fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

8 Ide Online Marketing Seru Selama Ramadan

ide online marketing 01

Menjelang bulan Ramadan, sebagian besar pengusaha gencar melakukan online marketing karena tak mau ketinggalan dalam antusiasme belanja konsumen yang selalu meningkat setiap tahunnya. Animo konsumen berbelanja berbagai kebutuhan Ramadan dan hari raya merupakan peluang bagi pengusaha untuk meningkatkan transaksi di momen ini.

Pengusaha seperti kamu pasti sibuk memutar otak agar bisa menciptakan online marketing yang seru selama Ramadan supaya target penjualan tercapai, syukur-syukur bisa melebihi target. Simak pemaparan berikut agar online marketing kamu seru sehingga bisa menarik lebih banyak konsumen.

 

1. Cashback and Give Back

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah, bulan penuh kebaikan. Jadikan momen ini peluang buat kamu mendorong konsumen berbelanja sekaligus berbagi. Sebagai salah satu ide online marketing, misalnya, kamu bisa menawarkan cashback dengan nominal tertentu, dan dengan nominal yang sama bisa disalurkan kepada saudara-saudara kita yang kurang beruntung. Manfaatkan kolaborasi dengan platform donasi online terpercaya sehingga konsumen juga yakin donasi disalurkan kepada pihak yang tepat.

 

2. Sahur Flash Sale 

Salah satu online marketing yang paling mudah diaplikasikan adalah dengan menawarkan diskon. Online marketing ini adalah cara untuk menarik orang lebih banyak ke toko kamu dengan cepat. Setiap kali kamu menawarkan harga yang lebih hemat kepada konsumen, kemungkinan besar kamu akan menarik perhatian konsumen. Potongan harga juga bisa membantu bisnis kamu, tak hanya meningkatkan penjualan tetapi dapat juga meningkatkan reputasi bisnismu. Jadikan momen Ramadan ini untuk melakukan online marketing yang seru. Salah satu caranya adalah dengan melakukan flash sale saat sahur. Kenapa saat sahur? Karena konsumen kembali aktif online saat sahur dan mencari sesuatu yang menarik untuk membuatnya tetap terjaga dari rasa kantuk sambil menyantap hidangan sahur atau menunggu waktu salat subuh tiba.

 

3. Product Launching Saat Ngabuburit

Ngabuburit adalah salah satu tradisi yang tak lepas dari perayaan bulan Ramadan. Saat ngabuburit biasanya orang – orang akan berburu takjil, berjalan-jalan, bercengkrama dengan keluarga atau melakukan kegiatan lainnya sambil menunggu azan Maghrib untuk berbuka puasa. Nah, karena ini momen spesial yang seru, kamu bisa jadikan momen ini untuk melakukan online marketing untuk bisnismu. Misalnya, jika kamu berencana meluncurkan produk atau koleksi terbaru untuk Ramadan dan Idul Fitri tahun ini, maka waktu ngabuburit bisa dijadikan alternatif waktu launching yang tepat. Traffic pengguna internet saat ngabuburit biasanya lebih tinggi dibanding waktu-waktu lainnya karena sebagian besar konsumen sudah selesai bekerja atau beraktivitas, sehingga punya waktu luang untuk scrolling smartphone-nya.

 

4. Waktu yang Tepat untuk Kolab

Pernah punya rencana untuk melakukan kolaborasi dengan brand lain, atau artist lain yang punya talenta khusus yang sekiranya cocok dengan bisnismu? Momen ini bisa jadi momen yang tepat untuk berkolaborasi atau bekerja sama dengan bisnis lain untuk mendongkrak penjualan kamu di bulan Ramadan. Jangan lupa tambahkan promo khusus agar konsumen semakin tertarik dengan kolaborasi kamu.

 

5. Buat Konten Video Aplikatif

Buatlah konten-konten visual seperti gambar atau video untuk menarik perhatian konsumen. Contohnya, misalkan produkmu adalah makanan cepat saji, kamu bisa membuat konten video yang menampilkan bagaimana cara memasak dan menyajikannya. Buatlah semenarik mungkin, karena konten video seperti Ini akan memberikan dorongan dan inspirasi kepada konsumen agar tertarik mencoba produk kamu dan meraih engagement yang lebih tinggi.

 

6. Ulasan Konsumen Berhadiah

Seberapa penting ulasan konsumen? Ternyata, penting sekali! Konsumen mempercayai ulasan online sebagaimana mempercayai rekomendasi personal. Itulah mengapa ulasan menjadi salah satu online marketing yang sangat berpengaruh dalam bisnis. Oleh karena itu, kamu bisa  mendorong konsumen kamu untuk memberi ulasan tentang produkmu dan selanjutnya kamu berikan apresiasi berupa, misalnya, diskon untuk pembelian berikutnya, atau produk hadiah lainnya. Ulasan yang baik rupanya efektif dalam menarik konsumen baru yang belum pernah mencoba produk kamu, sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan penjualan. 

 

ide online marketing 027. Giveaway Time!

Manfaatkan platform media sosial kamu untuk mengadakan kontes atau yang kini lazim disebut “giveaway”. Terapkan syarat-syarat tertentu bagi mereka yang ingin mengikuti giveaway, seperti misalnya harus mengikuti akun media sosial bisnismu, meninggalkan komentar, memberikan like, dan repost. Dengan begitu, awareness dan engagement kamu bisa meningkat. Siapkan hadiah yang membuat konsumen jadi semakin terdorong untuk membeli produkmu, seperti voucher promo, potongan harga, atau hadiah produk untuk pembelian dengan jumlah tertentu. 

 

8. Konten Tentang Ramadan

Ide online marketing poin terakhir yang bisa kamu lakukan pada bisnismu selama Ramadan adalah justru dengan tidak mengangkat produkmu sama sekali, melainkan dengan membuat konten-konten terkait Ramadan yang dirasa relate dengan pengalaman konsumen. Konten-konten ini akan mendorong terjadinya interaksi antara kamu dengan konsumen, dan antar konsumen. Dengan begitu, kontenmu terasa nyata dan menciptakan keterikatan personal dengan konsumen. Caranya banyak, seperti misalnya membuka kolom QnA, membuat tips seputar Ramadan, berbagi pengalaman puasa atau mudik, dan lain sebagainya. 

Online marketing akan menjadi berhasil jika konsepnya dipikirkan secara matang dan eksekusinya dilakukan dengan sungguh-sungguh. Online marketing yang tepat akan mampu mengoptimalkan brand awareness, menjangkau lebih banyak khalayak, meningkatkan traffic, dan meningkatkan penjualanmu selama Ramadan. Ide-ide di atas bisa diaplikasikan dengan berbagai format di berbagai platform agar hasilnya lebih optimal.  

Stiker Ciptakan Pelanggan

Untuk mendukung jualan online dan bersilaturahmi dengan pelanggan kamu semakin bermakna di bulan Ramadan ini, LummoSHOP menghadirkan Stiker Ciptakan Pelanggan, di mana kamu bisa bikin stiker WhatsApp online shop-mu sendiri. Tersedia beragam template stiker WhatsApp kekinian yang bisa kamu modifikasi dengan menambahkan logo online shop dan kata-katamu sendiri.

online marketing_03

Kamu bisa pakai Stiker Ciptakan Pelanggan ini agar chat dengan pelanggan semakin seru. Bikin brand-mu semakin dikenal dengan adanya logo online shop kamu di setiap stiker, pembeli jadi repeat order, dan nambah pelanggan baru. Langsung aja klik website Stiker Ciptakan Pelanggan, dan ciptakan pelanggan barumu. Stiker ini GRATIS, lho!

Baca juga artikel lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP