fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

7 Cara Website Toko Online Terlihat Profesional dan Dikunjungi Pembeli

website toko online profesional

Berbeda dengan toko online di marketplace di mana pemilik bisnis tidak memiliki kendali sepenuhnya terhadap toko, website toko online profesional memberikan pengalaman berbeda berupa kontrol penuh atas segala sesuatu di dalam toko tersebut.

Dengan hal itu, kamu sebagai pemilik bisnis memiliki keleluasaan sekaligus tanggung jawab terhadap pengalaman konsumen saat mengakses website-mu. Namun, konsumen yang hanya berfokus pada toko online-mu juga merupakan kelebihan, loh. Pasalnya, kamu tidak perlu bersanding dengan pebisnis-pebisnis lain di dalam industri yang sama pada satu tempat.

Selain itu, website toko online profesional termasuk salah satu modal bagi pebisnis untuk menarik minat serta mempertahankan konsumennya. Tampilan, kemudahan penggunaan, serta fitur yang ada di dalamnya perlu menjadi perhatian agar konsumen betah berlama-lama di website tersebut.

7 Cara Website Toko Online Terlihat Profesional

Untuk kamu yang memiliki website toko online, sudah yakin website-mu terlihat profesional dan menarik minat konsumen? Jika belum, tenang, dalam artikel ini kamu dapat melihat kembali apakah langkah-langkah yang kamu terapkan pada website-mu sudah tepat atau belum. Simak selengkapnya, ya!

(Baca juga: Pentingnya Keberadaan Blog pada Website Bisnis)

  1. Sesuaikan Anggaran dengan Kebutuhan Website

Skala bisnis adalah salah satu hal yang menentukan bagaimana pebisnis menganggarkan dananya. Begitupun ketika kamu memutuskan untuk memiliki website toko online profesional. Sebaiknya, kamu sudah mendapatkan gambaran mengenai kebutuhan fitur-fitur dalam website sesuai dengan seberapa besar ukuran tokomu.

Pasalnya, website yang kompleks dan memiliki banyak fitur di dalamnya akan membutuhkan biaya besar. Jika bisnismu masih tergolong kecil, ada baiknya kamu juga melebarkan media pemasaran di luar website agar profit bisa tetap optimal, walaupun alokasi dana untuk pengembangan website tergolong minim.

  1. Desain Situs Web

Ketika mengembangkan website toko online profesional, kamu harus tahu bahwa konsumen mempertimbangkan tampilan website-mu sebelum melakukan pembelian. Menurut penelitian dari Kissmetrics, 93% konsumen mempertimbangkan tampilan visual dan pemilihan warna sebagai salah satu faktor terpenting di antara faktor lainnya.

Untuk membuat website toko online profesional yang menarik, kamu dapat menggunakan jasa web designer, tetapi kamu juga dapat memilih cara lain yaitu memanfaatkan platform penyedia e-commerce template di bawah ini.

  • Shop Isle untuk kamu yang mencari fitur terlengkap dan ter-update.
  • Beauty untuk template yang elegan dan minim teks.
  • Ecommerce Gem bagi website yang dengan desain penuh warna dan modern.
  • Shopper bagi website yang sederhana dan modern dengan berbagai fitur.
  • Virtue yang menyediakan templat minimalis dengan pilihan tipografi yang beragam.
  • Zakra bagi kamu yang menyukai desain terkesan sederhana nan eye catching.
  • Trusted yang memberi user experience optimal karena memberikan navigasi pada halaman utamanya.
  1. Penyesuaian terhadap E-commerce Template

Nah, meskipun sudah tersedia e-commerce template, kamu tetap bisa menyesuaikan tampilan website toko online profesional agar lebih menarik dan akomodatif. Sebaiknya, penyesuaian tersebut berdasarkan segmen pasar yang menjadi fokus bisnismu. Sebagai contoh, pemilihan warna untuk produk yang khusus bagi wanita dan produk bagi pria, tentu membutuhkan karakter warna berbeda.

Selain dari segmen pasar, penting untuk kamu mempertimbangkan produk apa yang ada di website tersebut. Pasalnya, setiap produk membawa value dan karakternya masing-masing.

Setelah memahami usungan pesan pada brand, kamu dapat beranjak ke e-commerce template. Bukan berarti format seragam tersebut dapat langsung diaplikasikan, ya. Nah, jika akan melakukan penyesuaian tampilan website, perhatikan beberapa aspek berikut ketika akan melakukan penyesuaian terhadap e-commerce template.

  • Pemilihan warna
  • Ukuran teks dan jenis font
  • Gambar ilustrasi
  • Fitur di dalam website
  • Tautan ke media sosial
  • Produk
  1. Perhatikan Halaman Produk

Setelah menyesuaikan tampilan e-commerce template, kamu juga perlu memperhatikan halaman produk di mana konsumen melakukan keputusan pembelian. Tentu, tampilan website bakal mempengaruhi konsumen agar betah berlama-lama di dalamnya. Akan tetapi, hal terpenting, yakni bagaimana kamu menawarkan produkmu kepada konsumen.

Nah, dalam membuat website toko online profesional, kamu dapat menerapkan beberapa tips di bawah ini agar halaman produkmu membuat konsumen yakin untuk melakukan check out.

  • Berikan Foto Produk dari Berbagai Sudut Berbeda

Agar konsumen mendapatkan gambaran lengkap mengenai produk, kamu perlu menambahkan foto produk dari beberapa sudut berbeda. Selain untuk memberikan gambaran, kamu juga dapat menonjolkan sisi produk lain yang mungkin lebih disukai konsumen.

(Baca juga: Teknik Foto untuk Produk Fashion)

  • Sediakan Foto Produk dari Seluruh Varian

Salah satu tips untuk membuat website toko online profesional adalah menyediakan foto produk dari berbagai varian yang tersedia. Jangan sampai kamu hanya mendeskripsikan varian lain di kolom pilihan produk dan tidak menyertakan detail foto tiap varian.

  • Jangan Lupa Menggunakan Foto Beresolusi Tinggi

Foto produk dengan kualitas tinggi akan memberikan gambaran lengkap mengenai detail, seperti warna dan bahan. Jika kamu menyediakan bahan yang bagus untuk produkmu, tentu kamu ingin konsumen melihatnya dengan jelas, bukan? Nah, selain menarik minat konsumen, hal tersebut akan membuat website toko online profesional dan berkelas.

  • Berikan Foto Produk Close-up untuk Memperlihatkan Detail Produk

website toko online profesional

Kamu menjual produk fashion dan ingin menonjolkan beberapa fitur seperti motif dan aksen pada produk? Nah, jangan ragu untuk menambahkan foto ekstra yang menekankan bagaimana aksen produk terlihat bagus jika dikenakan konsumen.

Selain itu, jika kamu tidak menjual produk fashion, kamu bisa tetap menerapkan tips ini untuk menonjolkan fitur produk lainnya. Kenali lebih dulu apa yang paling menarik pada produkmu kemudian eksplorasi beberapa sudut guna memaksimalkan tampilan halaman produk.

  • Tambahkan Referensi Penggunaan Produk

Apabila menjual produk seperti tas, kamu dapat memotret tas tersebut saat digunakan oleh model. Jangan lupa juga untuk memperhatikan pemilihan warna pada saat pemotretan, sehingga harmoni warna terlihat menarik.

Tidak melulu mesti menggunakan model, kamu juga dapat mengombinasikan produkmu dengan cara menaruhnya bersama dengan beberapa item dengan warna senada yang dapat digunakan bersamaan. Misalnya, tas dengan berbagai barang bawaan di dalamnya atau pakaian dengan fashion item seperti scarf, kacamata, dan rok.

  1. SEO

Ketika memutuskan untuk membuat website toko online profesional, tentu kamu tidak dapat melewatkan SEO. Search engine optimization atau SEO adalah metode untuk mengoptimalkan website traffic yang salah satu caranya, yakni menempatkan keyword di dalam blog website.

(Baca juga: Pengertian dan 7 Tips Memanfaatkan Search Engine untuk Bisnis)

Jika website-mu banyak dikunjungi orang karena artikelnya mengandung banyak keyword, maka kemungkinan pengunjung untuk melihat produk akan semakin besar. Selain hal tersebut, saat artikel dalam blogmu masuk ke halaman pencarian pertama Google, visibilitas website akan semakin baik, sehingga konsumen semakin mudah menemukannya.

  1. Call to Action (CTA)

website toko online profesional

Satu hal yang penting saat kamu ingin website toko online profesional mendapatkan konversi berupa penjualan produk, yakni memperhatikan langkahmu menempatkan CTA. Call to Action atau CTA adalah instruksi yang biasanya berbentuk tombol di dalam website guna mempercepat konversi (bisa berupa pembelian atau konsumen memberikan alamat sur-el untuk mendapatkan detail produk).

(Baca juga: Pengertian Call to Action (CTA) dan 5 Hal Penting saat Membuatnya)

CTA biasanya berbunyi “tambahkan ke keranjang”, “beli sekarang” atau “lihat detail produk”. Meski terlihat sederhana, tetapi ada beberapa hal yang harus kamu terapkan saat membuat CTA yang baik.

  • Tempatkan CTA di dekat deskripsi produk agar konsumen tidak kesulitan menemukannya.
  • Gunakan font dan warna yang berbeda agar terlihat jelas.
  • Untuk pengalaman yang lebih baik, pastikan tombol CTA cukup besar untuk diklik.
  • Pilih kalimat yang singkat dan jelas.
  1. Testimoni

Website toko online profesional juga mesti menyediakan testimoni dari pembelian produknya. Pasalnya, membangun kepercayaan konsumen dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui testimoni dari konsumen sebelumnya.

(Baca juga: Testimoni Pelanggan: Cara Jitu Pikat Hati Konsumen)

Nah, berbeda dengan toko biasa yang memungkinkan konsumen untuk melihat barang secara langsung, konsumen yang tidak dapat memastikan kualitas barangnya akan beralih pada testimoni yang tersedia pada website tersebut.

Sediakan kolom testimoni setelah pembelian produk dan berikan produk serta pelayanan terbaik agar konsumen memberikan ulasan beserta testimoninya.

Sudahkah kamu menerapkan cara membuat website toko online profesional di atas? Jika masih ada beberapa cara yang kamu lewatkan, ada baiknya kamu segera memperbaikinya agar profit penjualan dari performa website bisa maksimal.

 

Baca juga artikel terkait lainnya

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP