fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Begini Cara Atur Stok Barang Bila Kerja Bareng Dropshipper

Cara Kelola Stok Barang

Paham benar bagaimana cara atur stok barang sangat diperlukan bagi seorang pebisnis. Terlebih bila kamu sudah mulai menjalankan bisnis dengan para dropshipper. Karena faktanya, menjalin kemitraan dengan pihak lain dalam berbisnis bisa jadi agak tricky. Kamu harus memberikan pelayanan pelanggan yang baik juga memastikan telah memilih mitra yang tepat dalam waktu bersamaan. 

Secara umum, menjalin kerjasama dengan dropshipper mengharuskan kamu untuk menerapkan strategi khusus dalam mengatur stok barang serta penetapan harga. Selain itu, kamu wajib memberikan insentif menarik untuk mempertahankan dropshipper dalam rangka menjalin hubungan yang baik dengan mereka.

Cara Menjalin Kemitraan yang Baik dengan Dropshipper

Selain penetapan harga dan cara atur stok barang, kamu juga harus tahu bagaimana cara menjalin kemitraan yang baik dengan dropshipper agar mereka tetap mempertahankan kerja sama dengan bisnismu. 

  • Pastikan semua informasi tersedia secara lengkap 

Sebelum calon dropshipper menjalin kerja sama dengan supplier, mereka biasanya akan melakukan riset tentang cara kerja dan bagaimana mereka mendapatkan keuntungan dari kegiatan dropshipping. Oleh karena itu, kamu harus memastikan semua informasi yang harus mereka tahu sudah tersedia dalam satu sumber.

Selain memudahkan calon mitra dropshipper, kamu juga akan mendapatkan konversi lebih cepat dengan adanya informasi yang memadai untuk mereka. Konversi tidak melulu tentang seberapa cepat mereka mendaftar sebagai dropshipper ya, tetapi ketertarikan mereka dengan mendaftarkan email guna mendapatkan penawaran lebih lanjut atau menghubungi nomor tertera guna meminta informasi tambahan juga bisa dihitung sebagai konversi.

  • Berikan pelayanan konsumen terbaik 

Masih berhubungan dengan poin pertama, kamu juga perlu menyediakan pelayanan konsumen yang baik dan tanggap terhadap setiap permasalahan atau pertanyaan. Perlakukan calon dropshipper dengan baik seakan-akan kamu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen perorangan. 

Sebab pada beberapa kasus, mungkin supplier merasa bahwa mereka tidak perlu memberikan pelayanan sebaik pelayanan konsumen perorangan. Sebaliknya, kamu harus tetap profesional dan menyediakan informasi serta bantuan agar mereka merasa yakin dengan kerja sama dropshipping yang akan dibangun. 

Kunci dari pelayanan konsumen yang baik adalah niatan untuk membantu konsumen. Lupakan sejenak bahwa kamu harus menjual barang dan menghasilkan untung tiap harinya. Jika kamu memiliki orientasi untuk membantu konsumen, pelayanan pun terasa lebih hangat dan tulus, sehingga konsumen atau calon mitra merasa betah berada di tokomu.

Selain itu, dilansir dari laman resmi Hubspot, 96% konsumen mengatakan bahwa customer service yang baik adalah alasan kuat mengapa konsumen setia kepada merek produk tertentu. Dapat dikatakan bahwa pelayanan konsumen memegang peran penting dalam membuat konsumen betah dengan toko atau produk bisnismu. 

  • Pastikan bahwa stok barang selalu terjaga 

Stok barang adalah satu hal yang dapat kamu unggulkan dari sistem dropshipping. Para dropshipper tidak harus memikirkan cara atur stok barang serta bagaimana mereka mengirimkannya kepada konsumen. Oleh sebab itu, pastikan kamu membangun kepercayaan dari segi ketersediaan produk. 

Kamu juga dapat mengunggulkan kelebihan ini dengan memperkenalkannya sebagai kepraktisan dalam sistem dropshipping. Meraup untung tanpa stok barang serta pembagian komisi yang menarik tentu dapat menarik calon mitra untuk bergabung. 

  • Branding diri dengan kemajuan teknologi

Selain cara-cara di atas, kamu dapat mempermudah alur kerja dropshipper dengan membuat sistem yang terotomatisasi. Misal, kemudahan dalam tracking pesanan, kelengkapan riwayat pesanan serta proses pelacakan pesanan yang cepat. 

Selain berguna untuk menjamin kenyamanan para mitra dropshipper, kamu juga dapat memperkenalkan kemudahan alur kerja tersebut guna menarik lebih banyak dropshipper. Sebab tidak semua supplier menyediakan website untuk proses dropshipping, jadi akan lebih baik jika kamu dapat menyediakan otomatisasi sistem.

Komisi dalam Dropshipping

 

Cara Kelola Stok Barang

Selain menjalin hubungan kemitraan yang baik dengan dropshipper, satu hal yang juga penting untuk diperhatikan adalah pembagian komisi. Sebetulnya, ketika memutuskan untuk menjadi supplier, kamu dapat mempertimbangkan dua skema pemberian profit yaitu komisi dan harga diskon.

Komisi biasanya diberikan kepada dropshipper yang melakukan pembelian atas nama konsumennya dan harga diskon diberikan kepada reseller dengan minimum pembelian tertentu. Nah, ketika kamu membuka hubungan kemitraan yakni dropshipping, artinya kamu sudah menyiapkan skema pemberian komisi atas penjualan setiap barang. 

Jadi, setiap penjualan barang akan mendatangkan laba bagi dropshipper. Komisi biasanya dihitung dalam bentuk persentase. Sedangkan penentuan komisi dilakukan dengan pertimbangan tertentu dan dapat bervariasi tergantung dengan jenis produk dan skala bisnis. 

Lalu berapa besaran komisi tiap produk? Biasanya, komisi produk berkisar antara 15%–20%. Namun kisaran tersebut sangat dipengaruhi oleh biaya rata-rata per produk serta niche produk itu sendiri. 

Tips dalam Menentukan Harga Barang 

Sementara itu, kamu juga harus menentukan harga jual produk secara tepat bila bekerjasama dengan dropshipper. Terapkan tips berikut ini untuk menentukan harga jual yang tepat, ya.

  • Perhatikan jenis barang

Pricing atau penetapan harga harus memperhatikan jenis barang apa yang dijual. Karena barang berharga murah seperti, aksesoris, makanan, sandal jepit, dan sejenisnya memiliki margin profit lebih tinggi dari barang seperti ponsel pintar dan alat elektronik lainnya. Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan lebih banyak laba dari produk dengan harga terjangkau dibandingkan dengan produk dengan harga tinggi.

  • Jangan lupa untuk mempertimbangkan biaya pemasaran dan iklan 

Ketika mempertimbangkan harga, kamu juga harus menghitung biaya pemasaran dan iklan. Terlebih jika kamu melakukan iklan pada berbagai platform sekaligus. Pastikan harga produk mampu menutupi biaya tersebut. Kamu tidak mau malah rugi karena kurang memperhatikan biaya pemasaran dan iklan, kan? 

  • Jangan terburu-buru ingin mendapat laba dengan cepat

Mungkin beberapa dari kamu berpikir bahwa harga produk bisa diatur sedemikian tinggi agar mendapatkan untung dalam waktu cepat apalagi produk dengan volume permintaan yang tinggi. Namun kamu juga harus memperhatikan efek jangka panjang dari tindakanmu. Karena tingginya harga produk bisa membuat produkmu ditinggalkan lebih cepat oleh konsumen. 

Sebaliknya, kamu dapat menerapkan strategi untuk membangun produk dalam jangka panjang daripada hanya berfokus pada cara meningkatkan laba jangka pendek. 

Cara Atur Stok Barang

Cara Kelola Stok Barang

Setelah penetapan harga, langkah yang tidak kalah penting adalah menerapkan cara atur stok barang yang tepat bagi bisnismu. Tentu strategi mengatur stok barang sangat diperlukan apalagi untuk pebisnis dengan banyak mitra dropshipper.

Kamu dapat menerapkan beberapa cara atur stok barang di bawah ini agar mendapatkan informasi yang tepat mengenai stok barang serta tidak terjadi kesalahan pengelolaan di dalamnya.

  1. Otomatisasi sistem kerja

Pada tingkatan tertentu, suatu bisnis sudah memerlukan pengelolaan stok barang yang terotomatisasi. Salah satunya adalah dengan cloud inventory. Selain itu, otomatisasi dapat meminimalkan risiko karena kesalahan manusia dalam melakukan perhitungan stok barang. Di samping itu, pengelolaan stok barang juga tidak membutuhkan waktu lama karena tidak lagi mengandalkan tenaga manusia yang terbatas. 

  1. Terapkan forecasting inventory

Sesuai namanya, kamu dapat melakukan peramalan mengenai kapan dan seberapa banyak stok barang harus dibeli pada kurun waktu tertentu. Cara atur stok barang dengan menerapkan forecasting inventory dapat dilakukan dengan peramalan berdasarkan perkiraan kualitatif yang diambil dari pengalaman karyawan yang sudah berpengalaman dalam hal pengelolaan stok barang. 

Forecasting inventory juga dapat dilakukan dengan metode time series menggunakan data statistik yang tersedia. 

  1. Standardisasi proses

Standardisasi proses dilakukan apabila kamu sudah menemukan formula yang tepat tentang bagaimana alur kerja seharusnya berjalan. Kamu dapat memilih mana alur dengan tingkat efisiensi tinggi dan pantas diteruskan menjadi sebuah standar kerja. Untuk mencapai titik ini, kamu harus memahami bagaimana sistem kerja pada bisnismu dan memilih metode terbaik di antara pilihan yang ada. 

  1. Optimasi tata letak gudang

Meski terlihat sepele, kamu bisa mengoptimalkan penataan gudang agar memaksimalkan proses pengambilan barang. Tempatkan barang yang memiliki permintaan tinggi pada posisi paling dekat dari jangkauan. Guna mengidentifikasi mana produk dengan permintaan tinggi, tentunya kamu harus mencermati riwayat pemesanan produk dari dropshipper

Dengan penataan letak yang baik, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman pun akan lebih cepat sehingga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. 

  1. FIFO

Bagi industri tertentu seperti industri makanan dan minuman, metode FIFO (First In First Out) sebagai cara atur stok barang patut dipertimbangkan. Metode FIFO sendiri berarti memprioritaskan produk yang pertama masuk dengan cara mengeluarkannya lebih dulu saat ada pesanan. Sistem FIFO ini diperlukan pada pebisnis makanan dan minuman agar kesegaran produk selalu terjaga dan tidak terlalu lama berada pada penyimpanan.

Namun metode FIFO tidak selalu dapat diterapkan. Kamu juga harus mencermati produk apa yang dijual. Karena bahkan tidak semua produk makanan dan minuman patut diprioritaskan demi menjaga kesegaran bahan, misal minuman beralkohol yang tidak benar-benar memiliki tanggal kadaluarsa. 

Apa Saja Manfaat Menerapkan Cara Stok Barang yang Tepat bagi Distributor

Kini kamu sudah tahu cara atur stok barang bagi pebisnis dengan mitra dropshipper. Lalu apa saja manfaat menerapkan cara pengelolaan stok tersebut?

  • Dengan otomatisasi sistem pengelolaan stok, kamu mendapatkan informasi real time mengenai stok barang di gudang 
  • Dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik berdasarkan informasi akurat
  • Menjaga kepercayaan dari dropshipper karena terjaminnya ketersediaan barang 
  • Meminimalkan biaya karena kamu mengetahui secara pasti stok barang sehingga terhindar dari penumpukan atau kekurangan stok

Nah, kamu dapat menerapkan cara-cara stok barang jika membuka kemitraan dengan dropshipper agar bisnismu dapat berjalan dengan lancar. Kamu perlu lakukan otomatisasi, agar proses kerja lebih efisien. Selain itu, berikan pula pelayanan konsumen terbaik agar dropshipper betah bekerjasama denganmu. 

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP