fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Cara Daftar GrabFood dan Tips Maksimalkan Layanannya untuk Bisnismu

cara daftar GrabFood

Cara daftar GrabFood bagi kamu yang memiliki bisnis online makanan atau minuman, menjadi pengetahuan yang penting. Karena, dengan bergabung menjadi merchant GrabFood, bisnismu akan lebih terkenal. Dengan begitu, bisnismu akan terus mengalami perkembangan.

Untuk mengetahui cara daftar GrabFood, kamu sebaiknya membaca artikel ini sampai habis. Selain mengenai cara mendaftarkan bisnismu, kita juga akan membahas berbagai layanan yang tersedia di platform tersebut untuk memaksimalkan bisnismu.

Mengenal Grab dan GrabFood

Berbicara tentang GrabFood tentu tidak terpisahkan dari Grab, yakni layanan taksi online yang memulai debutnya di Negeri Jiran pada 2012. Empat tahun kemudian, tepatnya pada 2016 GrabFood akhirnya lahir. GrabFood ini secara khusus melayani pesan-antar makanan melalui aplikasi selular.

Meski lebih muda dari GoFood dan mulai terkejar oleh ShopeeFood, menurut pemberitaan di katadata.co.id sesuai Riset Momentum Works, GrabFood mampu menguasai pangsa pasar di Indonesia. Mereka mendominasi sebanyak 53% pasar mengungguli GoFood dengan 47%.

Sedangkan, untuk perolehan pendapatan di wilayah Asia Tenggara urutannya tak jauh berbeda. Yakni, GrabFood, GoFood, dan ShopeeFood dengan pendapatan masing-masing sebanyak US$7,6 miliar, US$2 miliar, dan US$0,9 miliar. 

Dengan prestasi demikian, sayang sekali jika kamu tidak menggunakan GrabFood untuk menjadi partner bisnis. Keunggulan yang berhasil GrabFood capai, salah satunya karena banyak fitur yang aplikasi ini tawarkan bagi konsumennya.

Baca Juga: Cara Buat Buket Makanan Ringan, Modal, dan Contohnya untuk Bisnis

Fitur dalam GrabFood

cara daftar GrabFood

Demi memenuhi harapan konsumennya, GrabFood saat ini menyediakan tujuh fitur unggulannya, yaitu:

  • Ambil sendiri

Fitur ini memberikan kesempatan bagi konsumennya untuk mengambil sendiri makanan yang ia pesan di aplikasi. Harapannya adalah agar mereka tidak perlu mengantre untuk membeli makanan. Jadi, setelah memesan melalui aplikasi, pihak merchant akan mengabarkan bahwa pesanan telah selesai. Kemudian, konsumen baru mengambilnya.

  • Multiorder

Fitur ini memungkinkan konsumen untuk memesan ke empat restoran berbeda sekaligus. Layanan yang satu ini sangat konsumen butuhkan saat mereka berkumpul dengan keluarga besar atau teman. Karena, meskipun ada banyak orang dengan selera dan keinginan yang berbeda-beda, pemesanannya tidak perlu terpisah. Dengan memesan menjadi satu, akan jauh lebih hemat biaya. 

  • Pesan ulang

Fitur ini berupa penyimpanan makanan favorit pada laman khusus. Tujuannya adalah agar konsumen mudah untuk memesan kembali makanan yang mereka sukai.

  • Kesayanganku

Fitur ini mirip dengan pesan ulang. Namun, mekanismenya adalah dengan memberi tanda cinta, kemudian menu tersebut akan tersimpan pada laman khusus. Layanan ini tentu akan memudahkan konsumen saat akan memesannya kembali. 

  • Centang hijau

Fitur ini akan menunjukkan merchant atau mitra pilihan. Sehingga, dengan memilih fitur ini, pesanan akan lebih cepat diproses.

  • GrabKitchen

Fitur ini menggunakan konsep cloud kitchen. Yakni, GrabFood menyediakan satu dapur yang mereka sewakan kepada beberapa merchant. Sehingga, aktivitas produksi makanan bisa mereka lakukan di dapur tersebut. 

  • Pusat bantuan

Fitur ini akan membantu konsumen yang mengalami masalah saat memesan makanan. Sehingga, keluhan konsumen bisa langsung mendapatkan tanggapan dan penanganan dari penyedia aplikasi.

Baca Juga: Nilai Penting Customer Experience Bagi Bisnis

Syarat Daftar GrabFood

Fitur-fitur tersebut benar-benar memanjakan konsumen dan hal itu berpotensi ikut meningkatkan bisnismu. Namun, sebelum sampai pada cara daftar GrabFood, kamu perlu tahu syarat untuk mendaftar di sana. Pertama-tama kamu harus mempersiapkan dokumen persyaratan sebagai berikut:

  • Foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli yang masih berlaku dan terbaca.
  • Dokumen identitas tambahan, seperti: Surat Izin Mengemudi (SIM), paspor, atau Kartu Keluarga (KK). 
  • Foto diri dengan memegang KTP.
  • Foto Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) asli.
  • Foto daftar menu lengkap dengan harga yang akan ditampilkan pada aplikasi GrabFood.
  • Foto makanan sesuai dengan menu.
  • Foto tampak luar restoran, lengkap dengan: tulisan nama resto di spanduk, stiker, atau kertas jelas. Resto rumahan perlu dilengkapi dengan foto pemilik dan banner usaha.
  • Foto tampak dalam restoran, dengan menampilkan: kasir, meja makan, atau dapur. Resto rumahan harus menampakkan foto pemilik outlet dan produk makanan yang dijual di dalam dapur.
  • Foto logo restoran jika ada. 
  • Foto buku tabungan atau tampilan e-banking, dengan nomor rekening terlihat jelas. Jika pemilik rekening berbeda dengan penanggung jawab resto, maka lampirkan surat kuasa dengan format berikut https://grb.to/formsuratkuasaGF .

Setelah melengkapi seluruh persyaratan tersebut, barulah kamu bisa mulai untuk mendaftar pada GrabFood.

Cara Daftar GrabFood

cara daftar GrabFood

Cara daftar GrabFood, sebagaimana aplikasi pemesan makanan lainnya, bisa kamu lakukan secara online. Berikut adalah langkah yang harus kamu lakukan, untuk daftar GrabFood.

  1. Kunjungi alamat website www.grab.com.
  2. Isi formulir, mengenai nama restoran, alamat restoran, nama pemilik, nomor ponsel, dan alamat e-mail.
  3. Kemudian klik “Daftar”. Sekitar 15 menit kemudian kamu akan mendapatkan verifikasi via e-mail yang kamu daftarkan.
  4. Isikan kode verifikasi yang kamu terima di e-mail.
  5. Pilih jenis pendaftaran GrabFood, seperti merchant baru atau penambahan outlet.
  6. Kemudian klik “Next”.
  7. Isi informasi pemilik usaha dan informasi penanggung jawab usaha.
  8. Kemudian klik “Next” lagi.
  9. Unggah seluruh foto yang ada dalam persyaratan daftar GrabFood.
  10. Setelah melengkapi semuanya, tim GrabFood akan mengirim e-mail berisi kontrak yang harus kamu tanda tangani sebagai pemilik bisnis.
  11. Dalam waktu 72 jam, kamu akan kembali mendapat arahan untuk melakukan verifikasi e-mail outlet.

Baca Juga: 9 Ide Jualan Terlaris yang Laku Tiap Hari, Gak Ada Matinya!

Tips Meningkatkan Penjualan dengan GrabFood

Bergabung di GrabFood tentu saja bukan hanya untuk berjualan. Namun, kamu juga menginginkan penjualanmu mengalami peningkatan. Berikut beberapa tips agar kamu kebanjiran order dengan menjadi merchant GrabFood.

  • Buat banner atau nama resto yang jelas dan menarik. Tujuannya adalah agar mitra driver mudah untuk mencari restomu. Sehingga order-an segera bisa dikirim, dan konsumen puas dengan restomu.
  • Tampilkan foto menu yang menarik. Sebab konsumen akan fokus pada foto makanan yang ada di aplikasi GrabFood, sebelum memesan. Foto yang bagus dan menarik, akan membuat konsumen tertarik membeli.
  • Buat menu yang jelas. Semakin jelas menumu, maka kemungkinan konsumen memesan akan lebih besar. 
  • Buat kemasan menarik dan lengkapilah dengan alamat media sosial dan nomor WhatsApp atau handphone. Dengan begitu konsumen akan lebih mudah mengenalmu, dan tidak menutup kemungkinan akan memesan sendiri ke restomu tanpa melewati GrabFood.
  • Ikuti promo yang diadakan GrabFood dan buat promo sendiri. Dengan promo melewati banyak saluran, maka produkmu akan makin dikenal calon konsumen.
  • Perhitungkan harga jual setelah ditambah dengan potongan fee. Contohnya saat harga produkmu adalah Rp10.000, maka kamu harus memberikan harga di GrabFood adalah Rp12.000. Sebab Rp 2.000 akan dipotong sebagai fee oleh GrabFood.

Dari beberapa tips di atas, tampak bahwa restomu ternyata masih harus berjuang untuk mendapat perhatian konsumen, ditambah lagi ada potongan untuk fee. Namun, paling tidak kamu bisa ikut memperkenalkan brand-mu melalui aplikasi tersebut. Apabila produkmu berkualitas, konsumen yang sudah menyukai produkmu bisa saja memesan secara langsung tidak melalui aplikasi.

 

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP