fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Cara Membuat Produk Custom dengan Bisnis Model D2C

Globalisasi telah membuat banyak perubahan termasuk dalam produksi produk di seluruh dunia. Bahkan dengan dimulai munculnya Amazon dan berbagai website marketplace, cukup klik tombol dan produk sudah sampai di depan pintu pembeli sebelum mereka menyadarinya. Apalagi sekarang hampir setiap komoditas dapat dijual secara bisnis online dan berkembang pesat. Brand-brand besar yang memiliki produk berkualitas bersaing dengan kompetitor pasar dan melakukan serangkaian langkah guna menjual produk apa yang disukai pelanggan. 

 

Mengapa Membuat Produk Custom?

Hingga akhir dekade pertama abad ke-21, kemajuan dalam perangkat lunak dan desain telah membuat produk custom mudah dan layak dari sebelumnya. Sekarang, para pelanggan dapat mempersonalisasi warna produk, desain, fungsionalitas, dan fitur tambahan langsung dari toko online. Dengan cara ini, tidak hanya produk yang dibuat khusus yang disukai, tetapi juga unik. Dengan adanya produk custom telah memungkinkan situs web eCommerce untuk menarik lebih banyak pelanggan sehingga membuat mereka senang dan puas. 

Berikut beberapa alasan mengapa adanya produk custom:

Unik dan Jarang yang Sama

Sebagian pelanggan atau konsumen ada yang tidak ingin produk yang ia pakai sama dengan yang lainnya. Misalnya, bila melihat ada baju yang sama dengan ia pakai. Saat itu juga malu dan mencari cara agar apa yang ia pakai tidak dilihat orang yang memakai pakaian yang sama. Apakah kamu pernah merasakan seperti itu? Rasanya pasti kesal, malu ingin membuka pakaian itu secepatnya. 

Itulah kelemahan produk massal, bahwa banyak yang mempunyai barang yang dibeli. Berbeda apabila produk custom, keunikannya adalah kamu bisa memiliki orang yang tidak punya.

Lebih Personal

Salah satu adanya produk custom adalah karena personal seseorang. Sisi personal dimaksud di sini adalah dengan membeli barang custom, orang yang diberikan akan merasa senang. Ada unsur emosional di sini. Contoh, seperti jika kamu ingin memberikan pasangan kamu sebuah mug bertuliskan tanggal jadian atau anniversary pernikahan kalian, belum tentu kamu dapat menemukan mug tersebut. Kemungkinan jarang ada orang yang mempunyai ketertarikan seperti itu yang mendorongnya untuk memproduksi massal mug dengan tulisan tanggal tersebut dan dijual untuk umum. Di sinilah salah satu tujuan jasa mug custom hadir, untuk membuatnya lebih personal bagi pelanggannya

Tidak Ada Persaingan Harga

Karena menjual produk custom maka tidak akan ada persaingan harga seperti produk yang diproduksi massal untuk dijual. Dalam harga jual, produk custom tidak ada patokan baku untuk produk sejenis.

Berkualitas

Jika ditanya kualitas, baik produk custom dan produk massal itu relatif. Yang membedakan kualitas produk custom disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran. Sedangkan produk massal kualitasnya ditentukan oleh perusahaan yang menjualnya. 

 

D2C untuk Produk Custom

D2C (direct to consumer) adalah model bisnis yang mengeliminasi berbagai perantara atau pihak ketiga, seperti grosir, distributor, retailer, reseller, dropshipper, sehingga produsen menjual langsung ke konsumen. Terlebih lagi produk custom harus disesuaikan dengan permintaan khusus dari konsumen yang disampaikan ke penjual.

Pada model bisnis ini, sebagai gantinya, pebisnis biasanya memanfaatkan kekuatan pelanggan dan website untuk menjual produk mereka langsung ke konsumen. Sebagian besar perusahaan yang menggunakan metode D2C menjual produknya melalui berbagai platform digital seperti sosial media dan situs perusahaan.

Strategi produk custom dengan D2C sangat efektif untuk mempromosikan pengalaman dan kepuasan kepada pelanggan. Sebagian besar pelanggan dapat menerima produk yang di-custom seperti yang mereka inginkan. Cara lain custom produk adalah memberi opsi untuk memilih paket yang akan mereka terima, apakah dengan kertas kado, hampers dan sebagainya.

Dengan cara ini, kamu bisa membangun loyalitas pelanggan dengan memasukkan produk custom dalam kategori penjualan di website. Mengapa? Karena ketika mereka terpuaskan membeli produk custom di website kamu, mereka akan balik lagi membeli. Apalagi ini menjadi pembeda di antara para kompetitor kamu, tidak hanya pelanggan, tetapi juga klien menjadi loyal dan kamu bisa mengembangkan bisnis.

Jika pelanggan menjadi loyal, efeknya mereka akan merekomendasikan produk custom kamu ke teman dan kerabat mereka. Dan terjadilah pembelian berulang.

Oleh karena itu, dalam produk custom kamu harus ada banyak opsi menarik yang ditawarkan agar dapat memilih dengan sukacita, seolah turut berkontribusi dalam pembuatan. 

Namun, ada yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan produk custom, bahwa setiap pelanggan berbeda. Baik kamu memiliki toko fisik maupun online, kamu harus ketahui bahwa setiap pelanggan memiliki kebutuhan dan preferensi yang berbeda. Dengan memahami hal ini dapat mengembangkan produk yang cocok untuk banyak orang. 

Perlu dicatat, produk custom tidak cukup terlihat menarik dari kualitas saja. Melainkan bagaimana kamu menerjemahkan kisah pelanggan dalam pesanannya. Itulah yang membuat sebuah produk custom istimewa. 

Bisa dikatakan, produk yang dijual khusus adalah sebuah strategi yang hebat karena membuat pelanggan merasa dihargai dan lebih bahagia. Ingat, pelanggan yang puas akan kembali membeli produk kamu terus-menerus. 

Keuntungan lain ketika kamu menerapkan produk custom adalah, kamu akan mendapatkan data pelanggan, seperti tren dan kebiasaan mereka membeli. Dengan mengetahui hal ini, kamu bisa melakukan efesiensi dalam strategi pemasaran. 

Kamu juga bisa mengembangkan dari data tersebut wawasan pelanggan. Dengan ini, kamu mempunyai keunggulan dengan kompetitor. Kamu dapat menggunakan informasi untuk membuat inovasi produk sesuai kebutuhan dan harapan pelanggan di masa yang akan datang. 

Kamu bisa belajar tentang produk custom dari beberapa brand atau perusahaan berikut ini:

Nike

Siapa yang tidak mengenal Nike. Perusahaan sepatu yang berasal dari Amerika Serikat. Menariknya, Nike adalah perusahaan yang selalu meminta ide dari pelanggannya sebelum membuat sepatu. Bahkan Nike membuat link website sendiri agar pelanggan bisa membuat produk custom-nya


Source: Nike

Sepatu yang disesuaikan dijual dimulai US$100. Nike tidak hanya meningkatkan penjualan mereka tetapi juga mendapatkan pelanggan untuk inovasinya di industri sepatu.


Source: Nike

Nissan

Merk mobil asal Jepang ini telah menawarkan para pelanggannya untuk membuat model mesin, interior dan eksterior kendaraan sendiri. Jika kamu masuk ke nissanusa.com dan memilih build & price, kamu bisa memilih mobil Nissan mana saja yang ingin kamu custom.


Source: Nissan

Nutella

Tidak hanya produk mahal seperti mobil, sepatu, produk selai untuk roti dengan merk Nutella juga melakukan produk custom pada strategi pemasaran mereka. Dengan ini, memungkinkan pelanggannya untuk menambahkan nama mereka ke toples. Ketika mereka memperkenalkannya di pasar, orang-orang menyukainya. Pelanggan mulai membagikan produk dengan nama mereka dan ini sempat viral di media sosial. 


Source: Nutella

Itulah penerapan bisnis model D2C untuk produk custom. Jadi sangat penting kamu menerapkan produk custom ke bisnis online kamu. Karena dengan cara ini, kamu bisa menarik konsumen dan meningkatkan penjualan dengan pengalaman belanja yang membuat mereka bahagia. Ini juga dapat meningkatkan peluang retensi pelanggan untuk terhadap bisnis kamu. Sebelum memulai jualan produk custom, pastikan kamu sudah mempunya katalog online-mu sendiri sebagai referensi bagi konsumen yang ingin memesan. Jadi tertarik untuk mencoba produk custom? Kamu bisa mulai berjualan dengan LummoSHOP.