fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

7 Strategi Marketing Bertema Hari Bumi untuk Pengusaha

strategi marketing bertema hari bumi

Strategi marketing bertema Hari Bumi sebagai wujud partisipasi dalam perayaannya merupakan ide yang bagus. Perayaan bertema Hari Bumi memang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih menjaga lingkungan dari pencemaran. Namun sebagai wujud selebrasinya, sebagai pengusaha kamu bisa menjadikan momen ini sebagai ajang untuk memperkenalkan bisnismu sekaligus mengajak serta konsumen untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang berhubungan dengan Hari Bumi.

Membantu menjadikan bumi tempat yang lebih baik bukan berarti harus melakukan hal sulit. Kamu bisa mulai memikirkan strategi marketing bertema Hari Bumi yang bisa diterapkan untuk usahamu. Mulai dari hal kecil, seperti ikut serta dalam kampanye bertema Hari Bumi, hingga berinovasi dalam menciptakan produk baru dengan tema ramah lingkungan. Jika kamu masih bingung harus menerapkan kegiatan apa, berikut beberapa ide yang bisa kamu terapkan dalam pemasaran usahamu. Sehingga kamu juga dapat berpartisipasi di hari istimewa ini 

  1. Perkenalkan Produk Eco-Friendly

    Kamu bisa mencoba menjual produk eco-friendly sebagai wujud strategi marketing bertema Hari Bumi yang bermanfaat. Buat penawaran istimewa hari itu dengan menawarkan penawaran untuk barang-barang dengan bahan daur ulang atau berkelanjutan. Ini pasti akan menarik perhatian konsumen yang senang membeli barang-barang yang ramah lingkungan. 

    Selain itu, kamu juga bisa mengombinasikan produk eco-friendly dengan produk yang memang sudah ada. Jika kamu sudah memiliki produk spesifik untuk dijual, coba mengembangkan produk dengan kemasan eco-friendly. Kamu mungkin bisa mendapatkan banyak konsumen baru yang berbelanja di Hari Bumi karena penawaran ini. Strategi ini selain bisa menarik minat konsumen baru juga sebagai dasar untuk usahamu berpartisipasi dalam menjaga kesejahteraan bumi.

  2. Diskon Spesial Hari Bumi

    Memberi diskon spesial kepada konsumen juga bisa merupakan strategi marketing yang cocok untuk merayakan Hari Bumi. Konsumen pasti akan tertarik jika mengetahui adanya diskon spesial pada waktu tertentu. Diskon khusus dalam satu hari dan pada jam terbatas biasanya menimbulkan antusiasme yang lebih tinggi, karena konsumen merasa sayang jika melewatkan kesempatan menarik itu. 

    Kamu bisa memilih produk tertentu yang akan didiskon, atau memberi penawaran paket produk yang eco-friendly sebagai wujud partisipasi dalam perayaan Hari Bumi. Ini juga bisa jadi ajang usahamu memperkenalkan produk baru. Misalnya saja dengan memberi diskon khusus pembelian saat Hari Bumi, kamu bisa sekaligus memasarkan produk-produk terbaru sambil berpartisipasi dalam memeriahkan selebrasi Hari Bumi.

  3. Penukaran Kemasan Kosong

    Strategi marketing berikut ini cocok kamu terapkan sebagai bagian dari kampanye Hari Bumi. Kamu bisa mengajak konsumen untuk menukarkan kemasan produk yang sudah kosong dengan kupon diskon untuk pembelanjaan berikutnya, atau ditukar dengan produk lain. Ada banyak produk atau kemasan yang sudah tidak terpakai akhirnya hanya menumpuk menjadi sampah rumah tangga. Kamu bisa melakukan promosi dan gerakan menukar kemasan kosong produkmu sebagai wujud kepedulianmu terhadap penanggulangan sampah sisa kemasan dalam rumah tangga. Hal ini juga bisa membantu konsumen untuk lebih sadar dengan daur ulang sampah kemasan produk yang sudah mereka gunakan.

  4. Bawa Kemasan Sendiri

    Strategi marketing bertema Hari Bumi lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggalakkan gerakan membawa wadah atau kemasan sendiri. Langkah awal yang bisa kamu dan konsumenmu lakukan untuk lebih peduli terhadap lingkungan bisa dilakukan dengan hal sederhana seperti dengan membawa kantong belanja ramah lingkungan saat berbelanja atau menggunakan botol minum yang reusable daripada membeli minuman botol dengan kemasan sekali pakai. Dengan begitu, kamu sudah mengurangi penggunaan sampah plastik berupa kantong belanja dan botol plastik yang biasanya menumpuk dan tidak bisa didaur ulang.

    strategi marketing bertema hari bumiJika usaha yang kamu jalani adalah usaha makanan jadi atau minuman, kegiatan ini bisa jadi referensi dan strategi marketing bertema Hari Bumi yang baik. Ide yang lain, kamu bisa memberikan potongan harga atau reward poin kepada setiap konsumen yang membawa kantong belanja sendiri saat membeli produk. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulianmu dan usahamu terhadap pengurangan kemasan sekali pakai.

  5. Reward Berupa Tanaman

    Perwujudan strategi marketing bertema Hari Bumi yang satu ini bisa kamu lakukan untuk meningkatan kesadaran konsumen akan penghijauan. Kampanye ini bisa kamu lakukan selama satu bulan selama peringatan Hari Bumi. Membagikan benih tanaman sebagai reward kepada konsumen yang telah berbelanja dalam jumlah tertentu bisa jadi hal yang menarik. Konsumen diajak berpartisipasi dalam kegiatan penghijauan dengan bercocok tanam di sekitar lingkungan mereka. Pilih bibit tanaman yang mudah dirawat agar konsumen tetap antusias berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

    Selain bibit tanaman, kamu juga bisa memberikan pot mungil berisi tanaman muda, misalnya yang baru berumur 1-2 bulan. Tanaman yang kamu berikan bisa berupa tanaman hias ataupun sayur dan buah. Pilih yang tidak rentan hama atau sulit dirawat, ya. Jangan lupa, beri catatan singkat tentang nama tanaman dan cara merawatnya. Konsumen nantinya tinggal menyiram dan merawatnya secara teratur di rumah masing-masing.

  6. Konten Hari Bumi di Media Sosial

    Unggahan media sosia juga bisa jadi bagian strategi marketing dengan tema Hari Bumi, lho. Kamu bisa mengunggah aktivitas karyawan atau komunitasmu yang berhubungan dengan Hari Bumi. Misalnya, saat kamu dan karyawan mengumpulkan sampah atau menanam pohon. Bagikan foto-foto kegiatan ini di media sosial agar orang lain tahu apa yang dilakukan dalam menyambut Hari Bumi. 

    Kamu juga bisa membagikan tips tentang apa yang dapat dilakukan konsumen untuk membuat perbedaan di komunitas mereka. Tindakan besar atau kecil, mereka bisa sangat membantu. Selain itu, media sosial bisa juga kamu jadikan sebagai ajang untuk menggalakkan kampanye yang berhubungan dengan selebrasi Hari Bumi, seperti Earth Hour, Gerakan Menanam Pohon, Gerakan Bebas Sampah Plastik dan aktivitas kampanye Hari Bumi lainnya. Ini akan meningkatkan kesadaran konsumen tentang pentingnya menjaga lingkungan dan merupakan bagian dari selebrasi Hari Bumi.

  7. Ajak Konsumen Berdonasi

    Ide lain yang berhubungan dengan strategi marketing bertema Hari Bumi yang bisa kamu terapkan untuk konsumen dan usahamu adalah dengan menggalang donasi untuk pelestarian lingkungan. Selain melakukan kegiatan marketing, kamu juga perlu ikut dan mengajak konsumenmu untuk berpartisipasi dalam pemeliharaan lingkungan dengan wujud yang lebih nyata. 

    Menggalang donasi untuk pemeliharaan bumi dan lingkungan merupakan wujud nyata dari kepedulian kita terhadap kondisi bumi ini. Dengan mendukung organisasi yang bergerak di bidang pemeliharaan lingkungan, kamu dan konsumenmu sudah terjun langsung dalam mendukung program-program pemeliharaan lingkungan yang mereka kerjakan. Kamu bisa mencoba membuat kampanye di Hari Bumi dengan mendonasikan sebagian hasil penjualanmu. Sampaikan pada konsumen bahwa berapa bagian dari hasil penjualanmu hari itu akan disumbangkan kepada komunitas pelestarian lingkungan. Jangan lupa informasikan laporan hasil donasinya ya, agar konsumen makin percaya bahwa uang mereka benar-benar sampai ke pihak yang tepat.

    strategi marketing bertema hari bumiPastikan kamu memilih organisasi yang sesuai dan konsumenmu bisa ikut memantau donasi agar menjaga profesionalitas usahamu. Strategi marketing bertema Hari Bumi ini selain bisa menarik minta konsumen yang memang peduli dengan lingkungan dan organisasi pelestariannya, juga sebagai wujud usahamu berpartisipasi dalam melestarikan lingkungan.

Tidak sulit bukan, menyusun strategi marketing bertema Hari Bumi? Jangan lalai untuk ikut berpartisipasi dalam perayaan Hari Bumi ya, karena bisa menjadi kesempatanmu menaikkan angka penjualan produk dan menarik minat konsumen baru. Selamat mencoba.