fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Cara Efektif Pasang Iklan Digital

Iklan Digital

Pasang iklan digital di era serba online seperti sekarang ini menjadi langkah wajib untuk ditempuh pebisnis. Cara termudah untuk mengenalkan dan menjual barang adalah membuat iklan digital di berbagai saluran, baik di media sosial maupun melalui mesin pencari. Mengapa? Karena media berbasis online digunakan oleh banyak orang dan lintas generasi. 

Berdasarkan laporan perusahaan media asal Inggris, We Are Social, bekerja sama dengan Hootsuite, keduanya merilis laporan “Digital 2021: The Latest Insights in The State of Digital” yang diterbitkan pada 11 Februari 2021. Ternyata rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam 14 menit sehari untuk mengakses media sosial.

Jika dilihat berdasar populasi Indonesia, pengguna aktif media sosial mencapai 170 jiwa, setara dengan 61,8% penduduk Indonesia yang mencapai 274,9 juta jiwa. Angka ini meningkat 10 juta, atau sekitar 6,3 persen dibandingkan tahun lalu.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Dengan mengambil sampel salah satu media sosial yaitu Facebook. Pengguna di Indonesia mencapai 176,5 juta. Angka tersebut setara dengan 63,4 persen dari total populasi. Masih dalam laporan yang sama, pengguna internet di Indonesia tercatat mencapai 202,6 juta jiwa dan 96,4 persen di antaranya menggunakan ponsel untuk mengakses internet.

Google menyebut 87% pengguna internet bergantung pada mesin pencari. Termasuk untuk mencari rekomendasi restoran, toko, mencari jalan, hingga untuk bisnis melalui ponsel. Selain digunakan untuk mencari sesuatu, sekitar 79% pengguna internet mengambil keputusan untuk membeli atau tidak melihat dari mesin pencari. 

Ini artinya telah terjadi pergeseran pengguna internet dalam memenuhi kebutuhan mereka. Yang tadinya harus keluar dulu untuk survei sebuah produk atau restoran bagus atau tidak. Kini hanya melalui ponsel, masyarakat sudah bisa mengambil keputusan. 

Sebagai pemilik toko online, kamu harus siap dengan perubahan dan ini waktunya mengambil peluang. Salah satunya yaitu dengan menggunakan mesin pencarian untuk membuat kesan awal brand dan menjadi pertimbangan ketika orang mulai mencari tahu tentang produk kamu.

Maka dari sini bisa diambil kesimpulan ada dua jenis iklan digital yang baik, yaitu dengan iklan melalui media sosial dan melalui mesin pencari yaitu Google. Adapun cara pasang iklan di media sosial adalah melalui Facebook.

Apa Itu Facebook Ads

Facebook Ads adalah media iklan yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens. Terdapat dua bentuk iklan di Facebook, yaitu menggunakan gambar dan video. Selain dari bentuk iklan, ada kategori yang dilihat dari tujuan dan target yang diinginkan apakah untuk awareness (kesadaran), consideration (pertimbangan), dan konversi.

Bagi para pengguna yang ingin beriklan melalui media ini, Facebook memberikan Panduan Iklan Facebook. Dalam panduan tersebut Facebook memberikan rekomendasi cara pasang iklan di Facebook mulai dari desain hingga ingin ditempatkan mana iklan yang akan tayang. Facebook memberikan 14 tempat untuk iklan. Pelanggan bebas memilih menggunakan iklan foto atau video dan penempatannya.

Jenis iklan di Facebook juga ada beberapa macam, yaitu:

  • Iklan Bergambar

Biasanya iklan bergambar digunakan untuk promosi produk. Karena, perhatian orang-orang akan langsung tersedot pada foto atau gambar. Oleh karena itu, gunakanlah foto yang tepat. Apabila produk kamu adalah makanan, buatlah foto produk kamu yang bisa membuat orang tergiur dengan makanan yang kamu jual.

  • Iklan Video

Iklan video bisa juga menarik calon pelanggan kamu. Karena dinamis dan tidak membosankan. Untuk durasi iklan video minimal 16 detik, maksimal satu menit. Karena semakin lama durasinya, maka semakin mahal biaya iklannya.

  • Slideshow

Selain gambar dan video, kamu juga bisa menggunakan slideshow. Durasinya sama dengan video, yaitu 16 detik.

  • Carousel

Carousel mirip dengan slideshow yang menampilkan gambar per slide. Namun, bedanya setiap slide bisa kamu taruh link agar produk kamu dibeli. Biasanya iklan menggunakan carousel untuk menjual banyak produk dalam satu iklan.

  • Instant Experience

Berbeda dengan jenis Facebook Ads sebelum-sebelumnya, instant experience dibuat untuk mengoptimalkan promosi pada seluler. Dengan iklan ini, target audiens kamu akan mendapatkan iklan yang lebih interaktif. Iklan Instant Experience mirip dengan fitur stories di Instagram, karena audiens bisa melakukan swipe, menggeser gambar, hingga menonton video. 

Apa Itu Google Ads

Google Ads merupakan layanan iklan berbayar yang difasilitasi oleh Google. Iklan selain tampil di mesin pencari juga tampil di seluruh website yang berafiliasi dengan Google Adsense. Ada tiga target yang bisa dipilih dalam beriklan melalui Google Ads, yaitu:

  • Iklan untuk mencari pelanggan agar bisa datang ke toko fisik kamu (visit your store front)
  • Mengontak nomor telepon kamu (call your business)
  • Berkunjung ke website kamu (take an action on your website)

Beriklan Facebook Ads dan Google Ads Bisa Langsung di LummoSHOP

Jika kamu sudah menjual melalui LummoSHOP, maka kamu tidak perlu repot-repot untuk membuat akun iklan di Facebook maupun Google. Karena LummoSHOP telah membuat mudah cara jualan online dengan memberikan fitur iklan yang terintegrasi dengan akun Facebook dan Google. Dengan fasilitas ini diharapkan website jualan kamu semakin laris dan banyak dikunjungi pelanggan.

Adapun cara pasang iklan di Facebook dan Google Ads melalui LummoSHOP, kamu harus meng-upgrade akun kamu menjadi LummoSHOP Plus. Setelah akun kamu menjadi LummoSHOP Plus, kamu akan mendapat akses ke Dashboard Iklan yang berada di menu Marketing, akan ada pilihan Iklan Facebook dan Google. Selain melalui website, kamu bisa beriklan melalui aplikasi LummoSHOP.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Agar iklan bisa berjalan, kamu harus menghubungkan akun Facebook Business Manager dan Google My Business kamu. Jika kamu belum punya, buatlah akun tersebut, karena tanpa itu kamu tidak bisa beriklan.

Setelah menghubungkan, jangan lupa untuk mengisi saldo iklan, karena dana tersebut diperlukan untuk menjalankan iklan. Disarankan minimal saldo adalah 14 ribu rupiah per hari. Jika sudah mengisi saldo, maka iklan siap dijalankan.

Selanjutnya, buat post dan pilih produk yang mau kamu iklankan. Sebelum membuat post ada yang kamu ketahui. Bahwa ada dua metode kampanye yang bisa digunakan dengan LummoSHOP, yaitu engagement bisa untuk konten organik dan kampanye untuk mencari pengunjung.

Sebagai awalan, kamu bisa pilih campaign “Engagement” lalu pilih konten apa yang ingin kamu iklankan, atau kamu bisa melakukan manual seperti gambar di bawah ini:

Isi semua label yang kosong nama, tipe postingan, salurannya apa hingga jadwal. Kalau sudah, klik selanjutnya, maka akan muncul menu yang akan meminta kamu untuk memasukkan file gambar atau video. Jangan lupa untuk menulis caption, agar pembaca media sosial tertarik

Jika klik tombol selanjutnya, LummoSHOP akan menawarkan lagi. Apakah caption sudah sesuai atau belum. Kalau belum, hendaknya revisi terdahulu, baru dikirim. Setelah klik selanjutnya maka iklan sudah aktif.

Setelah iklan berjalan, kamu bisa melihat hasil iklan seperti apakah ada komentar di iklan kamu dan berapa audiens yang meng-klik postingan iklan kamu.

Itulah cara iklan di Facebook dengan menggunakan LummoSHOP Plus, lalu bagaimana dengan Google Ads?

Caranya hampir sama seperti di atas, kamu hanya tinggal memilih salah satu atau menjalankan keduanya. Namun, sebaiknya antara iklan Facebook dan iklan Google dibedakan kontennya. 

Mengapa begitu? Keduanya mempunyai pangsa pasar berbeda-beda dan settingan iklan yang berbeda juga. Contohnya, headline iklan Google Ads hanya disediakan 30 karakter. Sedangkan untuk isi iklan hanya bisa 80 karakter. Sementara dengan Facebook, kamu dapat memasukkan teks sepanjang 125 karakter atau judul sepanjang 25 karakter dengan keterangan 30 karakter untuk iklan yang dilengkapi link.

Semoga dengan mengetahui cara beriklan Facebook dan Google, penjualan kamu jadi meningkat. Jika di sini ada yang belum berjualan, kamu bisa memulai dengan LummoSHOP. Selain mendapat domain gratis, kamu akan belajar cara buat website jualan. Tunggu apa lagi!