fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Cara Mendapatkan Centang Biru Akun Instagram Bisnis

Centang biru 01

Centang biru akun Instagram adalah impian banyak orang. Khususnya para pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial ini sebagai sarana pemasaran. Bagaimana tidak, untuk mendapat centang biru Instagram menetapkan sejumlah persyaratan, salah satunya memiliki pengikut lebih dari 10.000. 

Itu kenapa biasanya, akun-akun centang biru di Instagram kebanyakan milik tokoh publik, instansi atau lembaga tertentu, sampai produk bisnis yang cukup punya nama. Centang biru ibarat bentuk ‘penghargaan’ dari Instagram. Semacam Silver Play Button di YouTube. 

Centang biru itu ibarat verifikasi dari Instagram bahwa akun milikmu bukanlah akun penipu atau akun palsu. Artinya, akun yang terverifikasi tentu saja akun yang aman. Ingat, dalam bisnis online, kepercayaan konsumen adalah penting, mengingat mereka tidak bisa mencoba atau memegang barang yang akan mereka beli. 

Apa Arti Centang Biru?

Instagram pertama kali meluncurkan kebijakan verifikasi akun pada tahun 2018. Centang biru menandakan sebuah akun sudah terverifikasi oleh Instagram. Biasanya, Instagram memberikan tanda verifikasi pada akun tertentu yang jumlah pengikutnya lebih dari 10.000. Akun ini bisa akun bisnis, tokoh publik, lembaga atau institusi tertentu yang punya kemungkinan dibuatkan akun palsu oleh oknum tertentu. 

Sehingga jika kamu melihat akun Instagram dengan tanda centang biru dalam bio mereka, artinya akun tersebut ialah akun resmi dari individu, bisnis, atau lembaga tertentu, dan bukan akun palsu atau akun penggemar. 

Jadi wajar kan, kalau banyak pengguna Instagram, khususnya pengguna Instagram bisnis, sangat mengidam-idamkan mendapat verifikasi ini. Karena tanda ini membuat akun atau merek terlihat menonjol, kredibel, sekaligus membantu menghindari peniruan atau penipuan. 

Lewat laman bantuannya, Instagram menjelaskan, bahwa tanda verifikasi ini adalah alat untuk membantu orang-orang menemukan akun asli seorang tokoh publik dan brand. Lambang ini juga bukan simbol otoritas, keutamaan, atau keahlian tertentu. 

Instagram juga menegaskan, bahwa akun yang sudah terverifikasi alias centang biru tidak mendapat perlakuan khusus dari algoritma Instagram. Artinya, kalau memang akun-akun centang biru ini menghasilkan interaksi tinggi, ini murni karena kualitas unggahan mereka yang sesuai dengan target audiens. 

Manfaat Centang Biru

Centang biru 02

  • Tanda verifikasi tersebut membantu merek atau akunmu terlihat eksklusif.
  • Tanda ini melindungi merek milikmu dari risiko penipuan. Ingat, Instagram memberikan tanda verifikasi untuk akun atau merek yang berisiko dipalsukan alias punya follower banyak. 
  • Tanda verifikasi ini bisa meningkatkan kepercayaan para pengikut pada merek bisnis yang kamu tawarkan. 
  • Kebanyakan brand lebih senang merekrut influencer yang sudah centang biru di Instagram.
  • Tanda verifikasi ini memudahkan audiens Instagram menemukan merek atau akun bisnis Instagrammu. 

Situs wordstream.com pernah merilis berita, bahwa secara global ada lebih dari 200 juta profil bisnis menggunakan Instagram pada 2021. Maka memiliki akun yang terverifikasi akan membuat bisnismu menonjol di antara keramaian Instagram. 

Verifikasi berupa akun biru ini memang hanya tanda kecil di akun Instagram. Namun, walau kecil, ia berdampak besar pada bisnis dan kredibiltas akun. Hanya saja, kamu harus mendaftar atau mengajukan permintaan verifikasi melalui akun Instagram bisnismu. 

Cara Mengajukan Verifikasi Akun

  1. Masuk ke profil akun Instagram, lalu pilih Settings atau ketuk tanda garis tiga di bagian kanan atas.
  2. Kemudian pilih menu Account
  3. Lanjut ke Request Verification.
  4. Kemudian kamu harus mengisi sejumlah data dan mengunggah beberapa dokumen sesuai yang diminta, bisa KTP, SIM, atau paspor. 
  5. Kalau sudah lengkap, pilih submit.

Selanjutnya kamu tinggal menunggu apakah akunmu terverifikasi atau tidak. Yang jelas, Instagram menyampaikan tanggapan melalui notifikasi di Instagram, dan tidak mengirim email apalagi menghubungi langsung. Ini dilakukan untuk menghindari penipuan dan pemerasan. 

Hanya saja memang tidak ada jaminan waktu berapa lama kamu menunggu tanggapan dari Instagram. Tapi kalau pengajuanmu ditolak, kamu harus menunggu 30 hari kalau mau kembali mencoba mengajukan permintaan verifikasi. 

Syarat agar akun mendapat verifikasi

Memang benar, siapa saja boleh mengajukan verifikasi akun, tapi tidak semua berhasil mendapat verifikasi. Syarat utama tentu saja, kamu harus mematuhi pedoman komunitas dan ketentuan penggunaan Instagram. Selain itu, akun Instagram milikmu harus memenuhi sejumlah syarat berikut jika ingin mendapat centang biru. 

1. Otentik

Akun haruslah asli mewakili individu, bisnis, merek, atau entitas lain yang keberadaannya nyata. 

2. Tidak diprivate

Pengajuan verifikasi tidak berlaku bagi akun-akun yang di private. Maka kalau kamu mau mendapat centang biru, pastikan akun Instagrammu terbuka untuk publik. 

3. Lengkap

Akun harus memiliki profil berupa bio dan foto yang lengkap, serta aktif. 

4. Unik

Akun mewakili individu atau bisnis yang unik karena Instagram hanya memverifikasi satu akun untuk setiap orang atau bisnis, kecuali akun dengan bahasa tertentu. 

5. Penting

Akun harus mewakili individu, merek, atau entitas yang terkenal dan banyak dicari atau ditelusuri orang. Sedangkan untuk media massa, Instagram akan meninjau konten berita yang diterbitkan. 

Sebagai catatan, sekalipun jumlah pengikutmu lebih dari 10.000 tidak menjamin akunmu akan mendapat verifikasi jika tidak mengajukan permohonan verifikasi dan memenuhi syarat tersebut. 

Selain itu ada banyak alasan mengapa Instagram menolak pengajuan verifikasi. Jadi, kalau kamu mendapat penolakan, cari tahu dulu kira-kira apa yang jadi penyebabnya. Misalnya, melengkapi profil, atau memperbaiki kualitas konten dan interaksi, dan lain sebagainya. Kalau sudah, baru kamu coba ajukan kembali. 

7 tips tingkatkan peluang dapat centang biru

Centang biru 03Semua memang bisa mengajukan verifikasi akun, tapi tidak semua bisa lolos. Sekalipun mungkin kamu memenuhi syarat di atas, tapi tetap berpeluan mendapat penolakan karena Instagram sangat mengedepankan fakta dan data. 

Supaya peluangmu lebih besar, coba ikuti sejumlah tips berikut yang LummoSHOP rangkum dari sproutsocial.com dan hootsuite.com. 

1. Lengkapi bio

Verifikasi pertama Instagram ialah dengan melihat bio Instagrammu. Jadi pastikan kamu mengisi semua informasi di kolom bio. Selain itu, gunakan foto profil yang bagus, dan cantumkan informasi se-akurat mungkin tentang siapa dan apa bisnis yang kamu tawarkan. 

2. Jangan beli verifikasi akun

Banyak lho yang menjual akun sudah terverifikasi atau bot untuk meningkatkan pengikut supaya akun cepat terverifikasi misalnya. Sebaiknya kamu hindari, karena satu-satunya cara mendapat verifikasi yang dengan mendaftar melalui Instagram. 

Lagipula, selain buang-buang uang, kamu bisa dianggap melanggar pedoman komunitas Instagram dan terancam kena sanksi. Lebih baik kamu memikirkan strategi untuk menambah pengikut secara organik, dan menggunggah konten yang berkualitas. 

Walaupun sebenarnya tidak ada korelasi langsung sih menambah pengikut dan unggahan konten pada keberhasilan mendapat verifikasi akun. Ya setidaknya, kalau gagal verifikasi, jumlah pengikutmu justru bertambah. 

3. Pantau akun penipu dan peniru

Kabar baiknya, kalau akun yang meniru merek atau usahamu banyak, maka kemungkinan besar kamu lolos verifikasi Instagram. Seperti penjelasan awal, salah satu tujuan verifikasi ialah sebagai pembeda akun asli dengan peniru atau penipu. 

4. Tetap aktif

Ya mana mungkin Instagram memverifikasi akunmu, kalau unggahanmu tidak konsisten dan rutin. Karena itu, sebaiknya kamu membuat perencanaan konten dan menyediakan foto serta video berkualitas baik. 

Lalu tetapkan waktu unggahan yang tepat dimana pengikutmu paling aktif. Jangan lupa untuk menjaga interaksi dengan audiensmu. Entah dengan menjawab komen, mencari tahu tagar yang relevan, atau mengadakan giveaway misalnya. 

5. Hapus tautan lintas platform di bio

Jika kamu mencantumkan tautan ke kanal YouTube atau Twitter di bio Instagrammu sebaiknya kamu segera hapus. Kecuali jika kamu sudah punya centang biru di Facebook, Instagram pasti akan mengarahkan untuk menautkan ke halaman Facebook. Ini akan membantu untuk membuktikan keaslian akunmu. 

6. Pastikan akunmu mudah dicari

Akun yang terkenal kemungkinan besar akan mendapat verifikasi Instagram. Oleh karena itu, kamu harus berusaha agar akunmu mudah ditemukan. Misalnya dengan menambah pengikut secara organik atau membubuhkan tagar yang relevan pada unggahan. 

7. Unggahan punya ciri khas

Itu kenapa Lummo menyarankan kamu membuat perencanaan konten secara matang. Gunanya supaya kamu punya ciri khas. Artinya, kamu bisa menunjukkan identitas merek lewat gaya visual, penggunaan foto atau video, karakter editing, dan lain sebagainya. Kalau kamu punya ciri khas, menunjukkan keseriusan kamu dalam mengolah konten. 

 

Jujurly pasti ada perasaan bangga kalau akun Instagram bisnis kita terverifikasi. Karena artinya, kredibilitas dan tingkat kepercayaan audiens meningkat. Selain itu, verifikasi jadi semacam konfirmasi bahwa strategi pengembangan konten dan pemasaran lewat Instagram berhasil. 

Tapi sebaiknya kamu sudah punya alasan dan kondisi yang cukup kuat sebelum mengajukan verifikasi akun. Selain itu sekalipun gagal jangan keburu menyerah. Evaluasi, perbaiki, dan ajukan kembali. 

Verifikasi memang penting tapi jangan jadikan ambisi yang membuat lupa pada esensi bisnismu.