fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

8 Tips Sukses Adakan Efek Kejutan Lewat Promo Flash Sale

Semua orang pasti menyukai kegiatan belanja. Apalagi kalau ada iming-iming berupa diskon, promo flash sale, sampai program cashback, pasti langsung kalap belanja. Apalagi belanja online, makin banyak gimmick diskon dan beragam promo yang mengundang orang untuk terus belanja online

Disadari atau tidak, belanja online sudah menjadi bagian dari gaya hidup, bahkan sampai harus dirayakan. Buktinya, setiap tanggal 12 Desember alias 12.12 kita peringati sebagai Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas. 

Cerita lahirnya Harbolnas begini. Inisiasi ide ini lahir di tahun 2012 oleh sejumlah e-commerce besar di Indonesia. Tujuannya untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat di Indonesia tentang mudahnya belanja online. Maka lahirlah Harbolnas yang pertama kali diadakan pada 12 Desember 2012 atau 12.12.12. Secara tanggal ikonik banget, kan. 

Karena respons yang bagus, akhirnya Harbolnas pun berlanjut di tahun-tahun berikutnya sampai hari ini. Biasanya saat Harbolnas, para pemilik toko online berlomba-lomba menawarkan program promo entah berupa diskon atau cashback.

Jadi wajar kan kalau Harbolnas menjadi momen yang ditunggu-tunggu konsumen untuk check out keranjang belanjaan demi dapat harga miring. Selain, sensasi berburu barang diskon dan dulu-duluan dapat barang dengan promo gede-gedean itu rasanya seru. 

Lembaga riset NielsenIQ Indonesia mencatat, nilai transaksi Harbolnas 2021 melonjak sampai 56 persen dibanding tahun sebelumnya yakni menembus angka Rp18,1 triliun, di mana di 2020 sebesar Rp11,6 triliun. Konsumen pada dasarnya menyukai belanja online, adanya diskon apalagi flash sale menambah daya tarik itu. 

Flash sale itu ibarat menguji adrenalin konsumen saat berbelanja. Bayangkan, tiba-tiba konsumen mendapat pesan dari toko online favoritnya bahwa ada diskon 50 persen plus ongkir gratis tapi hanya dalam waktu tiga jam. Dan barang incaran konsumen, masuk dalam produk yang ikut promo flash sale

Adrenalin yang mulai naik membuat konsumen segera mengambil gawai lalu membuka toko online yang dituju, check out barang incaran, segera lakukan pembayaran, dan transaksi selesai. Barang berhasil dipesan, dan akan tiba dalam beberapa hari kerja. Pemilik toko online pun mendapat transaksi penjualan kilat. 

Flash sale memang menjadi salah satu cara jualan online yang cukup manjur. Flash sale ialah saat ketika toko online menawarkan diskon atau promo tertentu akan tetapi dalam periode waktu yang singkat. 

Setidaknya ada tiga tujuan utama dari promo flash sale. Pertama, merangsang konsumen untuk melakukan pembelian. Kedua, meningkatkan penjualan jangka pendek. Dan ketiga, supaya kamu bisa menjual produk-produk toko online kamu yang kelebihan stok. 

Lalu apa yang membedakan flash sale dengan teknik penjualan online lainnya?

  1. Diskon dan promosi semacam flash sale biasanya lebih menarik dibanding penjualan online biasa. 
  2. Jangka waktu flash sale lebih singkat dibanding program diskon lainnya. Sehingga bisa laris jualan online dalam waktu singkat. 
  3. Flash sale biasanya menawarkan jumlah produk yang dijual terbatas yang memicu konsumen buru-buru melakukan pembelian. Nah, ini sebenarnya trik untuk mengakali bahwa stok produk yang kamu jual memang tidak banyak. 

Konsumen jelas menyukai flash sale. Tapi triknya, jangan sampai berlangsung terlalu lama apalagi sampai 24 jam dalam seminggu, itu sih namanya bukan flash sale. Lagipula, flash sale yang frekuensinya tidak terlalu sering dan jadi event yang spesial, akan memberi konsumen kejutan untuk cepat melakukan pembelian. 

Sementara bagi pebisnis toko online, flash sale terbukti ampuh agar laris jualan online. Ini bukan omong kosong lho, karena penelitian membuktikan bahwa flash sale berpotensi:

  • Meningkatkan rasio klik sampai 74 persen
  • Meningkatkan transaksi sampai 67 persen
  • Pelanggan yang puas dan berbelanja kembali mencapai lebih dari 385 persen

Flash sale bisa menjadi salah satu cara sukses jualan online, dan semua bisa melakukannya. Tapi ya namanya juga usaha, bisa berhasil bisa juga tidak. Namun, sebelum kamu memutuskan cara jualan online dengan flash sale, kamu simak dulu apa yang bisa kamu dapat ketika flash sale berhasil, dan sebaliknya, risiko yang akan kamu hadapi kalau flash sale gagal. 

promo flash saleFlash sale yang berhasil:

  • Menjual kelebihan stok

Apalagi jika produk andalan kamu ternyata tidak terjual sesuai harapan. Nah, flash sale bisa jadi cara untuk menjual stok produk andalanmu supaya bisa diisi dengan produk baru lainnya. 

  • Meningkatkan loyalitas pelanggan

Flash sale ibarat momen buatmu mengapresiasi kesetiaan pelanggan dengan memberi harga terbaik. Kejutan hangat semacam promo flash sale dijamin membuat pelanggan balik lagi di masa mendatang. 

  • Ciptakan FOMO alias fear out missing out, atau kecemasan ketinggalan tren

Ketika kamu membatasi waktu belanja dengan diskon, konsumen pasti tidak mau ketinggalan. Alhasil, mereka akan segera mendaftarkan email atau nomor ponsel supaya jadi yang terdepan dapat informasi promosi di toko online kamu. 

  • Dapat pelanggan baru

Pada dasarnya semua orang suka flash sale, jadi sekalipun belum kenal toko online kamu pun, konsumen bakal berkunjung kalau tahu kamu sedang mengadakan flash sale. Pengunjung baru ini kalau merasa puas pasti akan kembali berbelanja. 

Flash sale yang gagal:

  • Memotong keuntungan. Wajar ya, karena produk yang kamu jual harganya lebih murah, artinya laba dari masing-masing produk juga berkurang.

  • Menarik pembeli yang salah. Misalnya yang hanya datang untuk tawar-menawar, atau bertanya sana-sini tapi tidak jadi membeli.

  • Terlalu sering mengadakan flash sale. Akibatnya justru membuat konsumen lelah dan tidak peduli karena efek ‘kejutan’ dari flash sale tidak terasa.

  • Merusak reputasi. Jika ternyata produk yang dikirim tidak sesuai yang dijanjikan, atau layanan yang diberikan kurang memuaskan. 

Lalu bagaimana caranya supaya flash sale toko online kamu berhasil, dan kamu bisa laris jualan online? Cekidot 7 tips berikut agar cara jualan online dengan flash sale berhasil.

  1. Manfaat flash sale antara lain, menjual kelebihan stok, kepuasan pelanggan, visibilitas brand atau toko online, mendorong sales saat musim belanja agak melambat. Jadi, kamu mesti tentukan fokus flash sale kamu mau di mana. Apakah menjual kelebihan stok, atau membangun brand awareness, dan lainnya. Dengan begitu kamu bisa memetakan cara yang tepat. 
  2. Segmentasikan flash sale kedua tipe konsumen. Pertama, sebagai apresiasi pada pelanggan setia. Kedua, menargetkan pelanggan baru. 
  3. Pengalaman membuktikan, semakin pendek waktu flash sale semakin tinggi keuntungan didapat. 
  4. Tawarkan harga flash sale yang melampaui diskon normal. Kamu mesti menemukan titik harga yang pas supaya tetap dapat keuntungan meski tipis. 
  5. Pengiriman gratis. Jika kamu tidak terlalu ingin jor-joran soal diskon, kamu bisa tawarkan pengiriman gratis, alias bebas ongkir. Konsumen pasti suka. 
  6. Bangun urgensi. Intinya, bagaimana caranya agar konsumen tidak berpikir, “Ah, ini bisa dibeli nanti.” Atau, “Ini di toko lain ada, harganya hanya beda beberapa ratus perak.”
  7. Jangan terlalu berlebihan. Baik soal waktu, stok yang dijual, potongan harga. Supaya konsumen tetap penasaran, dan flash sale kamu tidak terkesan murahan. 

Kalau kamu sudah yakin mengadakan flash sale, ya langsung eksekusi saja. Bagi kamu yang sudah punya toko online gratis pakai LummoSHOP kamu bisa memanfaatkan fitur Promotions and Discounts untuk mengadakan program flash sale

Fitur Flash Sale yang baru di LummoSHOP ini memberikan kamu kebebasan untuk membuat flash sale toko online kamu sendiri tanpa menunggu periode promo tertentu. Selain itu, ada keuntungan yang didapat bagi kamu yang jualan pakai LummoSHOP dengan mengaktifkan flash sale di toko online kamu. 

Kamu bisa mendapatkan insentif sebesar Rp500.000 plus kupon diskon senilai total Rp500.000. Dengan catatan kamu mendapat akumulasi total pesanan tertinggi dengan menggunakan fitur Flash Sale sesuai dengan periode program yang berlaku. 

Kalau kamu ingin menggunakan fitur Flash Sale di LummoSHOP kamu tinggal mengikuti cara berikut:

Step 1:

Buat Flash Sale kamu sendiri lewat aplikasi LummoSHOP. Jangan lupa untuk meng-update aplikasi ke versi 3.4.0 terlebih dahulu supaya bisa memakai fitur Flash Sale

Step 2:

Bagikan promo Flash Sale di LummoSHOP kamu ke pelanggan lewat media sosial atau fitur Daftar Pembeli di aplikasi LummoSHOP. 

Step 3: 

Raih orderan terbanyak hingga akhir periode di mana 5 Top Seller akan mendapatkan hadiah total Rp1.000.000.

Bagaimana? Sekarang kamu sudah semakin paham soal seluk beluk cara jualan online dengan flash sale kan. Apalagi LummoSHOP sudah memfasilitasi kamu dengan fitur yang bakal memudahkanmu meningkatkan penjualan dengan flash sale. Jadi tunggu apa lagi? Saatnya memberi kejutan sekaligus mengapresiasi pelanggan toko online kamu dengan program flash sale

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP