fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

5 Jenis Strategi Bisnis yang Efektif Mendulang Uang

strategi bisnis yang efektif

Dunia bisnis berhubungan erat dengan strategi bisnis. Keduanya tidak akan terpisahkan. Strategi bisnis yang efektif adalah senjata yang bisa membuat bisnis tetap bertahan. Contohnya pada saat pandemi Covid-19 yang terjadi selama dua tahun terakhir ini.

Tidak semua pebisnis mampu beradaptasi dengan kondisi yang di luar kendali. Apalagi pebisnis pemula. Makanya, setiap pebisnis harus memiliki strategi bisnis yang efektif agar bisa mendulang uang dalam setiap kondisi. Simak seluk-beluk hingga tips bermanfaat mengenai strategi bisnis yang efektif, di artikel ini.

Pengertian Strategi Bisnis

Strategi bisnis yang juga bisa disebut sebagai business strategy ini memiliki beberapa pengertian menurut para ahli. Namun sebelum kamu mengetahui pengertian utuh dari business strategy. Kamu harus paham terlebih dahulu pengertian strategi.

Menurut Dewanti

Menurut Dewanti dalam buku berjudul Kewirausahaan yang terbit pada tahun 2008, strategi adalah pola tindakan utama yang dipilih untuk mewujudkan visi organisasi melalui misi-misinya. Pola tindakan ini tersusun berdasar kunci-kunci seperti berikut:

  1. Efficiency, yaitu meminimalkan risiko melalui penghematan sehingga dapat meningkatkan laba.
  2. Effectiveness, yaitu keberhasilan di mana kondisi akan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
  3. Effulgence, yaitu memiliki tampilan berbeda dan bernilai tinggi.
  4. Edge, yaitu lebih baik dibandingkan kompetitor.
  5. Exellence, yaitu berjalan lancar tanpa halangan yang berarti.

Jadi, kamu memerlukan kelima kunci tersebut dalam menjalankan strategi. Tidak terkecuali strategi pada bisnis. Selanjutnya, kamu akan mengetahui pengertian dari business strategy secara lebih mendalam.

Baca Juga: 7 Strategi Bisnis Berjualan tanpa Memaksa dari CEO Walan.ID

Menurut IMD

strategi bisnis yang efektif

Menurut IMD atau International Institute for Management Development, strategi bisnis adalah seperangkat rencana, tindakan, dan tujuan yang jelas. Perangkat itu menguraikan bagaimana bisnis akan bersaing di pasar, atau pasar tertentu, dengan produk atau sejumlah produk atau layanan.

Strategi bisnis adalah suatu upaya yang kompleks. Kamu perlu merencanakan dan menyiapkannya sebaik-baiknya. Sebab strategi bisnis yang efektif memang selalu menjadi cara yang tepat dalam mendulang uang. Semua bisa tercapai dengan baik jika kamu memiliki keterampilan dan pemahaman terkait pemasaran, penjualan, hingga saluran distribusi bisnis.

Elemen Kunci

IDM merumuskan enam elemen kunci dalam merancang business strategy yang baik, di antaranya adalah sebagai berikut ini.

  • Visi kepemimpinan: Pemimpin harus pandai merancang strategi bisnis. Selain itu, pemimpin bisnis juga harus memiliki visi kepemimpinan yang jelas. Perusahaan tidak dapat bergerak dengan arahan yang jelas tanpa adanya pemimpin.
  • Budaya: Budaya pada perusahaan adalah dukungan kuat yang dapat mendorong pelaku bisnis untuk menerapkan business strategy.
  • Rencana pemasaran strategis: Tanpa adanya rencana pemasaran yang jelas, maka tidak ada pula business strategy yang dapat berjalan.
  • Manajemen: Tim manajemen yang kuat berhubungan lurus dengan kesuksesan business strategy.
  • Sistem: Kamu memerlukan sistem bisnis yang efektif dan efisien agar business strategy berjalan sukses.
  • Sumber daya: Sekali lagi, business strategy itu upaya yang kompleks. Sehingga kamu akan membutuhkan keterlibatan banyak sumber daya untuk mewujudkannya.

Baca Juga: Strategi Komunikasi yang Memikat Hati Pelanggan untuk Transaksi

Tips Merencanakan Strategi Bisnis yang Efektif

Perencanaan yang matang akan membuat business strategy pada bisnismu berjalan optimal. Kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini ketika melakukan perencanaan business strategy, di antaranya:

Tentukan Tujuan

Perjalanan panjang tanpa tujuan tidak akan menghasilkan apa-apa. Sama halnya dengan business strategy. Kamu harus menentukan tujuan di awal. Caranya dengan mengidentifikasi posisi bisnis dan arah bisnismu.

Lakukan Riset

Setelah tujuan sudah jelas, langkah selanjutnya adalah riset. Kamu harus melakukan riset secara menyeluruh. Pebisnis biasa memulainya dengan mengidentifikasi peluang, mempelajari pola bisnis pendahulu yang sejenis, melihat tren pasar, dan hal lainnya yang sejalan dengan tujuan.

Gali Ide Sebanyaknya

Kamu akan menemukan banyak hal baru ketika selesai melakukan riset. Hal tersebut akan berguna untuk menggali ide sebanyaknya. Bahkan, banyak pebisnis yang mencoba ide gila out of the box dan berhasil. Kunci dalam persaingan bisnis ada menjadi berbeda secara kreatif.

Realisasikan Strategimu

Ini adalah momen yang kamu tunggu. Tapi mungkin kamu masih bertanya-tanya. Strategi bisnis seperti apa yang efektif dalam menghasilkan profit? Simak terus artikel ini sampai habis!

Baca Juga: Tanya Ahli: 4 Strategi Jitu Raih Kepuasan Pelanggan

5 Jenis Strategi Bisnis untuk Mendulang Uang

strategi bisnis yang efektif

Menurut Jurnal Entrepreneur, terdapat lima jenis strategi bisnis yang efektif untuk bisnis. Berikut ini penjelasan dari kelima strategi bisnis tersebut.

Strategi Pertumbuhan

Strategi pertumbuhan adalah metode untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Beberapa faktor yang memengaruhi strategi pertumbuhan adalah kondisi pasar, target pasar yang belum tersentuh, persaingan, dan saluran distribusi. Strategi pertumbuhan juga memerlukan inovasi untuk dapat menembus pasar baru. 

Strategi ini mirip seperti tangga. Anak tangga bagian bawah menggambarkan risiko paling rendah dengan dampak pertumbuhan paling lambat. Sedangkan, setiap kenaikan anak tangga akan menandakan risiko yang lebih tinggi dengan dampak pertumbuhan yang lebih cepat. Itulah mengapa strategi pertumbuhan ini akan fokus pada dampak jangka panjang.

Strategi Diferensiasi Produk

Kamu harus memikirkan cara untuk tampil menonjol dibanding kompetitor. Salah satu caranya dengan strategi diferensiasi produk. Beberapa manfaat dari adanya diferensiasi produk adalah:

  • Meningkatkan penjualan
  • Memperkuat posisi merek
  • Menjaga keberlangsungan bisnis

Strategi diferensiasi produk bisa kamu mulai dari hal sederhana. Misalnya, dengan cara membedakan packaging produk-mu dari kompetitor mana pun. Bisnis yang memiliki ciri khas akan mudah diingat konsumen.

Strategi Harga

Konsumen pasti maunya selera bos harga anak kos. Atau, bisa juga istilahnya harga merakyat rasa nikmat. Tidak heran kalau strategi harga menjadi salah satu jenis strategi yang efektif mendulang uang. Bahkan, ada yang sampai melakukan perang harga.

Padahal, persaingan seperti itu sangat berbahaya bagi kelangsungan bisnis. Strategi harga ini sejatinya untuk menjual produk atau layanan yang sesuai harga pasar dan kemampuan segmentasi konsumen bisnismu.

Dalam praktiknya, strategi harga yang biasa terjadi adalah dengan menetapkan harga jual tinggi untuk mendapat keuntungan yang besar. Sah-sah saja, yang terpenting adalah bisnismu mampu memberikan pengalaman memuaskan kepada konsumen. 

Strategi Akuisisi

Strategi ini membutuhkan modal sangat besar. Akuisisi biasanya memiliki tujuan berupa ingin ekspansi bisnis. Tahukah kamu? Akuisisi terbagi menjadi dua jenis.

  • Pertama, berupa akuisisi aset. Kamu dapat secara langsung mengambil alih aset perusahaan.
  • Kedua, akuisisi manajemen. Kamu dapat menjadi bagian dari eksekutif perusahaan dan memiliki kendali di sana.

Strategi Konten

Ini menjadi strategi yang sangat cocok kamu terapkan pada zaman serba digital seperti saat ini. Konten adalah suatu hal yang melekat pada media sosial dan website. Strategi ini memiliki tujuan untuk menarik minat konsumen yang lebih banyak. Konten yang menarik biasanya bersifat interaktif. Sehingga, dalam membuat konten itu membutuhkan strategi yang tepat.

Strategi bisnis yang efektif mengarah pada pencapaian target. Oleh karena itu, kamu membutuhkan perencanaan matang sebelumnya. Pastikan untuk selalu menyusun strategi bisnis sesuai dengan kapabilitas sumber daya bisnismu. Agar, tidak hanya efektif, tapi juga efisien.

Kedua elemen itu sangat penting untuk menghasilkan profit bisnis yang optimal. Alhasil, bisnismu jadi bisa mendulang uang lebih mudah. Kalau sudah begini, siapa yang tidak tergiur coba?

 

Baca juga artikel terkait lainnya:

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP