fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Cara Menggunakan Fitur Integrasi Iklan di LummoSHOP Plus

Website toko online dan media sosial adalah 2 hal yang saling berhubungan dalam membangun bisnis online. Agar proses branding toko online-mu dapat lebih maksimal, kamu perlu memanfaatkan salah satu fitur di LummoSHOP Plus yaitu fitur integrasi iklan. Fitur yang bernama lengkap “Integrasi Iklan Google dan Media Sosial” ini memiliki peran penting untuk menargetkan potensi pasar dengan lebih mudah. Sehingga promosi bisnis kamu menjadi lebih efektif dan efisien.

Pentingnya Social Media Management

Sebagai pebisnis online, Social Media Management (Manajemen Media Sosial) merupakan salah satu hal krusial yang perlu kamu jalani dengan baik. Fungsinya sebagai branding dan untuk meningkatkan penjualan pada akhirnya. Oleh karenanya, mengatur konten dan campaign di sosial media perlu dipikirkan secara matang.

Dalam proses menjalani sebuah campaign khusus untuk brand-mu, kamu tentu perlu mempromosikannya secara khusus agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Karena  kamu pebisnis online, maka promosi yang perlu dijalankan adalah dengan melakukan ads secara online baik di Facebook dan di Google. Keduanya masing-masing menyediakan tools tersendiri untuk mengaktifkan ads post.

Namun saat ini, kamu bisa memasang iklan online dan menjangkau lebih banyak pembeli dengan lebih mudah dan praktis dengan menggunakan fitur “Integrasi Iklan Google dan Sosial Media” di layanan LummoSHOP Plus! 

Cek info selengkapnya di bawah ini.

LummoSHOP Plus & Keuntungannya

Dengan berlangganan mulai dari Rp149.000 per bulan, kamu bisa mengakses ke semua fitur LummoSHOP Free dan ditambahkan fitur-fitur lainnya seperti menjalankan iklan di Google, Facebook, dan Instagram. Tentunya, ini akan membantu meningkatkan kunjungan dan transaksi toko online kamu di LummoSHOP.

Apa saja fitur yang tersedia pada dashboard iklan LummoSHOP Plus?

Kamu bisa menemukan fitur-fitur berikut ini di bagian atas dashboard akunmu:

1.Saldo Iklan

Menampilkan jumlah saldo yang dapat digunakan untuk beriklan

2. Top Up

Pilihan ini membantu kamu untuk melakukan top up saldo iklanmu

3. Performa Iklan

Lihat sekilas performa iklan kamu dan analisis beberapa metrik seperti tayangan, jumlah interaksi, jumlah klik, dll.

4. Ringkasan

Ringkasan adalah Alat visualisasi dan penilaian untuk menunjukkan grafik perbandingan metrik antara dua channel iklan kamu secara berasamaan. Kamu bisa mempelajari grafik yang dapat kamu gunakan untuk menganalisa metrik. Grafik dibuat untuk rentang waktu dan metrik channel yang dipilih. Grafik tren performa dapat dibuat untuk dua metrik channel sekaligus, sebagai perbandingan.

Berikut cara menggunakan ringkasan:

  1. Pilih rentang waktu yang ingin kamu lihat performanya dari sudut kanan atas layar. Atau, kamu cukup melihat data hari terakhir, minggu lalu, atau bulan terakhir melalui shortcut yang diberikan di bagian bawah tren performa.
  2. Pilih Metrik Corong yang tren kinerjanya ingin Anda lihat.
  3. Grafik untuk masing-masing metrik channel yang dipilih akan ditampilkan.

5. Aktivitas dan Post yang Disarankan

Pantau aktivitas iklanmu dan dapatkan post yang disarankan untuk diiklankan.

6. Campaign Kamu

Lihat campaign-mu dan luncurkan rencana campaign-mu dalam sekali klik!

Pilihan campaign “Engagement” bisa digunakan untuk mengiklankan konten organik yang dibuat di Facebook page tokomu dengan tujuan untuk memperluas jangkauannya.

Sementara pilihan campaign “Pengunjung” bisa digunakan untuk mendapatkan traffic/ pengunjung toko yang lebih banyak. Iklan yang dibuat menggunakan opsi ini akan ditampilkan di jaringan Google Ads serta Facebook dan Instagram Ads.

7. Postingan Aktif

Di sini kamu akan mendapatkan daftar konten yang telah kamu post.

‌8. Iklan Terbaik

Di sini kamu bisa melihat iklan dengan performa terbaik kamu baik dari Google maupun Facebook.

9. Ulasan dan Komentar Pelanggan

F‌itur ini memungkinkan kamu untuk melihat ulasan dan komentar yang ada di post media sosial tokomu di semua channel.

10. Statistik Komentar Audiens

Fitur ini menunjukkan analisa sentimen positif, negatif, dan netral yang dihasilkan oleh post dari media sosial tokomu dan berapa persentasenya. 

11. Analisa Sentimen 

Analisa sentimen tanggapan atas post kamu, apakah negatif atau positif.

12. Sisa Saldo

a. Cek seberapa banyak sisa saldo iklanmu pada bagian inib. Jika kamu klik pada bagian tersebut maka kamu akan masuk ke halaman transaksi di mana kamu bisa melihat riwayat transaksimu

13. Top Up Saldo 

  1. Untuk melakukan top up pada saldomu, klik tombol “Top Up”, masukkan nominal saldo yang ingin ditambahkan, klik “Bayar Sekarang” untuk menyelesaikan transaksi. Di sini kamu juga akan mendapatkan update mengenai saldo iklanmu dan biaya berlangganan.
  2. Pada halaman ini kamu juga bisa melihat riwayat transaksimu

14. Postingan Aktif

Kamu dapat dengan mudah mencari dan mengelompokan postingan aktif tokomu berdasarkan tanggal live atau tanggal tayang, nama, impresi, dan sebagainya sesuai keinginan.

15. Buat Post Baru

a. Untuk membuat post baru, klik “Buat Post Baru” pada bagian “Postingan Aktif” atau bagian “Aktivitas dan Post yang Disarankan.
b. Masukkan nama post kamu, pilih Tipe Postingan, tentukan channel iklanmu, tetapkan Jadwal (opsional), dan Tambahkan Label (opsional). Setelah selesai, klik tombol ‘Lanjut’ .

c. Masukkan detail postmu seperti deskripsi, gambar, (kamu bisa memilih dari library atau upload baru), dan masukkan CTA atau call to action (opsional).


d. Review kembali postinganmu dan klik ‘Buat Postingan‘ untuk membuat post baru.

e. Post kamu akan terlihat pada bagian ‘Postingan Aktif

16. Analisa Komentar/ Ulasan Pelanggan

Arahkan kursor ke grafik untuk menganalisis ulasan dan komentar sebagai kategori positif, negatif, dan netral untuk tanggal tertentu.

Pertanyaan Umum

Bagaimana cara isi ulang saldo iklan?

Caranya mudah dan hanya butuh beberapa detik!

  1. Klik tombol Top-Up

  1. Masukkan nominal yang ingin kamu tambahkan ke salod iklanmu, klik tombol ‘Bayar Sekarang‘.

  1. Lihat Ringkasan Pesanan dan lunasi Pembayaran.

Bagaimana saya memeriksa saldo yang masih tersisa untuk iklan?

Gampang banget! Kamu tinggal klik tombol “Saldo Iklan” di bagian kiri atas dashboard untuk mengetahui sisa saldo yang belum digunakan.

Apakah saya bisa menjadwalkan post untuk tanggal lain?

Ya, ini bisa dilakukan pada bagian ‘Jadwal‘ saat membuat post baru..

  1. Klik tombol ‘Buat Post Baru’.

  1. Klik icon ‘Kalender‘ pada bagian Jadwal, pilih tanggal dan waktu yang diinginkan.

Pertanyaan Umum Lainnya

1.Apakah itu Facebook Ads & Google Ads?

Facebook Ads adalah platform untuk mengiklankan produk di eksositem Facebook (termasuk Instagram), sedangkan Google Ads adalah platform untuk beriklan di Google. Kedua platform ini punya jumlah pengguna aktif yang banyak banget, jadi kamu bisa mendapatkan maksimal benefit dengan meraih audiens yang luas!

2. Bagaimana cara membuat iklan Facebook & Google melalui OnlineSales?

Untuk membuat iklan di Facebook atau Google, kamu perlu:

  • Upgrade akun kamu jadi LummoSHOP Plus
  • Setelah langganan LummoSHOP Plus, kamu akan dapat akses ke dashboard Iklan melalui menu Marketing > Iklan Facebook dan Google
  • Selanjutnya, kamu bisa pilih untuk menghubungkan akun Facebook Business Manager dan Google My Business kamu, atau buat yang baru jika kamu belum memiliki kedua akun ini (Untuk akun Google My Business yang baru dibuat akan memerlukan beberapa hari untuk validasi dari tim Google, sesuai dengan syarat dan ketentuan dari Google)
  • Setelah menghubungkan akun tersebut, top up Saldo Ads kamu karena ini diperlukan untuk menjalankan iklan.
  • Selanjutnya, buat post dan pilih produk yang mau kamu iklankan
  • Sebelum menjalankan iklan, tentukan budget harian berdasarkan jumlah kunjungan yang ingin kamu capai
  • Horee, iklanmu sudah siap! Setelah iklan-mu sudah terbit, kamu bisa lihat hasilnya di Dashboard-nya.

3. Bagaimana Cara Top Up Saldo Iklan melalui OnlineSales?

Di bagian atas Dashboard Online Sales. ada tombol untuk top up Saldo Ads. Kamu bisa klik tombol itu dan ikuti panduan berikutnya untuk menyelesaikan transaksi.

4. Apakah saya bisa menjalankan iklan di 1 platform saja?

Tentu saja! Kamu bisa pilih untuk beriklan di Facebook atau Google saja. Untuk melakukan ini, kamu hanya perlu menghubungkan satu platform saja sesuai pilihanmu (Contoh: Hubungkan Facebook Business Manager saja jika ingin beriklan di Facebook saja, atau hubungkan Google My Business jika kamu lebih pilih Google).

5. Apa saja syarat & ketentuan Saldo Iklan?

  • Saldo Ads akan digunakan untuk menjalankan iklan di Online Sales
  • Saldo Ads tidak bisa diuangkan kembali, dan hanya bisa digunakan untuk mengaktifkan iklan di Online Sales
  • Saldo Ads tidak akan kedaluarsa dan akan berlaku selamanya
  • Jika kamu berhenti langganan LummoSHOP Plus, Saldo Ads akan disimpan dan tidak bisa dikembalikan melalui LummoSHOP.
  • Jika kamu lanjut berlangganan LummoSHOP Plus lagi, Saldo Ads yang tersimpan dapat digunakan untuk menjalankan iklan yang akan datang.

6. Apakah sisa Saldo Kredit saya bisa diuangkan kembali?

Tidak, Saldo Ads tidak bisa diuangkan kembali dan hanya bisa digunakan untuk menjalankan iklan di Online Sales. Tapi jangan khawatir, Saldo Ads berlaku selamanya, jadi tidak akan kadaluarsa jika langganan LummoSHOP Plus kamu habis.

7. Jika masih ada iklan berjalan namun masa langganan LummoSHOP Plus saya habis, apakah iklan masih akan dijalankan?

Sayangnya tidak. Setelah LummoSHOP Plus kamu berakhir, kami akan menghentikan iklan tersebut hingga kamu berlangganan LummoSHOP plus kembali.

8. Jika masa langganan LummoSHOP Plus habis sebelum iklan selesai dijalankan, apakah langganan saya akan diperbarui secara otomatis?

Sayangnya tidak, jadi pastikan untuk memperbarui LummoSHOP Plus secara manual agar bisa melihat hasil iklanmu kapanpun yang kamu mau.

9. Berapa minimum biaya yang harus digunakan untuk menjalankan iklan?

Minimal biaya yang diperlukan untuk menjalankan iklan adalah Rp75.000 per hari. Untuk hasil yang maksimal, minimal saldo Ads Credit harus mencukupi untuk 10 hari masa tayang

10. Apakah LummoSHOP menyediakan analisa terkait performa iklan/ campaign yang dijalankan? Seperti misalnya traffic dan demografi audiens?

Untuk saat ini kami hanya menyajikan data dalam bentuk performa iklan/ campaign dalam kurun waktu tertentu, iklan dengan performa terbaik, dan analisa komentar (untuk Engagement Campaign).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website