fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Kenali 5 Jenis Content Marketing Ini untuk Bisnismu

Content marketing

Content marketing menjadi sarana promosi bisnis yang wajib ada. Terutama pada era digital seperti saat ini. Tanpa adanya konten marketing, media sosial atau website yang kamu miliki tidak akan memberikan banyak keuntungan bagi bisnis. Contoh sederhana, kamu hanya punya Instagram, tetapi tidak pernah update atau tidak pernah memberikan info seputar produk, maka orang pun tidak akan mengetahui bisnismu milikmu. 

Contoh lainnya, kamu rajin update media sosial dan website tetapi isinya tidak berguna atau tidak berhubungan dengan produk yang kamu jual, maka konten yang kamu buat pun sia-sia saja. 

Berikut ini adalah seluk beluk mengenai jenis-jenis content marketing yang bisa bermanfaat untuk pengembangan bisnis kamu. Kamu juga bisa mengetahui bagaimana cara membuat sebuah konten yang menarik dalam tulisan ini. Simak sampai habis, ya!

Content marketing

Apa itu Content Marketing

Content marketing adalah strategi marketing untuk membuat sebuah konten yang menarik, relevan dan konsisten untuk menarik perhatian target audience. Namun, isi konten tidak tidak sekadar membuat orang haus informasi. Konten juga harus bisa membangun relasi. Menurut Neil Patel, seorang praktisi entrepreneurship, content marketing harus bisa menciptakan relasi kuat dengan audiens dalam jangka waktu yang panjang.

Jenis-jenis Content Marketing 

Ada berbagai ragam jenis content marketing yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk kamu, yaitu: 

  1. Blog 

Blog adalah bentuk content marketing yang paling penting dan para pebisnis sering mengaplikasikannya. Kamu bisa memasukan ide, informasi lengkap soal produk kamu dalam bentuk artikel. 

Konten blog juga merupakan investasi jangka panjang karena sifatnya lebih bertahan lama daripada konten lain. Satu tulisan konten di blog bisa bertahan lama sampai dua tahun 

  1. e-Book 

Kalau lewat blog kamu menulis artikel dalam jumlah kata yang terbatas, maka dalam e-book jumlah kata bisa lebih panjang. Bila membagikan informasi lewat blog kamu rasakan masih kurang, kamu bisa menggunakan ebook. Agar kamu tetap bisa mendapatkan data pengunjung, gunakan syarat bagi mereka yang ingin membaca ebook tersebut. Biasanya sebelum mengunduh e-book, seseorang harus memasukan alamat email lebih dahulu. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan leads dari ebook dan bisa kamu konversikan sebagai konsumen masa depan. 

  1. Video 

Video adalah salah satu content marketing yang cukup banyak penggemarnya. Lewat video marketing, kamu bisa memberikan gambaran secara visual pada produk yang kamu jual. Masukan video marketing pada blog atau website. Ini akan membantu peningkatan organik traffic di blog atau website kamu.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
  1. Email 

Surel termasuk salah satu bentuk content marketing yang populer dan efektif. Email juga lebih efektif menjangkau konsumen daripada Facebook dan Twitter. Bentuk email ini bisa beragam, seperti email promosi, email pengingat, newsletter atau promosi e-book. 

     5. Media Sosial 

Media sosial merupakan salah satu juga konten marketing. Saat ini media sosial yang banyak penggunanya adalah Facebook, Twitter, Instagram dan TikTok. Idealnya, kamu memiliki semua media sosial sebagai sarana marketing. Namun, tetap perlu kamu perhitungkan juga siapa target market agar pengunaan media sosial bisa efektif. Penggunaan media sosial sebagai konten marketing sangat luas sehingga ada cabang ilmunya sendiri, yakni social media marketing

Pentingnya untuk Bisnis

Di Indonesia, penggunaan content marketing dalam berbisnis masih belum maksimal. Banyak orang, terutama di kalangan pengusaha kecil, yang belum menyadari pentingnya content marketing sebagai alat penunjang bisnis. Sejauh ini, hanya perusahaan besar yang sudah menyadari pentingnya content marketing dan menggunakannya sebagai bagian dari strategi mereka. 

Ada beberapa alasan kenapa  kamu perlu menggunakan content marketing, yaitu:

  1. Investasi Jangka Panjang 

Content marketing lebih tahan lama daripada iklan. Bila iklan hanya bisa tayang dalam waktu tertentu, misalnya dalam tiga bulan atau setahun, maka content marketing bisa bertahun-tahun. Kamu bisa terus melakukan update agar konten tetap menarik dan sesuai dengan tren yang ada. 

Content marketing

  1. Menciptakan Brand Awareness

Menulis sebuah konten artinya memberikan audiens topik pembicaraan. Misalnya, kamu berbisnis sepatu. Maka website kamu sebaiknya ada artikel seputar perawatan sepatu atau tips memilih sepatu. Bila artikel ini ternyata berguna, orang akan datang kembali ke website kamu. Secara tidak langsung, orang tersebut akan mengingat brand kamu juga. 

     3. Menciptakan Kepercayaan Customer 

Kepercayaan customer sulit untuk mendapatkannya. Kamu bisa memanfaatkan content marketing untuk mencoba mendapatkannya. Biasanya, sebelum memberi sebuah produk, customer akan mencari dulu informasi secara online. 

Dengan adanya konten di dalam website, kamu bisa menyakinkan customer untuk membeli produk kamu. Bila ada banyak konten berkualitas di website kamu, mereka terus kembali dan memasukan nama brand kamu pada mesin pencarian. 

  1. Meningkatkan Trafik 

Membuat konten yang bagus dan berkualitas akan membuat orang datang terus ke website kamu. Semakin banyak orang yang datang, semakin tinggi pula trafik website kamu. Pastikan kamu selalu update konten, baik itu seputar produk atau artikel lain yang berkaitan dengan produk. Dengan cara ini, orang akan selalu mampir ke website kamu. 

  1. Memperbaiki Kualitas SEO

Semua orang selalu menggunakan mesin pencari Google dalam mencari satu informasi produk atau brand. Karena itu, sangatlah penting memiliki kualitas SEO yang baik agar memudahkan brand kamu nyangkut di Google. 

Bila orang suka dengan konten yang ada di website kamu, tidak tertutup kemungkinan mereka akan membicarakan brand kamu pada pada teman mereka. Tidak hanya itu, SEO yang bagus akan membuat Google menilai website kamu sebagai website terpercaya. Bila SEO yang kamu buat sudah nyangkut di Google, maka mudah saja nama brand kamu muncul di mesin pencarian. 

Buatlah content marketing dengan SEO yang baik, tetapi jangan lupa tetap ingat kalau kamu menulis untuk manusia. Artinya, buat konten yang tetap enak ketika seseorang membacanya. Selain itu, konten tersebut tidak sekadar bentuk lain dari upaya memanipulasi SEO saja. 

Tips Membuat Content Marketing

Agar content marketing berjalan efektif dan sesuai dengan target yang diinginkan, kamu bisa melakukan beberapa tips di bawah ini:

  1. Sesuaikan dengan Target Audience 

Sebelum membuat konten, kamu harus tahu target audience kamu. Bagaimana karakternya, kebutuhannya seperti apa, maunya apa. Cari tahu juga soal lokasi geografis, usia, gender, pekerjaan dan pendapatan mereka. Sesuaikan konten dengan target audience, baik dari segi isi konten maupun gaya bahasa yang kamu gunakan. 

Misalnya, target audience kamu adalah mahasiswa dan kamu menjual skin care Korea. Maka konten yang kamu buat, misalnya, adalah seputar perawatan wajah bagi mahasiswa atau jenis-jenis skincare yang harganya murah.  

  1. Buat Sistem Manajemen Konten 

Sistem manajemen konten akan memudahkan kamu mengelola konten. Pertama, kamu harus membuat perencanaan konten atau sejumlah daftar isi konten. Katakan kamu merencanakan membuat konten untuk satu bulan. Dalam sebulan ada berapa konten yang dibuat? Menulis artikel apa? Dan tanggal berapa akan posting? Tentukan pula jenis kontennya. Misalnya, pada bulan Mei kamu membuat satu konten video, dua konten artikel blog, dan satu konten untuk Instagram. Dengan adanya pengaturan seperti ini, akan memudahkan kamu memetakan isi content marketing

  1. Konsisten 

Konsisten penting dalam membuat content marketing. Orang akan bosan ketika isi kontennya tidak update atau itu-itu saja. Pastikan konten kamu selalu diperbaharui dalam jangka waktu tertentu. Misalnya seminggu sekali atau sebulan tiga kali. Konsisten dalam membuat konten juga membuat audiens akan semakin mengenal produk kamu. Secara tidak langsung, brand kamu bisa tetap menempel di otak mereka. 

  1. Promosikan Konten 

Setelah kamu membuat konten jangan lupa untuk mempromosikan agar orang tahu soal konten tersebut. Kamu bisa mengirimkan email disertai link konten atau promosi lewat media sosial. Jangan lupa promosikan konten setiap baru dibuat sehingga bisa menambah traffic website kamu juga. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Baca juga artikel terkait lainnya :

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP