fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

7 Manfaat Digital Marketing bagi Bisnis Produk Gerabah

digital marketing produk gerabah

Digital marketing adalah segala bentuk penyebaran informasi atau promo melalui media digital atau internet. Platform-nya bermacam-macam, mulai dari blog, sederetan media sosial, e-mail, pesan singkat, hingga podcast. Tujuannya tentu untuk meningkatkan brand awareness pada para calon pelanggan dan menyebarkan info tentang produk kita beserta promonya, tak terkecuali produk gerabah kamu. Mari sama-sama mendalami manfaat digital marketing bagi bisnis gerabah.

Menurut Forbes, sebanyak 82% pelanggan mencari barang lewat online. Lalu bagaimana cara kamu dapat mendekati para pelanggan tersebut? Ya, tentu saja lewat digital marketing. Kamu juga bisa mengenalkan produk gerabahmu lewat digital marketing. Dengan digital marketing, potensi produk gerabah kamu mengglobal akan semakin besar. Modalnya murah, caraya juga mudah.

Masih ada lagi manfaat digital marketing produk gerabah yang dapat kamu terima jika melakukannya dengan optimal dan konsisten. Teruskan membaca, ya.

Manfaat Digital Marketing Produk Gerabah

  1. Konsumen Mulai Terbiasa Berbelanja Online

Kebanyakan orang sudah terbiasa berbelanja online. Apalagi sejak pandemi. Dua tahun sudah cukup membentuk kebiasaan orang dan menemukan betapa nyamannya belanja secara online. Tempat kamu bisa berbelanja apa saja dan dari mana saja.

Mungkin kamu merasa sudah memiliki toko offline yang posisinya sangat sesuai, jadi merasa cukup mempromosikan lewat toko. Meski sudah punya toko offline pun, kamu tetap perlu menjalankan digital marketing. Soalnya, kini berbelanja online menjadi pilihan yang sangat memanjakan pelanggan. Apalagi, kalau itu pelanggan baru.

  1. Dapat Menentukan Target Konsumen Ideal

Kamu bisa menentukan target konsumen ideal untuk produk gerabah kamu. Target market untuk produk gerabah memang cukup spesifik. Oleh sebab itu, strategi marketing kamu mesti menyasar ke arah yang tepat. Dengan melakukan digital marketing produk gerabah, kerjamu bisa jadi lebih efisien.  Kamu tidak perlu lagi menawarkan ke orang-orang random yang kemungkinan besar akan mengabaikan penawaran kamu.

Berkaitan dengan hal ini, sudahkah kamu mencari tahu target market yang bagaimana yang akan menjadi calon pelanggan produk gerabah kamu? Berikut beberapa contoh buyer persona untuk market bisnis gerabah.

  • Suka masak: Biasanya, mereka yang suka masak mulai perhatian terhadap plating. Pemilihan wadah menjadi penting bagi mereka. Misalnya, Chef Juna yang sering mengomentari pilihan piring para kontestannya, apakah sudah tepat atau belum.
  • Suka estetik: Zaman sekarang apa-apa harus yang estetik, segala sesuatu harus ada temanya. Nah, produk gerabah kamu bisa memenuhi kebutuhan mereka yang suka segala sesuatu yang bisa meningkatkan estetika.
  • Butuh souvenir: Beberapa produk gerabah dapat diproduksi banyak untuk dijadikan souvenir, untuk pernikahan, ulang tahun, lamaran, atau acara perusahaan. Pengemasan yang ringkas, tapi tetap cantik dan unik menjadi hal utama untuk produk souvenir gerabah.
  • Pencinta seni dan oleh-oleh: Pengelompokan turis dan pencinta seni dalam hal ini bisa dalam satu kategori. Tentu, kebanyakan turis yang datang ke Indonesia ingin punya cendera mata khas. Jika produk gerabah kamu menampilkan budaya Indonesia, seperti dilukis dengan motif khas daerah-daerah tertentu di Indonesia atau berbentuk tokoh-tokoh mitologi di Indonesia.

(Baca juga: 3 Contoh dan Keuntungan Memiliki Bisnis Online Niche Market)

  1. Sangat Mudah Mengukurnya

Sangat mudah sekali mengukur hasil digital marketing. Jika kamu melakukan promosi produk gerabahmu lewat media konvensional seperti papan iklan atau brosur, butuh waktu cukup lama untuk bisa menyimpulkan hasilnya. Berbeda dengan melakukan digital marketing. Kamu bisa dengan mudah mendapat respons audiens ketika mereka diminta memilih desain baru produk gerabahmu. Dalam waktu satu hingga dua hari, respons dari kolom komentar pun dari grafik analytic dapat menyimpulkan dengan cepat. Sehingga, kamu juga bisa membuat produk gerabah yang jelas diminati desainnya dan bisa diukur jumlah produksinya. Selain itu, kalaupun ada kritik bisa langsung dilakukan perbaikan.

(Baca juga: Tools Wajib Punya Buat Promosi Jualan Online)

Kamu tidak bisa serta merta menyebarkan satu konten yang sama ke semua platform. Tentu, isi e-mail berbeda dengan timeline Facebook. Konsepnya, satu subjek dapat menjelma menjadi berbagai macam konten. Berikut adalah contoh jenis konten digital marketing produk gerabah sesuai platform-nya.

(Baca juga: Kupas Tuntas Seputar Facebook Marketing Bagi Bisnis) https://www.lummoshop.co.id/blog/kupas-tuntas-seputar-facebook-marketing-bagi-bisnis/

  • E-mail: Cocok untuk menyebarkan info promosi berupa penawaran terbatas atau diskon spesial dengan kode promo. Bisa juga untuk produk baru dengan akses tautan ke website atau ke katalog.
  • Pesan singkat: Baik itu berupa SMS, MMS, atau WA cocok untuk pemberitahuan terkait event dengan durasi singkat seperti flash sale.
  • Media sosial: Konten hiburan yang terkait dengan produk guna meningkatkan engagement dengan audiens dan membentuk komunitas dengan para pelanggan. Saat ini, bentuk yang paling disukai adalah bentuk video dengan audio yang tren.
  • Blog: Di sini adalah tempat terbaik memanfaatkan fitur SEO. Isinya dapat berupa tips atau tutorial yang lebih konkret dari video.
  1. Dapat Masuk ke Perangkat Apa Pun

Setiap orang menggunakan gawai, paling tidak satu. Orang-orang bisa melakukan pencarian dari mana saja selama ada ponsel di genggaman. Nah, dengan menggunakan digital marketing, produk gerabah kamu dapat masuk lewat ponsel, tablet, dan komputer mereka dengan sedikit sekali usaha. Satu konten kamu dapat menjangkau mereka yang sedang bekerja, liburan, maupun antre. Untuk membuat calon konsumen mengenali produkmu, kamu tak perlu menempatkan banyak tim di banyak tempat, bisa dengan digital marketing.

Dengan banyak mata yang berpotensi melihat kontenmu, tentu kamu harus membuat konten yang menunjukkan produk gerabah kamu sekaligus memberi manfaat bagi audiens. Berikut adalah beberapa conton ide konten digital marketing produk gerabah yang bisa kamu coba dan kembangkan.

  • Ide home decor: Lakukan challenge mendekor ruangan yang tentunya ada produk gerabah kamu di sana. Kamu bisa mulai dari rumah kamu sendiri.
  • Resep makanan: Mengingat produk gerabah banyak terkait dengan dapur dan meja makan, ide membagikan resep makanan juga bisa menjadikan produk gerabah kamu bersinar.
  • Pilih produk: Jika kamu hendak meluncurkan produk baru, kamu bisa mengetes respons calon pelanggan dengan meminta mereka memilih beberapa desain dari produk baru kamu. Selain meningkatkan engagement dengan mereka, para calon pelanggan akan merasa senang karena bisa ikut terlibat.
  • Teaser produk baru: Tidak hanya grup vokal Korea saja yang merilis teaser lagu baru, kamu pun bisa membuat video teaser produk gerabah kamu yang baru. Melalui teaser, kamu juga bisa membuka kesempatan untuk open pre-order dengan harga khusus pembeli pertama.
  • Info promo: info promo harus selalu ada di mana-mana, semakin banyak tersebar, semakin besar kemungkinan traffic naik. Hal itu seperti sebuah kabar kejutan yang menyenangkan.
  • Cerita sambil membuat: rekam saat kamu mengerjakan satu produk dan ceritakan makna di balik pembuatannya. Bisa ceritakan tentang motifnya, alasan kamu membuatnya, atau mungkin juga dari cerita pembelinya. Tunjukkan kemampuan storytelling kamu di sini.
  1. Membangun Kepercayaan

digital marketing produk gerabah

Salah satu keunggulan digital marketing adalah adanya SEO yang dapat kamu manfaatkan. Mengoptimalkan SEO menjadikan bisnis gerabah kamu terlihat semakin tepercaya oleh calon konsumen. Saat calon konsumen hendak mencari segala sesuatu tentang produk gerabah, berkat konten SEO kamu, produk kamu akan muncul di halaman pertama. Optimalkan website kamu, mengisi blog dengan berbagai SEO yang populer dan lekat juga dengan produk gerabah kamu.

(Baca juga: 9 Jurus Rahasia untuk Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan)

  1. ‘Mengepung’ Target Konsumen dengan Kontenmu

Digital marketing membantu produk gerabah kamu muncul di berbagai media sosial. Sebelumnya, kamu dapat menyebar informasi produk gerabah ke berbagai gawai, poin ini lebih spesifik. Informasi produk gerabah milikmu masuk ke aplikasi yang sering digunakan oleh target kamu. Ibaratnya kamu dapat ‘mengepung’ calon konsumen dengan konten-konten dari kamu. Dan yang menyenangkan dari media sosial adalah audiens dapat langsung memberikan reaksi, seperti like, komentar, save, bahkan share. Sehingga peluang engagement pun semakin besar. Tentu saja itu tergantung dari isi kontennya. Semakin relate dengan audiens, semakin senang mereka meninggalkan jejak di kolom komentar.

digital marketing produk gerabah

Tiap media sosial memiliki fitur-fitur penyampaian. Meski sekarang fiturnya sudah hampir mirip, tapi punya keunggulan sendiri-sendiri. Kamu perlu memaksimalkan dengan mengisi konten digital marketing produk gerabah kamu. Soalnya, kita tak pernah tahu dari jalur mana pelanggan akan datang.

  • Video singkat: penggunaanya bisa untuk Instagram Reels, YouTube Short, TikTok, dan WhatsApp Status. Bentuknya dapat berupa transisi before-after, mengurus pesanan, packing, pengiriman, input data.
  • Kuis atau games: dapat digunakan pada platform yang lebih cair massanya seperti Instagram Story. Sifatnya fun dan bisa dijawab dengan cepat, seperti: pilih produk A atau B, tebak produk, cari perbedaan, dan sebagainya.
  • Katalog: Penggunaannya di Feed Instagram dan Facebook juga di Katalog WhatsApp bisnis dan tentu saja di e-commerce toko kamu. Pastikan foto produk gerabah kamu di sini menonjol, ya.
  • Tutorial: Tutorial kini memang dapat dibuat versi video singkatnya, tapi mayoritas masih lebih nyaman dengan tutorial yang agak panjang. Kamu dapat menggunakan konten tutorial produk gerabah kamu untuk disajikan di YouTube, Feed Instagram, Watch Facebook. Kamu bisa membagikan tutorial pembuatan, pewarnaan, hingga penggambaran. Video tutorial memang akan memberikan inspirasi bagi penontonnya untuk mencobanya sendiri di rumah, tetapi akan lebih menyentuh brand awareness produk gerabah kamu di benak para penonton.

(Baca juga: Ini Untung dan Ruginya Berjualan di Media Sosial)

  1. Biayanya Lebih Murah dan Return of Invesment (ROI) Jadi Lebih Cepat

Ketimbang cara konvensional, digital marketing jauh lebih murah. Contohnya, pemasangan satu konten foto di papan iklan daripada satu konten foto yang dapat tersebar berbagai platform. Tentu saja jelas digital marketing-lah pemenangnya. Dari segi harga jauh lebih murah, dari segi engagement jauh lebih tepat dan cepat, sehingga peluang ROI-nya tentu lebih besar. Luar biasa bukan efek digital marketing bagi bisnis gerabah kamu?

Dengan begitu banyak manfaat digital marketing bagi bisnis gerabah. Bagi kamu yang sedang menjalankan  bisnis gerabah, apakah masih mau menyia-nyiakan kuota internet? Yuk, siapkan tenaga dan pikiran untuk merancang strategi digital marketing bisnis gerabah kamu dan lakukan secara konsisten. Selamat menikmati hasilnya.

 

Baca juga artikel terkait lainnya

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP