fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Branding Bisnis Dropship Sukses dengan 7 Cara Ini

Apakah kamu dapat mengenali brand suatu produk dengan hanya melihat kemasan atau logonya? Jika ya, maka brand tersebut telah berhasil melakukan branding. Tahukah kamu, jika saat ini model bisnis dengan produk apa pun harus mulai peduli dengan peran penting dari branding? Tak terkecuali dengan branding bisnis dropship.

Mengapa Harus Branding?

Persaingan bisnis yang makin ketat membuat pebisnis memikirkan cara agar dapat memenangkan hati banyak orang. Branding menjadi salah satu cara untuk mewujudkannya. Jika dijabarkan lebih lengkap, branding memiliki banyak manfaat lain, yang LummoSHOP akan paparkan berikut ini.

  • Terlihat unik dan berbeda

Dengan memperkuat branding, berarti kamu telah melakukan diferensiasi produk dengan optimal. Karena dengan branding, produk yang kamu jual akan terlihat unik dan berbeda dari yang lain.

  • Sebagai identitas

Setelah diferensiasi produk berhasil membuatmu menonjol, manfaat selanjutnya yang bisa kamu rasakan dari adanya branding adalah mendapatkan pengakuan konsumen. Hal pertama kali yang harus dilakukan adalah menciptakan ciri khas yang dapat menjadi identitas dari brand. Dengan adanya branding yang kuat, maka produk dan brand milikmu akan selalu diingat konsumen sebagai yang nomor satu.

  • Mendukung promosi brand itu sendiri

Kamu dapat menikmati bagaimana promosi dapat memengaruhi pasar secara maksimal dengan memanfaatkan peran dari branding. Dengan menjaga branding, otomatis reputasi bisnismu juga terjaga. Brand yang sudah memiliki reputasi bisnis yang baik di pasar, akan lebih efektif dalam melakukan promosi. 

  • Meningkatkan kepercayaan dalam pasar

Ketika pasar sudah mudah mengenali dan menerima brand milikmu, itulah tanda bahwa pasar sudah percaya pada brand bisnismu. Dengan bantuan branding, maka akan semakin besar pula potensi dari kepercayaan pasar yang diberikan.

  • Meningkatkan nilai bisnis

Setelah dapat memengaruhi pasar, berarti kamu sudah mampu memberi pengaruh pula pada sesama pemain industri bisnis yang ada. Otomatis, nilai bisnis kamu juga akan memiliki kepercayaan yang tinggi di mata investor. 

 

Jenis-jenis Branding

LummoSHOP Bisnis yang Mandiri D2C

Ada beberapa jenis branding yang perlu kamu tahu terlebih dulu, sebelum merancang strategi branding.

  • Personal branding

Strategi branding bahkan bisa dimulai bukan dari produk, tapi dari personal. Itulah yang terjadi di zaman saat ini, di mana mulai bermunculan public figure yang lahir karena tenar di media sosial, misalnya selebgram. Bahkan, istilah personal branding juga makin dikenal untuk membangun sebuah jati diri dan kepercayaan masyarakat. 

  • Product branding

Ini adalah jenis branding yang umum digunakan dan akan dibahas lebih lanjut di artikel ini. Tujuan dari product branding tentu untuk memikat hati pasar dan meningkatkan penjualan produk tersebut. 

  • Corporate branding

Kalau tadi kita masih berbicara tentang skala kecil bisnis yaitu produk, sekarang saatnya membahas bisnis ke arah yang lebih luas cakupannya, yaitu corporate branding. Jenis branding satu ini meliputi semua unsur branding yang ada. Tujuannya masih sama dengan product branding, tapi titik fokusnya pada perusahaan.

  • Geographical branding

Geographical branding adalah branding yang menonjolkan keunggulan suatu wilayah. Jika kamu memiliki bisnis yang berkaitan dengan bidang pariwisata, tentu jenis branding ini akan berhubungan erat denganmu.

 

Unsur-unsur Branding

Masih bingung bagaimana cara menyusun strategi branding yang tepat? Cobalah dengan mulai memperhatikan unsur-unsur branding di bawah ini dan mengaitkannya dengan brand bisnis milikmu.

  • Nama

Pastikan nama yang kamu pilih sudah mewakili dari identitas brand-mu.

Pemilihan logo tidak boleh asal atau sebatas karena bagus saja. Pastikan logo yang kamu pilih punya maknya yang berarti.

  • Visual

Memilih tampilan visual erat kaitannya dengan karakter huruf, tema warna, dan karakter tertentu lainnya. Karena pasar lebih mudah ingat tampilan visual, maka berusahalah untuk membuatnya menarik dan detail.

  • Slogan

Pilih slogan yang unik dan konsumen mudah mengingatnya.

 

Branding Bisnis Dropship, Seberapa Penting?

Bukankah bisnis dropship itu tinggal menjual saja tanpa perlu memikirkan branding? Biar saja produsen atau supplier yang memikirkannya? Yuk, kita ubah pandangan tentang ini. 

  • Peluang besar dropshipper

Sebab, saat ini banyak sekali produsen atau supplier yang menawarkan penjualan tanpa adanya label brand di awal. Sehingga, ini menjadi peluang bagi dropshipper untuk menjadikannya celah membangun branding. Tentu, setiap sistem jual beli yang ada, memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Namun, sebagai pebisnis, kamu harus pandai mengambil segala macam peluang yang ada. Tidak terkecuali tren yang dikenal juga sebagai branded dropshipping ini.

  • Strategi bisnis

Branding bisnis dropship menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan penjualanmu agar naik kelas. Kamu harus mulai mengandalkan diri sendiri dengan model bisnis ini. Sebab, kesuksesan penjualanmu tidak bergantung pada produk bisnis dropship yang kamu jalankan, tapi strategi bisnis yang kamu kembangkan sendiri.

Namun, branding juga masih akan tetap berperan penting pada produk yang brand-nya sudah terlabeli sejak awal. Bahkan, karena popularitas dan aksebilitasnya yang tinggi di dunia serba digitalisasi, kamu justru harus menghadapi persaingan ketat untuk dapat memenangkan hati pasar. Salah satu cara untuk terlihat menonjol di ketatnya persaingan bisnis online saat ini, tentu dengan branding, kan?

 

7 Cara Bangun Branding Bisnis Dropship Online

1. Riset pasar

Dengan melakukan riset pasar secara menyeluruh akan membuat kamu dapat memahami tren yang ada dan target konsumenmu. Mencari peluang untuk dapat menjual produk yang pasar butuhkan memang manantang. Dengan bisnis dropship, kamu tidak perlu memikirkan proses produksi suatu bisnis. Fokus untuk memikirkan bagaimana caranya menembus pasar dan memenangkan hati pemilik pasar, yaitu konsumen.

2. Tentukan produk dropship-mu

Setelah itu kamu dapat menentukan produk dropship apa yang akan jadi fokus penjualanmu. Pastikan untuk memilih supplier yang berpengalaman karena itu akan berkaitan dengan kelancaran proses produksi dan otomatis juga terkait pada penjualan produkmu.

3. Tentukan nama bisnis dropship online-mu

Sekarang kamu akan mulai masuk ke tahap inti dari branding bisnis dropship. Untuk pertama, kamu harus menentukan nama bisnis dropship-mu. Pastikan nama yang kamu pilih ini sudah mewakili dari citra yang ingin kamu tampilkan. Nama brand juga dapat menentukan nilai dari bisnismu. 

4. Desain tampilan visual

Konsumen akan menginyat tampilan visual yang memiliki sebuah ciri. Tidak hanya menjadi strategi dalam branding bisnis dropship saja, semua jenis branding akan memikirkan tampilan visual yang terkonsep. Bahkan, tampilan visual ini juga dapat menyentuh sisi emosional konsumen melalui berbagai pilihan warna.  Konsumen akan lebih ingat bisnis kamu dengan adanya ciri khas visual ini.

5. Produk yang unik dan berbeda

Pilih produk yang unik dan berbeda. Sayangnya, kebanyakan dropshipper tidak pernah melihat produk yang dijualnya ini secara langsung. Ini membuat dropshipper kesulitan untuk menciptakan diferensiasi produk bisnis. Kamu perlu melihat, memegang, dan memiliki produk dropship-mu terlebih dulu untuk dapat menceritakan ulang pada konsumen tentang diferensiasi produk bisnismu. 

6. Ciptakan slogan

Bagaimana kamu ingin pasar melihat bisnis dropship-mu? Intonasi apa yang sesuai dengan ciri khas yang ingin kamu tampilkan? Buat slogan yang menarik perhatian dengan menjawab dua hal ini.

7. Buat strategi promosi

Branding tanpa adanya strategi promosi, ibarat kumpulan ide yang tidak disuarakan. Hanya kamu yang dapat mengetahuinya. Untuk itu, branding bisnis produk bisnismu juga perlu dibarengi dengan strategi promosi yang maksimal.

Bisnis dropship jika ditekuni secara serius juga dapat menghasilkan. Apalagi, kamu sudah tidak perlu memusingkan urusan produksi. Cukup dengan memaksimalkan setiap strategi marketing yang ada ditunjang dengan branding yang mendukung. Maka pintu sukses akan siap menunggumu saat ini juga!