fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Berminat Membuka Bisnis Ritel? Ini yang Perlu Kamu Ketahui

Ritel

Ritel menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa kamu tekuni. Sebab, bisnis ini tidak akan hilang ditelan zaman. Semua orang memahami kedudukan pentingnya bisnis ritel dalam menjaga roda perekonomian. Jika kamu ingin memulai usaha dari rumah, bisnis ini bisa menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Apa Itu Ritel?

Bisnis ritel merupakan bisnis dengan sistem penjualan produk kepada pembeli secara langsung dalam jumlah satuan atau eceran. Lantaran demikian, bisnis ini juga sering disebut sebagai penjual eceran atau pengecer. Meskipun pengecer menjual produk dalam jumlah satuan, namun saat melakukan pembelian tentu dalam jumlah yang besar. Dalam hal ini, pihak ritel mengemas kembali pembelian dalam jumlah besar itu menjadi satuan yang siap jual.

Mengapa harus membeli dalam jumlah besar alias grosir? Pertimbangannya, agar mendapat harga yang lebih murah. Oleh karena itu, jangan heran apabila harga produk saat membeli di tingkat pengecer lebih tinggi daripada membelinya ke supplier. Sebab, perjalanan yang ditempuh pun lebih panjang. Coba bayangkan, tanpa adanya bantuan dari pengecer, suatu produk tidak akan bisa sampai ke tangan konsumen kan?

Sejarah Bisnis Ritel

Bisnis ritel hadir di Indonesia pada tahun 1960-an. Kehadirannya di Indonesia terbilang terlambat, mengingat bisnis ini sudah berkembang di kota besar Amerika Serikat sejak tahun 1860-an. Kemudian saat memasuki tahun 1990-an, bisnis ini semakin berkembang pesat. Banyak pebisnis yang mulai melirik potensi bisnis ini.

Terlebih, bisnis ini memiliki fungsi dapat memenuhi keperluan sehari-hari masyarakat dalam jumlah satuan yang sesuai kebutuhan. Hingga saat ini, bisnis ini pun semakin menggiurkan dan mengambil peran penting dalam perkembangan perekonomian Indonesia.

Posisi Bisnis Ritel dalam Mata Rantai Perdagangan

Ritel

Lantaran dapat bertemu langsung dengan konsumen, maka mata rantai perdagangan yang dilalui bisnis ini sangat panjang. Gambaran urutannya, yakni dari produsen, bertemu supplier, kemudian pembelian oleh pengecer, dikemas dalam jumlah lebih kecil, dan siap dijual ke konsumen.

Pengecer yang terbiasa menjual berbagai macam merek dan jenis produk mesti memiliki strategi khusus dalam menarik minat konsumen. Berbeda halnya dengan supplier yang cukup menjual produk dalam jumlah besar ke pengecer. Posisi bisnis ini menjadi tantangan yang menarik bagi pebisnis berjiwa muda untuk berlomba mendatangkan banyak konsumen.

Karakteristik Bisnis Ritel

Beberapa karakteristik bisnis ini perlu kamu ketahui, yakni:

  1. Menjual Barang dalam Jumlah Satuan

Lantaran demikian, kamu selaku pebisnis ritel memerlukan strategi manajemen persediaan barang yang baik agar setiap kebutuhan konsumen selalu dapat terpenuhi setiap saat.

  1. Bertemu dengan Konsumen Secara Langsung

Strategi pemasaran yang tepat adalah kunci menarik konsumen.

  1. Menyediakan Berbagai Jenis Produk

Keunggulan one stop shopping milik bisnis jenis ini seutuhnya! Semakin lengkap, semakin banyak yang mencari. Akan tetapi, pastikan kamu memilih kelengkapan dari jenis produk yang memiliki target pasar tinggi.

Jenis-Jenis Bisnis Ritel

Ritel

Selanjutnya, kamu perlu mengetahui berbagai jenis bisnis eceran. Tujuannya, sebelum membuka usaha, kamu sudah ada gambaran ingin mewujudkan bisnis yang berfokus pada penjualan produk seperti apa. Adapun jenis-jenis bisnis eceran terdiri atas beberapa kelompok, di antaranya:

Berdasarkan Produk yang Dijual

Terdapat dua jenis produk yang dapat kamu jual, yaitu:

  1. Produk barang. Penjualan produk berupa barang fisik yang berwujud.
  2. Produk layanan atau jasa. Penjualan produk berupa layanan atau produk tidak berwujud.

Berdasarkan Bentuknya

Terdapat tiga jenis produk eceran berdasarkan bentuknya, yaitu:

  1. Berbentuk non-toko atau online. Kamu akan mengenalnya dengan istilah online shop.
  2. Berbentuk toko atau offline. Toko yang lazim kamu temui di sekitar.
  3. Berbentuk layanan jasa. Dalam pelayanan jasa, kamu bisa saja membuka toko secara offline maupun online tergantung kebutuhan bisnisnya.

Berdasarkan Bentuk Toko

Terdapat empat bentuk toko pengecer yang spesifik, yaitu:

  1. Toko serba ada (toserba). Konsepnya adalah memenuhi segala kebutuhan konsumen.
  2. Toko dengan produk khusus. Fokus untuk menjual produk khusus tertentu. Contohnya apotek.
  3. Supermarket. Toserba versi modern yang biasanya ada di pusat perbelanjaan
  4. Minimarket. Bersifat seperti supermarket, hanya saja berada pada banyak titik strategis.

Berdasarkan Skala Penjualan

Terdapat dua jenis toko berdasar skala penjualannya, yaitu:

  1. Skala besar. Bersifat lebih modern dengan target penjualan yang terstruktur.
  2. Skala kecil. Cenderung bersifat tradisional dan konvensional.

Berdasarkan Kepemilikan

Terdapat enam jenis bisnis eceran, yaitu:

  1. Ritel mandiri. Umumnya berskala kecil.
  2. Ritel yang sudah ada. Berupa warisan dari generasi sebelumnya.
  3. Dealer. Contohnya adalah factory outlet.
  4. Waralaba. Bisnis yang paling merajai tingkat popularitas diantara pebisnis.
  5. Network Marketing. Biasa kamu dengar dengan istilah Multi-Level Marketing (MLM).
  6. Corporate Chain. Merupakan kepemilikan gabungan. Contohnya, Matahari Group.

Berdasarkan Teknik Pemasaran

Terdapat dua jenis bisnis yang umum kamu tahu, yaitu:

  1. Ritel offline. Strategi pemasaran bersifat tradisional dan konvensional.
  2. Ritel online. Memiliki potensi peluang untuk menjangkau banyak konsumen dalam sekali waktu sekaligus.

Berdasarkan Bentuk Hukum

Terdapat tiga jenis bisnis modern yang membutuhkan izin khusus, yaitu:

  1. Sole Proprietorship. Kepemilikan berisifat tunggal.
  2. Partnership. Kepemilikan bersifat kemitraan.
  3. Joint Venture. Kepemilikan secara bersama dan juga akan menjalankan bisnis, membagi modal dan keuntungan, menanggung kerugian, dan semuanya secara bersama.

Tips Memulai Bisnis Ritel

Setelah mengetahui berbagai jenis bisnis ritel di atas. Apa kamu sudah mulai ada gambaran ingin membuka bisnis sebagai penjual eceran yang seperti apa? Jika sudah, langkah selanjutnya adalah kamu perlu juga mengetahui strategi dalam membuka bisnis agar tidak kalah saing.

  1. Tentukan Produk

Memilih produk harus berdasar selera yang menjadi target pasarmu, ya. Jangan semua tren kamu jual, sedangkan target pasarmu nggak membutuhkannya. Jadinya, malah akan sia-sia.

  1. Strategi Pemasaran

Optimalkan kehadiran digitalisasi untuk membantu strategi pemasaran bisnismu. Kamu perlu menyiapkan dana khusus untuk strategi pemasaran jitu.

  1. Pastikan Modal

Bisnis apa pun tentu nggak akan berjalan tanpa adanya modal. Di sini modal belum tentu berasal dari kamu seutuhnya. Cocokkan saja dengan kemampuan. Setahap demi setahap.

Peluang Bisnis Ritel

Dengan adanya go online atau peran dari digitalisasi yang berkembang semakin pesat membuat peluang bisnisnya juga semakin tinggi. Seperti yang kamu tahu, zaman dulu jika ingin menjadi pengecer harus memiliki modal yang besar. Tidak hanya untuk membeli produk secara kontinyu, tapi bagaimana caranya memiliki toko offline untuk berjualan.

Berbeda dengan zaman sekarang. Kamu nggak mesti perlu modal besar untuk membuka bisnis sebagai pengecer. Mengapa demikian? Sebab, saat ini tingkat kepercayaan yang tinggi antara penjual dan konsumen justru lebih mudah terjalin dengan adanya go online.

Alhasil, kamu bisa segera berjualan tanpa khawatir akan terhalang modal. Mulai saja untuk membuka peluang bisnisnya dengan menjual produk atau layanan yang kamu sukai.

Dengan kemudahan dan kecanggihan teknologi ini, kamu dapat membuka bisnis lebih dari satu jenis. Semakin banyak yang kamu ciptakan, semakin tinggi pula peluang bisnismu menjadi sukses. Sebab, kamu nggak akan pernah tahu pada usaha ke berapa kali, kamu dapat bertemu dengan kesuksesanmu.

Teruslah berupaya. Practice makes perfect!

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Baca juga artikel terkait lainnya

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP