fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pengertian, Karakteristik, Jenis, dan Seluk Beluk Tentang Distributor

Distributor

Distributor menjadi pelaku kegiatan ekonomi yang tidak kalah penting. Bahkan tanpa adanya distributor, tidak akan ada yang dapat menghubungkan pelaku ekonomi produsen dan konsumen. Karena tugasnya itulah, distributor juga biasa kamu dengar dengan istilah pihak penyalur.

Peluang usaha distributor masih sangat terbuka lebar hingga saat ini. Apalagi dengan adanya dukungan dari kemajuan teknologi dan transportasi. Jika kamu tertarik untuk membangun bisnis yang memiliki tanggung jawab dalam pendistribusian barang, maka kamu sudah datang pada laman yang tepat. Sebab kali ini, kami akan membahas tentang seluk beluk distributor di sini.

Pengertian Distributor

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), distributor merupakan orang atau badan yang bertugas mendistribusikan barang atau dagangan. Awalnya kata distributor ini berasal dari Bahasa Inggris, yaitu distribute. Jika dijabarkan lebih rinci, pengertian distributor akan mengarah pada inti tugas yang dilakukan.

Pertama, pihak yang membeli barang dari produsen atau pabrik dan kemudian menjualnya kembali ke perusahaan ritel. Kedua, pihak yang bertanggung jawab untuk mendistribusikan atau menyalurkan barang dari produsen ke perusahaan ritel. Jadi dua tugas utama distributor adalah membeli kemudian menyalurkan.

Sedangkan menurut Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 22/M-DAG/PER/3/2016 tentang Ketentuan Umum Distribusi Barang dalam pasal 1 Angka 8 mendefinisikan distributor sebagai pelaku usaha distribusi yang bertindak atas namanya sendiri dan atas penunjukkan dari produsen atau supplier atau importir berdasarkan perjanjian untuk melakukan kegiatan pemasaran barang.

Karakteristik Distributor

DistributorBeberapa karakteristik dari pihak penyalur adalah sebagai berikut:

  • Pihak yang bekerja sama dengan pabrik atau produsen secara langsung
  • Melakukan pembelian dalam jumlah besar dengan pabrik atau produsen
  • Melakukan pembelian dengan sistem beli putus atau komisi
  • Pihak yang bertemu secara langsung dengan pengecer
  • Melakukan penjualan dalam jumlah besar kepada pengecer
  • Umumnya distributor hanya menjual satu jenis barang untuk satu produsen dan tidak menjual barang produksi produsen pesaing
  • Memiliki izin usaha
  • Memiliki cakupan wilayah tertentu

Fungsi Sekaligus Alur Distributor

Berdasar pengertian dan karakteristik sebagai pihak penyalur produk berupa barang dan jasa di atas, dapat disimpulkan jika setidaknya terdapat enam fungsi dari distributor yang sekaligus juga menjelaskan alur kerjanya dalam rantai pasokan, yaitu:

  1. Pembeli

Pertama, pihak penyalur membeli barang dari produsen secara langsung.

  1. Pemilah

Kemudian pihak penyalur akan melakukan klasifikasi atau memilah barang sesuai spesifikasi tertentu. Terkadang jika memang dibutuhkan, barang tersebut akan dikelompokkan ke dalam jumlah yang lebih kecil.

  1. Penyimpan

Barang yang sudah dibedakan tadi akan disimpan di gudang.

  1. Penjual 

Pihak penyalur menjual barang ke pembeli, yaitu perusahaan ritel atau agen.

  1. Penyalur

Fungsi distribusi akan terjadi di sini. Pihak penyalur akan melakukan pemindahan barang dari gudang ke pembeli.

  1. Pemberi Informasi

Segala informasi mengenai kualifikasi barang akan pihak penyalur berikan kepada pembeli untuk perjanjian pembelian yang terjadi saat ini atau pun penawaran yang akan terjadi di pembelian selanjutnya. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Jenis Distributor

Ada pun jenis-jenis pihak penyalur yang ada di Indonesia adalah:

  1. Distributor Barang

Jenis pihak penyalur berupa barang. 

  1. Distributor Jasa

Meskipun dari tadi hanya fokus membicarakan tentang penyaluran barang, ternyata kamu juga bisa menyalurkan jasa, lho. Bahkan kamu sering menemuinya di lingkungan sekitarmu. Kamu tahu Bank Central Asia, kan? Nah, itu merupakan salah satu contoh penyalur bidang jasa.

  1. Distributor Perorangan

Setiap penyalur yang bukan badan usaha merupakan pihak penyalur jenis ini. Biasanya masyarakat lebih mengenalnya dengan istilah Multi Level Marketing (MLM). Pada dasarnya, ruang lingkup bisnisnya memang berbeda. Namun terdapat kesamaan dalam proses distribusi dengan pihak penyalur bidang jasa. Maka dari itu, muncul kelompok pihak penyalur secara perorangan ini.

Manfaat Menjadi Distributor

Beberapa manfaat dengan menjadi pihak penyalur yang bisa kamu rasakan nantinya adalah:

  • Tidak Perlu Memikirkan Biaya Produksi

Karena tugasmu hanya sebagai pihak penyalur, maka kamu tidak perlu pusing menghitung biaya produksi untuk setiap barang. Kamu cukup mencari pabrik atau produsen yang harganya bersaing atau relatif lebih rendah dari pasar agar keuntunganmu lebih besar.

  • Tidak Perlu Biaya Pemasaran Tinggi

Sebab umumnya pihak penyalur ini sudah terdaftar secara jelas dan jumlahnya dibatasi setiap wilayah, sehingga ini akan menguntungkan kamu untuk mengurangi biaya pemasaran. Bahkan ada pula aturan yang mengharuskan agen atau retailer membeli pada pihak penyalur yang berada pada wilayahnya. Kamu jadi memiliki konsumen yang loyal dengan biaya pemasaran rendah.

  • Target Pasar yang Sudah Teruji dan Jelas

Produsen atau pabrik merupakan pelaku ekonomi yang sudah memakan asam garam kehidupan dunia bisnis secara profesional. Singkat cerita, tentu pengalaman dan pemasarannya sudah meluas. Nggak heran kalau produsen atau pabrik ini sudah memiliki target pasar yang teruji dan jelas. Karena semuanya sudah tepat pada sasarannya, maka kamu hanya perlu melakukan tugasmu dengan baik untuk menyalurkan barang ke konsumen secara tepat waktu.

  • Mendapat Harga Produk yang Lebih Murah

Ini merupakan manfaat utama yang harus kamu upayakan jika kamu ingin menjadi pihak penyalur. Bagaimana caranya? Tentu dengan mencari pabrik atau produsen mana yang memberi penawaran terbaik. Jangan sampai salah pilih. Bukannya datang ke pabrik atau produsen, ternyata kamu hanya datang ke sesama pihak penyalur. Alhasil, kamu nggak akan dapat harga produk yang murah. Peluang untuk meraih keuntungan yang banyak pun semakin menipis.

  • Mendapat Dukungan Penuh dari Pabrik

Layaknya orang tua yang merawat anaknya, begitu pula tanggung jawab pabrik atau produsen ke pihak penyalur. Cara yang biasa dilakukan adalah dengan memberi dukungan penuh agar pihak penyalur merasa semakin termotivasi.

Peluang Bisnis Sebagai Distributor

DistributorKalau setiap wilayah biasanya hanya ada satu atau beberapa pihak penyalur, lantas bagaimana dengan peluang bisnisnya? Memang semua pebisnis berlomba untuk menjadi distributor tunggal. Sebab akan mendapatkan hak ekslusif dari produsen atau pabrik untuk dapat menyalurkan barang dalam jangkauan wilayah yang disepakati bersama tanpa perlu ada pesaing dalam satu wijayah yang sama. 

Tapi bukan berarti kamu mengabaikan peluang bisnis yang ada. Sebab dengan strategi distribusi yang tepat, pihak penyalur ini berpeluang untuk mendapat keuntungan yang besar. Apalagi pihak penyalur juga bisa membantu pasar dalam mengawasi kestabilan harga. Maksudnya adalah barang yang menumpuk akan menurunkan harga. Sedangkan kesulitan dalam mendapatkan barang justru dapat membuat harga naik. 

Tanpa adanya pihak penyalur, harga pasar tidak akan terjaga dengan baik. Kerugian bukan hanya akan dirasa oleh pabrik atau produsen, tapi juga konsumen. Sebab konsumen akan kesulitan pula untuk mendapat barang tanpa adanya peran dari pihak penyalur.

Maka dari itu, selalu ada peluang untuk bisnis ini tetap tumbuh. Karena memiliki peran penting dalam rantai pasokan yang menghubungkan barang dari pabrik atau produsen menuju konsumen. Pembangunan pusat distribusi selalu berupaya untuk dapat menyebar secara merata di setiap kota hingga ke pelosok. Menarik, kan?

Tips Menjadi Distributor Sukses

Setelah kamu sudah tahu kalau peluang bisnis menjadi pihak penyalur masih terbuka lebar. Maka langkah selanjutnya kamu harus mempelajari tips apa saja yang bisa mengantarkan bisnismu menuju pintu sukses. Yuk, simak beberapa tips untuk menjadi pihak penyalur yang sukses di bawah ini!

  1. Beri penawaran harga menarik ke konsumen
  2. Memberi garansi ke konsumen
  3. Beri pelayanan terbaik
  4. Beri ruang konsumen untuk mudah memberikan kritik dan saran membangun
  5. Ciptakan proses pembelian yang mudah dan menyenangkan
  6. Miliki rantai distributor atau cabang distribusi
  7. Fokus pada strategi perputaran barang agar konsumen tidak mudah bosan

Dengan keterampilan dan kegigihan yang menjadi akar kunci keberhasilan pebisnis, tentu setiap usaha akan mampu berkembang. Tidak terkecuali bisnis sebagai distributor. Kalau pebisnis lain bisa, kamu pun juga tentu bisa Lummoners!

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP