fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Cara Daftar Bantuan UMKM Dari Pemerintah Maupun Swasta

bantuan umkm 01

Setiap pengusaha UMKM perlu tahu cara daftar bantuan UMKM. Apalagi, saat menghadapi krisis seperti pandemi Covid-19 yang terjadi semenjak caturwulan pertama 2020. Tanpa mengandalkan bantuan, pengusaha UMKM cenderung mengalami kesulitan untuk bertahan dan berkembang.

Sumber bantuan UMKM beragam, bisa berasal dari pemerintah dan swasta. Tiap-tiap sumber memiliki cara daftar bantuan UMKM-nya tersendiri. Berikut ulasan selengkapnya.

Mengapa UMKM Perlu Bantuan?

Bagi kamu yang menjalankan usaha UMKM dengan modal terbatas perlu mengetahui cara daftar bantuan UMKM. Selain terbatas, akses permodalannya pun tidak luas, karena minimnya atau bahkan tidak ada yang bisa menjadi agunan. Oleh karena itu, UMKM lebih mengandalkan modal sendiri berikut bantuan. Sementara itu, terkadang modal pelaku UMKM sudah terkuras untuk mengatasi krisis yang terjadi.

Baca juga: Peluang Usaha Online F&B Paling Menjanjikan, di Antaranya Minim Modal

Selain alasan tersebut, UMKM memerlukan bantuan untuk:

  • Menghadapi kondisi krisis

Dalam kondisi krisis, UMKM tidak bisa melakukan penjualan secara maksimal. Apalagi, krisis atas dampak pandemi Covid-19 yang membatasi pengusaha untuk berjualan. Kondisi atas dampak itu, yakni operasional terus berjalan, tapi penjualan tidak bisa mengimbangi. Dalam kondisi itu, biasanya pengusaha UMKM terpaksa menambahkan uang pribadinya untuk bisnis. Akan tetapi, hal itu tidak bisa berlaku secara terus-menerus. Apalagi, bagi sejumlah pelaku UMKM memiliki tanggungan utang yang mesti terbayarkan. Oleh karena itu, pelaku UMKM membutuhkan bantuan.

Baca juga: Strategi Mempertahankan Bisnis D2C di Tengah Pandemi

  • Perlu terus berkembang

UMKM perlu untuk terus berkembang, sehingga kemudian bisa naik level terus-menerus. Kenaikan level itu, yakni dari yang semula mikro,menjadi kecil, menjadi menengah, dan bisa saja menjadi usaha besar. Oleh sebab itu, UMKM perlu terus berkembang dalam rangka untuk menaikkan level. Tujuannya utamanya adalah menjadi usaha besar.

  • Memperkuat positioning produk

Perkembangan bisnis akan memperkuat positioning produk di pasar. Perkembangan tersebut bisa meliput pemasaran, jenis produk, outlet dan sebagainya. Dengan semakin berkembang, produk UMKM akan makin dikenal oleh konsumen. Secara otomatis positioning produk akan makin kuat.

Baca juga: Segmentasi Pelanggan untuk Mengembangkan Bisnis

  • Menyerap lebih banyak tenaga kerja

UMKM yang makin berkembang tentu membutuhkan lebih banyak tenaga kerja. Dengan demikian angka pengangguran akan berkurang.

  • Meningkatkan kesejahteraan pribadi dan sekitar

Semakin berkembang usahamu, tentu akan meningkatkan kesejahteraanmu. Tak hanya dirimu, kesejahteraan orang sekitarmu juga akan mengalami peningkatan.

  • Meningkatkan perekonomian nasional

Apabila tiap-tiap UMKM mengalami peningkatan kesejahteraan, kemudian menular pada sekitarnya dan terjadi pada skala yang besar, tentu saja perekonomian nasional akan turut mengalami peningkatan. Lantaran demikian, UMKM terus berkembang merupakan hal yang sangat penting.

Ternyata, cukup banyak alasan penting UMKM untuk mendapatkan bantuan. Dampaknya bukan hanya untuk UMKM, namun juga untuk seluruh negara.

Persyaratan Umum Untuk Daftar Bantuan UMKM

bantuan umkm 02Cara daftar bantuan UMKM sama seperti cara memperoleh bantuan lainnya, yakni perlu memenuhi persyaratan tertentu. Tiap-tiap pemberi bantuan UMKM akan menerapkan persyaratan yang berbeda-beda. Perihal itu, terdapat beberapa persyaratan yang umumnya berlaku. Oleh karena itu, kamu yang akan mendaftar untuk beroleh bantuan sebaiknya mempersiapkan persyaratan umum tersebut.

Persyaratan dari pemberi bantuan terdiri atas persyaratan umum dan persyaratan administrasi.

  • Persyaratan umum memperoleh bantuan

Beberapa persyaratan umum untuk memperoleh bantuan UMKM, yaitu:

    1. Warga Negara Indonesia, karena pemberian bantuan memang untuk pengusaha Indonesia.
    2. Memiliki usaha, buktinya dari kepemilikan NIB (Nomor Izin Berusaha) atau SKU (Surat Keterangan Usaha).
    3. Diajukan oleh Dinas Koperasi dan UMKM atau pihak berwenang.
    4. Tidak sedang menerima kredit dari Bank seperti KUR (Kredit Usaha Rakyat).
  • Persyaratan administrasi

Untuk persyaratan administrasi yang umumnya perlu terlampir, yakni:

    1. KTP
    2. KK
    3. Keterangan usaha: NIB, SKU, dan sejenisnya
    4. Foto tempat bisnis dan operasional bisnis
    5. Proposal bisnis, berisi uraian kegiatan usaha, termasuk kebutuhan tambahan modal

Beberapa persyaratan tersebut adalah yang umum diminta saat mendaftar bantuan UMKM. Namun bisa jadi ada persyaratan tambahan, atau mungkin juga lebih sedikit. Semua tergantung pada pemberi bantuan.

Setelah mengetahui persyaratan umum untuk mendaftar bantuan UMKM, kamu perlu memahami sumber-sumber bantuan yang ada. Untuk bantuan UMKM, bisa berasal dari pemerintah atau swasta seperti yang tertera pada uraian di atas. Berikut adalah beberapa sumber bantuan UMKM dan cara untuk memperolehnya.

Baca juga: Cara Cek BPOM Melalui Website dan Aplikasi BPOM Mobile

Bantuan UMKM Dari Pemerintah

Pemerintah sangat mendukung UMKM aga dapat bertahan, bertumbuh, bahkan berkembang. Oleh karena itu, banyak sekali bantuan untuk UMKM yang berasal dari pemerintah. Berikut adalah beberapa bantuan dari pemerintah dan cara daftar bantuannya.

  • Subsidi bunga

Bantuan ini berupa pemberian keringanan pembayaran bunga dari pemerintah kepada pelau usaha UMKM. Subsidi bunga berlaku untuk plafon pinjaman sampai Rp10 miliar. Semakin tinggi plafon pinjaman, subsidi bunga semakin kecil. Subsidi yang diberikan mulai 2% sampai 25%.

Persyaratan untuk daftar bantuan UMKM ini adalah:

    1. Memiliki sisa pokok pinjaman pada periode tertentu.
    2. Tidak masuk dalam Daftar Hitam Nasional
    3. Memiliki kategori performing loan yang lancar
    4. Memiliki atau sudah mendaftar NPWP
  • Penjaminan Pemulihan Ekonomi Nasional (Program PEN)

Dalam program ini, pemerintah memberikan sejumlah imbal jasa pada bank yang memenuhi kriteria. Nantinya, bank tersebut menyalurkan pinjaman yang ringan kepada UMKM. Beberapa bank yang memperoleh hak untuk menyalurkan bantuan tersebut, yakni Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Untuk cara daftar bantuan UMKM-nya bisa langsung menghubungi bank-bank tersebut.

Baca juga: Seluk-Beluk Neobank dan Nilai Pentingnya untuk Bisnis

  • Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM)

bantuan umkm 03Pemerintah menyalurkan bantuan itu untuk pengusaha mikro, dengan besaran nominal Rp1,2 juta per pelaku usaha pada 2021. Sementara itu, besaran nominalnya Rp600 ribu pada 2022. Untuk memperoleh bantuan ini, pengusaha mikro mesti melakukan pengajuan melalui Dinas Koperasi dan UMKM di tingkat daerah untuk menyeleksi kelayakan menerima bantuan. Sumber dari bantuan ini adalah dari APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

Persyaratan untuk cara daftar bantuan UMKM BPUM, yaitu:

    1. NIK
    2. KK
    3. Bidang Usaha
    4. Nomor telepon aktif
  • Bantuan Tunai untuk PKL dan Warung (BT-PKLW)

Bantuan ini khusus untuk PKL dan warung, nominal bantuannya Rp1,2 juta. Penyaluran bantuan ini melalui petugas Polri dan TNI. Pengambilan bantuannya pun di Polres dan Kodim. Untuk pengajuaannya dilakukan oleh pihak yang berwenang, bukan oleh PKL atau pemilik warung.

Persyaratan untuk daftar bantuan UMKM ini adalah:

    1. Pengusaha memiliki izin usaha dan NIK
    2. Pengusaha belum mendapatkan bantuan dari BPUM Dinas Koperasi dan UMKM
    3. Bantuan hanya untuk daerah yang menerapkan PPKM level 3 dan 4

Bantuan UMKM Dari Swasta (CSR) 

Swasta juga mendukung tumbuh kembang UMKM, salah satunya lewat program Corporate Social Responsibility (CSR). Dengan memberikan bantuan, swasta akan memperoleh imbal balik penggunaan barang atau jasanya oleh UMKM. Beberapa bantuan swasta untuk UMKM, di antaranya sebagai berikut:

  • Sampoerna Retail Community (SRC)

Sampoerna memberikan bantuan kepada UMKM melalui pendampingan kepada toko retail. Pendampingan yang diberikan berupa manajemen bisnis, rantai suplai, strategi pemasaran, penggunaan platform online, dan cara membina hubungan baik dengan pelanggan.

Untuk tergabung dalam SRC, persyaratan yang perlu kamu penuhi, yaitu:

    1. Memiliki toko kelontong sendiri
    2. Berkeinginan untuk mengembangkan toko
    3. Toko terdaftar pada HM Sampoerna
    4. Mengajukan diri untuk menjadi anggota SRC
    5. Memenuhi parameter 4P (Penampilan, Perlengkapan, Pengelolaan dan Pengembangan Bisnis)
  • Bantuan Unilever

Saat awal pandemi 2020, Unilever memberikan bantuan kepada 147.000 UMKM yang di antaranya pemilik warung dengan menyumbangkan keuntungan dari traksaksi selama tiga bulan. Sumbangan itu berupa e-coupon, tambahan modal bagi para penerima manfaat bantuan. Untuk mendapatkan bantuan ini, pemilik warung cukup mengunduh aplikasi SahabatWarung di PlayStore atau AppStore.

Selain bantuan UMKM yang telah disebutkan, masih banyak akses bantuan lainnya. Tentu, kamu mesti rajin mencarinya melalui website, dinas terkait, dan sumber informasi lainnya. Namun yang paling penting, kamu tetap berjuang dalam bisnismu, agar terus mengalami kemajuan.

Baca juga artikel terkait lainnya

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP