fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Dapatkan Kepercayaan Pembeli dengan Fitur Ulasan dan Penilaian

Ulasan

Ulasan dan penilaian atau review dan rating adalah salah satu hal yang pertama dilihat oleh calon pembeli setelah ia melihat wujud produknya. Berdasarkan pada ulasan dan penilaian tersebut biasanya calon pembeli akan mempertimbangkan apakah produk tersebut layak untuk dibeli atau tidak. Artinya ini berpengaruh pada kepercayaan calon pembeli terhadap produk yang kamu tawarkan.

Perkembangan bisnis saat ini membuat pembeli konsumen semakin kreatif. Karena konsumen bisa dengan bebas mengulas produk yang digunakan. Mulai dari harga sampai pengalaman mereka dengan produk tersebut. Menurut laporan tahunan We Are Social, menunjukkan bahwa ada 89% mencari informasi mengenai produk toko kamu di internet dan dari review online sebagai pertimbangan untuk berbelanja. Dari jumlah tersebut, sebanyak 80% pelanggan akan merubah pikiran mereka untuk tidak membeli ketika ada ulasan buruk mengenai produk tersebut. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Pentingnya Ulasan Bagi Suatu Bisnis

Penilaian dan review juga dibutuhkan agar dapat mengukur apakah pelayanan dan produk yang kamu hasilkan sudah sesuai dengan ekspektasi pembeli atau belum. Selain itu, penilaian yang bersifat positif dapat memberi dampak. Pentingnya ulasan membuat banyak situs mulai menampilkan soal ulasan. General Manager dari sebuah bisnis online Sensis, Robert Tolliday mengungkapkan suatu situs mempublikasikan ribuan ulasan per minggu dan jumlahnya terus meningkat.

Ulasan

 Mempengaruhi Brand dan Marketing 

Menurut woocommerce, dengan adanya review produk dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Branding yang kuat dapat meningkatkan nilai jual suatu produk, dan hal tersebut juga dapat membuat pembeli semakin loyal dengan suatu brand. 

Ketika produk mendapat review yang positif, maka memudahkan perusahaan untuk membuat strategi marketing yang jitu. Maka dari itu penting untuk memperhatikan ulasan yang pembeli berikan. 

Pembeli Senang Melihat Review Pembeli Lain 

Pembeli memiliki perasaan ingin tahu lebih dalam tentang produk tersebut memang wajar. Rata-rata seseorang mempertimbangkan untuk membeli barang setelah mereka membaca ulasan pembeli lain. Merasakan pengalaman orang lain membuat calon pembeli semakin yakin untuk membeli produk tersebut. 

Untuk itu, sangat penting agar ulasan yang diberikan bersifat positif sehingga calon pembeli semakin yakin dengan produk kamu. Jangan lupa untuk merespon ulasan tersebut dengan sopan dan berikan penawaran yang menarik. 

Perhatikan Review Negatif dari Pembeli 

Ulasan negatif bisa menjadi hal yang mempengaruhi pembeli untuk membeli suatu produk. Namun, disisi lain bisa menjadi pelajaran bagi pebisnis untuk terus berkembang menjadi lebih baik. Kamu tidak perlu terburu-buru menghapus ulasan negatif. Karena dapat membuat pembeli merasa curiga dengan ulasan yang ditampilkan. 

Cobalah untuk mendekati pembeli yang memberikan review negatif tersebut. Tanyakan mengapa memberikan ulasan tersebut kemudian berikan pelayanan lain yang bisa kamu berikan. Agar pembeli merasa puas, dan jangan lupa untuk memperhatikan review negatif artinya kamu juga memperhatikan masukan untuk kemajuan bisnis kamu. 

Membangun Loyalitas Pembeli 

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dapat membuat pembeli menjadi loyal terhadap layanan atau produk kamu. Jika pembeli sudah menjadi loyal, maka mereka cenderung sulit untuk berpaling ke produk lain. 

Maka dari itu, membangun hubungan dengan pembeli sangat penting agar pembeli semakin loyal. Hubungan tersebut bukan hanya dengan cara rutin memberikan potongan harga atau penawaran lain. Rutin untuk merespon ulasan baik yang positif maupun negatif bisa membuat pembeli semakin mempercayai produk tersebut. 

Manfaat 

  • Sebagai Evaluasi

Respon yang diberi oleh pembeli terhadap produk kamu, baik itu berupa tanggapan positif maupun kritikan, dapat kamu jadikan sebagai bahan evaluasi. Evaluasi ini bertujuan untuk perkembangan bisnis kamu. Maka, kamu harus mempertahankan review positif pelanggan kamu dan perbaiki kritikan dari pembeli agar lebih baik lagi kedepannya. 

  • Menumbuhkan Tingkat Kepercayaan Pelanggan Terhadap Penjual 

Dalam berbisnis, menjaga kepercayaan antara pembeli dan penjual sangatlah penting. Salah satu cara kamu untuk menjaga kepercayaan tersebut adalah melalui ulasan online. Karena dengan review yang positif dari pembeli akan menambah kepercayaan calon pembeli lainnya yang ingin melihat kualitas produk bisnis kamu. 

  • Menambah Rating Populer Toko Kamu

Jika toko kamu memperoleh review positif dari pembeli, maka akan meningkatkan rating toko online kamu di Google. Untuk penilaian dari Google, bukan hanya dari review positif pembeli kamu. Tetapi juga dari jumlah yang memberikan review ulasan yang ada di toko online kamu. 

Jadi, kamu harus memantau ulasan dan review yang ada di toko online kamu, untuk meningkatkan kepopuleran toko kamu di Google. 

  • Menjadi Tempat Marketing Gratis

Tanpa kamu sadari, review atau ulasan dapat membantu kamu dalam memasarkan produk. Pembeli yang merasa puas tidak akan segan merekomendasikan dan menceritakan pengalamannya di toko kamu. Adanya review online, baik di forum, halaman toko online kamu atau media sosial pembeli, sudah bagaikan iklan bagi bisnis kamu. 

Hal baiknya adalah, iklan tersebut gratis. Jadi, bisa dibilang review online ataupun ulasan yang pembeli berikan adalah pemasaran gratis. 

  • Meningkatkan Penjualan

Review yang baik dapat menarik calon pembeli untuk membeli produk kamu. Apalagi jika yang melakukan review tersebut adalah orang yang berpengaruh ataupun artis. Tentu akan memberikan kesadaran kepada mereka yang membaca ulasan tersebut, bahwa produk kamu memang layak untuk digunakan. 

Lalu, apa yang harus kamu lakukan agar mendapatkan review dan penilaian dari pembeli? Pastinya dengan meminta customer untuk memberikan penilaian dan review. Salah satu studi mengatakan bahwa 68% calon pembeli akan memberikan penilaian dan ulasan jika diminta. Jadi daripada menunggu, lebih baik kalau kamu menanyakan apakah mereka bisa memberikan ulasan ataupun review atas produk dan layanan tokomu. 

Ulasan

Bagaimana Cara Meminta Penilaian dan Ulasan

Dengan fitur penilaian dan review yang ada di LummoSHOP, kamu bisa menanyakannya pada pembeli sesaat setelah produk diterima dan pesanan diselesaikan. Bisa juga beberapa hari setelahnya untuk memberi kesempatan bagi mereka yang mencobanya terlebih dahulu. 

Saat meminta review, pastikan hal berikut: 

  • Komunikasikan dengan bahasa yang baik dan kalimat yang mudah dipahami
  • Biarkan pembeli memberikan penilaian dan review dengan jujur
  • Jangan iming-imingi dengan hadiah.

Lalu setelah itu, kamu harus melakukan: 

  • Tanggapi
  • Buat transparan dan mudah diakses
  • Jadikan sebagai materi promosi (konten testimonial) 

Yuk segera minta ulasan dan penilaian dari produk yang sudah kamu jual ke pelanggan jika mereka belum memberikannya. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Add Comment *

Name *

Email *

Website