fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Bisnis Kue Acara Bridal Shower, 3 Pebisnis Cantik Ini Bisa Jadi Inspirasi

Bisnis kue

Tahukah kamu, kue bridal shower menjadi salah satu alasan mengapa acara bridal shower berkesan dan juga unik! Ya, istilah bridal shower,  yaitu momen melepas masa lajang saat ini menjadi tradisi baru milenial. Calon pengantin wanita biasanya merayakannya bersama sahabat dekat, atau keluarga. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Acara ini cukup unik, karena saat acara bridal shower teman-teman akan mendandani sang calon pengantin. Alih-alih menjadi cantik, mereka malah menyematkan selempang khusus, serta bergantian mendandani sang calon pengantin ini hingga wajahnya menjadi cemong alias coreng moreng. Pesta kecil ini biasanya menjadi sebuah selingan di saat calon pengantin pusing mempersiapkan pernikahan.

Bisnis dan Target Market Kue Cantik di Acara Bridal Shower

Maraknya acara bridal shower ternyata menjadi ladang bisnis yang sangat menjanjikan, tak terkecuali untuk pebisnis toko kue dan bakery. Acara yang khusus untuk calon pengantin wanita ini, membuat para penyelenggara pesta juga memikirkan tema tertentu untuk kue dan kudapan lainnya.

Kali ini kami melansir hasil survey dari amplifyxl.com yang menganalisa tentang target pasar untuk bisnis kue. Ternyata alasan utama konsumen memesan kue dengan tema khusus, seperti kue bridal shower, adalah karena memang tak semua orang sanggup membuat dekorasi kue dengan tema tertentu. Jadi, jika kamu ingin membuat bisnis kue bridal shower,  pastikan : 

  • bahwa kamu sudah memiliki keterampilan dekorasi 
  • memiliki peralatan yang memadai
  • memiliki showcase yang bisa memajang kue-kue karyamu, karena calon konsumen akan leluasa memilih kue yang mereka inginkan

Resiko Bisnis Kue Bridal Shower 

Bisnis kueBisnis kue bridal shower memiliki beberapa resiko sebagai berikut;

  • Rasa tidak sama seperti saat promosi. Biasanya hal ini akibat tidak menggunakan bahan baku berkualitas terbaik. Kualitas ini meliputi kesegaran, kebersihan proses produksi, dan kerapihan kemasan. Mengingat kue ini dipesan khusus, maka toko kue harus menggandeng beberapa supplier agar mendapat  pasokan bahan berkualitas. 
  • Toko sepi pengunjung. Membangun toko di tempat yang ramai pengunjung, memudahkan pebisnis bakery membuat display kue, agar calon konsumen bisa melihat dan mencicip dalam irisan kecil (slice).
  • Pesaing sangat banyak. Untuk itu, pebisnis harus terus berinovasi dan memanfaatkan jaringan online sebagai media promosi. 

Beberapa waktu lalu, di media sosial beredar berita viral tentang seorang selebriti yang mengadakan pesta melepas masa lajangnya. Ia memakai selempang bertulisan tak pantas. Selain itu, yang membuat heboh publik adalah kue bridal shower yang mereka unggah ke media sosial. Kue itu berhias miniatur fondant  yang melakukan adegan tak senonoh. Untunglah, publik tak lantas menyalahkan bakery yang membuatkan pesanan kue bridal shower bertema khusus tersebut.

Tiga Pebisnis Sukses Bidang Usaha Kue dan Bakery

Menilik banyaknya resiko bisnis yang menghadang, bagaimana suka duka, tips dan kiat para pebisnis usaha kue dan bakery tersebut? Kami menghadirkan tiga pebisnis wanita yang saat ini sukses menggeluti bidang usaha kue dan bakery. Semoga bisa menjadi inspirasi bisnismu.

  1. Ann’s Bakehouse & Creamery

Ann’s Bakehouse & Creamery adalah salah satu toko kue yang sukses membesarkan namanya. Toko kue yang berdiri pada tahun 2014 ini, sebelumnya bernama La Madeleine, namun demi mengikuti perkembangan zaman, mereka  memutuskan untuk melakukan re-branding.

Dengan berbekal modal Rp. 50 juta, Ann’s Bakehouse & Creamery bertekad agar kue-kue yang mereka buat laku.

Kami merangkum dari beberapa sumber, beberapa kiat-kiat yang mereka lakukan berikut ini. 

    • Sejak mula. Ann’s membuat produk-produk inovasi yang berbeda dengan toko kue dan bakery kebanyakan. Salah satunya adalah membuat kue-kue custom made seperti kue bridal shower yang cantik. 
    • Kesuksesan bisnis kue Ann’s tidak lepas dari pemanfaatan platform digital yakni Google Bisnisku. Dengan memiliki aplikasi ini, efeknya adalah mereka bisa mengetahui perilaku konsumen. 
    • Membuat website https://annsbakehouse.com agar konsumen dan calon konsumen bisa melihat contoh-contoh kue berikut harganya.
    • Ann’s Bakehouse memiliki komitmen memberikan pelayanan one-stop solution bagi kebutuhan kue, baik individu maupun perusahaan.
    • Membuka toko offline agar konsumen bisa mencoba kue dalam bentuk slice. Selain itu, menjadi tempat yang baik untuk bertemu dengan klien corporate
    • Memperluas lini bisnis ke bidang Business to Business (B2B) dengan cara membuka jasa untuk menjadi pemasok kue dan roti premium untuk bisnis food and beverage seperti restoran, coffee shop, dan catering.
  1. Cupcakes Company

Tren dunia kuliner yang memunculkan penganan manis atau dessert dengan tampilan cantik seperti cupcake, kini banyak dijadikan sebagai alternatif bisnis bagi wanita maupun ibu muda. Cupcakes Company adalah sebuah brand lokal yang ikut ambil bagian.

 Cupcakes Company memang dikenal memiliki cupcake yang lembut dan lezat.
Mari kita simak suka duka, tips dan kiat-kiat  Wynda dan Medina dari Cupcakes Company saat mengelola bisnis, seperti yang diceritakan di dalam barecamedia.com berikut ini. 

    • Medina dan Wynda membuka usaha pada tahun 2011 dengan menjual cup cake. Medina menangani bagian produksi, sementara Wynda yang memiliki pengalaman di bidang kuliner fokus di bagian pemasaran. 
    • Cupcakes Company memasarkan produk melalui media sosial yaitu Instagram dan blog. Konsumen memesan melalui SMS dan Blackberry Messenger. Saat ini Cupcakes Company memiliki website, dan memasarkan produk-produknya melalui online market place.
    • Memindahkan dapur Cupcakes Company beberapa kali, untuk mendapatkan tempat yang lebih luas, sehingga konsumen bisa memakannya di tempat.
    • Cupcakes Company memiliki strategi untuk terus menarik perhatian pembeli, yaitu mengadakan promosi setiap bulan. Misalnya memberikan potongan harga (discount), promo beli 1 dapat 1, bebas ongkos kirim, dan lainnya
  1. Cakeology

Bisnis kueSelebgram dan Youtuber cantik Sonia Basil juga berbagi suka duka serta tipsnya membangun bisnis toko kue. Dikutip dari BeritaSatu Sonia membagikan pengalamannya dalam membangun bisnis crafted cake bernama Cakeology.

    • Sonia merintis bisnis kue ini sejak duduk di bangku kuliah. Karena ia rajin mengunggah kue buatannya di media sosial dan kanal Youtube miliknya, Cakeology terkenal di kalangan anak remaja hingga orang dewasa. 
    • Cakeology terkenal karena sejak awal ia konsisten membuat homemade cake cantik dan unik.
    • Dalam menjalankan bisnis, Sonia tetap terus mau belajar hal baru. Ia juga terbiasa merencanakan langkah selanjutnya, mengikuti tren yang sedang berlangsung.
    • Selain menerima custom made cake untuk ulangtahun dan hari raya, Cakeology juga menerima pesanan wedding cake dan kue bridal shower. Untuk ragam kuenya, kamu bisa melihatnya di instagram cakeology

Nah, demikian beberapa kiat, tips serta suka duka dari tiga pebisnis kue bridal shower yang bisa kamu jadikan inspirasi dan motivasi bisnis. Kamu juga bisa menambah wacana itu dengan membaca beberapa artikel yang memuat inspirasi kue-kue cantik untuk acara bridal shower. Misalnya artikel yang diunggah oleh blogduniamasak.com serta outerbloom.com 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Selamat menekuni bisnis kue-kue cantik bridal shower!