fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Product Bundling: Manfaatnya untuk Bisnis dan Strategi Pemasarannya

Bundling

Bundling adalah salah satu cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan penjualan dan hemat waktu sekaligus. Bundling berarti menjual beberapa barang atau jasa sebagai satu kesatuan produk atau paket produk.  

Di Indonesia, strategi paket produk pertama kali terinspirasi dari dunia telekomunikasi yang memproduksi handphone CDMA dan menjualnya dengan pulsa yang bekerjasama dengan operator. Saat itu, produk tersebut peminatnya banyak sehingga menjadi tren ponsel CDMA.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Contoh yang lain seperti McDonalds. Restoran franchise tersebut pernah menyediakan paket siap saji makanan yang juga menyertakan mainan anak-anak. Pada akhirnya, mainan itu menjadi produk yang juga banyak pengoleksinya dan menjadi alasan tersendiri bagi konsumen untuk membeli paket makanannya.  Mengeluarkan product bundling juga bisa menguntungkan, baik dari sisi pebisnis maupun konsumen.

Manfaat Product Bundling untuk Pebisnis

  • Memberikan kesan positif dari brand

Kesan positif terjadi saat pebisnis bisa memberikan penawaran yang menguntungkan bagi konsumen. Dibandingkan memberikan strategi diskon atau produk gratis, menjual paket produk atau jasa cenderung memberikan best value bagi konsumen. Sebab konsumen akan merasa menghemat budget lebih banyak. 

  • Memberi kesempatan menghabiskan produk yang kurang terjual

Menjual paket produk atau jasa berarti mengombinasikan produk. Biasanya antara produk yang populer dengan produk yang kurang populer. Keduanya akan saling melengkapi. Produk populer menunjukkan minat konsumen yang tinggi dan bila terjual bersamaan dengan produk yang tidak populer, maka akan memiliki keuntungan tersendiri. Penjualan produk yang kurang populer akan terdongkrak dengan sendirinya bila menjadi bagian dalam paket pembelian produk populer. Selain itu, harga paket produk cenderung lebih hemat.

  • Menghemat biaya marketing dan waktu

Menjual paket produk juga berarti menghemat biaya marketing karena menjalankan strategi bersamaan antara satu produk dengan produk lainnya. Waktu untuk pemasaran pun menjadi lebih efisien. 

  • Membuka peluang konsumen baru untuk produk baru

Jika salah satu dari produk dalam paket bundling merupakan produk yang sama sekali baru, kamu mendapat keuntungan dalam memperkenalkannya. Sekaligus tentu membuka peluang konsumen untuk produk baru.

  • Mendapat keuntungan dari penjualan musiman

Menjual paket produk dengan memanfaatkan peak season akan memberikan keuntungan lebih. Sebab banyak konsumen yang cenderung memanfaatkan musim tertentu untuk memborong sejumlah produk. Misalnya momen hari besar, akhir tahun, hari raya, atau hari belanja nasional. 

  • Meningkatkan kepuasan konsumen

Konsumen akan merasa kebutuhannya terpenuhi saat mereka ingin mendapatkan produk yang harganya murah, namun masih mendapatkan bonus berupa produk yang belum mereka coba sebelumnya.

  • Menjual produk lebih banyak

Menjual paket produk akan menguntungkan, sebab kamu akan menjual lebih banyak produk dengan beberapa jenis produk, tak hanya untuk 1 item saja. Sehingga saat update stok barang, kamu akan merasa bahwa kamu bisa menjual lebih banyak produk. Dengan begitu, kamu juga akan lebih mudah mengatur jumlah stok. 

Bundling

Manfaat Product Bundling untuk Konsumen

  • Mendapat penawaran terbaik

Konsumen mandapatkan best-deal dari segi harga. Daripada membeli produk satuan, mereka akan lebih untung membayar harga paket, tapi dengan mendapatkan tambahan produk. Biasanya mereka pun tak keberatan untuk ini. 

  • Mencoba produk yang sama sekali baru

Satu keuntungan bagi konsumen adalah mereka bisa mencoba produk yang sama sekali baru. Apalagi kalau konsumen tersebut adalah konsumen loyal yang setia dengan brand-mu, mereka tentunya akan senang dan tak keberatan. Siapa tahu malah jatuh cinta juga dengan produk komplimen yang sebenarnya tak begitu mereka butuhkan pada awal pembelian paket.

  • Bisa memesan custom untuk produk tertentu

Ketika sebuah paket produk cukup memiliki peminat, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan membuat paket produk lainnya. Kemudian, custom beberapa elemen, seperti nama pemesan atau pilihan desain yang memungkinkan konsumen merasa mendapatkan perlakuan lebih istimewa.

Tantangan Menjual Product Bundling

Meski dalam beberapa aspek menguntungkan, namun pemasaran produk secara bundling juga memiliki tantangannya sendiri. Beberapa tantangan itu seperti:

  • Konsumen akan lebih sering membeli paket produk daripada produk satuan
  • Kekurangan stok produk yang menjadi bagian dari paket produk, bisa saja karena stok cepat habis
  • Konsumen kurang berminat membeli produk satuan, bahkan setelah diskon karena merasa lebih hemat membeli paket produk

Jenis-jenis Product Bundling

Ada beberapa jenis paket produk yang bisa kamu pilih, seperti :

  • Mixed Bundling

Menggabungkan produk inti dengan produk komplemen untuk pemakaian secara bersamaan. Misalnya menjual shampoo dengan conditioner atau menjual pisau cukur dengan silet pencukurnya.

  • Pure Bundling

Konsumen hanya bisa membeli produk secara sepaket dan jarang sekali terjual terpisah. Misalnya, sepaket bahan sayur asem atau sayur sop, lengkap dengan bumbu dan bahan lain yang memang untuk menu tersebut. Ini sering ada di supermarket atau penyedia layanan belanja sayur.

  • Same Product Bundling

Paket produk yang mendukung konsumen untuk membeli produk dalam jumlah yang banyak untuk satu jenis produk. Misalnya, seperti lilin atau baterai yang dijual dengan jumlah yang banyak dalam satu paketnya.

  • Mix and Match Bundling 

Konsumen dapat memilih beberapa produk yang diinginkan dengan menyesuaikan beberapa permintaan. Misalnya, membeli sekotak cokelat atau roti berbagai varian rasa dalam satu paketnya.

  • Cross-sell Bundling

Paket produk dalam jenis ini menggabungkan dua produk yang berbeda untuk meningkatkan penjualan keduanya. Biasanya dari vendor berbeda yang bekerja sama. Misalnya saja, penjualan album CD musik artis yang sekaligus dengan t-shirt atau merchandise lainnya. 

  • New Product Bundling

Jenis yang satu ini bisa kamu pilih untuk memperkenalkan produk baru yang satu paket dengan produk yang sudah lebih dulu eksis. Misalkan menjual satu paket minuman varian baru dengan minuman yang paling laris dan sudah ada sebelumnya.

  • Gift Set Bundling

Jenis paket ini menggabungkan beberapa produk yang berbeda untuk memberikan hadiah bagi seseorang yang spesial. Misalnya, menjual paket bunga dengan tambahan sepotong cokelat, gift card, atau yang lain. 

  • Buy One Get One Free Bundling

Jenis paket produk buy one get one free adalah semacam program diskon untuk mempercepat penjualan produk. Atau konsumen yang ingin mendapatkan produk lebih banyak dengan mendapatkan diskon. Misalnya membeli snack 1 pcs akan mendapatkan snack 1 pcs lagi secara gratis.

  • Old Inventory Bundling

Jenis paket ini menggabungkan produk stok lama dengan produk populer untuk menghabiskan stok lama. 

  • Occasional Bundling

Jenis paket ini memanfaatkan momen spesial yang sedang dirayakan banyak orang. Misalnya saat bulan Ramadhan, hari raya, atau perayaan hari besar lainnya. Misalnya saja, hampers untuk berkirim paket dan mengucapkan selamat.

Bundling

7 Strategi Marketing Bundling yang Membuat Bisnis Berhasil

Dengan banyaknya jenis paket produk, tentunya kamu membutuhkan strategi yang tepat agar paket yang sudah kamu hadirkan akan berdampak bagi bisnismu. Ini dia beberapa cara strategi marketing dalam menghadirkan paket produk yang bisa kamu coba:

  1. We Save Your Money

Beri tahu konsumen berapa yang dapat mereka hemat dengan membeli paket produkmu.

  1. Display Paket Produk

Letakkan paket produkmu di area kunci, baik di offline store maupun online store.

  1. Inovasi Paket Produk

Hadirkan paket produk seasonal, baik limited edition maupun berdasar event hari besar tertentu. Kamu pun bisa mencoba jenis-jenis paket produk di atas.

  1. Personalisasi Paket Produk

Hadirkan paket produk custom  dengan menggunakan data konsumen yang sudah ada. Bisa dengan memperkaya tema pilihan, ataupun varian rasa untuk bisnis kuliner, atau varian yang lain untuk kebutuhan berbagai produk atau jasa.

  1. Copywriting yang Menarik

Kemukakan alasan yang membuat konsumen berpikir dalam copywriting produkmu.

  1.  Program Referral

Manfaatkan rekomendasi konsumen dengan memainkan program referral, sehingga akan terbentuk konsumen loyal dan juga word of mouth. 

  1. Pay Later

Kamu bisa membuat perencanaan pembayaran bulanan atau sistem membayar belakangan untuk konsumenmu. Tentu kamu bisa memberikan pilihan paket produk mana saja yang cocok dikemas dalam program pay later.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Ternyata ada beragam jenis paket bundling yang bisa kamu terapkan dalam bisnismu, ya. Sebaiknya jangan lupa untuk menerapkan strategi marketing-nya juga sehingga paket yang kamu keluarkan akan meningkatkan penjualanmu. Dengan begitu, bisnismu juga berpeluang meraih profit yang lebih lagi.  

Baca juga artikel terkait lainnya :

 

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP