Sering menerima broadcast message baik melalui SMS, WhatsApp, maupun email? Rasanya semua orang pasti pernah menerima broadcast message, yang membedakan adalah pengirimnya, apakah dari brand atau institusi atau personal. Bagi brand atau bisnis, broadcast message adalah salah satu cara ampuh untuk berkomunikasi dengan konsumen.
Lalu, bagaimana caranya membuat broadcast message yang menarik perhatian konsumen? Baca artikel ini sampai habis yang akan mengupas tuntas seputar broadcast message bagi bisnis atau brand.
Apa Itu Broadcast Message?
Pesan siaran atau broadcast message adalah fitur yang memungkinkan pengguna tertentu khususnya pebisnis untuk mengirim pesan dan pengumuman ke grup pengguna yang lebih besar secara sekaligus. Pemilik bisnis atau pengirim bisa memilih langsung siapa yang akan menjadi penerimanya dari daftar kontak.
Bagi bisnis atau brand fitur broadcast message ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, di antaranya adalah:
- Memberi tahu konsumen tentang produk, acara, atau webinar yang akan datang
- Mengumumkan peluncuran produk baru
- Membagikan kode diskon eksklusif atau program promosi lainnya
- Mempromosikan pembukaan toko baru
Jenis-jenis Broadcast Message berdasarkan Channel
Bicara tentang jenis broadcast message, setidaknya ada 4 channel broadcast message. Apa saja?
-
SMS Broadcast
SMS Broadcast adalah metode pengiriman pesan teks ke sejumlah besar penerima yang spesifik untuk geolokasi tertentu. Channel ini menjadi cara yang mudah, meski berbayar karena kamu hanya akan membayar untuk pesan teks yang kamu kirim. Saat ini ada banyak penyedia SMS Broadcast yang menyediakan berbagai paket SMS Broadcast sesuai kebutuhan pebisnis.
-
Broadcast Email
Broadcast email atau email blast adalah aktivitas mengirimkan email kepada banyak penerima pada waktu yang bersamaan. Cara ini tidak membutuhkan biaya yang besar, mengingat saat ini tersedia berbagai layanan email blast gratis tentunya dengan keterbatasan fiturnya. Kalau kamu sudah memiliki database email konsumen, tak ada salahnya menggunakan broadcast email untuk menyampaikan pesan kepada konsumen.
-
Broadcast Messenger
Broadcast messenger adalah pesan satu kali yang dikirim ke orang-orang yang ada di daftar Messenger bisnis atau brand kamu. Biasanya broadcast ini digunakan di media sosial khususnya Facebook. Ada tiga jenis broadcast messenger yaitu non-promosi, promosi dan follow-up broadcast yang memberikan kesempatan terakhir untuk mengingatkan konsumen tentang promosi yang kamu sebarkan.
-
Multiple Channel Broadcast
Broadcast jenis ini memungkinkan kamu untuk melakukan cross-post atau posting silang pengumuman atau informasi untuk dibagikan ke beberapa channel sekaligus.
Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.
Mengapa Bisnis Harus Menggunakan Broadcast Message?
Ada 3 alasan mengapa pemilik brand atau bisnis sebaiknya melirik broadcast message sebagai salah satu strategi digital marketing. Simak penjelasannya berikut ini, ya.
-
Konten yang kaya untuk pengalaman yang menyenangkan
Sebagai bisnis atau brand, sebaiknya libatkan konsumen dengan konten yang lebih kaya dan lebih menarik. Dengan broadcast messages memungkinkan kamu untuk menulis pesan yang lebih panjang dan melampirkan gambar. Ini akan membuat pesan kamu menjadi lebih menarik perhatian konsumen.
-
Penargetan yang lebih baik
Dengan broadcast messages memungkinkan brand atau bisnis untuk melakukan personalisasi pesan ke daftar konsumen tertentu sesuai dengan minat atau kebutuhan tertentu. Harapannya tentu saja menciptakan pengalaman positif baik untuk konsumen atau calon konsumen bisnis kamu. Mengapa? Karena mereka akan menghargai bahwa bisnis kamu mengenal dan memahami mereka.
-
Harga yang terjangkau untuk dampak yang lebih besar
Broadcast messages memiliki dampak positif yang besar pada konsumen kamu dengan biaya yang lebih rendah. Bagi bisnis, melakukan penghematan banyak uang tapi mendatangkan dampak yang besar tentu lebih menarik. Apalagi dengan broadcast messages memungkinkan brand atau bisnis kamu untuk melakukan lebih banyak interaksi dengan konsumen.
Cara Membuat Broadcast Message yang Menarik
Setelah tahu jenis dan manfaat broadcast messages bagi bisnis, selanjutnya kita akan bahas cara membuat broadcast message yang menarik perhatian konsumen yang tentu saja akan berdampak pada konversi atau penjualan. Meski tak mudah, tetapi cara membuat broadcast messages ini bisa dilakukan oleh bisnis atau brand apa pun.
-
Pastikan pesannya singkat tapi atraktif
Ketika konsumen atau calon konsumen memberikan kontak mereka ke brand atau bisnis kamu, artinya mereka telah menyerahkan kepercayaan untuk menghubungi brand atau bisnis kamu. Nah tugas kamu selanjutnya adalah jangan menyalahgunakan kepercayaan mereka.
Oleh sebab itu, salah satu cara membuat broadcast messages adalah buatlah pesan yang menarik dan singkat. Kalimat pertama adalah kunci. Berikan penawaran yang menarik atau informasi relevan yang benar-benar mereka butuhkan. Pasalnya kamu bisa saja kehilangan kepercayaan dari konsumen dengan mengirimkan teks berkualitas rendah, yang berujung pada meningkatkan penolakan dan mengurangi database kontak brand atau bisnis kamu.
-
Tambahkan media
Hanya karena membuat pesan tetap singkat tapi tidak berarti pesan yang kamu sampaikan jadi membosankan. Oleh sebab itu, gunakan media seperti gambar dan emoji untuk membumbui pesan agar menjadi lebih menarik. Hal ini berlaku baik untuk broadcast email, SMS broadcast maupun multiple channel broadcast. Pesan MMS lebih mahal daripada teks standar, tapi dipercaya bisa meningkatkan engagement hingga penjualan.
-
Gunakan personalisasi
Jika sebelumnya kamu telah mengumpulkan informasi dari database kontak konsumen, maka pergunakanlah untuk mempersonalisasi broadcast message. Personalisasi pesan adalah salah satu cara membuat broadcast messages yang terbaik di mana kamu dapat menyesuaikan pesan dengan menambahkan nama kontak, kupon yang dipersonalisasi, atau mengutip pembelian terbaru mereka.
Dengan personalisasi akan membantu menarik perhatian pembaca dan akan membantu teks menonjol dari pesan kompetitor yang mengandalkan message yang sama kepada semua orang.
-
Siapkan customer service
Yang harus kamu ingat bahwa broadcast message adalah channel percakapan di mana bisnis atau brand menjalin hubungan yang lebih personal dengan penerima. Oleh sebab itu, sebelum kamu mengirimkan broadcast messages apa pun channel-nya, pastikan kamu sudah memiliki layanan customer service yang siap menjawab pertanyaan atau masalah apa pun yang akan diajukan oleh konsumen kamu.
-
Lacak dan monitor indikator KPI
Ingatlah untuk menetapkan metrik SMS kesuksesan broadcast messages sebelum mengirimkan kepada konsumen. Jangan lupa juga ukur hasilnya, untuk melihat mana konten yang memberikan hasil terbaik, terburuk, dan perbaikan strategi yang harus dilakukan.
Praktik Terbaik Broadcast Message
Setelah tahu cara membuat broadcast messages, tak ada salahnya kalau kamu mengetahui praktik terbaiknya sebagai panduan untuk menjalani strategi broadcast message.
-
Jelaskan program brand atau bisnis kamu
Orang harus tahu persis apa yang mereka harapkan sebelum berlangganan broadcast messages dari bisnis atau brand kamu. Buat informasi yang jelas dan jelaskan apa harapan atau tujuan dari broadcast message-nya. Tidak harus rumit. Cukup tulis satu atau dua kalimat tentang apa yang mereka daftarkan. Misalnya, konsumen akan mendapatkan informasi promo, update produk, dan sebagainya bila berlangganan broadcast message brand atau bisnis kamu.
-
Jangan mengirimkan broadcast message terlalu sering
Siapa pun rasanya tak ingin menerima broadcast messages setiap hari karena sangat mengganggu dan terasa seperti spam. Oleh sebab itu, terdapat rekomendasi untuk setidaknya mengirimkan 2 hingga 6 broadcast messages setiap bulan. Pasalnya bila lebih dari itu, konsumen akan merasa terganggu dan bisa berdampak pada peningkatan jumlah unsubscribe broad message bisnis kamu.
-
Kirim pesan selama jam reguler
Perhatikan jam berapa kamu kirim broadcast messages, selalu kirim di jam reguler atau jam normal. Selalu jaga etika dan bersikaplah sopan kepada konsumen untuk tidak mengirimkan broadcast messages di jam mereka beristirahat. Selain mengganggu, dari perspektif keterlibatan, akan jauh lebih kecil kemungkinannya bagi orang yang dituju untuk mengambil tindakan setelah membaca broadcast message dari kamu.
Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.
Itu tadi pembahasan seputar broadcast message mulai dari definisi, manfaat, cara membuat broadcast messages hingga praktik terbaiknya. Semoga dapat menginspirasi untuk mulai menjalankan strategi broadcast message bagi bisnis atau brand kamu. Selamat mencoba, ya!