fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

5 Alasan Pengusaha UMKM Harus Optimis Sambut Ramadan 2022

pengusaha umkm sambut ramadan 01

Sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, momen Ramadan dan Idul Fitri merupakan momen yang selalu ditunggu-tunggu para pengusaha UMKM karena intensitas belanja masyarakat lebih tinggi ketika bulan Ramadan dan Idul Fitri. Tak hanya karena faktor spiritual yang mendorong masyarakat agar lebih banyak berbagi saat bulan Ramadan, juga karena faktor gaya hidup. Momen Ramadan dan Idul Fitri menjadi momen untuk berkumpul kembali dengan keluarga dan kerabat. Pastinya muncul kebutuhan belanja makanan, pakaian, bahkan barang-barang tersier yang berbeda dan lebih istimewa dari bulan-bulan lainnya. 

Sejak terkena dampak pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 lalu, geliat konsumen untuk berbelanja saat Ramadan dan Idul Fitri menurun drastis. Keterbatasan pergerakan, situasi yang serba tidak pasti, dan duka akibat wabah ini seperti menghentikan gairah belanja konsumen. Namun kini, dua tahun kemudian, kondisi dunia termasuk Indonesia mulai pulih. Ini merupakan sinyal positif bagi para pelaku usaha terutama pengusaha UMKM untuk kembali mengakselerasi segala kemampuannya dalam menyambut Ramadan 2022 yang diprediksi akan kembali memacu aktivitas ekonomi. 

Lantas, bagaimana kesiapan pengusaha UMKM dalam menyambut Ramadan 2022? Mengapa Ramadan tahun ini pengusaha UMKM harus lebih optimis dalam melihat peluang dan memajukan usahanya? Kami menemukan lima alasannya. Mari simak pemaparan kami dan semoga Anda sebagai pengusaha UMKM dapat menjadikan Ramadan kali ini penuh berkah. 

1. Pertumbuhan Ekonomi Sudah Masuk Jalur Positif

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto dalam konferensi persnya di akhir tahun 2021 lalu menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi sudah masuk di jalur positif, baik dari sisi permintaan (demand) maupun dari sisi penawaran (supply). Hal ini menunjukkan daya beli konsumen telah berangsur pulih, sehingga menjadi peluang bagi pengusaha UMKM untuk meningkatkan usahanya, terutama di bulan Ramadan, saat konsumsi masyarakat biasanya meningkat signifikan. Pengusaha UMKM juga dapat lebih yakin untuk meningkatkan intensitas produksi dan penjualannya di Ramadan tahun ini.

pengusaha umkm sambut ramadan 022. Capaian Vaksinasi Cukup Tinggi

Kita semua tahu bahwa akselerasi vaksinasi menjadi salah satu kunci utama pengendalian wabah Covid-19. Keberhasilan Indonesia dalam mengakselerasi capaian vaksinasi telah mengubah kondisi negara ini. Kurva Covid-19 berangsur melandai, sementara kurva ekonomi berangsung menanjak seiring dengan semakin pulihnya kondisi kita secara nasional. Sejak awal tersedianya vaksin Covid-19, pemerintah segera memprioritaskan para pengusaha UMKM untuk mendapatkan vaksin dosis lengkap. Hal memberikan dampak positif yang luas bagi iklim ekonomi secara keseluruhan. Kepercayaan konsumen meningkat karena mereka lebih merasa aman melakukan transaksi, terutama yang kontak fisik, dengan pengusaha UMKM yang sudah divaksin. Selain itu, seiring dengan semakin baiknya kondisi secara umum, maka kegiatan lain yang memungkinkan adanya kontak fisik seperti bazar, pameran, talk show, workshop, dan lain sebagainya, kini bisa mulai kembali dilaksanakan meskipun dengan tetap mengadopsi protokol kesehatan yang ketat. 

3. Kegiatan Ramadan dan Idul Fitri Lebih Kondusif 

Pengusaha wajib tahu hal penting ini jelang Ramadan. Di mana pengusaha harus lihai dalam melihat peluang dan menjalankan usahanya. Kecenderungan masyarakat meningkatkan belanja selama Ramadan mendorong bertambahnya permintaan terhadap suplai rupiah, kemudian menjelang Idul Fitri, terjadi peningkatan konsumsi dari para pemudik. Hal ini tentu saja akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan. Meskipun banyak sinyal positif yang mengarah kepada perbaikan situasi secara keseluruhan, namun para ahli mengingatkan agar kita semua tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan disiplin. Jangan sampai kondisi yang sudah membaik ini kembali ke masa-masa kelam pandemi yang tentunya akan merugikan kita semua. 

4. Semangat Berbagi Antar Masyarakat Masih Tinggi

Harus kita semua sadari bahwa meskipun situasi berangsur pulih, namun pandemi belum benar-benar usai. Masih banyak yang terinfeksi maupun reinfeksi, masih banyak yang kehilangan orang-orang tercinta karena Covid-19, masih banyak yang belum mendapatkan pekerjaan setelah menjadi korban PHK karena pandemi. Tetapi, di satu sisi, semakin banyak masyarakat yang kondisinya kembali pulih, bahkan lebih baik dari pada saat sebelum pandemi. Semangat berbagi yang muncul di masyarakat juga tak surut, apalagi menjelang bulan suci Ramadan. Minat untuk saling mengirimkan hantaran untuk berbuka puasa dan untuk memeriahkan Idul Fitri juga masih tinggi. Hal ini secara langsung berdampak pada perputaran uang, dan menjadi peluang bagi pengusaha UMKM untuk bisa memanfaatkan momen ini dengan sebaik mungkin. 

5. Ekosistem Ekonomi Digital Semakin Baik

Selama pandemi, konsumen semakin beradaptasi dengan dunia digital. Peran industri digital ini sangat signifikan membentuk budaya ekonomi baru. Beragam platform digital bermunculan dan berkembang begitu pesat. Hal ini sangat mendorong para pengusaha UMKM dalam mengembangkan usahanya. Salah satunya adalah LummoSHOP yang hadir untuk mengoptimalkan bisnis online pengusaha UMKM. LummoSHOP memungkinkan pengusaha UMKM mengembangkan dan mempersonalisasi brand-nya serta menjangkau lebih banyak pengunjung dan pembeli. Kebutuhan operasional di berbagai channel juga dapat dimaksimalkan secara efisien. Dibandingkan dengan marketplace, e-commerce, atau delivery service, LummoSHOP menawarkan lebih banyak peluang dengan komisi 75% lebih rendah. Bagi pengusaha UMKM, keberadaan LummoSHOP akan sangat membantu menjalankan usahanya terutama di momen Ramadan tahun ini yang membuka peluang begitu besar. 

pengusaha umkm sambut ramadan 03Setelah membaca pemaparan di atas, bisa disimpulkan bahwa iklim ekonomi secara nasional semakin baik, dan dukungan kepada pengusaha UMKM juga semakin besar. Meski masih dalam kondisi pandemi, namun dengan banyaknya sinyal positif menunjukkan bahwa momen Ramadan ini merupakan momen yang tidak bisa dilewati begitu saja oleh pengusaha UMKM. Tentunya kita harus tetap punya harapan dan optimisme bahwa kondisi akan lebih baik lagi di tahun-tahun yang akan datang, tetapi mari jadikan momen Ramadan tahun ini sebagai titik balik kebangkitan pengusaha UMKM

Stiker Ciptakan Pelanggan

Untuk mendukung jualan online dan bersilaturahmi dengan pelanggan kamu semakin bermakna di bulan Ramadan ini, LummoSHOP menghadirkan Stiker Ciptakan Pelanggan, di mana kamu bisa bikin stiker WhatsApp online shop-mu sendiri. Tersedia beragam template stiker WhatsApp kekinian yang bisa kamu modifikasi dengan menambahkan logo online shop dan kata-katamu sendiri.

pengusaha UMKM_04

Kamu bisa pakai Stiker Ciptakan Pelanggan ini agar chat dengan pelanggan semakin seru. Bikin brand-mu semakin dikenal dengan adanya logo online shop kamu di setiap stiker, pembeli jadi repeat order, dan nambah pelanggan baru. Langsung aja klik website Stiker Ciptakan Pelanggan dan ciptakan pelanggan barumu. Stiker ini GRATIS, lho!

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP