fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Keyword : Pengertian, Fungsi, dan Tips Memaksimalkannya

Keyword

Pada zaman serba digital ini, mungkin kamu pernah mendengar istilah “keyword” yang seringkali dihubungkan dengan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). 

Memahami keyword diperlukan agar website yang kamu kelola bisa muncul pada halaman pertama pencarian Google. Mari kita simak lebih lanjut pengertian keyword, serta fungsi, dan cara memanfaatkannya untuk meningkatkan jumlah audiens di website.

Pengertian Keyword 

Sebenarnya, apa itu keyword? Keyword atau kata kunci adalah kata-kata atau frasa yang diketik oleh pengguna di mesin pencarian untuk mencari informasi terhadap satu topik. Keyword juga umum audiens kenal sebagai SEO keyword, focus keyword, keyphrase, atau search queries. 

Semakin maksimal kita menggunakan kata kunci pada konten website, semakin tinggi kemungkinan website kita akan muncul pada halaman pertama Google. 

Dijelaskan oleh SEMrush.com, istilah yang kata kunci gunakan pada mesin pencari semuanya dianggap sebagai kata kunci, baik istilah dengan satu kata atau frasa yang terdiri dari beberapa kata. 

Contoh, kata “sambal” adalah keyword. Sama halnya dengan frasa, “sambal terpedas di dunia” yang juga merupakan kata kunci

Misalnya, kamu memiliki bisnis les bahasa Inggris online. Kamu pun membuat website yang memiliki informasi mengenai biaya les bahasa Inggris, keunggulan les online jika orang bandingkan dengan offline, tips-tips lancar berbahasa Inggris, deskripsi paket-paket les sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan lainnya. 

Nah, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan: 

  • Apa kata kunci yang ingin kamu asosiasikan dengan bisnismu?
  • Apa kata-kata atau frasa yang kira-kira orang gunakan saat mencari informasi mengenai bisnismu?
  • Siapa orang yang mencari produk atau jasa yang kamu tawarkan?
Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Kemungkinan besar orang akan mencari “les bahasa inggris online” pada search engine, bukan? Sebab, kata kunci tersebut yang paling menggambarkan website-mu. 

Setelah kamu tahu apa kata kunci inti website-mu, kamu dapat mengembangkan kata kunci di website dengan frasa serupa. Seperti, “les bahasa inggris jakarta”, “les bahasa inggris anak”, “les bahasa inggris terbaik”, atau “les bahasa inggris private”. Pastikan konten-konten di website-mu memiliki berbagai variasi keyword tersebut.

Fungsi Kata Kunci untuk Bisnis

KeywordBila kamu ingin membangun website dan bisnis dengan visi jangka panjang, keyword sangat penting untuk dipelajari, karena bisa berguna untuk membangun brand awareness, sehingga dapat meningkatkan penjualan. Berikut beberapa fungsi kata kunci untuk bisnis:

  1. Meningkatkan Kredibilitas 

Selain strategi marketing dan promosi, SEO keyword merupakan cara lain untuk meningkatkan kredibilitas bisnismu. Sebuah website yang berada di posisi atas Google biasanya nilai terjamin dan terpercaya. 

  1. Tidak Perlu Biaya 

SEO tidak membutuhkan biaya, tapi memang kamu harus menginvestasikan waktumu agar kata kunci bisa bekerja sesuai dengan ekspektasi. Kamu bisa menambah artikel atau konten di website, meningkatkan kecepatan loading-nya, dan terus melakukan riset keyword supaya website bisa terus berada di atas.

  1. Website Toko jadi Lebih Konsumen Kenal

Keyword dapat menjangkau banyak orang sekaligus, tanpa harus menargetkan audiens secara spesifik. Kamu bisa membuat daftar kata kunci yang kamu ingin diasosiasikan dengan bisnismu.

Lalu gunakan tools SEO gratis untuk mencari variasi lainnya dan melihat keyword apa saja yang digunakan oleh kompetitor. Aplikasikan berbagai kata kunci tersebut di konten website milikmu agar bisa perlahan memanjat ke urutan atas mesin pencari. 

  1. Meningkatkan Koneksi Konsumen dengan Brand

Bila kamu memiliki website dengan konten-konten yang berguna dan benar-benar dicari oleh audiens, mereka pasti akan menghabiskan waktu yang lama untuk browsing di website-mu. 

Menurut Forbes.com, konsumen yang menghabiskan waktu lama di website akan lebih mudah memiliki koneksi dengan brand tersebut, sehingga kemungkinan mereka untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu jual pun semakin tinggi. 

Salah satu hal terpenting yang juga harus kamu pertimbangkan adalah apakah website sudah mobile-friendly? Mengingat saat ini pengguna internet lebih banyak menggunakan smartphone, dibandingkan laptop atau komputer. 

Tips Memanfaatkan Keyword untuk Toko Online 

Setelah memahami apa itu kata kunci dan fungsi kata kunci untuk bisnis, sekarang saatnya kita mengulas tips memanfaatkan SEO keyword untuk meningkatkan website toko kita. 

  1. Pahami Kebutuhan Konsumen

KeywordMeksi kamu ingin website menempati rank 1 pada Google, tapi kamu tidak boleh berpikir seperti mesin. Bila website-mu tidak memberikan apa yang konsumen inginkan, maka kamu tidak akan bisa berada di posisi atas mesin pencari. 

Oleh karena itu, search intent atau tujuan pencarian sangatlah penting. Pahami apa yang sebenarnya konsumen butuhkan saat mereka menggunakan mesin pencari, lalu buat konten sesuai kebutuhan mereka.

  1. Mempelajari Apa yang Kompetitor Kerjakan

Kalau kamu belum tahu apa keyword yang cocok bagimu, kamu bisa mengecek kompetitor. Cari tahu kata kunci mereka yang menempati posisi atas di mesin pencari. 

Kemudian, cek apa saja bentuk konten yang mereka buat dengan kata kunci tersebut. Kamu bisa membuat konten serupa dengan mereka, tapi berikan berbagai informasi tambahan yang tidak mereka miliki. 

Ini adalah cara mudah untuk mengetahui kata kunci yang tepat supaya konten bisa mendapatkan hasil yang diinginkan dan lebih unggul dari kompetitor. 

  1.  Jangan Berlebihan Menempatkannya

Yoast.com menjelaskan bahwa dulu orang terbiasa menjejalkan begitu banyak keyword yang sama di dalam satu halaman. Namun, cara tersebut membuat penempatan keyword jadi aneh, dipaksakan, dan tidak enak dibaca, sehingga Google pun tidak lagi mendukung peletakan SEO keyword yang berlebihan seperti itu.

Keyword yang terlalu banyak akan orang anggap sebagai spam oleh Google, hal ini membuat website akan semakin sulit untuk berada di posisi atas. 

  1. Sebarkan Secara Merata

Taruh kata kunci di tempat-tempat strategis dengan cara yang natural supaya tetap nyaman konsumen baca. Kata kunci harus jadi bagian dari topik yang dibahas, jangan paksakan kata kunci pada tempat yang sebenarnya tidak ada hubungannya. 

Distribusikan SEO keyword secara merata pada keseluruhan konten, di bagian pembuka, tengah, juga di bagian akhir. Ini beberapa tempat wajib yang harus terdapat kata kunci:

    • Judul : Tempatkan keyword di bagian depan judul, terutama bila judulnya panjang
    • Subheading : Gunakan kata kunci di beberapa bagian subheading (H2, H3), tapi tidak perlu dipaksakan ditaruh di semua subheading
    • Paragraf pembuka : Selalu tulis kata kunci di paragraf pembuka. Pastikan bagian introduction menjelaskan konten secara lugas. 
    • Alt text di setiap gambar atau foto : Akan lebih baik bila website mengandung gambar / foto pendukung konten, tambahkan keyphrase di alt text image. 
    • Meta description: Meta description adalah kalimat singkat yang Google tampilkan saat kamu mengetik kata kunci. Oleh sebab itu, meta description tidak boleh bertele-tele dan harus mengandung SEO keyword
    • URL slug : Slug adalah bagian kedua di URL. Contohnya, https://www.lummoshop.co.id/blog/apa-itu-keyword/. Slug dari URL tersebut adalah “apa-itu-keyword”. Buat slug yang deskriptif, jelas, dan singkat. 
  1. Analisis dan Evaluasi

Setelah melakukan hal-hal tersebut, jangan lupa mengawasi dan analisis hasilnya. Biasanya kata kunci juga mengalami update dari tren-tren yang terjadi pada sekitar atau ada keyword baru yang kompetitor gunakan. Maksimalkan penggunaan kata kunci di berbagai tempat, seperti blog website, media sosial, dan tags.

SEO keyword sangat bermanfaat bagi website dan bisnis yang kamu jalani, sebab bisa memicu kenaikan pengunjung website dan jumlah penjualan. Toko online yang kamu punya juga bisa mendapatkan kredibilitas dan kepercayaan dari konsumen. Jadi mulai sekarang, pelajari penggunaan keyword dengan baik, ya! 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP