fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Pebisnis Perlu Paham, Cara-Cara Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Jika kamu mau menjadi pebisnis onlne profesional, maka kamu perlu memahami bagaimana cara-cara meningkatkan kepercayaan pelanggan. Kepercayaan pelanggan atau loyalitas konsumen tidak bisa dibangun secara instan melainkan melalui proses panjang. Jika saat ini, kamu punya toko online yang menjual produk tertentu, apa iya kamu bisa memaksa orang yang baru pertama “datang” untuk menjadi pelanggan setiamu. Tentu saja tidak, bukan? Keputusan untuk membeli sekali atau seterusnya sepenuhnya ada di tangan mereka, peran kamu adalah membangun kepercayaan pelanggan secara konsisten.

Lalu, bagaimana agar brand kamu diingat oleh mereka sehingga kalau mereka butuh apa-apa, yang ada dalam benak adalah brand kamu dan bukan yang lainnya? Lantas bagaimana saja cara-cara meningkatkan kepercayaan pelanggan? Bagaimana cara menumbuhkan loyalitas konsumen? Lebih-lebih, transaksi online sangat rentan dengan penipuan, scam, dan ketidakjujuran lainnya. Bagaimana caramu membuat mereka—yang notabene belum pernah berinteraksi langsung denganmu di dunia nyata—percaya dengan toko online kamu?

Tenang, saat ini yang kamu perlukan adalah meluangkan beberapa menit untuk membaca dan menyimak dengan seksama artikel ini sampai habis. Siap? Mari mulai kita bahas satu per satu, apa saja cara-cara meningkatkan kepercayaan pelanggan yang bisa diterapkan, dimulai dari selesainya membaca artikel ini.

LummoSHOP_Kepercayaan-Pelanggan

  1. Kamu harus punya “rumah” sebagai basecamp semua kegiatan toko online milikmu

Memiliki website jualan sendiri adalah langkah awal. Dengannya, kamu bisa bebas atau leluasa menerapkan beragam strategi yang bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Tak perlu khawatir. Kamu bisa menggunakan aplikasi LummoSHOP untuk membuat toko online gratis. Dengannya, kamu akan mendapatkan domain gratis. Cara buat website jualan dengan aplikasi LummoSHOP pun cukup mudah. Hanya dengan empat langkah, kamu sudah bisa memiliki toko online gratis sendiri.

–    Unduh aplikasinya di Playstore

–    Masukkan nomor HP dan OTP

–    Masukkan nama toko online kamu plus kategori usaha

–    Kamu sudah resmi memiliki website jualan dan bisa mengunggah foto produk plus deskripsinya kapan saja

Bagaimana? Mudah, kan? Jangan lupa untuk menuliskan profil lengkap termasuk kontak yang bisa dihubungi di website yang baru saja kamu buat dengan LummoSHOP tersebut.

  1. Jujur

 Setelah memiliki website jualan dari aplikasi LummoSHOP, berikutnya adalah mulai mengoperasikannya. Kamu sudah bisa mengunggah foto produk termasuk deskripsinya. Guna mendapatkan atau meningkatkan kepercayaan konsumen, JUJUR adalah hal yang harus kamu lakukan. Informasikan produkmu kepada mereka setransparan mungkin hingga tak ada informasi yang luput. Pastikan kalau apa yang kamu sampaikan menggambarkan kondisi yang sebenarnya.

  1. Testimoni

Mintalah testimoni dari konsumen atau pelanggan setia kamu. Testimoni tidak semata-mata untuk dirimu saja agar bisa promosi untuk menggaet pelanggan baru, tetapi juga sebagai bentuk apresiasimu kepada pelanggan setia. Mereka tentunya merasa dihargai ketika testimoninya dipasang di website jualanmu.

  1. Responsif

 Responsif adalah cara sukses jualan online lainnya yang bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan atau dengan kata lain peka.

–    Ketika kamu membuat kesalahan, segera akui dan minta maaf serta jangan lupa memberi ganti rugi atau meminta masukan

–    Ketika konsumen mengalami masalah, seyogyanya kamu siap membantu mereka dengan tulus

  1. Melibatkan Konsumen

Sebenarnya, di poin-poin sebelumnya, secara tidak langsung, kamu juga sudah melibatkan konsumen. Namun yang dimaksud di poin ini adalah kamu bisa juga melibatkan mereka dalam pembuatan produk berikutnya ingin yang seperti apa, membuat kuisioner untuk menanyakan bagaimana pelayananmu selama ini, atau hal-hal lain yang berkaitan. Konsumen yang dilibatkan akan merasa diri mereka bukan hanya objek jualanmu semata, melainkan juga subjek. Sesungguhnya, hubunganmu dengan konsumen bukanlah atasan dan bawahan melainkan setara yang saling memengaruhi.

  1. Memberikan sesuatu di atas ekspektasi konsumen

Jika konsumen mengharap 7, berikanlah 9 atau 9,5 entah itu dari segi kualitas produk atau dari sisi pelayanan. Contoh sederhana saja, jika kamu membuat janji pukul 09.00, maka tentu saja kamu seharusnya datang lebih awal 08.30 atau setidaknya 08.45. Intinya, jangan biarkan konsumen menunggu hingga kemudian beralih ke yang lain.

  1. Komitmen untuk melayani sepenuh hati adalah cara sukses jualan online yang tak bisa diremehkan

Konsumen atau pelanggan tak pernah tahu apa masalah pribadimu atau karyawanmu. Yang mereka tahu “hanyalah” ingin dilayani dan disambut dengan baik. Jadi, usahakan jangan pernah mencampuradukkan masalah pribadi ke pekerjaan. Jika hari ini kamu sedih atau marah atau kecewa dengan kehidupanmu, please, tolong tetaplah bersikap profesional. Tetaplah memberikan terbaik kepada konsumen yang notabene tidak tahu apa-apa tentang masalahmu.

  1. Jangan lupakan packaging

Memang sih ada pepatah mengatakan don’t judge a book by its cover. Tapi, tak bisa dipungkiri jika packaging memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Coba tanya diri kamu sendiri, kira-kira mau atau tidak membeli produk yang dikemas seenaknya sendiri. Pastinya tidak, ya. Untuk membuat kemasan yang menarik hati konsumen tak perlu dengan sesuatu yang complicated. Intinya, yang penting pesan kamu tersampaikan dan mewakili. Sesederhana itu. Ketika mereka memegang atau melihat kemasan produkmu, konsumen bisa memiliki gambaran seperti apa produk kamu, mereka penasaran, dan ingin segera memilikinya. Dalam menggunakan kemasan, kamu juga harus memikirkan faktor keamanan. Misalnya, produk makanan sebaiknya dikemas menggunakan aluminium foil untuk melindungi dari sinar matahari langsung. Kamu pastinya pernah membeli produk yang sebenarnya bagus, tapi kemasannya kurang aman sehingga produk yang kamu beli malah rusak/tidak bisa dimakan. Tentunya, kamu tak mau produk yang kamu jual seperti itu, ya.

Manfaatkan Fitur Ulasan dan Penilaian yang Ada di LummoSHOP untuk Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan

Untuk melancarkan poin-poin sebelumnya terkait meningkatkan kepercayaan pelanggan atau loyalitas pembeli, cara sukses jualan online berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan fitur ulasan dan penilaian yang ada di LummoSHOP. Ya, tidak hanya menyediakan domain gratis sehingga kamu bisa memiliki toko online gratis, LummoSHOP juga memberimu fasilitas fitur tersebut.

Tak bisa dimungkiri, ulasan dan penilaian atau yang juga kerap disebut dengan review dan rating menjadi hal yang cukup menentukan bagi konsumen untuk membeli produkmu atau menggunakan jasamu. Jika ulasannya banyak yang negatif, tentu mereka akan berpikir lagi untuk melakukan transaksi di kamu. Pun sebaliknya. Dilansir dari econsultancy.com, 61% konsumen akan membaca review akan suatu produk atau jasa sebelum mereka memutuskan untuk membeli dan menggunakannya.

Bisa dibilang, meningkatkan kepercayaan pelanggan itu mencakup segala aspek. Tidak hanya persoalan kualitas barang, tetapi juga bagaimana barang tersebut dikemas. Namun, itu saja ternyata belum cukup, masih ada faktor lain seperti bagaimana caramu membangun komunikasi dengan mereka, menggunakan apa medianya, dan semacamnya.

Pada era teknologi seperti sekarang, cara jualan online “paket lengkap” semacam itu bisa kamu lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi LummoSHOP. Kamu akan mendapatkan domain gratis sehingga bisa punya website sendiri yang isinya bisa kamu rancang sesuai dengan keinginanmu yang seyogyanya berdasarkan poin-poin di atas sehingga bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan. Sehingga tugasmu selanjutnya tidak lagi memikirkan cara buat website jualan atau pusing dengan cara jualan online, melainkan “hanyalah” bagaimana mendapatkan atau meningkatkan kepercayaan konsumen seperti poin-poin di atas sehingga mereka bisa jadi pelanggan tetapmu. Jadi, yuk jualan pakai LummoSHOP!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP