fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Begini Caranya Memasang Iklan di TikTok

iklan di tiktok

Selain Instagram dan Facebook, TikTok kini menjadi salah satu aplikasi dengan jumlah pengguna yang banyak. Lantaran demikian, tak heran bila brand atau bisnis banyak yang berbondong-bondong memanfaatkan iklan di TikTok sebagai salah satu saluran marketing.

Kalau kamu sebagai pebisnis masih meragu untuk ikut serta menggunakan TikTok Ads, ada baiknya membaca artikel berikut ini. Artikel kali ini akan membahas tentang mengapa harus TikTok Ads, jenis-jenis TikTok Ads serta cara memasangnya. Siapa tahu kamu mulai mempertimbangkan TikTok sebagai alat marketing demi cuan dan bisnis yang makin laris.

Mengapa Memilih di TikTok?

Sebelum memutuskan untuk beriklan di TikTok ada baiknya kamu memahami dahulu apa manfaatnya. Ada 5 alasan yang bisa kamu pertimbangkan memilih TikTok ads sebagai bagian dari strategi marketing kamu.

Jangkauan yang Luas

TikTok telah menjadi salah satu aplikasi dengan jumlah pengunduh paling banyak dalam beberapa tahun terakhir. Pengguna TikTok tersebar di lebih dari 150 negara. Untuk di Indonesia, berdasarkan data We Are Social, ada 92,07 juta pengguna TikTok yang berusia 18 tahun ke atas di tahun 2022.

Keterlibatan yang Tinggi

Format TikTok yang menyenangkan dan imajinatif menginspirasi partisipasi luas dan menghasilkan tingkat keterlibatan yang tinggi. TikTok mendorong keterlibatan yang lebih baik di antara pengguna ketimbang platform lainnya karena metode pengiriman preferensi konten dan format video yang lebih pendek menciptakan siklus keterlibatan yang berkelanjutan, sehingga menjadikan TikTok sebagai platform terdepan untuk kepadatan informasi.

(Baca juga: Kiat Sukses Bikin Konten di YouTube)

Format Iklan yang Kreatif

iklan di tiktok

TikTok adalah platform yang tepat untuk kamu yang ingin mengeluarkan sisi kreatif dengan berbagai format dan template iklan. Kamu juga akan menemukan berbagai fitur dan tools untuk mengubah gambar dan video dengan mudah menjadi iklan yang menarik.

(Baca juga: Cara Efektif Pasang Iklan Digital)

Penargetan yang Tepat

Dengan menggunakan iklan di TikTok, kamu dapat terhubung dengan calon konsumen dengan menargetkan audiens berdasarkan jenis kelamin, lokasi, usia, minat, dan variabel unik lainnya.

Pelacakan Transparan

Memantau kinerja iklan di TikTok sangat mudah dengan data terperinci dan laporan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan perusahaan pelacakan pihak ketiga yang tepercaya untuk membantu melacak konversi iklan, tindakan dalam aplikasi pengguna, tayangan, dan data atribusi klik iklan kamu. Kamu juga akan dapat dengan mudah melihat dengan tepat ke mana arah anggaran marketing bisnis kamu.

Jenis Iklan di TikTok

Tahukah kamu bahwa TikTok memberi banyak opsi untuk beriklan di platform ini. Alhasil, kamu dapat memilih iklan jenis apa yang paling efektif dalam menjangkau audiens dan menyampaikan pesan bisnis kamu. Nah, berikut adalah berbagai jenis iklan TikTok yang bisa kamu jalankan:

  1. Brand Take Over 

Jenis iklan di TikTok ini memungkinkan kamu untuk mengambil alih seluruh layar selama 3 hingga 5 detik saat pengguna baru membuka aplikasi TikTok. Setelah iklan jenis ini muncul, barulah berubah menjadi video in-feed seperti biasanya. Dengan tampilan yang statis dan dinamis serta kreatif bisa memberikan dampak visual yang kuat bagi brand atau bisnis. 

  1. Branded Content Augmented Reality Ads

Iklan di TikTok memungkinkan untuk muncul sebagai stiker branded, lensa, dan jenis konten AR lainnya sehingga pengguna TikTok dapat menggunakannya dalam video mereka. Memang iklan ini sangat menarik untuk mendapatkan brand awareness yang tinggi dan berpeluang untuk viral, tapi harga yang harus dikeluarkan untuk iklan ini juga tidak sedikit. Kamu harus siap merogoh kocek dalam-dalam kalau ingin berinvestasi pada iklan jenis ini. 

(Baca juga: 9 Tips Rahasia Meningkatkan Brand Awareness bagi Bisnis D2C)

  1. Video In Feeds

Sebagaimana iklan di Instagram, iklan di TikTok jenis ini adalah iklan yang muncul di antara feeds asli pengguna TikTok di halaman “Untuk Anda” atau “For You”. Iklan ini seringkali menyaru seperti konten video, biasanya dan akan muncul setelah 4 hingga 5 kamu scrolling video di halaman “Untuk Anda”.

  1. Branded Hashtag Challenge

Iklan di TikTok jenis ini digunakan untuk meningkatkan brand awareness dengan cara brand membuat tantangan dengan meminta pengguna TikTok yang ikut serta untuk menyertakan hashtag tertentu yang dapat membantu membuat brand tersebut menjadi viral.

Mengapa ini menarik bagi brand untuk beriklan di TikTok? Karena iklan jenis ini merupakan salah satu jenis konten User Generated Content (UGC) yang kreatif dan memiliki kecenderungan untuk sukses atau viral.

  1. Konten Influencer Bersponsor

Sesuai dengan namanya, untuk jenis iklan yang ini, kamu sebagai brand menyampaikan pesan melalui konten bersponsor dari pengguna TikTok yang berpengaruh atau influencer TikTok yang sudah punya nama.

(Baca juga: Jenis-Jenis Influencer yang Perlu Kamu Tahu)

Cara Memasang Iklan di TikTok

iklan di tiktok

Untuk mulai melakukan kampanye iklan di TikTok, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat akun TikTok Ads Manager. Begini caranya:

  1. Pilih negara atau wilayah penagihan.
  2. Pilih apakah menggunakan akun untuk bisnis atau individu.
  3. Kemudian klik “Selanjutnya”.
  4. Isi beberapa informasi dasar seperti alamat e-mail dan kata sandi.
  5. Masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email yang telah kamu daftarkan. Kalau kamu memilih untuk mendaftar dengan nomor telepon, maka kamu memerlukan kode verifikasi yang dikirimkan ke telepon kamu.
  6. Konfirmasikan bahwa kamu menyetujui syarat dan ketentuan, lalu klik “Daftar.”
  7. Setelah brand kamu disetujui, masuk ke dasbor dan selesaikan pengaturan akun awal sesuai dengan instruksi.

Setelah berhasil membuat akun TikTok Ads Manager, sekarang saatnya membuat iklan. Ikuti langkah-langkah berikut ini, ya, Pebisnis!

(Baca juga: Kembangkan Bisnis dengan TikTok Ads? Simak Panduannya di Sini)

  1. Pilih Tujuan Kampanye Iklan Kamu

Untuk memulai, masuk ke TikTok Ads Manager dan klik tombol Campaign. TikTok memiliki tujuh tujuan iklan yang dibagi menjadi tiga kategori:

  • Awareness
    • Reach: Menunjukkan iklan kamu ke sebanyak mungkin orang.
  • Consideration
    • Traffic: Menarik traffic ke URL spesifik.
    • App Installs: Mengarahkan traffic untuk mengunduh aplikasi.
    • Video Views: Memaksimalkan pemutaran video ad.
    • Lead Generation: Mengumpulkan leads dengan menggunakan Instant Form.
  • Conversions
    • Conversions: Mengarahkan aksi spesifik di website kamu seperti membeli produk atau berlangganan.
    • Catalog Sales: Iklan dinamis dalam katalog produk.
  1. Buat Nama Kampanye, Detail Ads, dan Target

Langkah selanjutnya adalah memberi nama kampanye serta gambar, kategori yang relevan, dan lain sebagainya untuk bisa menjalankan iklan. Selain itu, berikan deskripsi aplikasi atau website brand kamu agar semakin memperjelas apa yang sedang kamu iklankan.

Kemudian, kamu juga harus menentukan target audiens atau market yang tepat yang tentu saja disesuaikan dengan brand kamu. Jangan sampai salah sasaran ya. Kamu juga bisa menentukan audiens sendiri, seperti range usia, jenis kelamin, minat, hobi dan lain sebagainya untuk menentukan target audiens yang tepat dan spesifik.

  1. Tetapkan Budget serta Jadwal

Bila sudah mempersiapkan nama kampanye, materi ads, serta target yang tepat, selanjutnya adalah menentukan budget dan jadwal iklan yang ingin kamu buat. Untuk jadwal, kamu dapat memilih untuk menjalankan iklan dalam waktu harian atau mingguan atau jangka waktu tertentu.

Selain jadwal, kamu juga harus menentukan budget yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuanmu. Setelah mengatur semua detail dengan benar, publikasikan iklan kamu dan selanjutnya kamu hanya tinggal menunggu persetujuan iklan kamu dari TikTok. Setelah TikTok menyetujui iklanmu, kamu bisa memonitor iklanmu dari dashboard TikTok Ads Manager.

Demikianlah kupas tuntas seputar iklan di TikTok yang sebaiknya pebisnis ketahui. Semoga bermanfaat dan dapat membantu kamu memahami serta meyakinkan kamu untuk dapat memanfaatkan TikTok sebagai salah satu strategi digital marketing bisnis kamu.

 

Baca juga artikel terkait lainnya

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP