fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

5 Cara Banjir Orderan Lewat TikTok Marketing menurut Digital Marketer

banjir orderan lewat tiktok marketing

Pelaku bisnis pasti ingin banjir orderan lewat TikTok Marketing. Sejak hadirnya TikTok, peluang untuk meningkatkan penjualan semakin terbuka. Jika diterapkan dengan tepat, kamu juga bisa kok, punya usaha yang makin glowing

TikTok saat ini menjadi salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak. Menurut katadata.id, Indonesia merupakan pengguna TikTok terbanyak kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Di tahun 2020 terdata 22,2 juta pengguna aktif aplikasi ini di tanah air. 

Bayangkan besarnya peluang dan market yang bisa kamu sasar untuk berjualan. Makanya, kamu perlu tahu cara efektif agar banjir orderan lewat TikTok Marketing. Simak yuk, paparan dari digital marketer Taqim yang berbagi ilmu tentang TikTok Marketing.

Mengenal Aplikasi TikTok

Harapan untuk bisa banjir orderan lewat TikTok Marketing bukannya tidak mungkin didapatkan. Meski awalnya media sosial ini lebih dikenal sebagai wadah berbagi video dance dan tantangan-tantangan unik, namun saat ini TikTok sudah jauh berkembang. Semakin banyak pengguna yang memanfaatkan aplikasi ini untuk membuat beragam konten kreatif. Kalau kamu perhatikan di tampilan FYP-mu, ada beragam jenis video di TikTok selain video joget-joget. Ada konten memasak, macam-macam tutorial, berita terkini, gosip, kecantikan, bisnis, humor, curhat, ramalan tarot, dan masih banyak lagi.

banjir orderan lewat tiktok marketing

Untuk yang belum terlalu familier dengan istilah di TikTok, FYP adalah singkatan dari “For Your Page”, alias halaman pertama yang dilihat pengguna ketika membuka aplikasi TikTok.

Video yang dibagikan biasanya berdurasi 5 detik sampai 3 menit dengan musik dan filter menarik. Karena inilah, aplikasi TikTok cepat menjadi populer di kalangan generasi Z.

Berbisnis di TikTok

Jangan ragu untuk terus belajar dan mencoba, ya. Kamu bisa banjir orderan lewat TikTok Marketing jika mengaplikasikan strategi bisnismu yang benar. Meski lebih banyak digunakan oleh generasi Z, pengguna yang berusia 21-29 tahun juga cukup banyak. Jadi, jangan khawatir soal target pasar bisnis kamu.

TikTok punya banyak manfaat dari segi bisnis, di antaranya:

  1. Meningkatkan trafik

Sebagai media sosial, TikTok punya kemampuan mumpuni untuk menjaring trafik/pengunjung ke situs jualan kamu. Tautan menuju situs atau toko online kamu bisa ditemukan pengguna lewat video yang kamu upload.

  1. Membangun engagement

Lewat konten video atau iklan, pengguna bisa bertanya atau memberikan komentar, yang artinya kamu membangun engagement atau hubungan antara konsumen dan pemilik bisnis. Untuk yang tidak ingin mendapat komentar dari pemirsa, fitur komentar pada konten iklan juga bisa kamu matikan. Bahkan, kamu juga bisa menyaring kata-kata tertentu agar iklan kamu ‘bersih’ dari komentar yang tidak bermanfaat atau “sampah”.

  1. Membangun brand awareness

Buat kamu yang baru membangun usaha, TikTok sangat cocok untuk mengenalkan bentuk usahamu. Dengan video singkat tapi menarik, pengguna bisa mengenali produk/jasa yang kamu tawarkan, manfaatnya buat mereka, juga di mana bisa membeli produk yang kamu tawarkan tersebut.

  1. Ada TikTok Shop

Mau jualan langsung di TikTok? Bisa, yaitu lewat TikTok Shop. Fitur ini makin banyak peminatnya, soalnya pengguna tidak perlu membuka aplikasi tambahan atau mengubah akun. Berbelanja bisa langsung kamu lakukan dari akun pribadimu di TikTok. Tapi untuk punya TikTok Shop, kamu harus mengaktifkan akun bisnis dulu ya. Selanjutnya, kamu tinggal ikuti arahan dan petunjuk penggunaan TikTok Shop yang ada.

  1. Media iklan dan promosi

Tak mau ketinggalan dari media sosial lain, TikTok juga menyediakan fitur beriklan. Bisa sih, kamu membuat promosi bisnis dengan cara organik atau gratis, tapi dengan banyaknya kompetitor, tentunya peluangnya akan lebih sulit dan butuh waktu lebih lama. Dengan beriklan, videomu bisa segera muncul di FYP pengguna yang sesuai target market-mu. 

Jenis Iklan di TikTok Ads

Setelah tahu manfaat TikTok bagi bisnismu, saatnya manfaatkan iklan di TikTok! Supaya banjir orderan lewat TikTok Marketing, kamu harus tentukan jenis iklan/ads yang sesuai kebutuhan bisnis kamu.

Berikut jenis-jenis iklan yang ada di TikTok Ads:

  • Hashtag challenge

Biasanya berupa challenge atau tantangan dance dan fungsinya menghibur. Kamu bisa buat tantangan lain, tidak Cuma nge-dance, bisa challenge makan, tercepat merakit sesuatu atau lainnya. Selama menghibur, pasti akan banyak yang ingin ikutan. Yang lebih penting, pengguna bisa kenal produk kamu dan tidak pakai biaya beriklan alias gratis.

  • TopView Ads

Saat membuka aplikasi ini, maka akan muncul beberapa video di feeds pengguna. Salah satunya berupa video iklan, jika memakai jenis iklan ini, video iklan kamu akan muncul paling depan. Video iklan ini berdurasi 60 detik, jadi manfaatkan sebaik mungkin.

  • Branded Augmented Reality (AR)

Fitur stiker dan filter banyak digemari pengguna TikTok dan media sosial lain seperti Instagram. TikTok memberikan kesempatan bagi pebisnis untuk menciptakan stiker dan filternya sendiri. Tujuannya, untuk membangun brand awareness dan keunikan dari akunmu. Stiker dan filter ini bisa kamu buat sendiri di dalam aplikasi. Buat sekeren mungkin, ya. Kalau ada influencer yang nantinya ikut memakai stiker/filter buatanmu, dijamin brand dan bisnismu akan semakin dikenal lebih banyak pengguna.

  • Brand Takeover

Kalau yang ini merupakan jenis iklan yang paling umum. Video iklan akan muncul saat pertama kali membuka aplikasi, peluangnya besar untuk dilihat tapi pengguna bisa memilih untuk melewati iklan setelah 5 detik tayang.

  • In-feed Ads

Sesuai namanya, jenis video iklan ini akan berbaur dengan video noniklan yang muncul di FYP pengguna. Untuk hasil optimal, buat video iklan semenarik mungkin agar tidak di-skip pengguna. Serta memancing mereka untuk memberikan komentar pada video iklan kamu.

Cara Buat Iklan TikTok

banjir orderan lewat tiktok marketing

Setelah memahami berbagai jenis iklan yang bisa membantumu banjir orderan lewat TikTok Marketing, saatnya untuk membuat iklan. Ikuti tahapan berikut:

  • Buat TikTok Ads Manager

Sebelumnya kamu sudah harus punya akun bisnis di TikTok, masuk ke halaman utama lalu daftarkan bisnis kamu dengan alamat email dan nomor handphone. Kamu akan diminta mengisi saldo akun, untuk awalnya kamu cukup isi Rp100 ribu-200 ribu.

  • Buat campaign

Campaign atau kampanye iklan penting dipahami sebelum memasang iklan. TikTok menyediakan 5 tujuan iklan, yaitu:

    • Reach, bagus untuk brand awareness
    • Traffic, untuk meningkatkan kunjungan ke situs kamu
    • App install, mengarahkan pengguna ke playstore
    • Video views, untuk menambah jumlah views pada video kamu
    • Conversion, untuk meningkatkan penjualan
  • Buat Group Ads

Untuk membuat group ads, ada beberapa langkah yang harus lakukan:

  1. Pilih tipe promosi

Kamu akan diminta untuk mengarahkan calon konsumen ke aplikasi atau situs web dengan TikTok pixel. Yang termudah, pilih aps dan masukkan link bisnismu.  

  1. Penempatan iklan

Fungsinya untuk menentukan iklanmu akan dimunculkan di mana. Kamu dapat membuat pilihan sendiri (select placement) atau mau yang gampang? Biarkan TikTok yang menentukan di mana iklanmu muncul, dengan memilih tombol pilihan otomatis.

  1. Aktifkan Automated Creative Optimization

Iklan yang kamu buat harus berupa gabungan video, tulisan dan suara/musik. Dengan opsi ini, TikTok akan secara otomatis menggabungkan ketiganya untuk mendapatkan hasil terbaik. Kerjaan kamu jadi lebih simpel, bukan?

  1. Tentukan target konsumen/audiensmu

Langkah ini penting untuk keberhasilan iklan yang kamu buat. Bisnismu bisa banjir order lewat TikTok Marketing jika target sasaran iklannya juga tepat. Ada dua opsi menentukan target audiens, pertama dengan opsi custom audience berdasarkan data target market yang sudah kamu punya. Opsi kedua, lookalike audience yang datanya berasal dari TikTok.

  1. Bujet dan jadwal tayang

Di bagian ini kamu bisa tentukan berapa besaran dana yang ingin kamu keluarkan untuk iklan tersebut. Juga besaran biaya iklan harian (daily) atau periode waktu tertentu (lifetime).

Untuk jadwal tayang iklan, kamu bebas pilih iklan akan tayang terus selama saldo iklan cukup. Atau untuk periode tertentu dan pada jam berapa saja iklan tersebut bisa dilihat pengguna.

  1. Bidding iklan

Bidding secara harfiah berarti lelang. Jadi siapa yang pasang harga tertinggi, maka iklannya akan punya peluang lebih besar untuk muncul di feed pengguna. Biaya bid ini kamu yang tentukan sendiri dengan Bid Control. Jika opsi ini dinonaktifkan, maka seluruh bujet yang kamu pasang akan dimaksimalkan oleh TikTok. Hati-hati karena saldo iklan kamu bakalan cepat habis.

Saatnya Pasang Iklan

Sekarang kamu tentunya sudah paham soal TikTok Ads dan bagaimana bisa banjir orderan lewat TikTok Marketing. Saatnya kamu untuk submit iklan di TikTok. Karena TikTok dikenal sebagai aplikasi video singkat, maka iklanmu juga harus menyesuaikan, yaitu berupa video pendek. Tersedia juga opsi iklan berupa gambar yang nantinya disebarkan ke platform media mitra TikTok.

Tips agar iklanmu sukses:

  • Visual yang menarik, karena akan membuat pengguna betah menonton iklanmu sampai selesai.
  • Pesannya singkat, padat dan jelas.
  • Sesuaikan dengan tren yang sedang bergulir, misalnya WFH, jelang Ramadan, mudik, dan sebagainya.

Meski terkesan panjang alurnya, jangan keburu patah semangat, ya! Kalau nanti kamu sudah terbiasa dan sudah dijalankan, memasang iklan di TikTok tidak sulit, kok. Dengan modal video pendek yang kocak atau seru, bisnismu bisa banjir orderan lewat TikTok Marketing. Selamat belajar TikTok Marketing!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP