fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

7 Kunci Sukses Memilih Mitra Logistik untuk Bisnis D2C

Logistik merupakan bagian penting dari manajemen rantai pasokan bisnis apa pun yang melibatkan tiga elemen utama, yaitu transportasi, penyimpanan dan distribusi. Secara umum, logistik didefinisikan sebagai proses untuk memastikan kelancaran aliran barang atau jasa dari pemasok menuju penerima. 

Bagi pemain bisnis online, faktor logistik adalah masalah krusial yang akan menentukan keberlangsungan usaha.  Ketepatan dan kecepatan proses pengiriman barang akan menentukan loyalitas pelanggan. Pelanggan yang puas dengan layananmu akan melakukan pesanan berulang di toko online-mu. 

Namun memilih jasa logistik yang tepat dan terpercaya bukan perkara sederhana. Kamu tidak cukup mengandalkan pendengaran dari mulut ke mulut. Banyak hal yang harus kamu pertimbangkan terkait layanan dan bagaimana jasa logistik itu bisa menjamin pengiriman produkmu tepat waktu, dan diterima konsumen utuh tanpa kerusakan.

Apalagi buat kamu yang bermain di ranah bisnis direct-to-consumer (D2C), mitra logistik sangat penting karena kamu tidak mungkin mengerjakan pengiriman barang dan distribusi ke berbagai daerah dengan tenagamu sendiri. 

Sebagai bahan pertimbangan bagi pebisnis online yang baru memulai bisnis, berikut 7 faktor yang harus kamu perhatikan agar tidak salah dalam memilih mitra pengiriman barang.

Kredibilitas 

Kredibilitas adalah faktor paling penting saat memilih mitra logistik. Menemukan provider yang kompeten dan bisa dipercaya adalahsalah satu kunci sukses bisnis online-mu. Kepercayaan konsumen terhadap bisnismu juga sangat ditentukan oleh keamanan barang yang kamu kirimkan kepada mereka.

Sebenarnya sangat mudah melihat kredibilitas mitra logistik yang baik. Cara paling sederhana adalah perusahaan itu memiliki tempat dan alamat usaha yang jelas. Perhatikan kantor cabang dan pusatnya, apakah kamu mengetahui alamatnya dan dijamin ada di dunia nyata? Kejelasan ini sangat penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Guna mengetahui apakah perusahaan itu bisa dipercaya dan memiliki kompetensi di bidang jasa pengiriman barang, kamu bisa menggali informasinya dari berbagai sumber. Misalnya melalui portal berita, website perusahaan, ulasan konsumen atau pelaku usaha. Akan lebih bagus lagi kalau kamu bisa mendapatkan rekomendasi dari orang yang kamu kenal. 

Rekomendasi juga bisa dilihat dari testimoni dan ulasan di internet. Semakin banyak yang merekomendasikan, semakin kredibel dan layak provider logistik itu kamu pilih,

Kejelasan Tarif

Dalam berbisnis, tarif merupakan komponen penting yang harus kamu ketahui. Bisnis layanan logistik yang baik tentunya memiliki tarif yang transparan sejak awal.  Perhatikan sistem perhitungan tarifnya, apakah berdasarkan berat atau volume barang, jarak dan sebagainya. 

Layanan pengiriman dan pembayaran yang beragam dari mitra logistik memberikan keuntungan untuk para pelaku usaha. Sebaiknya pilihlah layanan pengiriman dan pembayaran yang sesuai dengan anggaran dan karakteristik bisnismu.

Tarif murah memang menggiurkan, tapi kamu harus awas, jangan sampai banyak biaya tambahan di belakang. Biasanya standar tarif dapat dilihat di situs resminya. Jika ada, pilihlah layanan kargo atau special service. Layanan itu efektif untuk menghemat biaya kirim sehingga profit bisnis online-mu menjadi lebih terkontrol. 

SOP Jelas

Perusahaan logistik wajib memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang jelas untuk meningkatkan efisiensi, konsistensi serta keamanan bekerja. SOP jadi salah satu pertimbangan bahwa jasa logistik tersebut terpercaya, biasanya sudah banyak digunakan oleh pelaku bisnis dan memiliki rekam jejak yang baik

Pengiriman yang jelas dan terpercaya dengan SOP jelas akan berpengaruh pada ketepatan waktu pengiriman. SOP yang jelas biasanya disiapkan secara matang oleh jasa logistik. Dari mulai proses first mile (penjemputan barang dari marketplace menuju gudang) hingga last mile (barang sampai tepat waktu di tangan pelanggan).

Dengan SOP yang jelas, semua keunggulan pelayanan dapat diwujudkan. Beberapa faktor yang biasanya masuk dalam SOP biasanya terkait penjemputan barang, ketepatan waktu pengiriman, serta jaminan/garansi keamanan barang. 

Perusahaan logistik kompeten adalah yang mampu menjanjikan layanan tepat waktu bahkan kalau bisa lebih cepat lagi. Lebih cepat lebih baik, karena hemat waktu berpotensi menambah profitmu. 

Waktu pengiriman biasanya bisa diprediksi lebih awal. Jika sejak awal kamu melihat ia sulit memberikan prediksi, lebih baik cari jasa lain yang lebih kompeten. Kamu tidak mau mempertaruhkan keamanan barangmu, bukan?

Asuransi dan Keamanan Barang

Untuk urusan keamanan, adanya asuransi yang ditawarkan jasa logistik bisa menjadi jaminan penting untuk meminimalisir kehilangan atau kerusakan barang yang kamu kirimkan. Pastikan mitra logistik yang kamu pilih memiliki layanan asuransi sebagai jaminan keamanan.

Kemudahan Melacak Kiriman

Masih terkait dengan keamanan barang yang dikirimkan, kamu juga harus memastikan adanya kemudahan dalam pelacakan proses pengiriman. Baik itu melalui website, aplikasi atau layanan lainnya. Transparansi dalam proses pelacakan juga merupakan salah satu indikator kredibilitas perusahaan logistik. Kalau kamu tidak menemukan adanya transparansi dalam masalah ini, lebih baik pertimbangkan sekali lagi pilihanmu. Provider logistik yang baik akan memberikan layanan tanya-jawab dengan jelas ketika konsumen kesulitan melakukan tracking pengiriman.

Kemudahan tanpa Membeda-bedakan

Ada beragam penyedia pengiriman logistik yang tersebar di seluruh Indonesia. Layanan jasa yang mereka tawarkan juga sangat beragam. Mulai dari pengiriman lokal, cepat, kargo, sampai luar negeri. 

Apa pun jenis layanan yang kau perlukan, bekerjasama dengan mitra yang memudahkan adalah salah satu keuntungan tersendiri. Jasa logistik yang ditawarkan sebaiknya mampu memberi kemudahan untuk mengembangkan bisnismu, tidak hanya dalam skala besar, melainkan juga skala menengah. Kemudahan tanpa membeda-bedakan besar kecilnya ukuran klien merupakan indikator bahwa perusahaan tersebut fair dalam melayani.

Demi kestabilan neraca keuangan, pelaku bisnis online sepertimu biasanya butuh berbagai macam pilihan paket pengiriman dengan harga kompetitif. Perhatikan apakah perusahaan itu memiliki program-program loyalitas khusus untuk memberdayakan bisnis online sepertimu serta memiliki visi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Program loyalitas ini biasanya dalam bentuk platform edukasi bisnis, hadiah apresiasi terhadap performa bisnis hingga platform khusus pinjaman modal.

Pemain logistik semacam ini bisa kamu jadikan pilihan. Manfaatkan bermacam program loyalitas yang mereka tawarkan, untuk meningkatkan skalabilitas bisnismu agar pesanan datang secara berkelanjutan.

Customer Service

Hal penting selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah bagaimana perusahaan memberi solusi jika terjadi masalah logistik. Masalah ini merupakan jobdesk divisi customer service (CS) perusahaan bersangkutan. Kalau CS mereka tidak kooperatif dan solutif, kamu bisa mendapatkan kesulitan tersendiri dalam proses pengiriman barang. 

Respons CS sangat mempengaruhi kredibilitas perusahaan. Perusahaan yang baik tidak akan berbelit-belit sehingga konsumen dan pengguna jasa juga jadi tenang. 

Pastikan layanan tersebut memiliki nomor pengaduan dan customer care yang jelas sehingga bisa dihubungi sewaktu-waktu kalau kamu butuh komplain atau mengadu. 

Coba cari informasi, apakah mitra logistic itu punya beberapa pilihan bantuan yang mudah dilakukan. Misalnya dalam hal klaim pengembalian atau pertukaran barang. Intinya, pilih jasa logistik yang selalu mendukung kepentingan konsumen.