fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan, Ini Tips-tipsnya

tips digital marketing 01

Digital marketing untuk meningkatkan penjualan merupakan fenomena yang terjadi di masyarakat saat ini. Perubahan pola konsumsi masyarakat ke metode belanja online menyebabkan para pebisnis harus mengubah pendekatan mereka terhadap konsumen.

Sebagian besar konsumen kini tidak harus lagi pergi ke toko fisik untuk mencari barang. Untuk itulah para pebisnis kemudian mengembangkan teknik-teknik digital marketing untuk meningkatkan penjualan.

Digital marketing adalah cara memasarkan produk serta meningkatkan brand awareness melalui metode digital. Tujuannya tentu saja untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen dalam pasar. 

Melalui banyak cara dalam digital marketing, kamu dapat memaksimalkan penjualan dan mendapatkan konsumen yang loyal. Bagi kamu pebisnis yang baru ingin mengetahui dan mencoba digital marketing, simak tips-tips berikut: 

Tips Digital Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

      1. Buat landing page yang menghasilkan konversi

Secara umum, landing page merupakan sebuah halaman yang muncul ketika seseorang melakukan penelusuran dari pencarian berbayar (paid search). Berbeda dengan home page, landing page adalah halaman khusus untuk membuat konsumen melakukan konversi, entah itu mengirimkan alamat surelnya atau melakukan transaksi di website tersebut.

Ini beberapa contoh landing page:

Landing page Spotify

Sumber: hubspot.

Landing page Mailchimp

Sumber gambar: hubspot.

Saat kamu menerapkan digital marketing untuk meningkatkan penjualan, landing page dapat berfungsi sebagai sarana untuk mempercepat adanya konversi karena tidak memuat terlalu banyak informasi yang tidak perlu. 

Baca juga: Simak 8 Cara Sukses Bikin Blog untuk Bisnis!

Nah, guna mengoptimalkan fungsi landing page, kamu dapat melakukan tips berikut ini.

    • Sederhanakan kolom pengisian data oleh konsumen
    • Fokus pada objek pada sisi kiri landing page karena akan menjadi objek utama yang menarik perhatian konsumen
    • Gunakan game semacam undian atau lucky wheel agar konsumen makin tertarik
    • Tambahkan copy atau tulisan yang sederhana tetapi memikat

      2. Pemasaran di media sosial 

Selain melalui landing page yang menarik, kamu juga harus memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai salah satu tips digital marketing untuk meningkatkan penjualan. Nah, agar output bisa optimal, sebaiknya kamu mengkhususkan postingan media sosial sesuai dengan karakter platform tersebut.

Jangan terlalu fokus pada berapa banyak postingan yang sudah ada, tetapi fokuslah pada kualitas postingan tersebut. Selain itu, kualitas konten juga bisa kamu dongkrak dengan memperhatikan apa yang sedang trending. Namun jika memaksakan konten atau postingan untuk selalu riding the wave, kamu akan kehilangan audiens. 

Jadi, orisinalitas juga penting ya. Utamakan untuk mengangkat nilai-nilai dari brand-mu dan selalu terbuka dengan hal baru di media sosial.  

tips digital marketing 02

Baca juga: Tajamkan Segmentasi Pasar agar Jualan Online-mu Efektif

      3. Jalin hubungan dengan konsumen melalui e-mail marketing

Nah, hal yang sangat penting dalam tips digital marketing untuk meningkatkan penjualan adalah menjangkau dan menjaga hubungan dengan konsumen melalui surel marketing.

Beberapa tips yang dapat kamu terapkan adalah sebagai berikut.

    1. Gunakan nama asli sebagai pengirim dan jangan gunakan nama perusahaan atau layanan yang sedang kamu tawarkan. Hal tersebut akan membangun kedekatan sehingga konsumen merasa berinteraksi dengan orang asli.
    2. Tambahkan angka atau data berbentuk persentase yang mendukung pesan
    3. Personalisasikan surel tersebut dengan menambahkan nama penerima, sehingga konsumen benar-benar merasa terlibat dalam komunikasi.
    4. Buat konsumen penasaran dengan cara memberikan sebuah informasi yang dapat dibaca lebih lengkap melalui website-mu. 
    5. Menulis surel secara singkat juga merupakan bagian dari tips digital marketing untuk meningkatkan penjualan. Jangan lupa bermainlah dengan kata dan aplikasikan copywriting di dalamnya. 

      4. Sesuaikan konten dengan tiap tahapan konsumen 

Nah, secara umum, iklan atau konten yang mewakili brand-mu harus sesuai dengan tahapan yang  konsumen telah lalui. Sebagai contoh, jika konsumen masih belum mengenal brand yang kamu tawarkan melalui website, maka iklan atau landing page untuk mereka harusnya memuat informasi mengenai produk.

Berbeda dengan konsumen yang sudah pernah membeli produk atau sering mengunjungi website, mereka tentu memerlukan konten yang khusus sebagai cara menguatkan motivasi mereka untuk check out barang di dalam keranjang. 

Baca juga: Curi Perhatian Konsumen di Media Sosial dengan Cara Ini

      5. Jangan lupa menerapkan SEO 

Nah, saat membicarakan digital marketing untuk meningkatkan penjualan, kamu tentu harus menerapkan SEO untuk meningkatkan performa website. Jika visibilitas website rendah, bagaimana orang dapat menemukan sebuah website?

Dalam hal ini, kamu dapat membuat postingan blog yang sesuai dengan niche, kemudian aplikasikan keyword pilihan ke dalamnya. Jangan lupa tambahkan internal link serta anchor text yang membawa pengunjung ke artikel lain di dalam website-mu.

Selain itu, kamu dapat memberikan sedikit polesan di akhir artikel berupa soft selling produk tertentu atau ajakan untuk menyimak artikel lain di dalam blog. Melalui hal-hal tersebut, strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan akan semakin efektif. 

      6. Adaptif terhadap preferensi konsumen

Ketika fokus pada platform tertentu, seperti Instagram atau Youtube, untuk mendekatkan diri pada konsumen, pastikan kamu cukup adaptif. Saat konsumen terasa mengubah selera atau preferensinya, kamu juga harus bisa menyesuaikannya. 

Misalnya, sebelum ada fitur reels di Instagram, pengguna platform tersebut lebih menyukai fitur story atau feed. Nah, setelah fitur reels muncul dan menjadi favorit banyak orang, kamu juga harus beradaptasi dan menggunakan fitur tersebut agar bisnismu tetap relevan. 

Baca juga: Cara Kerja Algoritma Instagram, Kenali di Sini untuk Bisnismu

tips digital marketing 03

      7. Digital advertising

Mempertimbangkan untuk pasang iklan produk di Youtube Ads, Instagram Ads dan lainnya, bisa menjadi salah satu wujud strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan. 

Namun, tidak semua orang tahu formula rahasianya. Iklan yang muncul di hadapan konsumen seharusnya bukan iklan produk, melainkan iklan konten. Kamu dapat mengiklankan satu konten spesifik yang menarik minat konsumen, kemudian memberikan mereka pilihan seperti e-book, webinar, atau pelatihan gratis.

Dengan memberikan “barang gratis” tersebut, kamu dapat memperkenalkan website sehingga mereka akan mempertimbangkan untuk membeli produkmu ketika melakukan keputusan pembelian. 

      8. Pastikan website mobile friendly

Data dari Google Analytics’ Benchmarking Feature menunjukkan bahwa 68,1% pengguna internet di dunia mengakses website menggunakan smartphone. Jadi, penting bagi kamu untuk berfokus pada tampilan website yang ramah bagi pengguna ponsel.

Salah satunya adalah dengan menyediakan tampilan menu yang sederhana sehingga pengguna ponsel tidak kesulitan mencari fitur-fitur dalam website. Untuk menunjangnya, kamu harus menambahkan kolom pencarian agar memudahkan pengunjung website. 

Baca juga: Cara Mempromosikan Website Toko Online LummoSHOP

      9. Google My Business

Google My Business adalah layanan yang dijalankan oleh Google. Layanannya bertujuan memudahkan konsumen menemukan toko atau tempat bisnis lain di sekitarnya. Dengan lebih banyak orang yang tahu tentang bisnismu, website yang kamu kembangkan akan makin banyak pengunjung terutama oleh konsumen potensial pada lokasi yang sama. 

Selain itu, menurut Hubspot, 88% konsumen yang melakukan pencarian toko online lokal akan memutuskan berbelanja di toko tersebut dalam waktu sehari. Nah, apakah kamu sudah mendaftarkan bisnismu pada layanan Google My Business? 

Menerapkan tips-tips digital marketing untuk meningkatkan penjualan harus imbang dengan konsistensi. Kamu tidak bisa mengharapkan penjualan produk atau website traffic meningkat dalam waktu sehari dua hari. Namun jika sudah konsisten, kamu akan mendapatkan hasil jangka panjang yang dapat kamu nikmati nantinya. 

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP