fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

9 Cara Menambah Viewer YouTube Video Brand Milikmu

Cara Menambah Viewer Youtube

Jasa content creator tampak marak pada era digital seperti sekarang. Terlebih sejak pandemi COVID-19 melanda, banyak orang terpincut untuk menjadi seorang content creator yang mendulang banyak rupiah maupun dollar. Meski ternyata tak semuanya paham bahwa untuk mencapainya butuh effort yang tak main-main.

Seseorang perlu melalui banyak persiapan untuk menjadi seorang content creator. Mulai dari teknik public speaking, pembuatan naskah, peralatan yang memadai, serta kemampuan editing video yang mumpuni. Belum lagi harus memikirkan judul yang mengandung SEO sehingga mudah ditemukan dalam pencarian. Seseorang tak bisa mempelajari semua itu hanya dalam satu malam saja.

Paham akan kondisi ini, para content creator senior mulai membuka jasa content creator untuk membantu mereka yang tertarik menjajal dunia media sosial, khususnya YouTube. Tarifnya pun beragam, bergantung dari benefit apa saja yang diterima oleh pelanggan.

Apa itu Jasa Content Creator?

Sesuai dengan namanya, jasa content creator adalah mereka yang menyediakan jasa untuk membuat sebuah materi yang akan tayang. Bisa untuk konten Instagram yang membutuhkan isi serta tampilan visual yang ciamik, maupun Youtube yang lebih kompleks karena membutuhkan banyak teknik.

Mengapa muncul kebutuhan akan jasa content creator? Karena untuk menarik viewer, butuh konten yang kreatif, beragam dan inovatif, konsep warna yang jelas, serta voice over yang enak terdengar. Jika ketiga hal itu tidak terpenuhi, maka sudah barang tentu video yang telah upload akan sepi pengunjung.

Seorang penyedia jasa content creator sudah pasti memiliki kemampuan untuk membuat suatu video yang berpotensi memiliki traffic yang tinggi. Mereka akan menggunakan berbagai trik untuk mengoptimasi video dengan memaksimalkan SEO dan keyword. Dampaknya, suatu channel tidak hanya memiliki konten yang berkualitas, tetapi juga mampu mengundang pengunjung karena muncul di bagian atas pencarian.

Melansir Kompas.com, YouTube merupakan mass marketing platform. Bila seorang youtuber memiliki massa jutaan, maka akan semakin meningkatkan nilai jual konten-kontennya. Jika si youtuber mempromosikan produknya sendiri, maka bayangkan bagaimana besarnya transaksi jual beli yang berlangsung?

Namun, kembali lagi, semua itu hanya akan menjadi angan-angan jika video yang telah tayang tidak memenuhi standar dari penonton. Di sinilah jasa content creator hadir untuk menjawab kegundahan itu.

Jasa Apa Saja yang Disediakan?

Terjun ke dunia yang sebelumnya masih asing memang bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu pelajari dan kamu lakukan. Nah, dari titik inilah peran penyedia jasa content creator muncul.

Mereka menjual jasa pembuatan video dengan tampilan yang telah melalui proses edit, naskah script, serta voice over profesional. Selain itu, mereka juga mengurus optimasi Youtube dengan memaksimalkan SEO, keyword, hashtag, thumbnail dan judul yang mengundang banyak klik. Namun, dengan konten yang menarik dan informatif.

Beberapa paket jasa juga menawarkan hingga proses monetisasi, sehingga klien bisa langsung merasakan penghasilan lewat channel YouTube-nya. Tentu saja hal ini harus melalui proses evaluasi dari kedua belah pihak dan YouTube sebagai penyedia adsense.

Cara Menambah Viewer Youtube

Bagaimana Cara Kerjanya?

Tak ingin main-main dalam menjalankan usahanya, penyedia jasa content creator juga harus memiliki kemampuan komunikasi dengan klien. Kemampuan ini tertuangkan melalui cara kerja mereka. Berikut step by step-nya :

  1. Klien menghubungi penyedia jasa dan menentukan paket jasa.
  2. Penyedia jasa akan berdiskusi dengan klien untuk menggali minat dan bakat. Salah satu tujuannya untuk menentukan niche yang tepat. Namun, jika klien berasal dari sebuah brand tertentu, maka klien yang akan memberi tahu tentang profil brand, target, pengetahuan tentang produk, dan hal lainnya.
  3. Penyedia jasa akan memberikan ide konten dan melakukan riset untuk video yang menarik.
  4. Lalu melakukan proses produksi video sesuai dengan kesepakatan.
  5. Kemudian mengoptimasi konten agar mudah muncul dalam mesin pencarian Youtube.
  6. Penyedia jasa lalu melanjutkan produksi video sesuai dengan kesepakatan awal.
  7. Evaluasi hasil analytics. Jika sudah memenuhi syarat monetisasi, maka penyedia jasa akan membantu prosesnya.

Ketujuh langkah di atas merupakan langkah yang umum terjadi dalam kerjasama pembuatan konten. Setiap penyedia jasa bisa jadi memiliki kebijakan yang berbeda-beda, sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Berapa Tarif Jasanya?

Melansir dari ratakan.com, tarif untuk 10 video YouTube tanpa model, voice over profesional, free script video profesional, dan free voice over adalah Rp3,5 juta. Sementara berdasarkan portal projects.co.id, video dengan durasi 5-10 menit yang berisi voice over berbahasa Indonesia dan menggunakan video fair usage alias bebas klaim copyright, banderol harganya mulai dari Rp150 ribu.

Dari kedua contoh tersebut, terlihat bahwa menjadi penyedia jasa content creator cukup menguntungkan. Apalagi, jika pekerjaanmu selama ini memang content creator yang terbiasa membuat video. Maka, mengikuti keinginan klien bukanlah sesuatu hal yang sulit.

Tarif ini tentu berbeda jika kamu melakukan kerjasama dengan perusahaan. Dengan permintaan konten yang kompleks dan durasi video yang lebih panjang, maka bukan tidak mungkin kamu akan memperoleh penghasilan yang lebih besar.

Sebagai pekerja kreatif, kamu bisa memasarkan keahlianmu ini melalui platform freelance seperti sribu.com, sribulancer.com, freelancer.com, projects.co.id dan lainnya. Namun, jika ingin terlihat lebih profesional, kamu bisa membangun personal branding dengan hadir di berbagai platform media sosial dan membuat landing page. Selain mudah dikenal, penghasilanmu juga utuh. Tidak terpotong oleh pihak ketiga.

Bekerja di industri kreatif memang menguntungkan. Meski memiliki rate tertentu, tetapi nilainya bisa sangat beragam. Bergantung dari bagaimana usaha kamu untuk terus upgrade kemampuan. Apalagi di era digital seperti sekarang, berbondong-bondong orang ingin berkecimpung ke dunia ini dan banyak dari mereka yang juga tanpa bekal kemampuan. Maka sebagai penyedia jasa content creator, kamu bisa hadir sebagai jembatan mereka agar bisa berkembang dalam industri ini.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangSecondary Button

Meraup Keuntungan Menjadi Jasa Content Creator di YouTube

Banyaknya orang yang beralih ke dunia digital menandakan adanya prospek cerah pada bisnis jasa content creator. Keahlian para penyedia jasa ini memang memberikan dampak yang cukup signifikan pada perkembangan suatu channel YouTube. Tak heran jika banyak youtuber pemula dan perwakilan suatu perusahaan mencari jasa content creator untuk mengelola channel-nya.

Ryan Gondokusumo selaku Founder dan CEO Sribu, sebagaimana melansir dari wartaekonomi.com, menyatakan bahwa potensi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia sangatlah besar. Karena itu banyak orang yang ingin beralih ke bisnis ini. Hanya saja, mereka tidak memiliki skill terkait pemasaran digital dan pembuatan konten.

Bagi sebuah perusahaan, fungsi dari channel YouTube salah satunya sebagai upaya membangun brand awareness. Dengan adanya konten yang berkaitan dengan brand mereka, maka masyarakat akan semakin familiar dengan brand tersebut. Jika sudah begitu, maka mudah saja bagi konsumen untuk melakukan transaksi jual beli.

Karena itu, tak heran jika kini banyak perusahaan besar yang membuat film pendek di YouTube. Kisahnya pun tidak sembarangan. Meski terdapat unsur iklan, namun penonton tidak merasa tengah menjadi target jualan. Dengan begitu, harapannya brand awareness akan lebih mudah terbangun.

Semua ini tentu tidak lepas dari keahlian content creator untuk membuat video kreatif yang bisa meningkatkan branding perusahaan. Nah, karena branding ini adalah suatu proses yang seharusnya terus-menerus, maka sudah pasti jasa content creator YouTube akan terus terpakai.

Tertarik, menjajal menjadi content creator? Kami akan melanjutkan tips dan mengulas lebih dalam lagi. Bagaimana agar video yang dibuat dapat mendulang banyak penonton.

Cara Menambah Viewer Youtube

Manfaat Banyak Viewer untuk Bisnismu

Di antara subscriber dan viewer biasanya memang tak selalu seimbang. Namun, menambah viewer untuk channel bisnismu dapat menarik mereka untuk menjadi subscriber-mu. Dengan demikian, mereka akan selalu mendapatkan konten ter-update dari channel-mu.

Beberapa manfaat banyak viewer untuk bisnismu di antaranya:

  • Awal Mula Kesuksesan Bisnis

Masih menurut Statista, ada 300 video lebih diunggah setiap menit. Ini seharusnya menjadikan kamu lebih memiliki effort yang kuat untuk membuat video dengan konten menarik dan membuat audience berhenti scrolling.

Dengan bertambahnya view pada channel-mu, kamu bisa mengembangkan strategi pemasaran digital yang lebih baik dan membuat perhatian viewer benar-benar tertuju pada produk atau jasa yang kamu tawarkan.

  • Menggiring Traffic Menuju Website

Viewer berarti orang yang tertarik dengan kontenmu. Saat kamu menyematkan link di dalam videomu atau di dalam deskripsi pada kolom caption, viewer yang sangat tertarik dengan brand-mu, akan mengunjunginya. Link yang biasa disematkan adalah official website atau official store. Dengan begitu, traffic website-mu juga akan terbantu dari YouTube marketing.

  • Performa Search Engine Optimization (SEO) yang Lebih Baik

Seperti yang semua orang tahu, Google telah mengakuisisi YouTube sejak 2006. Tak heran jika hasil pencarian di mesin pencari yang kebanyakan mengandalkan Google, YouTube dapat terdeteksi dengan baik. Viewer video yang banyak akan memengaruhi performa SEO di hasil pencarian mesin pencari.

  • Membuat Reputasi Bisnismu Meningkat

Makin banyak view dari video yang kamu unggah, maka reputasi dari brand-mu akan semakin naik. Hal ini menunjukkan, bahwa banyak audiens yang tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Harapannya, saat ada yang memutuskan ingin membeli suatu produk dari brand-mu, mereka akan merasa yakin dan tidak ragu-ragu lagi.

Cara Menambah Viewer YouTube

Setelah kamu tahu tentang manfaat apa saja yang kamu dapatkan saat memperoleh banyak viewer, saatnya kini kamu tahu tentang cara menambah viewer YouTube yang bisa kamu coba untuk bisnismu. Berikut 9 caranya:

Kenali Audience dan Buat Konten Menarik yang Sesuai

Cara pertama adalah dengan mengenali audience yang ingin kamu dekati lebih dulu. Karena tak mungkin sebagai pebisnis yang mengelola YouTube marketing, kamu membuat video untuk semua orang. Kamu bisa menyesuaikan dengan target market-mu secara umum dalam bisnis, lalu kembangkan konten yang menjawab kebutuhan mereka.

Kamu juga bisa riset dari channel atau konten yang serupa denganmu untuk mengambil inspirasi. Setelahnya, tentukan konten apa saja yang akan kamu buat, dan pastikan kemasannya menarik. Sebab, konten menarik memang kunci dalam cara menambah viewer YouTube. Hidupkan nilai dari brand bisnismu di dalam konten, dan tentukan tujuanmu, misalnya, untuk kebutuhan edukasi, hiburan, atau tutorial.

Membuat konten menarik juga bisa terdiri atas:

  • Viral Content: Konten yang viral dan sedang hits, bisa kamu hubungkan dengan produk atau jasamu. Misalkan, saat ramai orang-orang membicarakan film Layangan Putus, semua brand berlomba-lomba menghubungkan produk atau jasanya dengan hal viral tersebut.
  • Long Lasting Content: Konten yang bisa untuk konsumsi kapan pun atau timeless. Misalnya, tentang tutorial, atau hal-hal yang dekat dengan daily life konsumenmu.

Bisa juga, kamu tambah referensimu untuk menciptakan konten menarik dengan menelusuri tren yang sedang hangat. Kamu juga bisa menggunakan alat bantu seperti Google Trends. Lalu sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Riset Keyword

Setelah mendapatkan kunci utamanya, saatnya melakukan langkah teknis cara menambah viewer YouTube. Kamu bisa memulai dari riset kata kunci atau keyword. Untuk beroleh keyword, kamu bisa mencari di kolom pancarian dan memposisikan diri sebagai calon konsumen. Dengan begitu, kamu bisa melihat video apa saja yang menjadi trending dan sedang mengundang banyak peminat.

Kamu juga bisa menggunakan Google Keyword Planner sebagai alat bantu. Di sana, kamu bisa meneliti kata kunci apa yang banyak dicari pengguna sekaligus penonton YouTube. Dari situlah, kamu bisa merancang kata kunci yang tepat untuk videomu yang juga diimplementasikan ke tag video, judul, dan juga deskripsi.

Buat Judul yang Menarik

Jangan lupakan kekuatan judul. Biasanya, audiens akan memutuskan memutar video atau tidak karena membaca judulnya. Namun, perlu diingat, hindari clickbait yang hanya untuk mengejar sensasi. Buat judul yang relate dengan kontenmu.

Beberapa hal teknis yang bisa kamu terapkan untuk membuat judul, misalnya:

  • Judul Antara 40-50 Karakter

Konon, judul dengan panjang karakter seperti ini merupakan peringkat terbaik di YouTube.

  • Gunakan Tanda Kurung [ ] dalam Judul

Video yang menampilkan unsur tanda kurung seperti di atas menurut penelitian Hubspot, mampu menyumbang 33% traffic dari pengguna yang mengklik judul tersebut.

  • Gunakan Variasi Seperti Angka dalam Judul

Salah satu faktor yang membuat clickable adalah menampilkan unsur angka sehingga orang penasaran akan tips praktis atau cara yang kamu bagikan.

Masukkan Transkrip ke Dalam Video

Cara menambah viewer YouTube berikutnya, yakni dengan memberikan transkrip dari suara yang kamu tampilkan pada video. Transkrip ini juga menbantu robot SEO untuk bisa merekomendasikan videomu di halaman pencarian Google. Jangan lupa untuk menyematkan keyword yang sesuai pada transkrip videomu.

Buat Deskripsi Video yang Membantu Memahami Isi

Catatan berikutnya tentang cara menambah viewer YouTube, yaitu dengan menuliskan deskripsi video yang tepat. Tujuannya, untuk membantu audiens segera mengetahui isi videomu. Alhasil, audience yang tak punya banyak waktu bisa memutuskan menonton karena menganggap isi video sesuai dengan kebutuhan mereka.

  • Gunakan Rumus MVC pada Tag Video

Tag video juga merupakan cara mengoptimalkan SEO video YouTube. Tag akan mempermudah algoritma YouTube membaca tema video. Rumus yang disarankan adalah MVC yaitu main keyword, variation, dan category.

Maksud dari main keyword adalah mencantumkan kata kunci utama. Variation adalah mencantumkan kata kunci variasi dari kata kunci utama. Sementara itu, category adalah cakupan tema besar dari konten tersebut.

Misalnya, saat kamu ingin menambah main keyword-nya adalah memasak menu takjil untuk berbuka, keyword variation-nya bisa tambahkan takjil manis, takjil minuman, takjil berbuka. Untuk keyword category-nya bisa ditambahkan makanan (food), resep makanan (food receipt), atau memasak (cooking).

Buat Thumbnail yang Menarik

Membuat thumbnail merupakan bagian cara menambah viewer YouTube yang sering menjadi pembahasan. Thumbnail memengaruhi audience untuk memutuskan mengklik video yang menarik menurut mereka dari awal tampilannya. Sebaiknya, Thumbnail memilki ciri khas tentang channel-mu dan mencerminkan identitas brand.

Buat Playlist Video

Membuat playlist adalah salah satu cara untuk mempertahankan audiens tetap berada dalam channel-mu. Membuat playlist akan membuat audiens menonton video lainnya yang sudah kamu atur dan masukkan dalam playlist.

Gunakan Cards and Endscreens

Cards merupakan salah satu fitur YouTube untuk bisa menampilkan list video lainnya. Letaknya di sisi pojok kanan atas dan mudah diklik, serta membantu agar tidak bisa memengaruhi jalannya video saat sedang ditonton.

Sedangkan endscreens adalah salah satu fitur YouTube yang membantu menampilkan thumbnail video lainnya, channel, maupun link website di saat akhir video.

Promosikan Konten Video di Media Sosial

Setelah melakukan 9 cara di atas, langkah terakhir dalam cara menambah viewer YouTube yakni dengan selalu membagikan konten terbarumu di media sosial brand bisnismu lainnya. langkah ini cukup ampuh untuk menggiring audiens yang sudah fanatik di channel lain untuk berpindah menjadi viewers YouTube-mu.

Selain itu, kamu juga bisa berinteraksi dengan memasuki grup-grup dengan tema yang sesuai di Facebook, atau di forum lainnya. Berbagilah dengan membuat pertanyaan untuk membangun diskusi dan menyematkan link videomu.

Memang tidak ada cara instan untuk bisa membuat channel mu ramai kunjungan seketika. Namun, 9 cara menambah viewer YouTube di atas akan dapat membantumu menuai manfaat untuk bisnismu jika dilakukan secara konsisten.

Cara Menambah Viewer Youtube

Setelah menjadi content creator dan sukses memiliki jumlah pengikut dan penonton yang tinggi. Siap-siaplah menghadapi masalah yang pasti dialami content creator yakni komentar negatif. Namun, komentar negatif akan bermasalah jika terus-terusan terjadi pada channel Youtube yang digunakan untuk bisnis. Atau jika kamu adalah content creator dengan niche pebisnis.

Kali ini, kami mengajak kamu untuk mengetahui cara membalas komentar di YouTube, terutama jika bisnis kamu memperoleh komentar negatif.

Kenali Pola Pemicu Komentar Negatif di YouTube

Ada dua pola yang memicu seseorang berkomentar negatif di YouTube, yaitu :

Pola Sekedar Berkomentar: pola ini dilakukan oleh non-konsumen. Yaitu mereka yang tidak atau belum menggunakan produk dari brand yang pebisnis miliki. Berikut ini adalah sejumlah alasan yang memicu non- konsumen untuk memberi komentar negatif:

  • Iseng
  • Mencari perhatian viewers lain yang sedang berkomentar. Spam comment terselubung, dengan tujuan khusus seperti memancing perhatian untuk meminta sumbangan.
  • Komentar yang sebenarnya berasal dari kompetitor.

Pola Memberi Review, konsumen dari brand-mu terdorong sejumlah alasan berikut ini ketika memberikan komentar di YouTube yang bernada negatif.

  • Sebagai konsumen yang kecewa atas kualitas dari produkmu.
  • Konsumen yang tidak kecewa, tapi kurang puas karena merasa produk kamu tidak maksimal manfaatnya.
  • Pelanggan yang ingin produkmu semakin berkembang dengan memberikan feedback yang cukup detail.
  • Sebagai konsumen yang sangat loyal pada produk yang kamu miliki dan tidak ingin produk pebisnis kalah dari produk kompetitor.
  • Sebagai kompetitor dan sekaligus menjadi konsumen dengan bertujuan memberikan review negatif.

Dari pola yang sudah kami sebutkan di atas, pebisnis dapat mengidentifikasi social media behaviour dari para konsumen dan calon konsumen ketika menyampaikan komentar di YouTube maupun akun media sosial lain yang pebisnis miliki.

7 Cara Jitu Mengatasi Komentar Negatif di YouTube

Setelah kamu mengetahui pola-pola komentar negatif, kami juga membagikan beberapa tips mengatasi komentar-komentar negatif di YouTube :

Konsisten dalam Penyebutan Konsumen

Sebagai contoh, brand yang kamu miliki, misalnya, bernama Akasia, maka konsumen yang memberikan komentar dapat pebisnis sebut sebagai Kawan Akasia, Sobat Akasia, Akasia Lovers dan sebagainya. Konsistensi ini sekaligus sebagai bentuk engagement yang pebisnis coba bangun dengan konsumen.

Selalu Terapkan Salam dan Sapa, Maaf dan Terimakasih

Sekalipun komentar di YouTube yang disampaikan konsumen adalah komentar dengan nada sarkasme. Pebisnis perlu menetapkan tujuan membangun engagement dengan konsumen adalah to win the customers, bad reviews is a future purchasing.

Berikan Standar pada Respon Terhadap Komentar

Standar respon ini misalnya, menanyakan detail keluhan konsumen, menginformasikan kapan permasalahan konsumen dapat tercepat diselesaikan, menginformasikan kontak customer relation yang dapat dihubungi terkait keluhan konsumen.

Batasi Respon

Pembatasan ini berlaku, misalnya, bila konsumen terkesan bertele-tele dalam membalas komentar kamu. Berikan standar maksimal batasan respon di kolom komentar YouTube. Selebihnya dapat ditindaklanjuti pada kontak customer relation.

Memasukkan Taste Humor

Humor mungkin bisa menjadi pemecah suasana. Namun, kamu perlu berhati-hati jika konsumen dalam situasi hopeless dan kecewa. Bila demikian situasinya, maka kamu perlu fokus untuk mendengarkan keluhan konsumen.

Penggunaan Tata Bahasa

Tata bahasa pada kolom komentar di YouTube sebisa mungkin mengikuti tata bahasa baku, namun tetap perlu mengingat style dari brand yang kamu bawakan.

Batasi Penggunaan Emoticon

Pembatasan ini untuk memberi respon pada komentar negatif di YouTube, penggunaan emoticon yang too much akan membuat konsumen terkesampingkan.

Dengan 7 langkah jitu untuk menghadapi komentar konsumen pada kolom komentar di YouTube, kami berharap pebisnis tidak lagi ragu untuk terus meningkatkan kapasitas layanan terbaik pada konsumen.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangSecondary Button

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya