baik dalam negeri maupun luar negeri.

 

Manfaat Packaging di Bisnis Online Perlengkapan Ibu dan Anak

Jualan online berupa produk produk bayi, produk anak, produk ibu hamil, dan keperluan ibu dan anak lainnya tentu membutuhkan sebuah packaging. Adapun manfaatnya adalah:

  • Memberikan pengaruh psikologi ke konsumen

Pemain utama yang dapat memengaruhi psikologi konsumen adalah permainan desain dan pemilihan warna. Karena desain dan warna packaging dapat menjadi identitas sebuah produk.

Dengan memilih warna yang sesuai dengan kepribadian merek kamu, tentu akan menjadi sebuah strategi marketing yang dapat dimanfaatkan dengan baik. 

  • Menambah value produk

Cara menambah value produk sangat beragam, salah satunya meningkatkan kualitas packaging. Kalau tadi kamu dapat memengaruhi psikologi konsumen melalui permainan desain dan pemilihan warna, kini packaging yang bagus juga dapat memberi kesan yang baik terhadap konsumen. Sehingga akan menambah value produk itu sendiri.

  • Membuat produk menjadi aman

Produk yang tidak dikemas dengan baik tentu akan mudah rusak ketika disimpan. Penyebab timbulnya kerusakan bisa karena kelalaian sumber daya manusia atau hal lainnya yang tidak diinginkan.

Sementara produk yang terlindungi dalam kemasan secara baik tentu kualitas produknya akan terjamin sebelum hingga sampai ke tangan konsumen.

  • Memudahkan proses pendistribusian produk

Setelah packaging harus membuat produk menjadi aman, selanjutnya adalah packaging harus mudah distribusikan. Apalagi di era bisnis online seperti saat ini.

  • Memuat deskripsi produk yang berisi informasi penting

Deskripsi produk memuat informasi penting yang mencerminkan produk agar konsumen dapat dengan mudah mengetahuinya sebelum bertransaksi. 

  • Perhatikan faktor ergonomi di packaging

Packaging yang mudah dibawa atau dipegang, dibuka, dan diambil tentu akan memudahkan konsumen saat melakukan pembelian secara offline maupun online.

  • Menjadi strategi promosi

Silent sales person adalah salah satu manfaat dari adanya packaging yang menarik hati konsumen.

  • Mendukung kelestarian lingkungan
    Sudah menjadi sebuah tren baru yang berusaha dijadikan sebuah kebiasaan baru yang baik bagi pebisnis untuk turut serta menggunakan packaging yang ramah lingkungan sehingga dapat dipakai kembali atau didaur ulang. Karena limbah plastik yang sudah ada saat ini sungguh berlimpah.


4 Ide
Packaging untuk Dongkrak Penjualan Bisnis Online Perlengkapan Ibu dan Anak 

Menciptakan packaging yang bagus sama saja dengan berinvestasi di bisnis kamu sendiri. Karena hasil yang didapat juga akan berdampak di bisnis kamu, yaitu untuk mendongkrak penjualan.

Ketika konsumen sudah mengenal packaging produk kamu tentu brand awareness akan meningkat dan itu sekaligus menambah tingkat kepercayaan konsumen dengan produk kamu.

Lalu hal apa yang biasanya dilakukan ketika konsumen sudah percaya? Tentu konsumen akan membelinya. 

Namun, packaging juga memiliki perkembangan dan membentuk sebuah tren sendiri. Tidak heran jika ide packaging yang bermunculan saat ini sangat beragam. Meskipun tujuan dan manfaatnya tetaplah sama.

Inovasi tren packaging yang terus berkembang ini perlu kamu tahu agar tidak kalah dalam persaingan bisnis perlengkapan ibu dan anak yang kompetitif. LummoSHOP akan membantu kamu menemukan 4 ide packaging yang sedang digemari konsumen saat ini agar kamu dapat mengembangkan idenya menyesuaikan identitas merek bisnis kamu.

 

  1. Packaging dengan Boks dan Tulisan yang Menarik
    Salah satu jenis packaging yang banyak diminati karena proses pengemasannya terbilang praktis dan mudah. Selain itu biaya packaging jenis ini juga terbilang cukup rendah jika dibandingkan dengan jenis packaging lainnya yang mengusung bahan ramah lingkungan.Kreativitas berupa pemilihan warna boks dan tulisan yang menarik terlihat sederhana tapi bernilai jual tinggi. Seolah kamu sedang berbicara dengan konsumen melalui tulisan tersebut. Hubungan emosional akan tercipta dengan baik ketika konsumen menerima packaging sebagus ini.

    perlengkapan ibu dan anakperlengkapan ibu dan anak

  2. Packaging dari kardus berbentuk rumah
    Tidak harus berbentuk rumah, kamu bebas berkreasi dengan bentuk apa pun. Bahan dasar dari kardus membuat biaya packaging ini juga sama dengan sebelumnya, relatif murah. Hanya saja butuh sebuah imajinasi untuk membentuk pola ruang agar menyerupai rumah ataupun bentuk lainnya. Umumnya packaging jenis ini akan sangat cocok dijadikan hadiah untuk keluarga atau teman terkasih.perlengkapan ibu dan anak
  3. Packaging model koper
    Premium banget, kan? Dari tampilan dan bahannya saja kamu pasti sudah tahu kan kalau packaging ini memang diperuntukkan bagi segmentasi pasar menengah ke atas.Jika target pasar bisnis online perlengkapan ibu dan anak milik kamu memang ke arah yang sama, tidak ada salahnya kamu mencoba ide packaging ini.

    perlengkapan ibu dan anak

  4. Packaging dari kardus yang ditata dengan menarik
    Packaging yang abadi sepanjang masa untuk segala kalangan! Inilah dia packaging dari kardus yang ditata sedemikian rupa. Coba siapa yang nggak pernah lihat packaging jenis ini, sih? Pasti semua pernah melihatnya.Meskipun begitu packaging ini tetap menjadi andalan bagi pebisnis perlengkapan ibu dan anak karena biayanya terjangkau dan tampilannya tidak membosankan.

Yuk segera buat ide packaging kamu sendiri. Tentunya dengan kreativitas yang tetap menjunjung brand value produk kamu, ya. Karena tujuan dari packaging ini kan untuk mendongkrak penjualan bisnis kamu. Jadi harus terkonsep dengan matang, ya!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP