fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Cara Menganalisa Performa Produk

Performa produk

Bagi pebisnis manapun, memenuhi dan memahami kebutuhan konsumen merupakan prioritas yang perlu dilakukan sesegera mungkin. Salah satu caranya adalah dengan membuat analisa performa produk. Selain untuk mengevaluasi produk-produk yang telah kamu ciptakan, analisa performa produk bisa membantu kamu dalam menentukan strategi marketing berikutnya. Menganalisa performa suatu produk seringkali terdengar sederhana. Namun, pada praktiknya sebetulnya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam menganalisa performa suatu produk. Untuk lebih jelasnya, mari simak paparan berikut ini.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Apa Itu Performa Produk?

Performa produk merupakan kemampuan suatu produk untuk memberikan manfaat sesuai dengan klaim yang telah ditetapkan oleh pemilik brand. Hal ini berkaitan erat dengan kepuasan konsumen, sebab mereka adalah target utama dari produk yang kamu jual. Untuk mengetahui performa produk dengan sekilas, kamu bisa mulai mencari tahu faktor-faktor apa saja yang membuat suatu produk dapat dikatakan memuaskan.

Sebagai contoh, kamu menggeluti bisnis pakaian. Setelah kamu petakan, produk pakaian yang bagus itu harus memiliki bahan yang berkualitas dan jahitan yang rapi. Jika kedua faktor itu terpenuhi, maka bisa dibilang performa produkmu sudah cukup baik. Terdapat matriks lain yang bisa kamu gunakan untuk mengukur performa produk seperti berikut ini.

Performa produk

  1. Jumlah Penjualan

Bisa dikatakan ini adalah matriks paling sederhana dan paling umum digunakan dalam mengukur performa suatu produk. Sayangnya banyak penjual yang melihat ini sebagai satu-satunya faktor penentu nilai performa suatu produk. Padahal ada faktor lain yang juga perlu diukur karena penjualan hanya menunjukkan seberapa besar ketertarikan pasar pada suatu produk.

  1. Tingkat Kepuasan

    Faktor yang satu ini memang terkesan sulit untuk diukur atau dinilai. Cara paling sederhananya adalah dengan melakukan survey kepuasan pelanggan melalui angket. Lewat jawaban yang pelanggan berikan umumnya dapat memberi gambaran pendapat mereka setelah membeli dan menggunakan produk tersebut. 

Tingkat kepuasan juga dapat dilihat dari ulasan dan penilaian yang diberikan pada halaman toko online atau pada akun media sosial pribadi pelanggan. Dari sana akan jauh lebih mudah untuk kamu menilai apakah produk tersebut memiliki performa yang baik atau tidak. Karena penjualan saja tidak cukup. Jika produkmu tidak memberikan kepuasan yang baik maka akan memperkecil kemungkinan pelanggan untuk melakukan pemesanan kembali.

  1. Jumlah Pemesanan Kembali

    Yang dilihat pada bagian ini adalah seberapa banyak seorang pelanggan melakukan pemesanan kembali pada produk tersebut. Hal ini sebetulnya perlu dilihat dari dua sisi. Sisi pertama adalah bahwa pemesanan kembali dilakukan karena pelanggan merasa puas dengan produk tersebut. Di sisi lainnya, bisa juga terjadi pemesanan kembali karena kualitas produk tidak baik sehingga mudah rusak yang pada akhirnya membuat pelanggan harus berulang kali memesan produk yang sama.

Pentingnya Analisa Performa Produk

Membuat suatu produk tentu memerlukan waktu, tenaga, serta riset secara mendalam. Namun, apakah ketika produk selesai dibuat tandanya menjadi akhir dari perjalanan bisnismu? Tentu saja tidak. Malahan, kamu perlu menerapkan yang namanya trial dan error. Hal ini berguna untuk mengetahui kekurangan-kekurangan dari produk yang sekiranya bisa kamu perbaiki. Dengan begitu, konsumen akan merasa puas dan kebutuhannya terpenuhi saat mereka menggunakan produkmu. Memang tidak ada produk yang 100% sempurna, namun tak ada salahnya untuk terus mengembangkan produkmu ke arah yang lebih baik.

Contohnya saja kamu adalah seorang pebisnis kue kering yang baru saja selesai membuat varian produk baru, sebut saja kue nastar. Selama proses pembuatan produk, kamu sangat yakin kalau konsumen akan suka dan ketagihan dengan kue nastar buatanmu. Namun saat kamu merilis produk kue tersebut ke pasaran, justru banyak konsumen yang komplain karena rasanya yang kurang gurih. Nah, dari sini kamu bisa tahu bahwa performa produk kue nastar milikmu tidak sesuai dengan ekspektasi.

Performa produk

Menganalisa Performa Produk Berdasarkan Data

Setelah mengetahui cara dan pentingnya analisa performa produk, kamu juga perlu tahu bahwa dalam menganalisa performa produk harus berdasarkan data yang valid. Di era masifnya penggunaan internet seperti sekarang, peranan data menjadi cukup krusial bagi para pebisnis. Pasalnya, data-data tersebut biasanya berisi informasi atau insight baru yang belum tentu bisa ditemukan di tempat lain.

Data yang disunting dari Liputan6 menurut BPS (Badan Pusat Statistik), ada sekitar 47,75% pebisnis yang sudah memanfaatkan teknologi dan informasi untuk pemasaran online dari sebelum pandemi. Artinya, para pebisnis tersebut sudah mulai sadar akan pentingnya data bagi kelangsungan bisnis mereka. Meskipun demikian, tidak semua data bisa kamu gunakan untuk bisnismu, ya. Kamu harus menentukan dulu tujuan pengembangan bisnismu akan ke arah mana. Barulah kamu bisa memilah-milah data yang sekiranya relevan untuk bantu mencapai tujuan tersebut. Selain itu, data yang kamu dapatkan juga harus dianalisis terlebih dulu. Karena sekumpulan data mentah tanpa adanya analisis tidak bisa disebut sebagai informasi. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Di LummoSHOP kamu bisa mendapatkan beberapa data ini dengan mudah. Data penjualan keseluruhan tercatat rapih di dalam aplikasi dan dapat diakses kapan saja. Yuk, gunakan LummoSHOP untuk berjualan online lebih baik!

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website