fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

7 Jenis Kemasan yang Mendongkrak Penjualan Produk Kesehatan Online

kemasan

Bisnis online produk kesehatan, semenjak pandemi covid-19 mengalami peningkatan yang signifikan, hingga melampaui 100%. Hal ini didorong oleh kesadaran dan ketakutan masyarakat yang meningkat, sehubungan dengan pandemi. Dalam kondisi tersebut, tentunya menjadi kesempatan bagi jualan online produk kesehatan dan produk obat, untuk meningkatkan branding-nya, salah satunya dengan mengubah tampilan kemasan produk.

Sayangnya hal tersebut sulit dilakukan jika masih menggunakan perantara dalam bisnis online-nya. Salah satu contoh perantara adalah marketplace. Di sana, meskipun terjadi permintaan produk kesehatan dan produk obat yang tinggi, penjual produk kesehatan tidak serta merta meningkat branding-nya. Justru yang mengalami peningkatan adalah marketplace

Oleh sebab itu, kini dikenal model bisnis yang disebut D2C atau direct to consumer. Model ini langsung menghubungan jualan online dengan konsumennya, yang memang sekarang lebih mudah dilakukan. Cara jualan obat online dengan model bisnis D2C akan meningkatkan branding bisnis online-mu. 

Salah satu cara branding yang harus dilakukan adalah melalui kemasan. Jual produk kesehatan memang harus dikemas dengan baik sehingga menarik minat konsumen. Bahkan jika mungkin menghilangkan kecemasan konsumen obat. Cara jualan obat yang demikian akan memberikan ciri khas dan membangkitkan kepercayaan pada pelanggan. Sehingga mampu mendongkrak penjualan.

Berikut adalah 7 jenis pengemasan (packaging) yang bisa mendongkrak penjualan bisnis produk kesehatan online

  1. Sesuaikan dengan Target Pasar

Dalam model bisnis D2C atau direct to consumer, konsumen adalah fokus utama. Sehingga dalam membuat kemasan juga harus memperhatikan konsumen. Kamu sebagai penjual online produk kesehatan, harus membuat kemasan yang sesuai dengan target pasar, sehingga menjadi menarik dan beda.

Contohnya, saat membuat kemasan untuk anak-anak, maka buat yang bergambar lucu atau bentuknya yang lucu. Jika kamu adalah toko obat online, maka kemasan pengirimannya bisa kamu lengkapi dengan gambar kartun, atau kemasannya bisa dibuat mainan. Apabila konsumennya orang dewasa, maka pergunakan packaging yang umum. Dengan melakukannya, maka konsumen akan lebih tertarik memesan obat dari bisnis online-mu.  

  1. Miliki Ciri Khas

Ciri khas adalah kelebihan dari model bisnis yang menerapkan D2C atau direct to consumer. Karena fokus kepada konsumen, maka bisnis akan memiliki ciri khas. Cara jualan obat dengan memiliki ciri khas, akan membuat pelanggan tertarik, apalagi sekarang penjual produk kesehatan dan produk obat secara online sedemikian banyak.

Kamu dapat membuat cara jualan obat online-mu menjadi khas, salah satunya dengan memberikan kartu ucapan bagi konsumen agar lekas sembuh. Kamu pun bisa menawarkan untuk custom greeting, dimana konsumen bisa menitipkan pesan di kartu ucapan yang kamu berikan. Ini bisa sangat berguna jika konsumen kamu ingin membelikan produk kamu sebagai hadiah kepada keluarga atau temannya yang sedang sakit. 

Sikap ini terkesan simpel tetapi ini justru menunjukkan bahwa kamu peduli akan kondisi konsumenmu. Terlebih lagi produk yang kamu jual berhubungan dengan kesehatan, produk yang membuat kondisi kesehatan orang lebih baik atau menjaganya agar tetap prima. Produk yang dibalut dengan penuh rasa perhatian. 

Terlebih lagi jika cara jualan obat online-mu melalui website sendiri. Perbedaan memiliki website sendiri, dibandingkan berjualan melalui perantara marketplace, adalah jualan online-mu akan lebih dikenal karena dilakukan secara langsung kepada konsumen. Sehingga branding bisnis online-mu juga terjadi. Maka buat website melalui platform pembuatan website online yang kini banyak tersedia. Cara membuatnya pun sangat mudah, semudah kamu masuk ke marketplace. Salah satunya adalah melalui LummoSHOP. 

  1. Ergonomis

Cara jualan obat berikutnya melalui kemasan adalah membuat kemasan yang ergonomis. Maksudnya adalah kemasan yang dibuat mempertimbangkan faktor kenyamanan. Karena kamu menjual produk kesehatan dan produk obat, secara online, maka kamu perlu menyediakan pengemasan untuk logistik yang ergonomis, baik untuk kurir juga pelanggan. Ergonomis untuk kurir misalnya, produk kesehatan dan produk obat tersebut, aman, mudah untuk dipindahkan, disimpan, dan disampaikan ke konsumen. Sedangkan untuk konsumen, juga perlu kemasan yang mudah dibuka, disimpan dan dibawa.   

  1. Special Pack

Cara jualan obat online melalui kemasan dapat kamu lakukan dengan memberikan special pack. Kemasan model ini biasanya diberikan saat hari-hari besar tertentu. Semisal hari ibu, hari anak, atau hari kemerdekaan. Atau sesuai kebutuhan, seperti: travel pack atau get well soon pack. Tentu saja ada tema dalam kemasan dengan cara jualan obat seperti ini.

Dengan menyediakan special pack, sebenarnya juga merupakan strategi model bisnis D2C atau direct to consumer. Sebagai sebagai penjual produk kesehatan online, kamu memperhatikan momen spesial dari konsumenmu. Perhatian pada konsumen akan mendongkrak penjualan produk kesehatan dan produk obat.

kemasan

  1. Konten yang Mendidik

Model bisnis D2C juga harus memberikan pendidikan kepada konsumennya. Apalagi bisnis dengan direct to consumer yang kamu lakukan adalah menjual produk kesehatan. Tentu saja harus ada konten mendidik dalam kemasannya. Karena dengan melakukannya merupakan cara jualan obat yang bertanggung jawab.

Cara jualan obat melalui pengemasan dengan konten mendidik adalah dengan memberikan keterangan penggunaan obat. Umumnya di dalam obat atau produk kesehatan memang sudah disertakan mengenai edukasi tersebut. Kalau kamu bisnis online berupa toko yang menjual aneka produk kesehatan dan produk obat, maka konten mendidiknya bisa dengan memberikan keterangan “Harap dibaca instruksi penggunaan obat dalam kemasan dengan teliti,” atau kata-kata lain yang intinya mendidik konsumen. 

  1. Tambahkan Konten Promosi

Kemasan juga bisa dijadikan alat untuk promosi. Cara jualan obat yang ini bisa kamu lakukan dengan menambahkan konten promosi dalam kemasan. Promosi bisa berupa: diskon pembelian berikutnya, diskon berlangganan, daftar barang yang dijual di jualan online produk kesehatan dan produk obat milikmu, pemberian souvenir produk kesehatan yang murah tapi bermanfaat, pemberian vitamin atau suplemen kesehatan dan masih banyak lainnya.  

Cara jualan obat online dengan menambahkan konten promosi dalam kemasan, akan membuat pelanggan merasa harus membeli dari jualan online-mu lagi. Karena kamu tidak sekadar menjual produk kesehatan, tapi berupaya membina hubungan baik dengan konsumen. 

  1. Kemasan Ramah Lingkungan

Hari-hari ini isu pengurangan emisi gas buang, pelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan, banyak diminati. Bahkan semakin hari, makin bertambah konsumen yang sadar tentang hal tersebut. Maka kamu sebagai pebisnis online dengan D2C harus memperhatikan aspirasi tersebut. Karena direct to consumer selalu fokus pada harapan para pelanggan.

Demi memenuhi tuntutan isu tersebut, cara jualan obat dapat dilakukan dengan menggunakan kemasan ramah lingkungan. Persyaratan sebuah kemasan disebut ramah lingkungan adalah yang tidak menghasilkan karbon emisi dalam jumlah banyak dan limbah berlebihan. Jika kamu menjual produk kesehatan dengan menggunakan kemasan ramah lingkungan, maka dua persyaratan tersebut harus terpenuhi.

Cara jualan obat online dengan menggunakan kemasan ramah lingkungan, akan meningkatkan kepercayaan pelanggan. Jika kamu jualan online produk kesehatan dan produk obat, kamu dapat mengemasnya dengan menggunakan beberapa jenis kemasan berikut: bebas plastik, bioplastik, wadah kertas, kaca, kemasan dari kompos, kemasan yang dapat digunakan kembali, kemasan berbahan dasar bambu, dan kemasan dari bahan-bahan daur ulang.   

kemasan
Dengan memenuhi 7 jenis kemasan yang akan mendongkrak bisnis
online produk kesehatanmu tersebut, maka banyak pelanggan yang tertarik untuk membeli. Karena jualan online-mu terdiferensiasi dari lainnya. 

Jadi tidak hanya menyediakan produk kesehatan dan produk obat yang berkualitas, kamu harus memastikan pengemasan bisnis onlinemu juga bisa menarik minat pelanggan. Karena setiap aspek dalam bisnis sebenarnya adalah kesempatan untuk terus mengembangkan bisnis. Sehingga perhatian pada setiap detail, terutama yang berhubungan dengan pelanggan sangat penting untuk dilakukan.

Maka jadilah lebih teliti dalam bisnis, terutama bisnis online, karena dinamika dalam dunia online lebih cepat terjadi. Lakukan penyesuaian dan belajarlah terus-menerus, untuk bisnis yang lebih baik.

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP