fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

7 Ide Usaha Niche Market pada Bisnis Custom

niche bisnis custom 01

Niche market pada bisnis custom bisa menjadi salah satu strategi yang kamu terapkan dalam bisnis. Bermunculannya brand baru di berbagai bidang telah membuat persaingan bisnis semakin ketat. Namun, jika kamu memiliki talenta tertentu, kamu bisa dengan mudah masuk ke dalam niche market pada bisnis custom.

Tak semua orang mampu melahirkan ide-ide kreatif. Kreativitas dan inovasi inilah yang bisa membedakan bisnis custom kamu dengan bisnis lainnya.

Pernah mendengar ungkapan, “jack of all trades, master of none”? Ungkapan itu berarti seseorang yang serba bisa, namun tidak ahli. Semua serba “nanggung”. Hal yang sama berlaku untukmu sebagai seorang pebisnis. Jika kamu ingin menjual semua produk, konsumen tidak dapat mengingat spesifikasi bisnismu. Oleh sebab itu, saatnya mulai identifikasi ceruk pasar, dan posisikan dirimu sebagai go-to brand untuk konsumen tertentu. 

Baca juga: Niche Market Adalah Peluang Bisnis, Ini 4 Cara Menentukannya 

Yuk kita simak, bagaimana caranya agar bisnis custom-mu dapat mendulang cuan! 

Mengenal Niche Market Pada Bisnis Custom 

Niche market adalah segmentasi dari sebuah industri yang berfokus pada lingkup konsumen yang spesifik, dengan jangkauan terbatas. Sementara, bisnis custom adalah sebuah produk yang pembuatannya sesuai dengan keinginan konsumen.

Jadi secara spesifik, para pebisnis custom akan membuatkan produk sesuai dengan pesanan konsumen, meliputi model, desain, ukuran, warna, dan lain sebagainya. Kelebihan produk custom adalah mengikuti keinginan konsumen sehingga sesuai selera mereka, dan sifatnya limited edition alias terbatas. 

Melansir The Balance SMB, bisnis custom dapat kamu identifikasi dengan memperhitungkan beberapa faktor, yaitu:

  • Harga (mahal, menengah atau terjangkau)
  • Demografi (gender, usia, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan)
  • Kualitas (premium, handmade, ekonomis)
  • Psikografis (nilai, lifestyle, hobi)
  • Geografis (domisili atau penduduk di kota tertentu, alat transportasi)

Semua perlu kamu pertimbangkan, sehingga pelanggan akan berkata, “Ini terbuat khusus hanya untukku!”. Tips berikut dapat kamu gunakan untuk menentukan niche market pada bisnis custom sebelum memutuskan target pasar.

     1. Tentukan niche market potensial

Tentukan ide awal untuk produk yang akan kamu jual, dan kumpulkan rincian agar memperoleh pembeli potensial. Contoh sederhana adalah ketika kamu ingin terjun sebagai pebisnis baju olahraga wanita. Saat ini, kamu dapat dengan mudah memilah pasar, antara yang mengenakan hijab atau tidak. Kedua pasar tersebut memiliki konsumen dengan spesifikasi yang berbeda.

Baca juga: Kenali Habit Konsumen Fashion Online dari Generasi Z

     2. Temukan market yang lebih spesifik

Niche market pada bisnis custom lebih mudah jika kamu menentukan lebih terperinci kegunaan baju olahraga wanita tersebut. Apakah baju tersebut untuk olahraga lari, yoga, berenang atau hiking? Dari data yang kamu kumpulkan, kamu dapat dengan mudah menentukan model dan jenis bahan yang akan kamu gunakan.

niche bisnis custom 02

Ide Niche Market Pada Bisnis Custom

Berikut adalah beberapa kategori ide niche market pada bisnis custom yang kreatif, potensial dan mendatangkan uang. Baca sampai habis artikel yang telah LummoSHOP rangkumkan ini, ya. 

     1. Makanan dan kesehatan

Isu kesehatan dan makanan sehat selalu memiliki peluang di pasar, dan produk yang terkait tidak terbatas. Contoh produk dengan segmen pasar ini antara lain:

    • Jus detoks

Berbeda dari jus biasa, minum jus detoks yang terbuat dari campuran buah dan sayuran, dapat menutrisi tubuh secara maksimal dan membuang racun yang mengendap di tubuh. Kamu dapat melihat di media sosial, trend para artis dan influencer yang mengkonsumsi jus detoks ini.

    • Camilan berbahan dasar gluten-free

Makanan berbahan dasar gluten-free adalah diet yang dianjurkan dokter untuk anak-anak penderita autis atau mengalami kondisi medis tertentu. Sulitnya mendapatkan camilan tersebut, menjadi satu peluang bagus untuk kamu memulai usaha camilan atau catering yang berbasis gluten-free. 

Baca juga: Tren Makanan 2022: Apakah Croffle Masih Jadi Pilihan?

    • Teh kombucha

Teh kombucha adalah minuman fermentasi yang terbuat dengan menambahkan bakteri dan ragi ke dalam campuran teh hitam atau hijau dengan gula. Minuman probiotik ini menjadi populer setelah beberapa influencer mengonsumsi sebagai minuman detoksifikasi, dan terbukti efektif juga menurunkan berat badan.

     2. Sustainability (lingkungan berkelanjutan)

Limbah kemasan botol dan bungkus plastik menjadi semakin meresahkan penduduk bumi. Kampanye limbah dan sampah plastik ini, dapat menjadi niche market pada bisnis custommu. Yuk, kita simak!

    • Sedotan re-usable

Sedotan re-usable terbuat dari bahan yang dapat dicuci ulang. Konsumen menyukainya karena hemat dan mereka dapat menggunakannya berulang kali. Nah, selain kamu membantu mengurangi rusaknya lingkungan dengan keberadaan plastik-plastik di lautan, kamu juga dapat menambah omzet dengan berjualan sedotan stainless. Menarik, bukan?

    • Bioplastik 

Sejak World Economic Forum mengumumkan penemuan limbah plastik yang merusak biota laut di tahun 2016, penyediaan aneka kemasan yang biodegradable menjadi isu penting. Kamu dapat menjadikan isu ini sebagai niche market pada bisnis custom-mu.

Baca juga: Tertarik Mulai Bisnis Ramah Lingkungan? Brand Ini Bisa Jadi Inspirasimu

      3. Clothing

Custom clothing plus size

Kamu pasti tahu, pilihan busana untuk milenial dengan bobot tubuh di atas rata-rata sangat terbatas. Jadi, ini adalah salah satu niche market pada bisnis custom fashion plus size. Wujudkan impian mereka agar tampil unik dan trendi!

Jaket coach

Jaket coach juga dikenal sebagai jaket windbreaker, sangat popular di kalangan milenial karena sering dijadikan seragam. Item fashion yang menyasar anak muda ini, dapat kamu jadikan niche market pada bisnis custom karena dapat disulam dengan logo mereka.

      4. Dekorasi dan pesta

niche bisnis custom 03

Taplak meja pesta

Selain fashion, niche market pada bisnis custom yang tak boleh terlewat adalah pengadaan dekorasi taplak meja untuk pesta, terutama prasmanan. Kamu bisa membuat bisnis pengadaan dan penyewaan taplak meja berukuran raksasa ini.

Bean bag

Semakin sempitnya lahan di kota, membuat kaum urban semakin cerdas dalam mengatur ruang. Bean bag menjadi sofa yang digemari karena nyaman, cantik saat ditata, dan bisa ditumpuk saat tidak digunakan.

Dekorasi balon karakter untuk pesta

Niche market pada bisnis custom yang satu ini, memiliki ceruk pasar yang besar, karena dapat digunakan untuk dekor pesta yang unik. Kamu dapat memberi opsi kepada konsumen, yaitu memasang dekorasi sendiri atau menyediakan jasa sebagai penghias ruang pesta.

     5. Aksesoris

Kalung dan gelang nama 

Kalung dan gelang berbahan dasar titanium dengan nama yang terukir indah, menjadi hadiah yang populer. Karena harus dibuat khusus, maka bisnis ini menjadi alternatif  niche market pada bisnis custom yang potensial menghasilkan cuan.

Baca juga: Produk Kerajinan Tangan yang Berharga Jual Tinggi

     6. Tanaman dan ikan hias

Terraplanter dan terrarium untuk si gardenian

Ketiadaan halaman di perkotaan, membuat kaum urban yang cinta tanaman, memilih terraplanter dan terrarium untuk mempercantik ruang. Kamu dapat menjadikan pengadaan terraplanter dan terrarium sebagai  niche market pada bisnis custom, karena banyak komunitas pecinta tanaman hijau yang menginginkannya.

Aquascape, penghilang kejenuhan

Tak beda dengan pecinta tanaman, pehobi ikan juga membutuhkan aquascape. Tingkat kesulitan yang tinggi karena penataan taman air yang estetik, cahaya khusus dan pengelolaan CO2 menjadikan aquascape sebagai bisnis custom yang digemari.

      7. Traveling 

Media sosial telah mengubah sudut pandang para pelancong. Saat ini, mereka lebih suka melancong ke tempat wisata lokal yang belum terjamah. Dari hal seperti itu, kamu dapat menawarkan kemudahan seperti pengadaan tas, sepatu dan peralatan untuk para digital nomad

Nah, 7 ide niche market pada bisnis custom ini bisa kamu terapkan dan kembangkan. Selamat berbisnis ya, semoga beruntung!

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP