Seperti istilahnya, direct-to-consumer atau D2C, adalah strategi bisnis yang memungkinkan produsen dan pemilik merek menjual produk dan layanan mereka secara langsung ke konsumen tanpa perantara. Dalam model bisnis D2C, produsen mempunyai kontrol yang lebih besar atas merek, reputasi, pemasaran, dan taktik penjualan. Dengan begitu, produsen akan terlibat langsung dalam setiap strategi marketing dan terus belajar dari pelanggan mereka.
Kontrol yang besar tersebut, memberikan banyak keuntungan sekaligus tantangan. Salah satu tantangannya adalah bagaimana menarik, memenangkan, dan mempertahankan pelanggan. Sebab produsen memasarkan ke klien dan konsumennya secara langsung tanpa perantara distributor. Kesimpulannya adalah kunci keberhasilan bisnis D2C ada di tangan produsen itu sendiri.
Tanpa bantuan distributor dan retailer, strategi pemasaran digital harus dilakukan lebih kuat. Mengapa? Karena digital marketing paling efektif menggapai dan menjaga hubungan dengan pelanggan secara luas dalam waktu singkat. Harapannya, strategi tersebut akan membentuk digital presence dan reputasi secara baik, sehingga brand awareness perusahaan naik. Hal itu secara langsung dan tidak langsung akan menaikkan jumlah pelanggan. Pelanggan bertambah, penjualan naik, keuntungan pun naik.
Lalu bagaimana cara terbaik untuk menarik pelanggan untuk skema bisnis D2C? Jawabannya adalah lead generation.
Artikel Terkait: Download E-Book Vol. 1: Pentingnya Customer Insight bagi Kesuksesan Bisnis
Pentingnya Lead Generation
Qualaroo.com mendefinisikan lead generation sebagai proses dan tahapan untuk mendapatkan lead (prospek) dengan merangsang minat audiens yang telah ditargetkan pada produk dan layanan perusahaan. Proses ini berfokus pada pengembangan jalur penjualan dan memelihara lead sampai mereka menjadi pelanggan.
Dalam menarik lead pun kamu tidak bisa asal menampung semua prospek yang diterima. Ada tahapan-tahapan tertentu yang perlu kamu jalankan agar bisnismu mendapatkan qualified lead atau lead yang berkualitas. Sehingga kamu bisa mengubah status lead dari potensi menjadi konversi.
Di ebook volume kedua ini, LummoSHOP merangkum semua informasi penting terkait seluk beluk lead generation. Mulai dari penjelasan tentang tipe-tipe lead, cara mendapatkan lead yang berkualitas, cara kerja lead generation, hingga ulasan brand lokal dan internasional yang sukses mengembangkan bisnisnya dengan lead generation. Yuk, pelajari semua poin-poin berikut di edisi ini:
- Perkembangan Model Bisnis D2C
-
- Apa itu Bisnis D2C?
- Cara Menarik Pelanggan
-
- Apa itu Lead?
- Bagaimana Mengetahui Lead yang Berkualitas?
- 5 Tipe Leads
- Apa itu Lead Generation dan Cara Kerjanya
-
- Tahapan Lead Generation
- Lead Generation di Era Digital
- Pentingnya Lead Generation
- Cara Meningkatkan Kualitas Lead
- Matrik Umum Pengukuran Lead Generation
- Tahapan Lead Generation: Proses yang Perlu Diikuti
-
- Strategi Memulai Kampanye Lead Generation
- 6 Tips Strategi Lead Generation
- Lead Generation Case Study: Internasional & Lokal
- Mulai Lead Generation dengan Fitur LummoSHOP
Download Ebook
Mari tingkatkan bisnismu bersama LummoSHOP dengan memahami bagaimana mengubah lead menjadi konversi dan menarik banyak pelanggan untuk bisnis kamu. Download ebook GRATIS sekarang!