fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Bangun Brand yang Trusworty dan Reliable di Ramadan Ini Lewat Customer Service

Brand yang trusworthy

Adanya kepercayaan dan loyalitas yang kuat dari pelanggan merupakan salah satu kunci sukses dari membangun bisnis. Kalau kamu ingin bangun brand yang  trusworthy dan realiable serta banyak pembeli, perlu diciptakan customer service yang hebat selama bulan Ramadan ini. 

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan customer service yang hebat. Caranya tidak sulit tetapi harus dilakukan secara konsisten dan perlahan-lahan sehingga customer pun percaya kalau yang kamu lakukan bukan sekadar lips service

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Membangun kepercayaan pelanggan sangat penting dalam berbisnis karena ini akan memberikan keuntungan bagi bisnis kamu baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.  

Customer yang setia akan bisa meningkatkan penjualan. Selain itu kamu juga bisa menjadikan pelanggan setia sebagai brand ambassador dari produk yang kamu jual. Mereka akan menyebarkan berita yang baik soal brand kamu dan bisa menarik orang lain untuk jadi customer kalau bisnis kamu memiliki banyak pelanggan yang setia, reputasi perusahaan pun akan meningkat. 

Tips dan Trik Bangun Brand yang Trusworthy dan Realiable

Ada sejumlah tips dan trik yang bisa kamu lakukan untuk bangun brand yang trustworthy dan reliable, yaitu: 

Pada era digital seperti sekarang bangun brand yang bagus, sedikit banyak ditentukan oleh website. Orang pertama kali akan mencari info soal brand kamu secara online jadi diperlukan website yang bagus dan informatif. 

Mengapa mempunyai situs toko kamu sendiri penting? Website toko merupakan salah satu channel untuk konsumer menghubungi kamu. Mempunyai visibilitas brand yang jelas dan mudah untuk dihubungi merupakan langkah awal menyediakan customer service yang bagus. Ini juga akan menunjukkan kredibilitas bisnis kamu. 

Kini kamu bisa mempunyai website brand kamu sendiri tanpa perlu merogoh kocek banyak. Tinggal pakai LummoSHOP, kamu bisa bikin website jualan online GRATIS! 

Brand yang trusworthy

Bangun brand secara digital tentu perlu terus dipelihara. Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan konten segar secara teratur di website atau media sosial. 

Ketika konsumen sudah berkunjung ke website atau media sosial,  kamu perlu membuat mereka kembali dan penasaran dengan produk yang kamu tawarkan. Brand harus tetap berada dalam top of mind dan jangan sampai mereka beralih pada kompetitor. 

Salah satu alasan orang tidak menengok lagi website atau media sosial sebuah brand karena isinya membosankan. Konsumen tidak mau mengintip lagi karena mereka sudah tahu apa isinya. Jika kamu mempunyai website, pastikan produk katalog kamu selalu terupdate dengan produk terbaru. Hal penting lainnya adalah kamu bisa memberikan rincian produk yang menjawab semua pertanyaan konsumen, sehingga mereka tidak perlu lagi mempertanyakan hal-hal detil seperti ukuran baju, berat barang atau ketersediaan rasa. 

Begitu pula dengan media sosial. Siapkan konten yang menarik dan informatif secara teratur  agar orang mau follow dan selalu menjadikan brand kamu sebagai top of mindKamu bisa menggunakan momen bulan Ramadan untuk menciptakan konten seputar berpuasa atau menjelang hari raya Idul Fitri yang sesuai dengan kebutuhan consumer brand. Jangan sampai media sosial kamu isinya hanya katalog produk. 

  • Transparan

Konsumen tidak hanya ingin mendapatkan kepuasan dari produk yang mereka tapi juga dukungan dari brand tersebut. Hal ini bisa didapatkan kalau brand bersikap transparan dan jujur dalam memberikan informasi seputar produk yang dihasilkan. 

Transparansi juga menunjukan adanya komunikasi terbuka dan bisa membangun hubungan yang saling percaya antara konsumen dengan brand. Lebih dari itu, transparansi akan meningkatkan kualitas perusahaan yang secara tidak langsung akan meningkatkan penjualan, loyalitas dan jumlah pelanggan. 

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menunjukan transparansi: 

    • Publikasikan secara detail informasi soal produk termasuk material pembuatan dan ingredient. 
    • Tunjukan operasional kerja dibalik layar perusahaan. 
    • Tampilkan cerita-cerita sederhana dari karyawan perusahaan.
    • Merespon dengan baik feedback dan keluhan dari customer.
  • Jangan Ragu Menjawab Pertanyaan 

Ketika memilih sebuah brand, konsumen akan mencari informasi sebanyak mungkin. Bahkan ada pula yang membandingkan brand yang serupa untuk mencari yang terbaik. Selain mencari lewat website mereka juga akan berusaha menghubungi kamu lewat media sosial, email atau nomor customer service

Jangan pernah ragu untuk menjawab konsumen seputar brand. Ada dua cara yang harus diperhatikan saat menjawab pertanyaan konsumen,yaitu selalu jujur dan melatih karyawan kamu untuk menjawab sejumlah pertanyaan. Siapkan semua informasi seputar brand agar karyawan siap ketika ditanya oleh konsumen. Alternatif lain, ketika ada pertanyaan yang tidak bisa dijawab, alihkan pada kamu sebagai pemilik.  

Menjawab pertanyaan konsumen dengan kalimat  ‘saya tidak tahu’  bukanlah jawaban yang tepat. Jangan juga memberikan informasi yang tidak lengkap karena akan membuat konsumen memilih brand lain. Ketika menjawab pertanyaan konsumen berikan jawaban yang transparan dan jelas. 

Brand yang trusworthy

  • Minta Feedback 

Bangun brand yang terpercaya harus dilakukan dengan dua arah. Brand tidak hanya memberikan informasi pada customer tetapi juga menerima informasi. Mintalah feedback pada customer

Feedback dari customer adalah salah satu masukan yang berguna untuk meningkatkan kualitas brand. Baik dalam segi perbaikan produk, perbaikan pelayanan atau melakukan sebuah inovasi. Feedback juga salah satu cara untuk mengukur kepuasan konsumen. 

Siapkan survei secara regular dan minta customer untuk memberikan masukan. Misalnya, tanyakan pada mereka apakah pelayanan yang toko kamu berikan sudah sesuai harapan? Apakah konsumen sudah mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan? Apakah secara keseluruhan konsumen puas ketika menggunakan brand tersebut. 

Jangan lupa ketika meminta feedback, sediakan pula kolom saran apa yang harus dilakukan oleh kamu agar brand bisa lebih baik. Ketika kamu menggunakan feedback dari customer untuk memperbaiki kualitas brand, kamu sudah menunjukan pendapat mereka memang berguna. Ini bisa menambah kepercayaan dan loyalitas customer pada brand

  • Customer Loyalty Program 

Bangun brand juga bisa lewat customer loyalty program. Cara ini mampu meningkatkan penjualan dan menambah kesetiaan customer. Customer loyalty program bisa menciptakan hubungan emosional antara brand dan pelanggan. kamu bisa menawarkan sejumlah program loyalty seperti promo pembelian barang, promo dari pihak ketiga (misalnya diskon nonton bioskop, voucher spa, voucher hotel). 

Beberapa retail e-commerce juga sering memberikan bonus produk gratis untuk mereka yang sering belanja, termasuk juga kesempatan untuk mendapatkan produk atau diskon tertentu. kamu bisa menggunakan juga cara ini untuk salah satu contoh customer loyalty program. 

Selama bulan Ramadan, kamu bisa manfaatkan untuk memberikan hadiah ‘Lebaran’ dengan sejumlah voucher diskon atau barang promo lainnya yang bisa digunakan pada hari raya. 

  • Publikasikan Review dan Testimoni dari Pelanggan

Salah satu cara meningkatkan customer service yang hebat adalah dengan menampilkan review atau testimoni customer. Kamu bisa mempublikasikan testimoni dan review ini di website, blog atau media sosial. Kalau kamu tahu customer pernah mengalami pengalaman menyenangkan dengan brand, coba untuk menghubungi mereka. Kamu bisa meminta mereka untuk membuat video testimoni atau postingan di blog. 

Menampilkan feedback positif dari customer bisa membuat orang lain yang belum tahu brand kamu akan tertarik. Sementara bagi customer lain yang sudah pernah menggunakan, mereka akan jadi lebih percaya pada brand kamu. Mempublikasikan review dan testimoni bisa meningkatkan kredibilitas dari brand kamu. 

  • Fokus pada Customer bukan Sales 

Wajar saja ingin mendapatkan sales yang berlimpah tetapi jangan terlalu fokus di situ. Untuk bangun brand lebih baik kamu mengutamakan customer daripada penjualan. Karena bila pelanggan puas maka penjualan pun akan meningkat. Jadi prioritaskan dulu kepuasan pelanggan. Coba untuk mengerti apa yang jadi kesulitan, masalah dari pelanggan. Gunakan website untuk menyediakan konten yang mampu menjawab dan mengedukasi masalah yang pelanggan kamu hadapi.  

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

 

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP