fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Gaet Pelanggan Lewat Broadcast Message di LummoChat

broadcast message

Konsumen merupakan bagian terpenting dari sebuah bisnis online. Sebab bisnismu bisa bergerak karena kehadiran mereka, bukan? Wajar saja jika akhirnya banyak pebisnis online yang mengedepankan kepentingan konsumen. Pebisnis online pun berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian konsumen. Salah satunya dengan cara membangun hubungan secara personal dengan mereka. Perlu diketahui bahwa membangun hubungan secara personal dengan konsumen butuh sumber daya lebih, baik itu dari segi waktu, upaya, atau bahkan biaya. Tentu tidak semua bisnis punya cukup sumber daya untuk melakukan hal itu. Beruntungnya, sudah banyak tools dan platform yang dapat kamu gunakan untuk menjalin hubungan personal dengan konsumen. Yang cukup populer saat ini adalah broadcast message.

Konsep broadcast message sebenarnya sudah aja sejak lama. Broadcast message mempermudah kamu untuk mengirim pesan ke banyak kontak sekaligus. Sebab kamu hanya perlu mengklik sekali saja agar pesan terkirim ke semua kontak. Hebatnya lagi, tampilan broadcast message akan terlihat seperti pesan individual biasa dari sisi penerima pesan. Kelebihan dan efisiensi yang ditawarkan oleh broadcast message inilah yang membuat banyak pebisnis online mencoba bereksperimen dengan fitur ini. 


Menarik Perhatian Konsumen Lewat Broadcast Message

Tak dapat dipungkiri bahwa persaingan bisnis online semakin ketat. Ditambah dengan adanya perubahan perilaku konsumen, membuat cara-cara mengoptimalkan bisnis online ikut berkembang. Mulai dari memakai teknik closing, sampai penulisan deskripsi produk yang mengandung Call-To-Action (CTA). Rasanya menaruh foto produk di katalog toko online saja tidak cukup. Kamu perlu strategi lain untuk mengembangkan bisnis online-mu. Apalagi sekarang bukan zamannya menunggu konsumen datang. Tapi kamulah yang harus mendatangi mereka secara langsung.

Kamu mungkin sudah biasa berjualan di platform seperti marketplace atau website toko online pribadi. Namun, siapa sangka bahwa aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk. Kamu bisa mengirimkan pesan promosi kepada konsumen dengan memakai fitur broadcast message. Jika diterapkan dengan strategi yang matang, broadcast message bisa mendatangkan penjualan lho!

Agar lebih mudah mengatur strategi broadcast message, kamu bisa menggunakan fitur “LummoChat” di LummoSHOP Plus. Mau tau lebih lanjut? Simak selengkapnya ya!

 

Apa Itu LummoChat?

LummoChat merupakan fitur terbaru dari layanan LummoSHOP Plus. Berbeda dengan broadcast message di WhatsApp, LummoChat memiliki fitur “Broadcast” yang memungkinkan kamu untuk bisa memantau performa broadcast yang kamu kirim seperti: 

  • Pesan terkirim (sent). 
  • Pesan diterima (delivered). 
  • Pesan terbaca (read). 
  • Pesan sedang diproses (processing).
  • Pesan dalam antrian (queued).

Selain mudah dan praktis, data performa broadcast tadi bisa kamu jadikan sebagai bahan evaluasi promosi penjualan. Sebagai contoh, kamu bisa mengetahui di jam berapa saja konsumen sedang aktif dengan melihat dari data “pesan terbaca”.

“Hmm terus gimana ya cara bikin pesan broadcast yang menarik untuk konsumen?” 

Jangan khawatir, LummoChat sudah siapkan berbagai template WhatsApp Broadcast untuk segala kebutuhanmu. Jadi kamu gak perlu repot untuk membuat template pesan sendiri deh! Di LummoChat, kamu juga bisa menyimpan pesan ke dalam draft dan mengatur waktu broadcast sesuka hati.

 

Cara menggunakan fitur Broadcast di LummoChat

  1. Atur jadwal tanggal dan waktu untuk mengirim pesan Broadcast.

  2. Pilih template pesan yang telah disediakan yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.
  3. Unduh template file Excel. Kemudian lengkapi file dengan no. handphone pelanggan yang ingin kamu jangkau dan lengkapi parameter sesuai template broadcast yang kamu pilih. Jika sudah, unggah kembali file yang sudah kamu isi. Ikuti sampai tahap konfirmasi.
  4. Selamat, kamu telah berhasil mengirim broadcast template-mu. Sekarang kamu bisa melihat insight dan performa dari pesan broadcast yang sudah kamu kirim.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, broadcast message tidak semata-mata hanya mengirim pesan ke konsumen. Butuh strategi yang matang agar pesanmu tersampaikan dengan baik dan tepat sasaran. Berikut adalah cara membuat broadcast message yang efektif di LummoChat.

  • Gunakan Call-To-Action (CTA) di Akhir Kalimat
    Penggunaan CTA yang tepat mampu mendatangkan prospek penjualan. Kamu bisa berkreasi dengan kalimat CTA sesuai dengan tujuan pesanmu hari itu. Contoh: “Beli sekarang sebelum kehabisan!”, “Klik di sini untuk dapatkan promo menarik!”.
  • Tekankan Efek ‘Scarcity
    Manusia cenderung akan lebih cepat membuat keputusan dalam situasi terbatas. Semakin sedikit kuantitas suatu produk, semakin terpicu pula konsumen membelinya. Kamu bisa sertakan efek ‘scarcity’ ini di dalam pesanmu. Contoh: “Hanya tersisa 5 LAGI! Siapa cepat, dia dapat”, “Promo berlaku sampai dengan 25 Februari 2022”.
  • Tunjukkan Keunggulan Produk
    Yakinkan konsumen mengapa mereka harus belanja di tokomu dengan menunjukkan keunggulan produk. Tekankan manfaat yang mereka dapatkan jika membeli produkmu. Contoh: “Terbuat dari bahan anti lengket dan mudah dicuci, wajan Brand A pas buat kamu yang hobi memasak”.
  • Promo Flash Sale
    Ini adalah hal yang paling ditunggu oleh konsumen. Pastikan kamu mengumumkan flash sale yang sedang berjalan lewat broadcast message. Sehingga konsumen tidak melewatkan kesempatan ini. Beri tahu periode flash sale agar konsumen segera melakukan pembelian.
  • Voucher Eksklusif
    Buatlah event menarik seperti voucher eksklusif bagi konsumen yang melihat broadcast-mu. Dengan begini, tingkat pesan terbaca dari konsumen bisa meningkat. Ada banyak jenis voucher yang bisa kamu buat. Misalnya saja ada voucher diskon, voucher promo, atau voucher cashback.

Keuntungan Menggunakan Fitur LummoChat

Masih banyak lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan LummoChat seperti berikut ini.

  1. Makin Dekat dengan Konsumen
    Pesan yang dikirimkan melalui broadcast sifatnya personal sebab tidak ada label khusus yang menandakan bahwa itu pesan broadcast. Mengacu data dari Segment, personalized experience semacam ini dapat mendorong 49% konsumen untuk membeli produkmu, lho!
  2. Menghemat Waktu
    Bayangkan kalau kamu harus mengirim pesan ke konsumen satu per satu. Sedangkan kamu bisa memanfaatkan waktumu untuk hal penting lainnya. Belum lagi kamu perlu merangkai pesan broadcast yang ingin dikirim. Ribet banget, kan? Mending serahkan saja semuanya ke LummoChat dan kamu pun bisa duduk manis.
  3. Memperbesar Peluang Terjadinya Transaksi
    Toko online-mu sedang mengadakan promo menarik? Atau flash sale besar-besaran? Beri tahu semua informasi promo ke konsumen kamu hanya dengan sekali klik. Bisa saja mereka tertarik untuk mencari tahu lebih jauh dan akhirnya terjadilah transaksi.

Sstt, ada bocoran khusus buat kamu. Selain fitur Broadcast, LummoChat bakal kehadiran fitur-fitur baru yang pastinya lebih up-to-date. Ini dia daftar fiturnya:

  • Atur peran dan peraturan bisnis.
  • Buat template sendiri.
  • Chatbot.
  • Multi-channel chat.
  • Unggah katalog melalui WhatsApp.

Sudah banyak pebisnis online yang memanfaatkan WhatsApp sebagai platform jualan online, khususnya lewat broadcast message. Dengan mengetahui target dan perilaku konsumen, akan lebih mudah untukmu dalam menentukan gaya pesan broadcast yang ingin dikirim. Tapi ingat, terlalu sering mengirim pesan broadcast bisa menjadi bumerang bagi toko online-mu. Alih-alih konsumen membeli produkmu, mereka justru akan terganggu dengan pesanmu. Maka dari itu, kirim pesan broadcast dalam batas wajar ya!

Yang lain sudah pakai broadcast message untuk promosi, kapan giliran kamu?

Tertarik ingin pakai Fitur LummoChat? Isi data kamu di bawah ya. Admin LummoSHOP akan menghubungimu segera. 

Download Sekarang

 

Published by Gustia Martha Putri

Senior Content Writer at LummoSHOP