fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Baju Naik Turun Viral! Ini 6 Teknik Marketing-nya yang Bisa Kamu Contoh

Baju naik turun

Baju naik turun belakangan viral sejak masuk FYP (beranda For Your Page) di TikTok. Popularitasnya makin menjadi-jadi setelah beberapa artis ikut meramaikan tren baju naik turun ini, seperti pasangan Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar, Denny Cagur dan Istri, Anji Manji, Inul Daratista, hingga Meriam Bellina. Berikut ini di antara video yang viral, serta besarnya peran TikTok bagi para pebisnis.

Atta-Aurel, Denny Cagur, dan Meriam Bellina

Dua pasangan pertama, yaitu Atta-Aurel dan Denny Cagur beserta istrinya bahkan mendapat jutaan view dan ratusan ribu like di TikTok berkat video mereka menggunakan baju naik turun tersebut. Sementara video Meriam Bellina yang juga ikut “turun naik” yang diunggah akun Asha Maria (@asha.assuncao) mendapatkan 31 juta view dan 1,5 juta like.

Sumber: tiktok.com/@asha.assuncao

Seleb TikTok @bobacott

Sebelum para artis tersebut ikut meramaikan viralnya baju naik turun, sebelumnya ada seleb TikTok Bobacot (@bobacott) yang lebih dulu mendapatkan belasan juta view dan jutaan like dari videonya berjoget dengan baju turun naik tersebut. Akun ini bahkan mem-posting beberapa video baju naik turun karena kesuksesan video TikTok sebelumnya.

Sumber: tiktok.com/@bobacott

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Viral sebelum Lebaran

Namun, Bobacot bukanlah yang pertama memviralkan baju naik turun ini. Tren baju turun naik ini justru muncul dari video TikTok ibu-ibu yang sama sekali bukan seleb TikTok, melalui akun @kareenboutique pada bulan Ramadan menjelang Lebaran, April lalu.

Sumber: tiktok.com/@kareenboutique

Baju dengan bahan plisket ini terlihat naik turun seperti per mengikuti sound video yang liriknya berbunyi “kutinggal turun naik, kutinggal turun naik, kutinggal turun naik trus”. Pas sekali. Banyak orang yang mengira bahwa baju tersebut adalah filter yang ada di TikTok, padahal baju tersebut memang terbuat dari bahan yang elastis. Sehingga, ketika badan bergerak naik turun, baju pun tampak seperti mengikuti.

Viralnya sebuah barang di TikTok dan media sosial lainnya, cenderung bermuara pada larisnya barang tersebut di lapak penjualnya. Padahal, harga baju naik turun terbilang cukup mahal, karena terbuat dari kain full plisket impor. Baju turun naik dibanderol mulai dari Rp400.000 hingga Rp600.000.

Sumber: tiktok.com/@rubenonsu_official

Peran Besar TikTok

Keberadaan TikTok memiliki peran besar. Aplikasi yang awalnya berisi dance lucu ini berubah menjadi salah satu alat marketing paling powerful saat ini. Platform yang orang-orang gunakan untuk membuat video ini telah berevolusi menjadi media untuk mencetak uang secara online. Meskipun TikTok creator fund jelas bukan alat terbaik untuk menghasilkan uang, kemampuan media sosial ini untuk mencapai jutaan penonton adalah hal yang membuat TikTok begitu istimewa.

TikTok sejauh ini merupakan media sosial terbaik bagi banyak orang untuk bisa viral. Sebagian besar orang tidak mengikuti kreator spesifik, tetapi mereka melihat video yang direkomendasikan melalui algoritma TikTok. Ini yang membuat usaha kecil pun bisa mendapatkan perhatian jutaan orang tanpa membayar sepeser pun biaya iklan di platform tersebut.

Pada awal kemunculan TikTok, banyak orang meragukan potensi dari aplikasi ini, dan menganggap bahwa ini hanya tren sekilas yang hanya digunakan anak-anak kecil. Tetapi berjalannya waktu, kita semua melihat bagaimana aplikasi ini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi banyak orang.

Peluang bagi Usaha Kecil

Semakin membaiknya tampilan visual dari TikTok, semakin banyak kreator yang mengambil manfaat dari teknik seperti affiliate link atau bahkan Linktree. Dengan cara itu, para kreator bisa menggabungkan semua link terkait bisnis mereka dan semua sosial medianya dalam satu halaman. Cara ini dapat kamu lakukan tanpa perlu mengeluarkan biaya jutaan rupiah dalam bentuk iklan.

Dengan demikian, usaha kecil bisa menggunakan hasil labanya secara lebih baik dan menginvestasikannya kembali ke bisnis mereka. Para pemilik bisnis bisa mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan produk atau jasanya kepada ribuan bahkan jutaan orang secara gratis, dan ini merupakan hal baru yang tidak pernah kita lihat sebelumnya.

Pada saat ini, TikTok menerapkan sistem meritokrasi yang memberikan kesempatan pada semua video untuk muncul pada For Your Page sebagian kecil audiensnya. Hal ini juga berlaku bahkan untuk para pengguna baru yang belum memiliki followers sama sekali.

Jika video tersebut memiliki performa yang baik di grup kecil audiens tersebut, TikTok akan mendorongnya ke audiens dengan jumlah yang lebih besar, yang sepertinya juga akan menyukai video tersebut. Karena hal ini, biasanya para kreator bisa mengetahui apakah video mereka bisa viral dalam hitungan jam saja.

Tips Viral di Tiktok

Ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti agar video yang kita unggah memiliki potensi untuk viral di TikTok. Sehingga, pada akhirnya memberikan kesempatan produk atau jasa yang kamu tawarkan dilihat oleh banyak orang. Berikut tips-tipsnya.

  • Ikuti Tren

Salah satu keunggulan TikTok adalah meskipun kamu telah melihat ribuan orang menggunakan audio yang sama dalam membuat video, semua orang masih bisa melihat keunikan dan daya tarik yang berbeda dari video tersebut. Gunakan tren terbaru yang bisa kamu aplikasikan pada brand milikmu dan buatlah video lucu yang informatif terkait produk/jasa tersebut. Harus kamu ingat bahwa tren di TikTok bisa berubah dengan cepat. Oleh sebab itu, agar sukses, penting untuk selalu tahu tren terbaru di TikTok.

Meskipun keberadaan bisnis milikmu di TikTok adalah untuk mengiklankan brand, membuat konten lainnya akan meningkatkan traffic pada akun milikmu. Artinya, semakin banyak orang yang berpeluang untuk melihat produkmu. Jangan takut belajar atau mengikuti tren yang tidak ada kaitannya dengan brand milikmu.

  • Buat Video yang Singkat

Kecuali kamu memang ingin menceritakan cerita yang panjang dengan kebutuhan durasi satu menit penuh, lebih baik tetap membuat video yang singkat dan to the point. TikTok melihat rata-rata durasi orang melihat video dibandingkan dengan panjangnya video sebagai metode untuk mengevaluasi kualitas.

  • Ceritakan Sesuatu

Iya, dance bisa jadi viral, tetapi cerita memiliki peluang lebih besar. Jujur saja, kecuali kamu benar-benar dancer berbakat atau dancer yang buruk tapi lucu, video dance milikmu peluangnya kecil untuk viral di TikTok. Bagi orang-orang pada umumnya yang tidak diberkati dengan bakat ritmik yang baik, peluang lebih besar adalah dengan memberikan cerita yang menarik. Cerita bisa kamu ambil dari apa pun, bisa dari cerita hidup, hal random yang terjadi, project yang kamu lakukan, atau apa pun.

Banyak orang belajar dari TikTok, jadi jika kamu memiliki kemahiran dalam subjek tertentu, buat informasi video agar orang belajar tentang itu. Buat video berbentuk mini-lesson, dengan durasi yang tidak terlalu panjang, dengan bantuan poin-poin di screen. Selain itu, orang-orang juga menyukai belanja di TikTok, jadi sharing atau review produk juga punya peluang untuk kamu monetisasi.

  • Masukkan Detail Random

Orang-orang suka memperhatikan detail kecil yang bukan menjadi fokus utama dari video, kemudian memberikan komentar mereka di kolom komentar. Semakin banyak komen yang kamu dapatkan, semakin besar peluang yang kamu miliki untuk viral. Jadi, detail random bisa menjadi pancingan agar orang-orang memberikan komentar. Misalnya, menggunakan sesuatu yang aneh, sehingga orang akan bertanya di mana mendapatkannya, tetapi kamu juga bisa melakukan dengan banyak cara lain.

Setiap orang memiliki gaya dan caranya sendiri untuk membuat video atau konten. Tetapi, setidaknya butuh satu bulan bagi para kreator baru untuk menemukan style mereka sendiri di TikTok, dan bagaimana membuat video yang bagus. Jadi, jika kamu tidak langsung viral, jangan menyerah dan terus mencoba!

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP