fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Apa itu Giveaway? Ini Penjelasan dan 6 Cara Efektif Menerapkannya!

Giveaway

Setiap orang, tanpa memandang jenis kelamin atau umur selalu senang mendapat giveaway atau hadiah.  Giveaway adalah pemberian hadiah atau barang secara cuma-cuma pada konsumen. Praktik giveway lumrah terjumpa dalam dunia bisnis. Salah satu tujuannya untuk menarik hati para konsumen. Sebagai pemilik bisnis, melakukan giveaway sangat dianjurkan karena bisa memberikan banyak keuntungan.

Pemberian giveaway bisa menciptakan hubungan emosional antara kamu sebagai produsen atau pebisnis dengan konsumen. Giveaway bisa membuat konsumen bahagia dan merasa beroleh perhatian. Ini juga akan menciptakan keterikatan konsumen pada brand. Bentuk dari giveaway sangat beragam, di antaranya produk bisnismu, barang yang ngetren atau uang.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Ada beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan giveaway. Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Giveaway?

Giveaway adalah salah satu strategi marketing yang mampu meningkatkan penjualan produk dan membuat keterkenalan bisnis kamu semakin luas. 

Pemberian giveaway atau hadiah secara berkala bisa menciptakan kedekatan secara emosional antara produsen dengan konsumen. Bagi konsumen lama, mereka bisa merasa mendapatkan perhatian khusus dari kamu sebagai pemilik bisnis. Pada gilirannya, ini juga akan menciptakan loyalitas pada produk. 

Sedangkan bagi masyarakat umum, pemberian giveaway menjadi cara efektif dalam memperkenalkan bisnis kamu. Dalam beberapa kasus, pemberian hadiah bisa menciptakan viral di media sosial. Bila sudah begini, masyarakat pun bisa semakin mengenali bisnis kamu.

Giveaway

Tujuan dari Giveaway

Berikut ini adalah 7 tujuan umum dari giveaway :

  1. Memperkenalkan Produk pada Masyarakat Luas

Bagi kamu yang baru memulai bisnis, pemberian giveaway bisa menjadi cara untuk memperkenalkan brand pada khalayak luas. Orang cenderung memberi barang-barang yang sudah mereka pernah pakai atau terkenal luas. Pemberian giveaway dalam bentuk barang hasil produksi bisnis, membuat orang kenal produk kamu.

Semakin banyak orang yang mendapatkan giveaway, tambah banyak pula orang yang mengenal brand dan produk dari bisnis kamu. Harapannya, mereka yang suka dengan produk tersebut akan membeli pada kemudian hari.

  1. Mengumpulkan Database

Sebagai pelaku bisnis sangat penting memiliki database konsumen. Pemberian giveaway bisa jadi salah satu cara mengumpulkan database. Ketika memberikan giveaway, Kamu bisa meminta konsumen memberikan data-data pribadi seperti umur, jenis kelamin, domisili, pekerjaan, kebiasaan berbelanja dan data-data lain yang bisa menunjang bisnis kamu.

  1. Mempromosikan Produk Terbaru

Bila kamu sedang merencanakan launching produk baru, giveaway bisa jadi cara untuk memperkenalkan produk tersebut. Gunakan produk baru tersebut sebagai item giveaway. Dengan cara tersebut, konsumen akan mengenal produk kamu. Selain itu, giveaway sangat efektif membuat produk kamu jadi bahan pembicaraan di kalangan konsumen.

  1. Meningkatkan Traffic Website

Giveaway bisa mendorong adanya peningkatan traffic website bisnis online kamu. Mereka akan berbondong-bondong masuk ke website demi mengikuti giveaway. Oleh karena itu, pastikan website kamu terjaga dengan baik saat melakukan program giveaway. Sebaiknya, siapkan satu orang yang mengawasi pergerakan website. Tujuannya, andai kata muncul keluhan yang berkaitan dengan website bisa langsung ditangani.

  1. Meningkatan Follower di Media Sosial

Media sosial sudah jadi salah satu tools penting dalam berbisnis. Jumlah follower yang banyak akan memudahkan kamu dalam mempromosikan produk. Manfaat lain dari giveaway, yakni bisa meningkatkan follower di media sosial. Salah satu taktik efektif dalam meningkatkan follower media sosial, yakni mewajibkan peserta giveaway mengikuti atau follow media sosial kamu.

  1. Memelihara Loyalitas Konsumen Lama

Kamu perlu memelihara konsumen yang sudah ada. Jangan sampai mereka berpaling dan mencari brand lain. Dalam hal ini, giveaway bisa jadi cara memelihara loyalitas konsumen lama. Kamu bisa memberikan giveaway kepada konsumen sekaligus mendapatkan feedback dari mereka. Misalnya, tersedia hadiah tote bag atau mug bagi konsumen yang memberikan pendapat soal produk A. Contoh lain, kamu menyediakan giveaway kepada konsumen yang terus menunjukkan loyalitasnya, misalnya selama satu atau dua tahun.

  1. Meningkatkan Penjualan

Giveaway akan membuat orang mencari tahu soal produk kamu. Mereka akan mengunjugi website kamu dan ada kemungkinan tertarik utnuk membeli produk yang ada. Lantaran begitu, giveaway secara tidak langsung bisa meningkatkan penjualan juga.

Giveaway

Persiapan Awal Sebelum Melakukan Giveaway

Sebelum memutuskan melakukan giveaway, kamu perlu membuat sejumlah persiapan awal, antara lain:

  • Teaser 

Kamu bisa mengelitik rasa ingin tahu orang dengan memberikan teaser beberapa hari atau beberapa minggu sebelum giveaway berlangsung. Ini tidak hanya menambah viral, tetapi orang pun akan mengantisipasi hadiah yang akan kamu berikan. Gunakan countdown teaser, misalnya, H-7, H-6, sampai H-1. 

Buat teaser yang menarik dengan konsep visual yang menggoda. Kamu bisa menampilkan beberapa cuplikan barang yang akan jadi giveaway. Bisa juga dengan menyebutkan total value dari hadiahnya. Ini membuat orang semakin penasaran. 

  • Aturan dan instruksi yang jelas 

Banyak orang malas ikut give away karena aturan dan instruksinya tidak jelas. Tulis secara detil aturan dan persyaratan mengikutinya. Jelaskan apa tujuan memberikan hadiah. Barang-barang apa yang akan tersedia dan berapa jumlahnya. Cantumkan jangka waktunya. Tanggal berapa mulainya dan kapan berakhirnya. Seperti apa proses seleksi. Apakah pemilihan konsumen berlangsung secara acak atau berdasarkan kriteria tertentu? Jangan lupa berita tahu juga tanggal pengumuman pemenang. 

  • Timeline 

Buat timeline, mulai dari teaser, pengumuman give away, proses penentuan pemenang, pengiriman hadiah hingga evaluasi.  

Evaluasi penting masuk dalam timeline karena kamu perlu melihat sejauh apa efektivitas dari hadiah tersebut dalam meningkatkan penjualan. 

Pemilihan Platform Giveaway

Begitu merencanakan giveaway, kamu perlu memikirkan pilihan platform-nya. Beberapa platform dengan tata cara penggunaan mudah dan banyak penggunanya, di antaranya Facebook, Instagram. Kamu pun bisa menggunakan website bisnis online milikmu.

Setiap platform punya kelebihan masing-masing. Oleh karena itu, sesuaikan dengan tujuan dari give away itu.

Apabila kamu ingin mempromosikan website sekaligus meningkatkan traffic website, lakukan give away di website bisnis online. Kamu bisa melakukan cross promotion dengan menggunakan media sosial. Misalnya, posting berita soal give away di Instagram maupun Facebook dengan menyisipkan link bisnis online milik kamu.

Seumpama kamu ingin menciptakan awareness dan memperkenalkan produk bisnis, gunakan Facebook dan Instagram. Kamu bisa menjangkau banyak orang di luar follower-mu mampir ke media sosial. Diharapkan, mereka juga mau melirik ke website bisnis, bahkan bisa membeli produk bisnis kamu.

Ketika melakukan give away lewat sosial media, penting untuk memikirkan penggunaan tagar. Selain tagar #giveaway, pikirkan juga tagar lain yang menarik, misalnya nama barang yang akan kamu berikan. Sebagai contoh, #totebaggratis, atau #iPhonegratis.

Teknis Pelaksanaan Giveaway

Sebelum melakukan giveaway, penting untuk mengatur teknis pelaksanaannya. Ini akan memudahkan proses pemilihan pemenang, jumlah give away dan memfilter orang yang tidak sesuai dengan target market bisnis kamu.

GiveawayBeberapa hal penting yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Batasan Umur

Sesuaikan batas untuk peserta yang mengikuti give away dengan target market bisnis kamu. Jangan lupa cantumkan umur ini dalam syarat keikutsertaan.

  • Syarat Keikutsertaan

Tetapkan aturan dalam mengikuti giveaway. Contohnya, peserta wajib follow media sosial kamu, mencantumkan umur dan domisili.  Seumpama perlu, tentukan pula cakupan give away. Misalnya, give away hanya bagi peserta di Jabodetabek, Pulau Jawa atau seluruh Indonesia. Ini berpengaruh dengan ongkir give away.

Kamu bisa juga menambahkan aturan lain yang berkaitan dengan sales produk Kamu. Misalnya, giveaway hanya untuk konsumen yang pernah membeli produk A atau sudah jadi konsumen selama satu tahun.

  • Jumlah Pemenang

Tentukan jumlah pemenang, misalnya hanya tiga atau lima orang. Ini akan berkaitan dengan budget yang dikeluarkan. Kamu bisa juga berikan give away yang beragam. Misalnya, 3 hadiah jam dinding, 5 hadiah payung dan 10 hadiah mug. Jangan lupa jumlah dan variasi hadiah disebutkan sejak awal pengumuman give away.

  • Timeline Giveaway

Kamu perlu membuat timeline soal give away. Hal itu mencakup tanggal pelaksaan giveaway, deadline entry, seleksi pemenang, pengumuman pemenang dan waktu pengiriman give away.

Timeline akan membantu proses giveaway berjalan lancar. Peserta pun tahu kalau giveaway benar-benar diberikan bukan penipuan.

  • Privacy Konsumen

Ketika memberikan give away, tentu peserta akan memberikan sejumlah data mereka. Apalagi, ketika menang. Tentu akan dibutuhkan nama lengkap, alamat, nomor handphone dan data pribadi lainnya. Pastikan privacy konsumen terlindungi. Jangan sebar data pribadi secara online. Ketika mengumumkan pemenang, cukup cantumkan nama, domisili dan username media sosial saja.

  • Admin Giveaway

Dalam pemberian give away perlu ada satu orang yang bertanggung jawab atau istilahnya, admin.  Mereka bertugas menjaga timeline berjalan dengan baik, menyeleksi pemenang, mengirimkan hadiah dan berkomunikasi dengan konsumen.

Komunikasi dengan konsumen sangat penting, terutama saat kamu melakukan give away lewat media sosial. Admin bertugas menjawab dan merespons komentar-komentar seputar give away yang diajukan oleh peserta. Jangan lupa batasi jam bertanya agar admin tidak stres.

  • Tentukan Budget

Memberikan give away tentu membutuhkan budget tertentu. Hitung secara detail, berapa budget  yang dikeluarkan. Budget ini meliputi jenis hadiah yang diberikan, jumlah hadiah dan ongkos kirim giveaway. Bila budget kamu terbatas, batasi jumlah give away dan domisili peserta. Pengirim barang antar pulau kadang membutuhkan biaya yang cukup besar.

9 Cara Giveaway Efektif dan Buat Balik Modal

Ketika memberikan giveway, tentu kamu mengharapkan adanya peningkatan penjualan. Jangan sampai kamu sia-sia menghabiskan budget. Ini 9 cara membuat giveaway efektif dan bisa balik modal. 

  1. Giveaway yang relevan dengan target market 

Ketika memberikan hadiah, hal yang paling penting kamu perhatikan adalah target market. Memberikan barang, namun konsumen tidak membutuhkan atau menyukainya, tidak akan memberikan keuntungan bagi peningkatan penjualan produk. Lakukan riset. Cari tahu siapa target market kamu dan apa kebutuhan mereka. 

Setelah menentukan target market, langkah berikutnya adalah menentukan barang yang cocok untuk kamu jadikan hadiah. 

Give away harus menimbulkan rasa antusias dan penasaran bagi peserta. Misalnya, target market adalah pencinta memasak. Maka give away food prossesor, mixer atau kompor listrik bisa mengundang rasa antusias. 

Bila target market kamu demografiknya cukup luas, misalnya dari umur 25- 50 tahun, maka hadiah yang cocok adalah barang yang sifatnya lebih umum, tahan lama dan kebutuhannya bisa muncul setiap saat. Bahkan, orang tidak keberatan memilikinya dalam jumlah banyak. Misalnya; kipas angin, tumbler, flashdisk, rice cooker atau payung. 

  1. Berdasarkan momen  

Di momen spesial seperti hari raya Idul Fitri dan bulan Ramadan, orang rela mengeluarkan lebih banyak uang untuk belanja online. 

Dari hasil survey Trade Desk dan YouGov, sebagaimana melansir dari Republika, tercatat bahwa minat masyarakat Indonesia untuk berbelanja online selama bulan Ramadan sangat tinggi. Survey menyatakan, dua dari tiga orang Indonesia (68%) berencana untuk belanja online saat bulan Ramadan. Jumlah ini meningkat 19% dari tahun-tahun sebelumnya. 

Pemberian give away bisa kamu lakukan dengan menyesuaikan momen yang ada. Selain pada hari raya Idul Fitri dan bulan Ramadan, ada banyak momen lain yang bisa kamu manfaatkan. Misalnya, Natal dan Tahun Baru, Valentine’s Day, Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional).  Bisa juga momen penting dalam bisnis kamu. Misalnya, menjelang anniversary bisnis.

  1. Giveaway produk bisnis 

Kamu bisa menggunakan produk bisnis sendiri sebagai giveaway. Cara ini akan sangat berguna juga bila kamu sedang launching produk baru. 

Berikan sejumlah keistimewaan bagi mereka yang mendapatkan give away. Misalnya, kamu sedang meluncurkan produk sepatu baru. Penerima giveaway akan mendapatkan sepatu tersebut lebih dulu beberapa minggu sebelum barang terjual secara resmi. 

Bisa juga give away produk sendiri kamu berikan pada konsumen yang berbelanja dalam jumlah tertentu. Ini secara tidak langsung akan mendorong penjualan barang-barang lain. 

  1. Giveaway limited edition

Setiap orang senang memiliki barang yang eksklusif atau tidak pasaran. Ada perasan bangga memiliki barang yang orang kebanyakan tidak memilikinya. Kamu bisa memberikan give away dalam bentuk produk limited edition. Misalnya, kamu pemilik bisnis produk tas. Berikan giveaway pouch kecil yang mendukung produk tas. 

  1. Giveaway barang mewah 

Siapa yang tidak ngiler mendapatkan barang-barang mewah seperti iPhone, Ipad atau Samsung Table. Give away barang mewah memiliki daya tarik tersendiri. Orang akan berbondong-bondong masuk ke website kamu atau follow media sosial kamu.

Pemberian give away barang mewah sangat berpotensi menciptakan viral. Orang jadi lebih tahu produk bisnis kamu dan bisa jadi bahan omongan. Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah tujuan dari pemberian hadiah. Orang yang  berpartisipasi belum tentu merupakan target market. Bisa jadi mereka hanya pemburu hadiah. Pertimbangkan pula budget yang kamu keluarkan untuk hadiah pasti akan sangat tinggi. 

Pikirkan baik-baik bentuk hadiah barang mewah yang akan kamu berikan. Sebaiknya tetap sesuai dengan target market bisnis kamu. 

  1. Kolaborasi dengan influencer 

Untuk bisa menjangkau market yang lebih luas, Kamu bisa berkolaborasi dengan influencer atau blogger. 

Pilih sejumlah influencer yang sesuai dengan produk bisnis kamu. Cari juga mereka yang punya reputasi baik dan termasuk aktif dalam melakukan engagement dengan follower. 

Giveaway

  1. Kolaborasi dengan partner

Kamu bisa berkolaborasi pihak ketiga. Cari partner yang bisa memberikan hadiah untuk giveaway. Sebagai timbal baliknya, kamu bisa menjadikan platform sosial media atau website sebagai sarana promosi mereka. Misalnya, kamu memiliki bisnis kue kering. Kamu bisa mencari partner produsen alat masak untuk memberikan hadiah tersebut. 

  1. Beri panggung untuk pemenang 

Selain mengumumkan siapa pemenang give away. Berikan perlakukan istimewa atau panggung bagi para pemenang. Kamu tidak hanya menyebut nama mereka, tetapi juga tampilkan wajah mereka di website atau sosial media. Bisa juga tambahkan testimoni setelah mereka menerima hadiah yang kamu berikan itu. 

Bila pemenang memposting hadiah tersebut di media sosial mereka, jangan lupa repost di media sosial kamu atau masukan dalam website. 

Memberikan panggung istimewa bagi pemenang akan menciptakan ikatan emosional antara produk kamu dan konsumen. 

  1. Promosikan giveaway 

Demi program bagi-bagi hadiah kamu mendapat perhatian, maka gunakan semua platform yang kamu miliki. Tidak hanya lewat website dan media sosial, tetapi juga cara-cara lain. Gunakan email, SMS dan WA bisnis untuk mengabarkan give away pada konsumen. 

Perhitungkan dengan baik berapa kali kamu mengirimkan promo giveaway agar tidak terasa mengganggu. Karena bila terlalu banyak, maka mereka bisa kesal dan blokir nomor atau email Kamu. 

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Demikian tips-tips memberikan giveaway kepada konsumen kamu. Semoga menjadi inspirasi bagi pengembangan usaha kamu ya!

Baca juga artikel terkait lainnya :

Published by Emilia Natarina

Content Marketing LummoSHOP