fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Bio Instagram Aesthetic, Cek 9 Ide dan Inspirasinya di Sini

Bio Instagram Aesthetic

Bio Instagram aesthetic, kira-kira seberapa penting untuk bisnismu? Pernah enggak terlintas dalam pikiranmu kenapa sampai ada pebisnis yang memikirkan hal sedetail itu untuk akun bisnis Instagram-nya? Bahkan dalam memutuskannya pun membutuhkan diskusi terlebih dahulu bersama tim. Kenapa enggak tulis saja nama dan nomor yang bisa konsumen hubungi pada bio Instagram-nya?

Mencari Kesan Pertama

Pernah ingin berkunjung ke suatu toko offline, tapi kamu mengurungkan niat ketika melihat tampilan depan toko yang tidak menarik? Kesan pertama memang memegang peran penting dalam memikat hati konsumen. Begitu pula kesan yang tercipta dari pandangan calon follower ketika melihat akun Instagram-mu untuk pertama kalinya.

Apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat calon follower-mu terkesima pada kesan pertamanya? Salah satu caranya dengan memaksimalkan bio Instagram menjadi aesthetic. Sebab halaman pertama tampilan profil akun bisnismu akan memuat bio pada urutan tampilan teratas. So, make a good first impression is a must!

Cara Membuat Bio Instagram Aesthetic

Memaksimalkan tampilan bio merupakan strategi yang bisa kamu pelajari dan terapkan dengan mudah. Yuk ikuti caranya seperti di bawah ini!

Bio Instagram Aesthetic

Buat Username

Username adalah identitas diri yang melekat pada akun Instagram-mu nantinya. Sebab satu pengguna hanya boleh menggunakan satu username saja. Jadinya username ini bersifat spesifik.

Biasanya username menggunakan nama bisnis kamu yang sesungguhnya. Nantinya username akan memudahkan calon follower dalam melakukan pencarian akun-mu di Instagram.

Untuk membuat username yang menggambarkan bio Instagram aesthetic, kamu bisa melakukannya dengan langkah berikut:

  • Singkat

Bukan hanya singkat, tapi juga jelas. Sebab username bukanlah singkatan. Sehingga calon follower akan mudah membaca dan memahaminya. Bahkan mengingatnya.

  • Mudah Diketik

Pencarian username itu menggunakan keyboard, bukan suara. Jadi buatlah sebisa mungkin username yang pengetikannya mudah. Username yang tidak sederhana, namun merepresentasikan identitas dirimu ini cenderung terlihat lebih profesional pada pandangan calon follower.

  • Kata Kunci

Kata kunci memang memudahkan calon follower untuk menemukan akun-mu. Misalnya kamu menjual hijab segi empat. Bisa saja kamu menggunakan username @hijabsegiempat.

Namun, kamu tidak bisa membuat orang mengenal brand-mu jika menuliskan username seperti itu. Supaya kamu bisa menggunakan kata kunci ini dengan maksimal, gabungkan saja nama brand-mu dan kata kunci pilihanmu.

Buat Nama Profil 

Sama halnya dengan username, nama profil ini juga menjadi identitas diri yang melekat pada akun-mu. Bedanya, kamu tidak perlu bingung untuk berlomba cepat-cepatan memilih nama profil seperti username. Sebab isinya boleh sama dengan tetangga sebelah.

Calon follower juga bisa mencari akun Instagram-mu melalui nama profil. Biasanya pebisnis lebih memilih mengisi nama profil dengan kata kunci bisnisnya.

Menariknya, nih. Kamu bisa mengubah nama profil ini kapan pun. Berbeda dengan username yang sifatnya paten. Jadi kamu bisa memaksimalkan kelebihan ini untuk mendapatkan perhatian dari mesin pencarian Instagram untuk mendapat calon follower sebanyak-banyaknya.

Pendukung Identitas yang Sama Pentingnya

Identitas bisnis akan bisnis yang kamu jalankan memiliki konsumen yang loyal dan memudahkan produk lebih dikenal secara luas. Hal-hal ini pastinya menguntungkan untuk bisnismu, kan? 

  • Pilih dan Cantumkan Kategori Bisnis

Salah satu hal yang membedakan akun bisnis dan pribadi adalah pilihan untuk mencantumkan kategori bisnis milikmu. Selain kata kunci pada akun yang memudahkan calon follower dalam mencari akun-mu. Kategori bisnis ini juga bisa merepresentasikan bisnismu secara lebih detail lagi. Sebab, semakin detail akan semakin baik untuk memberi calon follower-mu informasi.

  • Pilih Foto untuk Profile Picture Akun

Tidak hanya username dan nama profil yang akan muncul pertama kali ketika calon follower sedang mencari akun-mu. Foto profil juga akan terlihat sebagai pelengkapnya. Untuk itu, kamu perlu menggunakan foto profil yang membuat calon follower mudah mengenalimu.

Meskipun ukurannya terlihat kecil berupa frame lingkaran di Instagram, bukan berarti kamu tidak menggunakan kualitas yang terbaik untuk foto profil-mu. Sebab tetap saja nanti hasilnya tidak akan terlihat bagus.

Idealnya, akun bisnis lebih sering menggunakan foto profil berupa logo atau ikon dari bisnis itu sendiri. Biasanya lagi nih, foto profil yang akun bisnis gunakan akan sama semua untuk media sosial mana pun. Sebab ini akan semakin menambah kuat pengenalan identitas bisnismu kepada banyak orang.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Mudahkan Follower-mu

Tugas kamu sebagai pemiliki bisnis salah satunya membantu mempermudah konsumen dalam mengambil keputusan. Agar konsumen tertarik dan kemudian melakukan pembelian, kamu bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Lengkapi Lokasi dan Detail Kontak

Dengan menuliskan lokasi, calon follower-mu akan mengetahui dari mana bisnismu berasal. Selain itu, hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnismu. Begitu pula halnya dengan detail kontak. Sebab bisnis yang terpercaya itu memang tidak akan menutup diri dari pasar. Justru semakin ingin mengenalkan identitas dirinya.

  • Sediakan Fitur Call to Action

Fitur ini memudahkan calon follower untuk berkomunikasi denganmu sehingga kamu bisa lebih dekat dengan mereka. Call To Action button pada akun bisnis saat ini bisa beragam. Misalnya untuk Shop, Call, Message, E-mail, WhatsApp, dan Order Food. Kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan bisnismu.

Jadilah Berbeda

Agar konsumen dapat membedakan kamu dengan brand pesaing yang sejenis. Tampilkanlah sesuatu yang lebih menarik dan mudah diingat. Buatlah sesuatu yang berbeda tapi tetap sesuai dengan persona dari brand yang dimiliki.

  • Lengkapi Keterangan pada Bio

Keterangan bio atau deskripsi bisnis ini berguna untuk memperkuat brand image. Biasanya pebisnis akan memilih untuk mengisinya dengan kalimat yang informatif.

Ada pula yang mengibaratkan keterangan pada bio sebagai kata sambutan untuk menyapa calon follower. Sehingga pebisnis akan menuliskan bio-nya semenarik mungkin.

Belum cukup, nih. Pebisnis lainnya juga menulis perkenalan pada bio-nya. Misalnya dengan mengenalkan tagline bisnis, visi, misi, value bisnis, pencapaian, dan keunggulannya. Semua pebisnis memang gemar berlomba untuk menampilkan sesuatu yang berbeda, namun tetap bermanfaat bagi calon follower.

Nah, kamu bisa menggabungkan semuanya sekaligus untuk ide penulisan bio-mu. Kreasikan bio-mu dengan maksimal agar bio Instagram aesthetic bisa kamu tampilkan pada akun-mu!

  • Gunakan Hashtag dan Mention

Kekuatan hashtag pada postingan feed memang tidak perlu kamu ragukan lagi. Fungsinya jelas dan mampu menaikkan traffic. Apalagi jika kamu menggunakan hashtag yang selalu mengikuti tren pencarian tertinggi.

Tapi tahukah kamu? Jika pebisnis juga sering menggunakan hashtag pada deskripsi bio? Sebab tampilan bio saat ini memang memudahkan pengguna untuk melakukan sekali klik pada kata yang diikuti setelah tanda #. Warna pada kata tersebut juga berubah warna menjadi biru.

Warna yang berbeda itu menjadi daya tarik tersendiri, selain memang berfungsi sebagai pemberitahuan jika kamu bisa melakukan pencarian cepat dengan meng-klik-nya. Sama halnya dengan @ yang berarti untuk melakukan mention pada akun bisnis lainnya.

Biasanya profil bisnis yang menggunakan mention ini mengarah ke katalog produk atau akun bisnis lainnya. Sah-sah saja jika kamu memiliki lebih dari satu akun bisnis. Pastikan saja kamu bisa menggunakan semua akun tersebut secara optimal dalam memajukan bisnismu.

Bio Instagram Aesthetic

Yakinkan Follower-mu

Setelah melihat-lihat bio Instagram, berbagai konten terkait produk yang dimiliki. Buatlah konsumen percaya untuk melakukan pembelian.

  • Tuliskan Link pada Kolom Website

Penulisan link pada kolom website dapat menambah kredibilitas akun-mu, lho! Kamu bisa juga menggunakan kesempatan ini untuk menaikkan traffic pada website atau landing page bisnismu. Jangan lupa untuk memastikan penulisan link secara benar, sebab salah satu huruf saja akan berakibat calon follower-mu tidak bisa mengarah ke domain website yang tepat.

9 Contoh Bio Instagram Aesthetic

Supaya kamu memiliki gambaran lebih jelas tentang tampilan dari bio Instagram aesthetic, cobalah lihat beberapa contoh dari akun bisnis di bawah ini. Semua akun yang ada di sini merupakan akun bisnis yang sudah terpercaya dengan perkembangan bisnis yang baik tentunya.

  1. Melekat Sejiwa
  2. Kopi Kenangan
  3. Gojek
  4. Wardah
  5. LummoSHOP
  6. Ladang Lima
  7. Informa
  8. Traveloka
  9. Garda Pangan

Kriteria Bio Instagram Business yang Bagus

Yang harus kamu ingat, bio terbaik untuk Instagram adalah yang bisa membantu memaksa pengunjung profil baru untuk tetap tinggal dan mengklik tombol follow. Lantas bagaimana caranya? Saat memikirkan tentang apa yang harus dimasukkan ke dalam bio Instagram kamu, coba tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Apa brand promise (janji merek) kamu?
  • Bagaimana dengan kepribadian brand kamu: Lucu? Serius? Informatif? Ceria?
  • Apa keahlian khusus kamu?
  • Hal apa yang membuat produk atau layanan kamu unik?
  • Apa hal pertama yang kamu ingin orang lakukan setelah mereka mengunjungi profil Instagram brand kamu?

Pada poin terakhir ini: Semua materi pemasaran yang baik mencakup Call-to-Action atau ajakan bertindak yang jelas dan menarik. Termasuk juga bio Instagram kamu, dimana kamu harus memberikan pengunjung akun Instagram kamu arah yang jelas.

Kalau tujuan kamu untuk konversi maka kamu bisa memberikan link pada bio Instagram untuk mengarahkan mereka ke website atau marketplace agar dapat membeli produk kamu. Sedangkan kalau tujuan kamu adalah membangun followers Instagram, maka call-to-action yang bisa kamu lakukan adalah meminta untuk follow, atau membagikan foto mereka dengan tagar bermerek.

Dengan kata lain, hal-hal berikut ini sebaiknya ada dalam bio Instagram Business kamu.

  • Highlight informasi penting tentang bisnis kamu mulai dari nama brand, kategori, alamat dan lain sebagainya yang dapat kamu ubah di pengaturan profil.
  • Memberi kesempatan pengguna Instagram untuk menghubungi kamu.
  • Menunjukkan brand dan kepribadiannya, sehingga kamu harus memastikan tone, voice dan style konsisten baik di Instagram, website dan platform media sosial lainnya.
  • Tetapkan USP (Unique Selling Proposition) bisnis dan bantu audiens target memahami apa yang membuat brand kamu berharga bagi mereka.
  • Mendorong mereka untuk melakukan tindakan, seperti berbagi atau melihat konten, mendaftar ke suatu acara, atau mengunjungi website atau marketplace kamu untuk melakukan pembelian.
Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Baca juga artikel terkait lainnya :

 

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP