fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Bikin Konten Branding di YouTube: Cara Tingkatkan Popularitas Bisnismu

konten branding

Hari gini rasanya tiada hari tanpa ponsel pintar, dan tiada hari tanpa menonton berbagai video di YouTube. Apalagi di masa-masa pembatasan mobilitas fisik ketika pandemi, hiburan satu-satunya di rumah ya menonton YouTube. Wajar saja kalau sekarang banyak orang yang mencoba konten branding di YouTube dengan menjadi vlogger

Tahukah kamu video apa yang pertama kali tayang di situs berbagi video dari Google ini? Itu adalah video berjudul Me at the Zoo yang pertama kali diunggah di YouTube pada 23 April 2005. Video berdurasi 18 detik ini adalah hasil karya Jawed Karim, salah satu pendiri YouTube.

Video yang direkam oleh rekan Jawed bernama Yakov Lapitsky ini isinya sangat sederhana. Hanya menampilkan Jawed sedang berdiri di depan kandang gajah di sebuah kebun binatang di San Diego. Video yang diunggah sekitar 16 tahun lalu ini, sampai hari ini sudah disaksikan oleh lebih dari 200 juta penonton dengan 11 juta komentar. 

Bisa jadi Jawed tidak menyangka videonya yang sangat sederhana bakal disaksikan ratusan juta orang di dunia. Mungkin juga, Jawed tidak menduga bahwa YouTube besutannya akan berkembang pesat seperti hari ini. Popularitasnya bahkan menggeser kebiasaan orang menonton televisi sebagai hiburan. Konten-konten YouTube dirasa lebih menarik dan beragam.

 

YouTube sebagai media pemasaran

Faktanya, menurut data lembaga riset Statista, pada tahun 2021 jumlah pengguna YouTube mencapai 2,3 miliar di seluruh dunia. Jumlah ini menempatkan YouTube sebagai media sosial paling populer kedua setelah Facebook. 

Statista menjelaskan, 2,3 miliar pengguna YouTube ini merupakan pengguna yang masuk ke situs setidaknya sebulan dalam sekali (atau yang masuk dengan akun Google). Sedangkan yang masuk melalui fitur autoplay di WhatsApp misalnya, jangkauannya sebenarnya lebih tinggi. 

Fakta menarik lainnya, pihak YouTube pada 2019 mencatat, dalam sehari YouTube menghasilkan miliaran penayangan dengan akumulasi jumlah waktu menonton mencapai satu miliar jam. 

Selain sebagai sarana hiburan, banyak orang menonton YouTube untuk mencari solusi atau mempelajari sesuatu. Terbukti, searchengineland.com mendapati, pencarian di YouTube yang terkait dengan istilah ‘bagaimana’ atau ‘how to’ tumbuh 70 persen dari tahun ke tahun. 

Tidak heran juga kalau YouTube menjadi media pemasaran yang cepat dan masif. Lewat konten berisi tutorial, ulasan produk, endorsement, dan lain sebagainya. Dengan cara branding konten di YouTube yang tepat, bisa menjadi strategi kamu meningkatkan penjualan dan menjangkau pasar yang lebih luas. 

Cara bikin konten branding di YouTube dimulai dengan menghasilkan konten yang tepat. Pastikan kamu memiliki rencana yang sesuai dengan citra merek yang ingin kamu hadirkan. Dan terus bereksplorasi karena konten video YouTube sangat luas. 

konten branding
Belajar dari beberapa merek besar, setidaknya begini cara bikin konten
branding di YouTube sebagai bagian dari strategi marketing mereka. 

  1. Konten Tutorial

    YouTube menjadi media sosial yang paling diakses orang untuk mencari tahu dan mempelajari hal-hal baru. Itu kenapa video tutorial sangat bagus sebagai cara bikin branding konten di YouTube untuk toko online kamu. Apalagi jika jenis produkmu memang butuh tutorial dalam penggunaannya. Misalnya produk kosmetik, mainan, peralatan elektronik, dan sebagainya. 

  2. Di balik layar

    Bagi penggemar film-film aktor laga asal Hongkong,Jacky Chan, pasti hafal kalau di setiap akhir filmnya ditampilkan proses di balik layar syuting film tersebut. Di situ penonton jadi tahu bagaimana Jacky Chan melakukan adegan-adegan yang sering membahayakan tanpa menggunakan pemeran pengganti. 

    Suasana di balik layar sebuah proses produksi selalu menyenangkan karena menjawab rasa penasaran penonton. Misalnya, jika bisnis online kamu menawarkan produk makanan atau kue, kamu bisa menampilkan video proses pembuatannya.

    Atau jika bisnis kamu menawarkan produk sandang, kamu bisa menampilkan proses di balik layar dimulai dari saat kamu berburu kain sampai proses produksinya. Dengan begitu, selain sebagai cara bikin branding di YouTube, menampilkan proses di balik layar juga membantu membangun kepercayaan konsumen.

  3. Konten branding dengan mengulas produk

    Kepercayaan masih menjadi isu bagi konsumen belanja online. Mengingat konsumen tidak bisa mencoba dan melihat langsung produk atau jasa yang kamu tawarkan. Makanya, video produk berikut ulasannya bakal efektif membangun kepercayaan konsumen. Apalagi jika ulasan produk dilakukan oleh influencer yang dipercaya konsumen.

  4. Video rating

    Video yang menampilkan rating atau daftar tertentu biasanya mengundang daya tarik tersendiri. Itulah kenapa, judul-judul artikel atau berita di website yang mengandung daftar, misalnya ‘7 Tempat Wisata Terbaik di Dunia’, atau ‘5 Produk Rumah Tangga Wajib Punya’ pasti punya banyak pembaca. Nah begitu juga dengan konten YouTube. 

    Sebagai contoh, kalau toko online kamu menawarkan produk kosmetik, kamu bisa membuat konten berupa daftar atau rating berjudul ‘10 produk kosmetik yang wajib dibawa kaum wanita’. 

    Atau kalau kamu menawarkan produk elektronik berupa kamera, kamu bisa membuat konten seperti daftar kelebihan dan kemudahan dari produk kameramu. Dan banyak ide-ide konten lainnya yang bisa kamu gali. Daftar ini juga bisa berupa tips dan trik, daftar tempat, manfaat produk tertentu, dan lainnya.

  5. Tanya-jawab atau Q&A

    Cara bikin konten branding di YouTube yang membuatmu bisa berinteraksi dengan subscriber akun YouTubemu ialah dengan membuat konten tanya jawab atau Q&A. Dengan begitu, kamu bisa terhubung dengan subscriber sekaligus menjawab pertanyaan soal produk atau jasa yang kamu tawarkan. Konten Q&A juga bisa menjadi cara untuk meluruskan jika ada isu-isu kurang sedap atas produk atau jasa yang kamu tawarkan.

YouTube memberi kamu ruang untuk berkreasi sebebas mungkin, selama tidak melanggar peraturan yang berlaku, seperti membuat konten yang berbau kekerasan, SARA, atau hoaks. 

Kalau kamu sudah menentukan cara bikin konten branding di YouTube yang sesuai karakter bisnis online kamu, sebaiknya kamu membuat perencanaan tentang tema konten, kapan ditayangkan, dan produk-produk apa saja yang akan dimunculkan. 

Selain cara bikin konten branding di YouTube yang efektif, kamu mesti memahami sejumlah trik berikut, agar konten YouTube kamu menarik untuk ditonton. 

  • Penggunaan judul yang relevan

Masukkan kata kunci yang paling banyak muncul terkait video atau produk yang kamu ulas. Kamu bisa membuat judul dengan kombinasi angka dengan kata-kata yang mengundang perhatian. 

Ingat, hindari clickbait dalam membuat judul. Clickbait biasanya menampilkan judul yang sensasional atau yang membuat orang penasaran, begitu diklik, ternyata kontennya tidak sesuai dengan judul. 

  • Thumbnails sebagai ciri khas konten branding kamu

Yakni gambar sampul dari sebuah video. Seperti halnya etalase toko, banyak penikmat YouTube memilih tontonan di YouTube karena thumbnails yang menarik. Triknya, gunakan gambar dengan kualitas bagus dan komposisi warna serta tulisan yang apik. Sebaiknya juga, konsisten menggunakan font, gambar, atau gaya tertentu supaya jadi ciri khas konten YouTube kamu. 

  • Kolom deskripsi yang jelas bisa tingkatkan konten branding

Cara bikin konten branding di YouTube yang efektif juga bergantung pada apa yang kamu jelaskan di kolom deskripsi. Pastikan kamu mencantumkan keyword SEO, lalu beri informasi dengan singkat dan jelas perihal apa yang kamu tayangkan dalam video. Kamu juga bisa mencantumkan link toko online milikmu atau tautan lain di kolom deskripsi. 

  • Tagar yang mencerminkan tema konten branding

Tambahkan tagar yang memudahkan orang menemukan konten YouTube milikmu.

  • Musik

Kalau video milikmu menggunakan musik, pastikan tidak melanggar hak cipta. Banyak kok sumber-sumber musik background untuk video yang sifatnya gratis. Tapi kalau kocek kamu lumayan tebal, kamu bisa membuat musik soundtrack konten-kontenmu sendiri. 

konten branding
Dengan banyaknya orang yang menjadikan YouTube ibarat kebutuhan sehari-hari, media sosial ini memang menjadi tempat pemasaran yang masif. Hanya saja, cara bikin konten
branding di YouTube tidak akan efektif kalau kamu tidak mau terus menghasilkan konten-konten yang kreatif. 

Cara bikin konten branding di YouTube akan berhasil jika kamu menjalankannya dengan konsisten. Maka, segera rencanakan konten apa yang akan kamu angkat, lalu eksekusi, dan jadwalkan kapan konten-konten tersebut akan kamu unggah. Intinya, cara bikin konten branding di YouTube bakal terasa menyenangkan, kalau kamu menikmati prosesnya.