fbpx
Dengan bangga kami umumkan TOKKO kini jadi LummoSHOP

Gunakan Gimmick dalam Bisnis, Yes or No?

Gimmick

Memasarkan produk adalah salah satu bagian terpenting dari bisnis sebab proses pemasaran harus bisa mengenalkan produk dengan baik sehingga menarik perhatian konsumen. Pengenalan produk tidak melulu fokus pada nilai atau fiturnya, tetapi bisa juga dengan mengandalkan strategi marketing, salah satunya lewat gimmick.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Berkenalan dengan Marketing Gimmick

Gimmick adalah sebuah teknik dalam mengenalkan produk dengan cara baru dan berbeda dari kebanyakan brand sejenis. Kebaruan dalam teknik atau ide merupakan ciri khas utama, sehingga dengan menerapkan gimmick itu artinya pebisnis harus memikirkan sebuah cara yang benar-benar baru.

Selain itu, biaya dari pengaplikasian gimmick biasanya lebih murah dari biaya produksi produk utama. Contohnya adalah McDonald’s yang menawarkan banyak pilihan mainan pada salah satu menunya yakni Happy Meal. Dengan penambahan mainan yang tidak lebih mahal dari produk asli tersebut, McDonald’s mampu menyita perhatian anak-anak dan membuat mereka tertarik untuk mengoleksinya. 

Bagaimana dengan di Indonesia? Gimmick tidak melulu tentang memberikan “bonus” di samping produk utama, tetapi juga ide baru dari pebisnis untuk memasarkan suatu produk. Salah satunya adalah brand kosmetik dan perawatan kulit yaitu Wardah. 

Wardah sendiri adalah brand lokal dengan ciri khasnya sebagai produk kosmetik halal pertama di Indonesia. Dengan kebaruan ide tersebut, Wardah mampu menciptakan keunikan produknya dan membuka pasar untuk kategori kosmetik dan produk perawatan kulit bagi orang muslim.

Contoh Marketing Gimmick

gimmick

Ketika kamu sudah mengetahui arti gimmick, mungkin kamu akan memerlukan beberapa sontekan contoh gimmick yang mampu meningkatkan brand awareness seperti penjelasan di bawah ini.

Edisi Khusus

Kamu tentu pernah menemukan produk dengan label “Edisi Terbatas” atau “Edisi Spesial” yang memiliki corak produk berbeda dari biasanya. Ide ini dapat membantu meningkatkan penjualan karena membuat konsumen merasa FOMO (fear of missing out) jika tidak membeli produk dengan desain berbeda tersebut.

Edisi khusus ini biasanya berguna dalam menyambut momentum tertentu. Atau, ketika suatu brand meluncurkan produk barunya dalam edisi terbatas sehingga konsumen terutama pelanggan loyal akan dengan sukarela membeli produk tersebut.

Produk yang Dibuat berdasarkan Gender

Jika kamu adalah orang yang membeli bermacam produk berdasarkan keterangan gender, bisa terbilang bahwa kamu adalah salah satu konsumen yang berhasil menjadi sasaran berbagai brand besar. Taktik dalam memberikan label gender ini memberikan kesan bahwa pria dan wanita harus memiliki produk yang berbeda. Hal tersebut juga membuat konsumen merasa istimewa karena mendapatkan produk khusus sesuai dengan jenis kelaminnya.

Selain itu, biasanya produk yang memiliki label gender juga memiliki desain berbeda agar membuat karakter produknya semakin kuat. Contohnya adalah produk pisau cukur yang memiliki warna hitam dan biru untuk pria serta warna merah jambu untuk wanita.

Variasi Warna

Salah satu ide marketing gimmick adalah dengan memberikan variasi warna produk. Meskipun tidak menambah fitur produk, tetapi pebisnis bisa membuat produknya seakan memiliki banyak versi dengan hanya menambahkan pilihan warna. Konsumen cenderung akan membeli produk dengan warna berbeda dan penasaran pada warna lain sehingga termotivasi untuk membeli lebih banyak produk. Meskipun, produk-produk tersebut sebenarnya sama saja. 

Pilihan Kualitas

Selain beberapa ide di atas, kamu juga dapat memberikan pilihan kualitas produk kepada konsumen. Menggunakan perbedaan harga dan kualitas, produk tersebut akan menarik minat konsumen dari berbagai tingkatan daya beli. Salah satu contoh produk yang memberikan variasi pilihan kualitas adalah produk tekstil seperti tas atau aksesori berbahan dasar kain di mana konsumen dapat memilih jenis kain yang mereka inginkan.

Menggunakan Popularitas Produk Lain

Beberapa produk memilih untuk menggunakan kepopuleran produk lain yang telah publik akui secara umum. Cara ini sukses mendongkrak reputasi brand terutama jika produk populer tersebut memiliki tempat tersendiri di mata konsumen.

Contohnya adalah produk olahan susu yang memberikan klaim bahwa produknya menggunakan bahan dasar susu sapi Belgia. Ada juga produk kosmetik yang mengklaim produknya berbahan dasar jeruk Yuja yang baik untuk kesehatan.

Penawaran Terbatas

Sering kali pebisnis menawarkan produk dalam jumlah terbatas itu tidak akan mereka sediakan lagi di lain waktu. Banyak orang yang percaya dan melihat penawaran tersebut terlalu menarik untuk konsumen lewatkan sehingga mereka rela membeli produk yang tidak ada dalam catatan belanjanya. Marketing gimmick semacam ini bisa meningkatkan penjualan apalagi bila jika bertepatan dengan perayaan tertentu atau momen akhir tahun. 

Bonus

Memberikan bonus atau tambahan produk di samping produk utama bisa meningkatkan penjualan karena konsumen akan tertarik untuk melihat isi di dalamnya serta mengoleksi merchandise tersebut. Hal itu sudah sempat kita bahas di awal artikel ini.

Respons tersebut mengartikan bahwa konsumen tidak selalu mempertimbangkan fitur utama produk dalam melakukan keputusan pembelian. Oleh karena itu, kamu bisa mengeksplorasi tambahan apa yang bisa memoles produk agar bisa lebih menarik. 

Menggunakan Brand Ambassador

Jika sebuah brand sudah cukup besar, maka pebisnis dapat mempertimbangkan seorang brand ambassador guna mempromosikan produknya. Brand ambassador tersebut seharusnya adalah seseorang yang memiliki pengaruh dalam bidang yang sama.

Misalnya, jika yang kamu jual itu adalah air mineral, maka brand ambassador yang tepat adalah seorang tokoh publik yang mempunyai concern di bidang kesehatan, olahraga atau bidang lain sejenis. Dengan melakukan hal ini, maka konsumen yang mengetahui kredibilitas tokoh publik tersebut akan memberi nilai lebih pada produk.

GimmickLess Sugar’

Bagi orang yang sedang melakuan diet atau memang menghindari konsumsi gula, tentu produk dengan kandungan tinggi gula adalah suatu problem. Pebisnis dapat menggaet konsumen ini dengan cara memperkenalkan trik berupa penawaran produk less sugar.

Meskipun pengurangan gula belum tentu sangat signifikan, tetapi banyak brand yang terbukti menggunakan trik semacam ini terutama produk minuman dalam botol. Tidak harus sama persis, kamu dapat mengaplikasikan cara ini untuk mengundang minat konsumen. Misalnya, mengurangi bahan tertentu yang tidak konsumen sukai atau menambahkan bahan yang mereka sukai.

Tips Menggunakan Marketing Gimmick

gimmick

Karena perannya yang bisa meningkatkan profit serta brand awareness, menerapkan marketing gimmick adalah hal yang penting untuk dilakukan pelaku bisnis. Berikut adalah sejumlah tips yang bisa kamu lakukan:

  • Hati-Hati dengan Respons Pengguna Media Sosial

Salah satu trik yang bisa diterapkan dalam marketing produk adalah dengan menggunakan hashtag atau melemparkan kesempatan kepada audiens untuk membagikan pengalaman atau responsnya di media sosial. Namun, tidak semua momentum berbagi pengalaman akan berjalan mulus. Ada kalanya respons pengguna media sosial malah merugikan brand terkait.

Walaupun relatif sulit dicegah, setidaknya kamu mengetahui kemungkinan ini agar lebih berhati-hati dalam membuat gimmick. Dalam hal ini, kamu dapat belajar pada McDonald’s dengan hashtag-nya yaitu #McDStories yang malah menyebabkan brand mendapatkan reaksi buruk karena audiens memberikan banyak pengalaman negatif terkait produk tersebut. 

  • Menggunakan Influencer yang Tidak Tepat

Memilih tokoh publik sebagai representasi produk bisa sangat bermanfaat bila dilakukan dengan cara yang benar, tetapi kamu harus berhati-hati dengan image tokoh tersebut agar nantinya tidak menimbulkan masalah pada brand. Pemilihan influencer pun sebenarnya tidak terlalu mendesak sehingga tidak perlu mendapat prioritas khusus.

  • Kebaruan Ide

Jangan lupa bahwa marketing gimmick adalah pengemasan produk dengan cara baru yang memikat konsumen. Oleh sebab itu, yang terpenting bukan seberapa banyak anggaran untuk mengeksekusi konsep tetapi bagaimana konsep tersebut membuat orang melihat produk atau iklan lebih lama.

  • Pastikan Gimmick Muncul Terus-Menerus

Setiap hari konsumen bisa melihat hingga ratusan iklan dan kampanye produk baik di media sosial ataupun media konvensional lain. Pastikan marketing gimmick yang kamu buat tersampaikan dengan baik melalui pengulangan atau repetisi. Hal tersebut akan membuat konsumen menyadari keberadaannya dan lebih mungkin untuk mengingat produk.

Mulai Jualan Online dengan LummoSHOP!

Dengan website toko online yang lengkap dan praktis, tidak ada lagi penghalang untuk optimalkan peluang pertumbuhan bisnismu.

Mulai SekarangUnduh LummoSHOP

Demikian ulasan mengenai pentingnya gimmick dalam dunia marketing. Brand awareness yang terbangun dari penerapan trik marketing yang baik tentu akan memberikan kesempatan lebih besar untuk menarik perhatian lebih banyak konsumen. Selamat mencoba!

Baca juga artikel terkait lainnya