fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

7 Hal Penting yang Harus Pengusaha Ketahui Sebelum Membuat Promosi dari Konsultan Bisnis

Konsultasi bisnis

Dalam upaya memperluas jangkauan penjualan produk ke pelanggan, ada beberapa hal penting yang harus pengusaha ketahui sebelum membuat promosi produk dan usahanya. Sebagaimana yang kita ketahui, kegiatan promosi membutuhkan biaya yang kadang tidak murah. Karena itu perlu kamu perlu mendalami strateginya, agar mampu menyusun langkah promosi yang tepat sehingga membawa hasil yang optimal. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Dalam webinarnya berjudul “Promosi Untung atau Buntung”, Andy Aruman, pembicara sekaligus seorang konsultan bisnis, membeberkan 7 hal penting yang harus pengusaha ketahui sebelum membuat promosi. Baca sampai habis agar kamu lebih mengerti, ya.

Pastikan tujuan promosimu

Hal penting yang harus pengusaha ketahui sebelum membuat promosi adalah tahu dulu tujuannya apa. Arumah membedakan tujuan promosi menjadi 4 macam:

  • Untuk mengenalkan produk

Promosi jenis ini adalah promosi bagi produk-produk yang baru hadir di pasaran. Karena itu tujuannya adalah memberitahukan kepada khalayak bahwa produk ini sekarang telah ada dari yang tadinya tidak ada. Hal penting yang harus diketahui adalah bentuk komunikasi yang digunakan harus informatif. Bentuk promosi adalah memperkenalkan identitas produk dengan jelas, misalnya merek, logo produk, kemasan bahkan isi produk itu sendiri. Komunikasikan produkmu dengan gamblang dan jelas mengenai kegunaan atau manfaat apa yang bisa konsumen dapatkan dari produk itu.

  • Untuk menancapkan persepsi

Setelah khalayak mulai tahu akan keberadaan produk, maka mulai kita bangun persepsi produk di benak konsumen kita. Sebelum membuat promosi, tentukan terlebih dahulu, persepsi apa yang ingin ditancapkan ke benak konsumen. Misalnya kalau kamu haus saat selesai olah raga, kira-kira yang kamu pikirkan enaknya minum apa sih? Kalau jawabanmu adalah sebuah merek minuman, maka itulah yang dinamakan persepsi. Merek minuman itu telah menancapkan persepsinya bahwa merek itu adalah minuman yang segar untuk diminum sehabis olah raga.

  • Untuk membangun komunikasi

Membuat promosi di tahap ini berada pada level yang lebih tinggi. Promosi yang kamu lakukan sifatnya harus membuat agar konsumen tetap ingat akan produkmu. Apalagi persaingan semakin tinggi di dalam bisnis. Setiap hari selalu ada produk dan gaya yang baru. Kalau kamu tidak melakukan aktivitas promosi secara kontinyu, konsumen mudah tergoda produk lain.

  • Untuk mempertahankan loyalitas

Harus pengusaha ketahui dan pikirkan bagaimana cara agar konsumen tidak beralih ke merek lain. Pertahankan kualitas hadirkan nilai lebih dari produk kita, sehingga konsumen fokus tidak terpengaruh dengan produk lain. Bahkan produk-produk yang sudah hadir sejak lama dan berada di top market level tetap melakukan promosi. Tujuannya adalah agar konsumennya tidak lupa dan tetap menggunakan produknya. 

Memilih Media Promosi yang Pas

konsultan bisnis

Sebelum membuat promosi, hal penting yang perlu pengusaha ketahui juga adalah menentukan dengan tepat medianya atau saluran komunikasinya. Media yang tepat adalah media yang sesuai dengan  konsumen atau target market dari produk yang kamu promosikan. Jenis produknya sendiri juga bisa mempengaruhi media mana yang lebih tepat untuk digunakan.

Beberapa jenis media promosi yang bisa kamu gunakan adalah televisi, radio, media cetak seperti koran atau majalah, juga media digital alias yang ada di Internet. Media digital memiliki kelebihan karena sifatnya dua arah, di dalamnya bisa terjadi interaksi antara kamu dan konsumen. Jika kamu mempromosikan produkmu di media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok, FB, dan yang lainnya, maka kamu bisa punya peluang untuk langsung berinteraksi dengan konsumenmu. Pelanggan bisa langsung menanyakan tentang produkmu di fitur komentar.

Menurut data belanja iklan nasional tahun 2020, media televisi masih menjadi media favorit untuk berpromosi, yakni sebesar 72% atau 88,2 trilyun Rupiah. Disusul media elektronik radio, lalu website (Internet) dan media cetak. Yang menarik adalah belanja iklan selama masa pandemi Covid-19, persentase belanja iklan untuk media televisi turun, sedangkan media internet naik secara global di semua negara.

Segmentasi konsumen

Sebelum membuat promosi, penting untuk pengusaha ketahui bahwa kamu harus bisa mengenal konsumenmu dengan bailk. Konsumen sebarannya sangat luas, lho! Kamu tidak mungkin bisa menjangkau seluruhnya lewat satu produk saja. Karena itu cobalah membuat kelompok konsumen, dibagi atas beberapa kategori umum agar mudah membuat strategi promosinya. Misalnya:

  • Berdasarkan demografi. Maksudnya adalah, konsumen dibedakan berdasarkan usia, jenis kelamin, agama serta status ekonomi dan sosial. Apakah produkmu menyasar target anak-anak saja atau semua usia? Jika untuk anak-anak maka materi promosi harus dibuat dengan gaya komunikasi yang dapat dimengerti oleh anak-anak. 
  • Berdasarkan psikografi. Yang termasuk psikografi di sini adalah lifestyle, personality, attitude dan personal value. Kalau target marketmu adalah anak-anak muda atau istilahnya anak gaul, maka menggunakan bahasa gaul yang sesuai bahasa mereka adalah lebih tepat daripada menggunakan bahasa formal. Jangan menggunakan bahasa gaul jika target market kita adalah orang-orang berusia lanjut.
  • Berdasarkan geografi. Konsumenmu bisa dikelompokkan berdasarkan geografinya, misalnya lokasi tinggal mereka di kota atau di desa, di gunung atau di pantai, di dalam negeri atau di luar negeri dan sebagainya. 
  • Berdasarkan behavior alias perilaku pembeliannya. Yaitu pengelompokan berdasarkan habit, brand loyalty, benefit atau status.

Timing atau waktu promosi

Hal penting sebelum melakukan promosi berikutnya adalah masalah waktu. Membuat promosi harus pandai memperhitungkan waktu, kapan harus berpromosi dan kapan harus menunggu waktu yang tepat untuk berpromosi. 

Promosi bisa dibagi ke dalam tiga kelompok waktu. Yaitu tahunan, bulanan dan harian. Promosi tahunan misalnya promosi pada peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam satu tahun sekali, misalnya promosi yang dilakukan selama bulan Ramadhan. Sedangkan kelompok bulanan, yaitu memanfaatkan kejadian-kejadian bulanan, misalnya masa awal bulan yang sering kita kenal dengan sebutan “tanggal muda”. Untuk produk-produk tertentu ada yang tepat dipromosikan pada awal bulan. Sedangkan promosi harian lebih bebas, bisa kamu lakukan kapan saja. 

Pagi, siang, malam juga termasuk bagian waktu promosi yang perlu kamu perhatikan. Iklan produk mainan anak-anak di televisi misalnya, lebih tepat jika tayang di siang atau sore hari misalnya, yaitu di jam-jam tayang kebanyakan anak-anak nonton televisi. 

Jeli dalam penggunaan hashtag

konsultan bisnisPengusaha kekinian sebelum membuat promosi juga perlu ingat hal penting ini. Bagi yang terbiasa menggunakan media sosial tentunya tidak asing dengan penggunaan hashtag atau tanda pagar (tagar).  Ada beberapa aturan dasar dalam menggunakan hashtag:

  • Mudah diingat
  • Konsisten, yaitu selalu menggunakan hashtag yang sama di semua jenis media sosial.
  • Masuk akal
  • Simpel dan singkat
  • Relevan dengan produk yang ditampilkan.
  • Melakukan riset hashtag yang optimal
  • Tidak sekedar merek tapi juga fungsi misalnya.

Perkuat dengan tagline

Agar makin seru, hal penting yang harus pengusaha ketahui sebelum membuat promosi adalah penggunaan tagline. Tagline adalah identitas khas sebuah brand yang digunakan untuk menarik perhatian masyarakat terhadap produknya serta meningkatkan brand recall. Contohnya tagline dari beberapa brand terkenal, seperti “Ada break, ada Kitkat”, “Terus terang Phillips terang terus”, dan sebagainya.

Sebelum membuat tagline, ingat syarat-syarat ini dulu, ya:

  • Tagline harus khas dan menekankan identitas bisnis.
  • Menguatkan brand positioning.
  • Mempresenstasikan visi dan misi.
  • Meningkatkan brand awrareness.
  • Menampilkan keunggulan dari kompetitor.

Rajin melakukan content marketing

Jangan asal membuat foto atau video, karena hal penting yang pengusaha perlu ketahui sebelum membuat promosi adalah konsep kontennya harus baik. Content marketing adalah teknik pemasaran dengan membuat atau membagikan konten yang bermanfaat terkait dengan produk dan bisa menjangkau konsumen. Konten yang bisa kamu buat bisa berupa video, artikel, foto dengan caption yang menarik, atau poster.

Membuat konten bisa menjadi lebih menarik bila dibuat dengan memanfaatkan para influencer, endorser maupun berupa testimoni produk dari konsumen secara jujur. Persiapkan pesan-pesan yang harus muncul, agar konsumen tertarik dan membeli produkmu. 

Tidak sulit ya, memahami hal penting sebelum membuat promosi. Setelah kamu menguasai prinsip-prinsip ini, coba terapkan secara bijak. Kenali juga karakter konsumenmu supaya promosimu berhasil. Yuk, kamu pasti bisa!

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP