fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Daftar Fitur LummoSHOP yang Bikin Bisnismu Dilirik Pelanggan

fitur

Ponsel pintar itu ibarat kantong Doraemon bagi kita. Puluhan aplikasi dengan berbagai fitur terpasang di ponsel, seperti solusi atas kebutuhan dan masalah yang kita hadapi sehari-hari. 

Saat sedang bosan, butuh hiburan, atau sekadar ingin eksis maka aplikasi media sosial jadi pelarian. Coba lihat ponselmu, pasti tidak lebih dari tiga aplikasi media sosial terpasang,  entah Instagram, Facebook, atau Twitter. YouTube atau aplikasi TV on demand pun pasti tersedia. 

Atau kalau ingin mengetahui rute dan jam keberangkatan moda transportasi publik, tinggal buka aplikasi terkait dan masalah terjawab. Kebutuhan diet pun ada solusinya di ponsel pintarmu. Tinggal unduh aplikasi penghitung kalori makanan atau perencana olahraga, dan voila, kamu siap menjalani diet dengan terukur tanpa perlu ke dokter atau ahli nutrisi. 

Ya ini memang eranya seluler, di mana pengguna perangkat seluler seperti ponsel pintar dan gawai lainnya lebih banyak ketimbang pengguna desktop. Akibatnya banyak brand dan entitas usaha yang tidak lagi sekadar mengandalkan website untuk merangkul pengguna dan konsumennya, tapi juga mengeluarkan aplikasi agar daya jangkau lebih luas, sekaligus memudahkan konsumennya. 

Sementara ada yang tetap mempertahankan website dan meluncurkan aplikasi, ada juga yang memilih salah satu. Ini tergantung pada biaya, kegunaan, fitur yang diperlukan dan audiens yang dilayani. 

Tapi, aplikasi memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

  1. Personalisasi komunikasi sesuai pengguna berdasarkan minat, lokasi, perilaku pengguna, dan lainnya. 
  2. Memanfaatkan fitur perangkat seluler, seperti kamera, daftar kontak, GPS, panggilan telepon, dan lainnya. 
  3. Beberapa fitur di aplikasi bisa diakses saat offline
  4. Pengguna menghabiskan waktu lebih banyak di aplikasi. Studi mendapati, 88 persen pengguna perangkat seluler menghabiskan waktu di aplikasi, sedangkan 12 persen di situs web selular. 
  5. Peluang branding. Aplikasi banyak jumlahnya, mungkin juga hampir setiap saat bermunculan aplikasi baru. Pengguna pun setiap hari memasang aplikasi baru di ponselnya. Situasi ini memungkinkan pengguna bertemu dengan brand-brand baru. 
  6. Performa aplikasi lebih cepat daripada website

Lalu faktor apa saja yang membuat sebuah aplikasi pantas dinilai bagus:

Pertama, bisa membantu memecahkan masalah. Pengguna mengunduh dan memasang aplikasi tentu karena mereka ingin mendapat solusi dari persoalan yang dihadapi. Misalnya untuk kebutuhan pengembangan bisnis, toko online, dan lainnya. 

Kedua, memberi nilai tambah. Pengguna aplikasi biasanya menginginkan kecepatan dan kenyaman, makanya aplikasi harus memberi nilai tambah dan fitur yang mulus digunakan. 

Ketiga, simpel. Dari sisi desain aplikasi, fitur yang tersedia, cara penggunaan, proses registrasi, sebaiknya simpel, mudah, dan tidak memakan waktu lama. Semakin ribet aplikasi, semakin enggan orang menggunakan. 

Keempat, aplikasi terbaik biasanya hanya fokus pada fitur-fitur inti tapi berfungsi dengan baik. Terlalu banyak fitur tapi tidak membantu, justru membuat pengguna bingung. Fitur dalam aplikasi semestinya ada karena ingin menjawab kebutuhan penggunanya. 

Pun di kemudian hari ada kebutuhan lebih dari pengguna yang membuat aplikasi harus menambah fitur, bisa ditambahkan sebagai pembaruan di versi yang lebih baru dari aplikasi.

fitur

Kenalan dengan Berbagai Fitur LummoSHOP

Sejatinya kemajuan teknologi kan memang membantu manusia memudahkan dan meningkatkan kualitas hidupnya. Termasuk bagi kamu pengusaha bisnis. Kini, menjalankan bisnis online atau membuka toko online gratis tak perlu pusing lagi, sudah banyak aplikasi yang menyediakan layanan tersebut, LummoSHOP satu di antaranya. 

Aplikasi LummoSHOP memudahkan kamu memiliki website jualan sendiri dan domainnya gratis pula. Selain itu, fitur-fitur di LummoSHOP tersedia untuk memudahkan meningkatkan jualan online kamu. 

Yuk, kita kupas fitur-fitur apa saja yang ada di LummoSHOP yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan dan meningkatkan jualan online milikmu. 

  1. Fitur Manajemen Stok
    Setelah kamu berhasil mendaftarkan toko online gratis di LummoSHOP, kamu tinggal mengunggah foto-foto produk yang kamu jual dan jadilah katalog produk toko online milikmu. Selanjutnya, kamu juga bisa mengatur stok produk yang tersedia di toko online kamu dengan fitur Manajemen Stok

    Dengan fitur ini kamu bisa menampilkan stok produk kepada pembeli, sehingga tidak khawatir kehabisan stok saat ingin memesan. Tapi kamu mesti pastikan ya bahwa informasi stok produk ini update dan sesuai dengan persediaan kamu supaya pembeli tidak kecewa. 

    Dalam mengatur stok, kamu bisa masuk ke menu Katalog lalu klik pilihan Inventaris untuk mengatur stok  seluruh produk bersamaan atau per item dengan klik langsung pada produk yang diinginkan. 

  2. Fitur Daftar Pembeli
    Di sini kamu bisa mendapatkan akses data pembeli mulai dari nomor telepon sampai alamat pembeli, dan data ini juga tersimpan di aplikasi LummoSHOP milik toko online kamu. Dengan begitu, kamu bisa mengatur strategi penjualan atau menawarkan promo sekaligus mengirim apresiasi bagi pelanggan setiamu misalnya. 

    Fitur ini memungkinkan kamu mengetahui mana kategori Pembeli Baru, Setia, Reguler, dan Non Aktif. Pembeli baru ialah mereka yang melakukan pemesanan pertama dalam kurun waktu 7 hari terakhir. 

    Pembeli Setia, ialah pembeli yang telah berbelanja lebih dari 3 kali dalam kurun waktu 3 bulan terakhir. Pembeli Reguler ialah yang telah berbelanja 1 sampai 3 kali dalam kurun 3 bulan terakhir. 

    Sedangkan Pembeli Non-aktif adalah pembeli yang pernah belanja di toko online kamu sebelumnya, akan tetapi belum belanja lagi dalam kurun 3 bulan terakhir. 

    Fitur ini juga memudahkan kamu mengetahui riwayat pesanan pembeli dari jualan online kamu. Kamu tinggal pilih tab Riwayat Pesanan untuk mengetahui daftar pesanan yang pernah dibuat pembeli.

  3. Fitur Social Media Management (SMM)
    Fitur ini bisa digunakan bagi kamu yang berlangganan LummoSHOP. Ini merupakan fitur integrasi iklan Facebook dan Google. Fitur SMM memungkinkan kamu membuat konten di media sosial sekaligus mengatur kampanye atau iklan di media sosial untuk toko online kamu dengan mudah. Tujuannya tentu saja agar akun dan postingan iklanmu menjangkau lebih banyak target pembeli. 

    Di dashboard akun LummoSHOP milikmu, kamu bisa mengetahui saldo anggaran untuk iklan toko online. Kamu juga bisa mengetahui performa dari iklan tersebut. Selain itu LummoSHOP akan membantu kamu memantau aktivitas iklan dan produk apa saja yang sebaiknya diiklankan. Nantinya kamu juga bisa mengetahui sentimen baik positif maupun negatif dari audiensmu terkait iklan yang kamu jalankan. Cara jualan yang efektif bukan? 

  4. Fitur Ulasan dan Penilaian
    Ulasan, penilaian, review atau rating ialah hal pertama yang biasanya dilihat calon pembeli setelah ia melihat wujud produk. Ulasan ini menjadi bahan pertimbangan calon pembeli. Semakin bagus ulasan, tentunya membuat calon pembeli semakin percaya diri membelanjakan uangnya. 

    Studi bahkan mendapati, bahwa 93 persen calon pembeli membaca ulasan sebelum membeli suatu produk. Sementara 91 persen calon pembeli usia 18 sampai 34 tahun sangat mempercayai ulasan online. Bagi kamu, pemilik toko online, ulasan penting untuk mengukur apakah pelayanan dan produk yang kamu jual sudah sesuai ekspektasi pembeli atau belum. 

    Dengan Fitur Ulasan  dan Penilaian di LummoSHOP kamu bisa menanyakan pada pembeli komentar mereka setelah menerima produk dan pesanan selesai. Saat meminta ulasan, pastikan kamu menggunakan bahasa dan kalimat yang mudah dipahami, biarkan pembeli memberi penilaian jujur, dan jangan diiming-imingi mendapat hadiah. 

    Setelah mendapat ulasan, kamu harus meresponsnya dan kamu bisa memanfaatkan ulasan dari pembeli sebagai materi promosi juga. 

  5. Fitur Upload Produk Sekaligus
    Mengunggah satu per satu foto ke katalog toko online kamu di LummoSHOP sudah pasti merepotkan. Kalau jumlah produkmu puluhan saja sudah memakan waktu, bagaimana kalau jumlah produk yang harus kamu unggah ratusan. 

    Karenanya LummoSHOP punya fitur baru bernama Upload Produk Sekaligus. Fitur ini memudahkan kamu menambah ratusan produk baru jualan online kamu dalam hitungan menit saja. 

    Kamu hanya perlu mengunduh template yang sudah disediakan lalu masukan data produk yang akan diunggah ke dalam file Excel sesuai format. Ikuti panduan pengisian template dan isi data produk yang diminta secara lengkap. 

    Proses selanjutnya masuk ke akun LummoSHOP kamu lewat website desktop lalu pilih menu utama, pilih tab Katalog dan klik Masukkan Banyak Produk. Kemudian pilih Upload File Excel dan Masukkan Sekaligus. 

    Setelah proses upload file Excel selesai, klik Konfirmasi Produk untuk pemeriksaan hasil upload. Jika sudah selesai, klik Tambah Semua Produk dan klik Lihat Katalog untuk melihat hasil upload. Proses upload produk memakan waktu kurang dari 5 menit.

Asyik kan. LummoSHOP tidak hanya membantu kamu membuat website jualan online dan domain gratis, tapi juga menyediakan fitur yang membantu kamu mengelola dan meningkatkan bisnis dan toko online kamu. Sayang kan kalau fasilitas yang mudah, murah, dan efisien ini tidak kamu manfaatkan untuk mendongkrak jualan online kamu. LummoSHOP menjadi solusi praktis supaya bisnis kamu semakin eksis. 

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP