fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Bisnis Tumbuh Pesat dengan Target Pasar yang Tepat

Target Pasar

Tak ada bisnis yang mampu menarget semua orang. Oleh karena itu, memiliki target pasar yang spesifik  harus menjadi prioritas bagi bisnis onlinemu. Baik untuk kamu yang baru saja mulai bisnis, maupun yang ingin menggenjot penjualan produk. 

Target market akan membantu kita untuk membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan calon pembeli, dan memasarkan produk sesuai dengan kebiasaan mereka.  Sebuah usaha kecil dapat secara efektif bersaing dengan perusahaan besar dengan menargetkan niche yang tepat. 

Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat

Banyak pebisnis mengatakan bahwa mereka menargetkan “siapa saja yang tertarik dengan layanan saya”. Beberapa mengatakan mereka menargetkan pemilik usaha kecil, pemilik rumah, atau kaum millennial. 

Target seperti ini masih terlalu umum. Kalau kamu mampu menarget audiens yang lebih tepat,  akan jauh lebih mudah menentukan di mana dan bagaimana memasarkan produkmu. Bagaimanapun juga, ketepatan dalam menentukan target pasar merupakan cara sukses jualan termasuk di toko online

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Bagaimana menentukan target pasar yang benar-benar tepat dan sesuai dengan toko online-mu?   Yuk, simak paparan ini sampai habis.

Manfaat Target Pasar

Mari kita pelajari definisi target pasar terlebih dahulu. 

Target pasar (target market) adalah sekelompok orang yang menjadi target penjualan produk. Umumnya target pasar akan memiliki karakteristik yang sama, baik dari sisi kebiasaan, demografi, dan lainnya. Dengan kata lain, target‌ ‌pasar‌ ‌adalah‌ ‌calon‌ ‌pembeli‌ ‌potensial‌‌ ‌yang‌ ‌harus‌ ‌mendapatkan‌ ‌informasi‌ ‌dan‌‌ promosi terkait produk kamu. ‌

Strategi‌ ‌pemasaran‌ ‌yang‌ ‌baik‌ ‌dimulai‌ ‌dengan‌ ‌menentukan‌ ‌target‌ ‌pasar‌ ‌potensial. Kalau kamu sudah menemukan hal tersebut, selanjutnya tinggal menerapkan satu‌ ‌strategi‌ ‌yang‌ ‌efektif‌ ‌untuk‌ ‌menawarkan‌ ‌produkmu.‌

Secara umum, target market bertujuan untuk memastikan bahwa  strategi pemasaran kamu tepat sasaran. Dengan mengetahui target pasar secara tepat, kamu akan mendapatkan beberapa keuntungan sekaligus, seperti:

  1. Peningkatan penjualan

Fokus pada target market memberi peluang kepadamu untuk membuat produk lebih cepat dan memasarkannya lebih dahulu dari kompetitor. Hasilnya, penjualan juga akan meningkat dengan cepat. 

Selain itu, semua data yang kamu miliki dari target market bisa dimanfaatkan untuk menentukan produk yang disukai pelanggan. Dengan kata lain, kamu akan lebih mudah melakukan pengembangan produk.  

Seterusnya, kemampuanmu dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dengan baik akan mendorong customer loyalty. Ingat, 65%  profit usaha biasanya berasal dari pelanggan setia.

  1. Biaya pemasaran

Kegiatan pemasaran sudah tentu butuh biaya. Kalau dari awal kamu bersikukuh menyasar semua orang, bisa dibayangkan berapa besar cost marketing yang harus kamu siapkan. Walaupun mungkin hasil akhir penjualan akan terkumpul banyak, tapi keuntungan yang kamu dapatkan kemungkinan akan relatif kecil akibat biaya pemasaran yang juga besar. 

  1. Antisipasi persaingan

Intinya adalah bagaimana agar produkmu berbeda dengan kompetitor. Kalau kamu mengetahui target pasarmu dengan spesifik, kamu bisa menawarkan produk yang benar-benar sesuai dengan kemauan mereka melalui  keunggulan produk yang belum mampu ditawarkan oleh kompetitor.

Karena itu jangan malas mencari tahu karakteristik dan keinginan target pasar kamu, jadikan keunggulan untuk menciptakan produk yang tidak ada di kompetitor. Itulah yang dilakukan perusahaan sekelas Nike dengan berbagai produknya.

  1. Kemudahan dalam menyiapkan konten promosi

Target pasar kamu akan menentukan apakah marketing campaign memang harus dilakukan melalui omnichannel atau cukup melalui media sosial. Dalam merumuskan strategi tersebut, kamu butuh data target audiens kamu.

Selain itu, dengan mengetahui target pasar,  kamu akan lebih mudah memahami  kebutuhan pelanggan, sehingga komunikasinya pun lebih mudah. Karena sudah mengetahui target pasar,  kamu sudah tahu siapa yang layak untuk dilibatkan dalam aktivitas promosimu dengan sangat presisi. Hal ini penting untuk menentukan produk baru yang akan kamu ciptakan. Tentu saja, produk yang dibutuhkan pengguna akan lebih mudah untuk dijual.  

Faktor Penentu Target Pasar

Target PasarMenentukan target pasar sudah tentu tidak boleh dilakukan secara serampangan. Harus ada faktor-faktor tertentu yang menjadi syarat-syaratnya. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu menentukan target pasar produkmu.

  • Lihat Basis Pelangganmu

Siapa pelangganmu saat ini, dan mengapa mereka membeli dari toko onlinemu? Cari karakteristik dan minat yang sama, lihatlah mana  yang menghasilkan bisnis paling banyak.  

  • Intip Kompetitormu

Siapa pesaing bisnis onlinemu? Justru temukanlah ceruk pasar yang tidak mereka kuasai, jangan mengejar pasar yang sama.

  • Analisis Produk / Layananmu

Tuliskan daftar masing-masing fitur produk atau layananmu. Di sebelah setiap fitur, susun manfaatnya.  Setelah menyusun manfaat produkmu, buat daftar orang-orang yang memiliki kebutuhanmu.

  • Pilih Demografi Tertentu untuk Ditargetkan

Cari tahu, tidak hanya siapa yang membutuhkan produk atau jasamu, tetapi juga siapa yang paling mungkin membelinya. Pikirkan tentang faktor-faktor usia, lokasi, jenis kelamin, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, status perkawinan atau keluarga, latar belakang etnis. 

Memahami demografi calon pembeli akan membantumu untuk mengetahui volume target pasarmu dan pendekatan pemasaran apa yang paling tepat dilakukan. 

Contohnya bisnis mainan anak-anak. Walau target pasar kamu adalah para orang tua karena merekalah yang menjadi penentu keputusan pembelian,  akan tetapi konten promosi yang kamu buat harus mencerminkan dunia anak.  Baik dari sisi desain, pemilihan warna, jenis huruf yang digunakan, dan cara penyampaiannya.

  • Pertimbangkan Psikografis Target Pasarmu

Psikografi adalah karakteristik seseorang yang lebih pribadi, termasuk kepribadian, sikap, nilai-nilai, minat/hobi, gaya hidup, tingkah laku, kebiasaan dan lain-lain.  

Tentukan bagaimana produk kamu akan cocok dengan gaya hidup targetmu. Bagaimana dan kapan target konsumenmu menggunakan produk? Fitur apa yang paling menarik bagi target? Media apa yang dituju target untuk mendapatkan informasi? Apakah target  kamu membaca koran, mencari online, atau menghadiri acara tertentu?

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Dengan mempelajari kebiasaan calon pembeli, kamu tidak hanya bisa menentukan produk apa yang ingin diciptakan, tetapi juga waktu yang tepat untuk memasarkannya. 

Sebagai contoh, saat kamu bisnis kue dan menemukan ternyata konsumen cenderung sensitif harga, maka kamu bisa membuat produk dalam kemasan ekonomis. Untuk itu sudah tentu bahasa promosi kamu juga harus difokuskan pada sisi ekonomis produk tersebut.

  • Geografis/Lokasi Penjualan Produk

Ingat, tidak semua produk bisa kamu jual ke mana saja. Maka lokasi merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan ketika menentukan target pasar dengan segmentasi geografis. 

Kalau kamu jualan produk kuliner khas suatu daerah, kamu memang bisa jualan ke seluruh Indonesia secara online. Tapi kalau usahamu adalah bisnis jasa, katakanlah barbershop, tentu target pasar kamu akan terbatas pada wilayah tertentu saja walau kamu juga melakukan promosi secara online di website jualan

Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat

Target PasarNah, setelah mengetahui pentingnya mengetahui target pasar dan cara menentukannya, saatnya kamu memilih strategi yang tepat untuk menyasarnya. 

Pada dasarnya, terdapat empat strategi target pasar: Mass, Differentiated, Niche, dan Micro Marketing.

  • Mass Marketing

Adalah upaya untuk menjual produk ke semua orang. Yap, strategi ini memang tidak menerapkan segmentasi khusus, dan itu tidak salah. Tapi harus diingat, strategi ini hanya cocok diterapkan untuk jualan produk yang bersifat umum dan ditujukan untuk semua orang. Contohnya adalah produk kebutuhan harian semacam  sabun, beras, tepung terigu dan lain-lain. 

Kalau produk yang kamu jual bersifat umum seperti ini, fokuskan strategimu  agar dikenal orang sebanyak mungkin sehingga akan semakin banyak juga yang membeli produkmu.

  • Differentiated Marketing

Kalau produkmu mulai menyasar pengguna khusus, kamu harus mulai menggunakan strategi differentiated marketing. Target pasar pada differentiated marketing sering ditentukan oleh faktor-faktor demografis. Strategi ini mengharuskan kamu untuk menciptakan produk yang berbeda untuk target pasar yang berbeda.  Contohnya, kamu bisa mulai membedakan shampo anak laki-laki dengan anak perempuan. 

  • Niche Marketing

Adalah strategi target pasar yang lebih sempit lagi karena terkait dengan karakteristik konsumen yang khusus. Sebagai contoh, penjualan produk pasta gigi untuk gigi sensitif.

Meski pasarnya relatif kecil, tak jarang niche marketing memungkinkan terjadinya penetrasi pasar yang lebih baik.  Dengan strategi yang tepat, tak mustahil kamu menjadi market leader di niche market tersebut.

  • Micro Marketing

Sesuai namanya, strategi ini menyasar pada target pasar yang lebih kecil lagi. Bisa diterapkan jika produk yang kamu hasilkan memiliki keterbatasan dari sisi lokasi, waktu atau jenis barangnya. Contohnya,  hotel, barbershop dan lain-lain.

Bagaimana, siap menajamkan target pasarmu? Temukan strategi pemasaran yang tepat, dan tunggu bagaimana ia bekerja untuk keberhasilan bisnismu.