fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Flash Sale Membuat Penjualan Laris Secepat Kilat

Flash Sale

Flash Sale bukanlah strategi untuk menjual produk dead stock. Lebih dari itu. Flash Sale dapat menjadi strategi pemasaran untuk mempercepat penjualan. Maka dari itu, saat kamu mau melakukan flash Sale, pastikan untuk memilih dengan cermat produk yang akan dijual. Produk yang dijual saat Fash Sale harus benar-benar diperlukan konsumen. Sehingga Flash Sale dapat laris manis terjual secepat kilat.

Ternyata Flash Sale bukan hanya tren bisnis semata yang bisa diikuti tanpa adanya strategi. Karena jika tanpa strategi, kamu bisa saja akan mengalami kerugian. Padahal niat awal ikutan Flash Sale untuk meningkatkan penjualan bisnismu, bukan?

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Kamu perlu mempelajari seluk beluk tentang Flash Sale dari A-Z agar tidak sembarangan melangkah. Maka dari itu, cobalah memahami artikel dari LummoSHOP berikut ini ya! 

Apa Itu Flash Sale?

Flash Sale atau Penjualan Kilat adalah diskon yang ditawarkan oleh pebisnis melalui marketplace atau website jualan atau toko online dalam kurun waktu yang singkat dan kuantitas produk terbatas. Diskon yang diberikan biasanya sangat tinggi. Adanya urgensi waktu yang singkat dalam penjualan juga membentuk permainan psikologis konsumen agar tertarik dan ingin segera membeli. 

Penjualan Kilat tidak selamanya digunakan. Penjualan Flash Sale memanfaatkan momen tertentu. Biasanya tanggal dan bulan yang berangka kembar adalah momen yang tepat untuk mengadakan Flash Sale. Seperti 1-1 yang berarti 1 Januari, 2-2 yang berarti 2 Februari, dan seterusnya. Semua pebisnis jauh hari sebelumnya sudah sibuk menyiapkan produk-produk yang akan dijual secara Flash Sale.

Ketatnya persaingan bisnis online membuat banyak strategi promosi yang bermunculan. Dari strategi lama yang dimunculkan kembali melalui inovasi sampai membuat strategi yang benar-benar baru. Penjualan Kilat termasuk strategi promosi yang sudah ada sejak dulu tapi dilakukan inovasi di dalamnya. Biasanya dulu toko offline rutin mengadakan Clearance Sale atau istilah lainnya cuci gudang. 

Nah, sejak semua pebisnis sudah mengembangkan bisnisnya di pasar digital, muncul istilah Flash Sale atau Penjualan Kilat sebagai penggantinya. Kehadiran Penjualan Kilat menimbulkan perlombaan di antara pembuat platform marketplace dan website toko online untuk dapat memfasilitasi pebisnis dengan fitur marketplace yang optimal. Tidak terkecuali LummoSHOP.

Fitur Flash Sale juga ada di LummoSHOP. Kamu bisa dengan mudah dan bebas membuat program promo sendiri berbatas waktu selama maksimal 24 jam dengan fitur Penjualan Kilat. Selain itu kamu juga bisa melihat performa Flash Sale dengan mudah melalui aplikasi.

Kenapa Flash Sale Penting untuk Bisnismu?

Terdapat beberapa alasan yang membuat pebisnis melakukan penjualan Flash Sale, di antaranya:

  • Pergantian Musim atau Cuaca

Biasanya hal ini rentan terjadi untuk produk fashion di luar negeri. Di mana kondisi yang terjadi biasanya karena ada kelebihan stok produk di musim sebelumnya sementara kondisi gudang tidak cukup untuk menampung stok produk di musim mendatang. Akibatnya stok yang sudah lama perlu dijual secara Flash Sale

Hal ini juga bisa terjadi di Indonesia misalnya produk jaket waterproof yang cocok dipakai di musim hujan, akan cenderung menumpuk di gudang ketika musim kemarau sudah berganti. 

  • Kelebihan Stok Produk

Kelebihan stok ini diakibatkan karena penjualan yang tidak mencapai target. Padahal sudah diupayakan dengan bermacam strategi promosi selain penawaran diskon tetapi tidak menutup kemungkinan masih saja ada kegagalan penjualan yang terjadi.

Biasanya produk ini akan cepat laku Ketika dijual secara Flash Sale. Mekipun begitu, kamu tetap harus memilih produk mana yang sesuai dengan keinginan konsumen agar program Penjualan Kilat berhasil.

  • Muncul Produk yang Lebih Canggih

Agar produk tidak usang hingga menjadi Dead Stock karena ketinggalan zaman, alangkah baiknya produk segera dijual dalam program Penjualan Kilat. Biasanya produk yang sering mengalami kondisi ini adalah barang elektronik. 

  • Pergantian Tren

Konsumen sangat peduli dengan perubahan tren yang ada. Dan ini berlaku untuk segala industri bisnis. Jika produk kamu mengalami kendala karena pergantian tren yang membuat konsumen kehilangan minatnya, cobalah menjual produk tadi dengan program Penjualan Kilat.

  • Strategi Mendapatkan Konsumen dari Segmentasi Pasar yang Lebih Luas

Kemampuan segmentasi pasar yang berbeda-beda membuat ada yang mampu membeli produk kamu ataupun tidak. Dengan adanya program Penjualan Kilat yang biasanya diskon diberikan secara besar-besaran menjadi jalan ninja untuk kamu memperluas segmentasi pasar yang tidak bisa menjangkau produkmu tadi.

Flash SaleBagaimana Cara Melakukan Penjualan Kilat?

Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, Penjualan Kilat ini bukan sekadar program diskon ikut-ikutan. Ada strategi dan aturan main di dalamnya yang perlu kamu ketahui sebagai pebisnis agar program Penjualan Kilat dapat berhasil sejak perdana melakukannya.

  • Pilih Momen yang Tepat

Konsumen memiliki kencenderungan untuk berbelanja pada momen-momen tertentu. Dengan memilih momen yang tepat, peluang program Penjualan Kilat kamu berhasil akan semakin tinggi.

  • Pilih Produk yang Diminati Konsumen

Kamu harus mencampur produk Dead Stock dengan produk yang diminati konsumen sekalipun itu baru untuk dipilih mengikuti program Penjualan Kilat. Semua itu bertujuan untuk memberi banyak pilihan untuk konsumen sehingga akan lebih tertarik.

  • Promosikan Program Flash Sale

Optimalkan platform e-commerce, media sosial, dan website toko online bisnis kamu untuk mempromosikan program Penjualan Kilat yang akan berjalan nantinya. Sehingga jauh sebelum program Penjualan Kilat dimulai, pelanggan maupun konsumen baru sudah membuat strategi pembelian untuk tokomu. Mereka akan mengalokasikan dananya terlebih dulu untuk tokomu.

  • Berikan Batas Waktu yang Singkat

Ciptakan suatu urgensi sehingga konsumen merasa harus segera ikut Penjualan Kilat yang kamu tawarkan.

  • Tentukan Jumlah Produk

Bukan dalam maksud membatasi, tapi tentukan jumlah produk yang tepat untuk ditawarkan. Bisa dengan melihat kondisi gudang ataupun berdasar pengalaman melakukan program Penjualan Kilat sebelumnya.

  • Hitung Persentase Keuntungan Minimal

Meskipun kamu mengadakan diskon besar-besaran bukan berarti bisnis kamu harus menanggung kerugian. Jangan lupa untuk hitung persentase keuntungan minimal setiap produk bisnismu. Lalu jangan sampai program Penjualan Kilat kamu persentase diskonnya lebih rendah dari persentase keuntungan tersebut.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP
  • Tetapkan Harga yang Kompetitif

Namanya juga bisnis online, ketatnya persaingan membuat kamu harus memasang strategi untuk menetapkan harga yang kompetitif dengan pasar. 

  • Siapkan Metode Pembayaran yang Cepat

Konsumen akan menjadi lebih mudah dalam bertransaksi ketika kamu sudah menyiapkan metode pembayaran yang cepat. Tidak hanya cepat tapi juga haruslah aman.

  • Berikan Pelayanan Terbaik

Meskipun saat program Penjualan Kilat berlangsung, toko online-mu sedang dibanjiri orderan dan pertanyaan, kamu tetap harus mampu memberikan pelayanan terbaik tanpa terkecuali kepada setiap konsumen.

Keunggulan Flash Sale

  • Toko online semakin dikenal 
  • Meningkatnya penjualan
  • Meningkatkan transaksi dari beragam konsumen
  • Meningkatkan brand awareness
  • Mengurangi stok produk di gudang yang menumpuk

Kekurangan Flash Sale

  • Ketergantungan pelanggan terhadap Penjualan Kilat
  • Platform e-commerce dan website toko online susah diakses
  • Kegagalan menyelesaikan transaksi
  • Konsumen kecewa karena tidak mendapat produk yang diinginkan

Flash SaleDengan segala persiapan strategi yang ada, tentu Penjualan Kilat sama halnya dengan program promosi lainnya. Ada keunggulan dan kekurangan yang melekat di Penjualan Kilat. Meskipun begitu bukan berarti program Penjualan Kilat ini tidak juara di hati pebisnis maupun konsumen. Buktinya saja hingga detik ini masih ada program Penjualan Kilat yang diadakan oleh pebisnis setiap bulannya, bahkan brand ternama pun melakukannya.

Apa kamu juga tergiur mengadakan Flash Sale untuk membuat penjualanmu laris secepat kilat?